Pilih android TV box terbaik untuk merasakan sensasi streaming secara nyaman, lengkap, dan mengasyikkan.

 

Bagaimanapun, alat ini kini menjadi satu kebutuhan yang cukup penting dan bisa diandalkan untuk menonton berbagai macam hiburan lewat layar yang lebih luas.

Ada banyak pilihan brand yang beredar di pasar Indonesia dengan menawarkan spesifikasi yang beragam. Mengenali kebutuhan kemudian membeli produk yang pas adalah hal dasar yang harus dilakukan untuk mendapatkan produk terbaik.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas cara memilih alatnya sekaligus memberikan beberapa ulasan produk yang recommended. Selamat membaca.

Cara memilih android TV box terbaik

Android TV box merupakan sebuah alat penting di era digital seperti sekarang. Betapa tidak, dengan alat ini para pengguna bisa menyaksikan dan menonton beragam hiburan lewat layar TV dengan sistem operasi android yang terus mengalami upgrading.

Cara memilih android TV box terbaik

Karena fungsinya yang penting tersebut, alat ini juga dikategorikan sebagai mini PC karena bentuknya yang minimalis namun multiguna.

Jika Anda hendak membeli produknya, berikut ini kami sampaikan beberapa poin yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan terlebih dulu:

Perhatikan CPU atau prosesornya

Spesifikasi adalah poin pertama yang harus diperiksa saat hendak membeli alat berbasis teknologi. Apalagi, android TV box ini juga dikenal sebagai mini PC.

Salah satu poin spesifikasi penting yang harus diperiksa dengan teliti adalah CPU atau prosesornya. Ada beberapa perusahaan besar yang dikenal menawarkan prosesor untuk alat ini, di antaranya adalah AmLogic, AllWinner, dan RockChip.

Dari ketiganya, AmLogic-lah yang mendapatkan banyak review positif sehingga cukup populer sebagai pembuat TV box.

Ketiga perusahaan tersebut menghadirkan CPU dalam beberapa jenis, misalnya Quad Core, Dual Core, atau yang lainnya.

Sebagai pembeli, Anda harus mengecek CPU produknya dengan lebih jeli. Pastikan bahwa informasinya jelas mulai dari perusahaan pembuat, core, dan frekuensinya bila perlu.

Semakin bagus CPU produk yang dibeli, maka semakin bagus pula produknya. Pasalnya, prosesor atau CPU inilah yang menentukan kinerja android TV box-nya, apakah akan cepat atau lemot.

Semakin bagus prosesor yang dipilih, kinerjanya semakin bagus sehingga Anda tidak akan mengalami lemot saat sedang mengoperasikan TV-nya.

Cek memori atau RAM yang ada di perangkatnya

Selain CPU atau prosesor, silakan cek juga RAM-nya. Sama dengan smartphone, semakin besar RAM yang dimiliki oleh sebuah perangkat, maka performa yang dihasilkan juga lebih baik.

Di pasaran, masing-masing produk dibekali dengan RAM yang berbeda. Ada yang hanya 1 GB, ada pula yang sampai 4 GB. Bahkan, sudah ada juga menggunakan RAM lebih dari itu.

Dalam menentukan android TV box terbaik, silakan pilih yang RAM-nya luas sehingga tempat kerja box-nya juga lebih luas. Dengan begitu, kinerjanya juga tidak perlu dipertanyakan lagi.

Untuk versi standar, Anda bisa beli yang RAM-nya 1 GB, namun bila menghendaki yang lebih baik, RAM sampai 2 GB atau 4 GB dapat dipilih.

Lantas, bagaimana jika Anda menemukan RAM lebih dari 4 GB? Untuk saat ini, ada yang berpendapat bahwa RAM lebih dari 4 GB bisa dikategorikan pemborosan.

Pasalnya, tinggi rendahnya harga produknya juga dipengaruhi oleh besaran RAM yang ditawarkan. Semakin tinggi RAM yang ditawarkan, semakin mahal pula harganya.

Sementara jika membeli versi lebih dari 4 GB, meski bagus, kinerjanya tidak terlalu diperlukan karena 4 GB sudah lebih dari cukup.

Periksa sistem operasinya

Basis alat ini adalah android. Sama halnya dengan smartphone yang memiliki sistem operasi android, maka pada TV box terbaik juga dibekali dengan sistem operasi yang sama.

Sistem operasi

Masing-masing alat hadir dengan sistem operasi yang berbeda. Misalnya android KitKat, Lollipop, atau yang lain.

Perbedaan sistem operasi mungkin akan berpengaruh pada tampilan hingga ketersediaan aplikasi-aplikasi tertentu. Jadi, silakan pertimbangkan dengan sebaik mungkin.

Memori atau ruang penyimpanan

Meski bentuknya kecil, alat ini ternyata juga dibekali dengan memori internal yang berbeda-beda. Namun, ROM yang dimiliki oleh mini PC ini berbeda dengan smartphone android yang bisa mencapai ratusan GB dalam satu perangkat.

Saat ini, mayoritas TV box dibekali ROM sebesar 8 GB. Meski begitu, sudah banyak juga tersedia perangkat yang menawarkan ROM lebih besar, misalnya 16 GB, 32 GB, hingga 64 GB.

Besaran ROM ini berpengaruh secara signifikan terhadap harga produknya. Semakin tinggi ROM-nya semakin mahal pula harganya.

Maka dari itu, kenalilah kebiasaan Anda dalam melakukan penyimpanan. Jika memang kebutuhannya besar, maka silakan siapkan anggaran yang lebih besar karena harganya pasti mahal.

