Internet

5 Fitur Google Drive yang Mungkin Belum Anda Ketahui

JATIMTECH.com – Anda tentu sudah pernah mendengar Google Drive. Namun bagi yang belum pernah mendengar apa itu Google Drive. Tidak ada salahnya dijelaskan sedikit di sini. Google Drive merupakan platform penyimpanan dokumen milik Google. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan file-file penting. Tersedia kapasitas penyimpanan 5 GB di Drive milik Google ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan space untuk menyimpan file.

Pada Google Drive terdapat beberapa fitur yang bisa Anda gunakan sebaik mungkin. Fitur pada Google Drive ini bermacam-macam. Namun sepertinya banyak orang yang belum memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia di Google Drive. Atau mungkin juga Anda belum pernah tahu fitur apa saja yang ada di Google Drive.

Dilansir dari PC World (8/12/2015), terdapat beberapa fitur yang bisa Anda gunakan di Google Drive. Ini adalah fitur Google Drive yang bisa dikatakan menarik untuk dicoba. Berikut ini adalah 5 fitur Google Drive yang mungkin belum Anda ketahui, atau bahkan belum pernah digunakan.

Drag-and-drop file

Biasanya, bila Anda ingin meng-upload file ke Google Drive. Anda bisa menekan tombol merah besar “New”, pilih Upload file, dan kemudian arahkan folder di komputer Anda untuk mengambil file yang Anda butuhkan. Hanya dengan menarik file (s) dari Windows Explorer atau finder MacOS ke daftar file Drive Anda. Icon drag-and-drop Google akan muncul, dan Anda akan melihat progress bar yang menunjukkan status upload.

Bookmark link “penciptaan cepat”

Berikut shortcut lain, dan salah satu yang bahkan tidak mengharuskan Anda untuk membuka Drive. Jika Anda ingin membuat dokumen word, spreadsheet, atau slideshow, Anda dapat melakukannya dari setiap jendela browser dengan menggunakan link “penciptaan cepat” (quick creation). Tarik link ke toolbar browser Anda. Kemudian klik salah satu yang sesuai setiap kali Anda ingin memulai sebuah proyek baru.

Cari berdasarkan pengirim

Kemampuan kolaborasi Google mungkin memiliki Anda bekerja pada sejumlah dokumen bersama pada waktu tertentu. Tetapi akan sulit untuk mengawasi siapa yang mengirimkan Anda doc. Begitu juga dengan spreadsheet yang sedang Anda kerjakan. Ketik kolaborator nama atau alamat email di bar pencarian Drive.Dalam beberapa detik Anda akan memiliki daftar pada setiap dokumen yang Anda kolaborasikan.

Mengkonversi PDF dan gambar ke dalam teks

Anda mungkin mengambil keuntungan dari Drive untuk menyimpan semua jenis file. Anda mungkin tidak menyadari Anda dapat menggunakan teknologi built-in OCR untuk mengkonversi dokumen non-teks seperti gambar dan PDF menjadi teks yang dapat diedit.

Menerjemahkan dokumen

Mengingat sifat global bisnis saat ini, Anda mungkin menemukan diri Anda kadang-kadang bekerja dengan dokumen yang ditulis dalam bahasa lain. Anda bisa memotong dan melewati teks ke dalam Google Translate tool web. Tapi cara yang lebih baik adalah dengan meng-upload ke Drive di mana Anda dapat menerjemahkan dan menyimpannya sebagai dokumen baru dalam bahasa pilihan Anda.