Home » Sains » 9 Alasan Ilmiah Kenapa Rambut Anda Sering Rontok

9 Alasan Ilmiah Kenapa Rambut Anda Sering Rontok

Ilustrasi rambut wanita rontok
Ilustrasi rambut wanita rontok (Gambar: huffpost)

Rambut indah selalu menjadi idaman banyak orang. Tak hanya kaum hawa, belakangan ini kaum adam pun juga tak mau kalah melakukan perawatan pada rambut mereka. Ini menunjukkan rambut adalah mahkota setiap individu yang harus selalu terlihat menarik untuk menunjang penampilan.

Namun, bagaimana jadinya bila rambut sering rontok? Bagi mereka yang rambutnya sering berguguran mungkin karena beberapa alasan berikut yang dilansir oleh Huffingtonpost (15/4/2015).

Berikut 9 alasan yang menjadikan rambut Anda sering rontok:

1. Trikotilomania
Trikotilomania merupakan gangguan kontrol impuls yang menyebabkan dorongan untuk mencabut rambut sendiri. Bagi penderita Trikotilomania, dia tidak akan mampu mengendalikan keinginan untuk mencabuti seluruh rambut mereka. Ini termasuk gangguan langka, namun banyak diderita oleh pria daripada wanita.

2. Penyakit Tiroid
Penyebab rambut rontok sebenarnya karena tidak seimbangnya hormon tiroid. Baik kondisi hipotiroidisme (tiroid kurang aktif) atau hipertiroidisme (tiroid yang terlalu aktif) dapat menyebabkan rambut rontok secara berlebihan.

3. Menopause
Para peneliti belum menemukan korelasi antara menopause dengan rambut rontok. Namun, umumnya wanita yang tengah menginjak menopuse sering kali mengalami kerontokan rambut.

4. Alopecia Areata
Alopecia areata salah satu jenis penyakit autoimun (sistem imun yang menyerang dirinya sendiri). Tanda-tanda dari penyakit ini dapat dikenali dengan rambut rontok yang membentuk pola bulat di kulit kepala. Penyakit ini bisa menimpa siapa saja, termasuk pria, wanita, dan anak-anak.

5. Trauma atau stress
Menurut para ilmuwan, rambut rontok banyak disebabkan oleh adanya trauma pada diri seseorang. Kebanyakan yang sering mengalami rambut rontok karena stres adalah wanita.

6. Penyakit
Beberapa penyakit disinyalir sebagai pemicu rambut rontok. Namun, rontoknya rambut ini bersifat sementara dan tidak berkepanjangan. Jika Anda telah sembuh, maka rambut akan tumbuh kembali.

7. Pengobatan
Obat ternyata ikut andil dalam rontoknya rambut Anda. Efek samping dari obat dapat merontokkan rambut meski pengaruhnya tak sama pada tiap orang. Beberapa obat yang diketahui menyebabkan rambut rontok adalah pil KB, obat anti depresan, obat tekanan darah, dan obat untuk penderita arthritis.

8. Kekurangan gizi
Kekurangan zat besi dan protein juga memicu kerontokan rambut. Bila Anda kekurangan salah satu dari dua zat tersebut tak bisa dipungkiri bahwa rambut Anda akan mudah rontok.

9. Kehilangan badan secara drastis
Menurut sebuah penelitian dari Academy of Dermatology, orang yang kehilangan berat badan secara signifikan, sering mengalami rambut rontok.

Dengan adanya 9 alasan kerontokan rambut, diharapkan Anda dapat segera mengetahui penanganan rambut rontok Anda secara tepat. Bukankah rambut itu mahkota yang harus dijaga?

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>