Home » Internet » Cyber Life » Mendikbud Anies Baswedan Kirim Surat ke Google Terkait Kebocoran Soal UN

Mendikbud Anies Baswedan Kirim Surat ke Google Terkait Kebocoran Soal UN

Mendikbud Anies Baswedan (Gambar: CNNIndonesia)

Setelah mendapati adanya kebocoran soal Ujian Nasional (UN), Mendikbud Anies Baswedan segera bertindak dan berkoordinasi dengan Google. Salah satu tindakan yang dilakukannya untuk segera menyelesaikan masalah ini adalah dengan melayangkan surat kepada Google Inc melalui Google Drive.

Surat tersebut telah dikirimkan 3 hari yang lalu ke kantor Google di 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA94043, USA. Pada suratnya Anies Baswedan menjelaskan bahwa ada sebagian materi UN yang diunggah oleh seseorang ke Google Drive.

“Dengan ini kami memohon kepada Google Inc untuk mengambil langkah penting dengan menutup akses ke semua dokumen ini,” tulis Anies seperti disadur dari Merdeka (16/04/2015).

Materi Ujian Nasional merupakan rahasia negara dan telah diatur oleh Permendikbud Nomor 5 Tahun 2015 pasal 23 ayat 5 dan UU Keterbukaan Informasi Publik pasal 17 J dan pasal 54.

Anies juga menjelaskan ke Google bahwa pihaknya telah menempuh langkah hukum terkait kebocoran soal UN lewat aplikasinya. “Jadi bantuan Anda dalam waktu dekat akan sangat kami hargai,” tutup Anies dalam suratnya.

Setelah diadakan penggeledahan oleh petugas dari Bareskrim Polri di kantor Percetakan Negera, Jakarta Pusat, Polisi menduga karyawan BUMN tersebut yang mengunggah soal UN ke Google Drive.

Surat dari Anies Baswedan untuk Google

Surat dari Anies Baswedan untuk Google (Gambar: Merdeka)

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>