Software

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan EaseUS Data Recovery Wizard Free

JATIMTECH.com – Banyak alasan mengapa orang-orang ingin mengembalikan file yang terhapus. Beberapa alasan tersebut di antaranya, file terhapus tanpa disengaja, file dihapus oleh orang yang berniat buruk, kerusakan pada hard drive, serangan virus, sistem error, dan masih banyak lagi.

Salah satu dari alasan di atas pasti pernah kamu alami. Jika memang itu permasalahannya, kamu tak perlu khawatir. Sebab, file yang terhapus itu sebenarnya tidak benar-benar terhapus atau hilang dari perangkat. File tersebut sejatinya masih berada di dalam hard drive. Hal ini memungkinkan kamu untuk memulihkan file yang terhapus.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Seperti yang disadur dari WinPoin.com, suatu sistem pastinya ingin menjalankan proses penghapusan file secara cepat. Oleh karena itu, sistem hanya menghapus pointer dan menandai bahwa sektor yang kamu hapus tadi sudah kosong atau dianggap sebagai free space.

Perlu kamu ketahui, menghapus pointer file dan menandai sektor yang dihapus merupakan proses yang cepat. Banyak sistem yang memanfaatkan kecepatan ini agar pengguna tidak menunggu terlalu lama. Berbeda halnya, bila file tadi ditimpa dengan file baru. Kalau file sudah ditimpa dengan file baru, berarti file lama akan tergantikan dan otomatis akan menghilang.

Meski begitu, kamu masih bisa mengembalikan atau memulihkan file yang terhapus tadi menggunakan software recovery. Syaratnya, kamu harus segera mengembalikan file, begitu file tersebut terhapus. Pasalnya, kalau terlalu lama terhapus, bisa jadi file tersebut sudah ditimpa dengan file baru. Itu artinya kamu tidak bisa mengembalikan file tersebut. Kalaupun bisa, biasanya hanya sebagian file yang bisa terselematkan.

Nah, berbicara tentang cara mengembalikan file yang terhapus, kami merekomendasikan kamu untuk menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard. Software ini diklaim mampu mengembalikan semua jenis file yang terhapus di semua perangkat, termasuk PC, laptop, server, RAID, flash disk, HDD, SSD, dan perangkat removable lainnya.

Bahkan tak hanya terhapus saja, file yang tersembunyi, terformat, dan file yang tak dapat diakses pun juga dapat dipulihkan oleh EaseUS Data Recovery Wizard. Menariknya lagi, salah satu versi software EaseUS Data Recovery Wizard tersedia secara gratis. Namun, untuk versi gratisan, kamu hanya diperbolehkan untuk mengembalikan file yang terhapus maksimal berkapasitas 2GB saja.

Jika kamu ingin memulihkan file dengan kapasitas tak terhingga, kamu bisa memilih EaseUS Data Recovery Wizard versi Pro, Pro + WinPE, dan Technician. Setiap versi memiliki kemampuan yang berbeda dan tarif pembayaran yang berbeda pula. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengunjungi situs EaseUS.com.

EaseUS Data Recovery Wizard Free (easeus.com)
EaseUS Data Recovery Wizard Free (easeus.com)

Apabila kamu sekarang sedang mengalami masalah tentang file yang terhapus, tak ada salahnya kamu mencoba salah satu software recovery versi gratis yakni EaseUS Data Recovery Wizard Free. Semoga dengan adanya software ini, file-file penting kamu bisa terselamatkan.