Sebaliknya, jika ingin yang standar 8 GB saja, tidak ada salahnya juga. Dengan begitu, akan lebih mudah buat Anda untuk menyiapkan anggarannya.

Cek ketersediaan konektivitas wifi dan port-nya

Di era digital seperti sekarang, konektivitas adalah satu hal yang sangat penting. Suatu alat tidak akan bisa berfungsi secara optimal bila konektivitasnya minim.

Maka dari itu, silakan cek konektivitas yang ditawarkan oleh android TV box terbaik yang mau Anda beli. Berikut ini beberapa konektivitas yang umumnya dibekalkan pada box TV tersebut:

Wifi

konektivitas port Wifi

Apabila perangkat yang Anda pilih menawarkan koneksi Wifi, maka silakan cek versinya. Pastikan punya minimal 802.11 ac.

Port USB

Berikutnya, port USB juga menjadi salah satu kebutuhan penting. Pasalnya, kini banyak perangkat lainnya yang menggunakan port ini. Supaya bisa terhubung dengan perangkat-perangkat tersebut dengan mudah, android TV box terbaik Anda juga harus dibekali dengan port ini.

Cek berapa jumlah port-nya dan bagaimana tata letaknya. Semakin banyak port USB yang ada, maka semakin baik karena berarti Anda bisa mengoneksikannya dengan berbagai perangkat.

Misalnya, apabila tersedia 2 port USB, maka Anda bisa mengoneksikan salah satunya dengan mouse wireless terbaik, kemudian yang lainnya dikoneksikan ke flashdisk.

Ketika keduanya sudah masuk ke TV, maka Anda bisa mengoperasikan mini PC ini dengan lebih mudah dan mendapatkan tontonan sesuai kebutuhan.

HDMI

Selain 2 konektivitas di atas, Anda juga harus cek apakah ada port HDMI pada TV box ini sehingga bisa digunakan untuk menonton video dengan kualitas terbaik, misalnya 4K dengan 60 fps.

Cek versi port HDMI-nya. Untuk pengalaman terbaik dalam menonton, pilihlah yang versi 2.0. Namun, jika anggaran Anda terbatas, versi standar 1.4 juga bisa menjadi pilihan.

Namun, perlu diingat bahwa versi 1.4 ini tidak bisa menampilkan gambar 4K, hanya maksimal 30 fps saja. Meski begitu, gambarnya tetap akan terlihat mulus dan tidak putus-putus.

Selain konektivitas di atas, Anda juga perlu mengecek koneksi-koneksi lainnya. Misalnya port untuk internet sehingga TV-nya bisa bekerja secara optimal.

Itulah beberapa poin yang perlu dipertimbangkan dalam cara memilih android TV box yang bagus.

Daftar android TV box terbaik dengan harga terbarunya

Berikut ini beberapa ulasan produk yang cukup populer di Indonesia sebagai pelengkap perangkat televisi di rumah:

1. Android TV box murah dengan kualitas gambar 4K: MXQ Pro 4K

MXQ Pro 4K

MXQ merupakan salah satu merek yang sering memberikan penawaran harga murah untuk para pengguna STB android. Salah satu alat yang ditawarkan adalah Pro 4K.

Keunggulan yang ditawarkan lewat perangkat ini adalah kualitas gambar yang baik dengan banderol harga murah. Produknya juga cukup responsif buat gaming dengan kualitas grafis yang tergolong tinggi.

  • RAM: 1 GB.
  • OS: Android 7.1.
  • CPU/prosesor: Rock chip RK3229 Quad core 1,3 GHz.
  • ROM: 8 GB EMMC.
  • Koneksi: 4 x USB, Wifi 802.11b, HDMI 2.0.

Harga produknya sekitar 200 ribuan di marketplace.

2. Tersedia fitur Dolby Digital Plus dan DTS Multichannel Audio HD, support 4K: Xiaomi Mi Box

Xiaomi Mi Box

Xiaomi Mi Box bisa menjalankan beragam aplikasi android dengan baik. Saat dipakai untuk menonton, Anda juga bisa merasakan kualitas resolusi up to 4K. Ditambah lagi, sudah ada dolby digital plus dan DTS multichannel audio HD yang akan menambah sensasi menonton menjadi lebih asyik.

  • RAM: 2 GB.
  • OS: Marshmallow 6.0.
  • CPU/prosesor: ArmLogic S905 4-core processor Cortex A53 2 GHz.
  • ROM: 8 GB.
  • Koneksi: tidak ada info.

Harganya sekitar 700 sampai 800 ribuan di marketplace.

3. Kualitas grafis menakjubkan, cocok buat gaming: Xiaomi Mi Box S

Xiaomi Mi Box S

Xiaomi Mi Box S bisa menampilkan gambar resolusi 4K. Performanya juga stabil dengan kualitas bagus sehingga cocok buat main game. Sayangnya, produk ini belum dilengkapi dengan port ethernet yang sangat penting buat sebagian orang.

  • RAM: 2 GB DDR3.
  • OS: Oreo 8.1.0
  • CPU/prosesor: Quad Core prosesor ARMLogic S905 Cortex A53 2 GHz.
  • ROM: 8 GB.
  • Koneksi: Bluetooth, Wifi, HDMI 2.0, USB 2.0.

Harga produknya sekitar 700 sampai 800 ribuan.

4. Sudah dilengkapi program Mola TV dan ada fitur screen mirroring dengan smartphone: Polytron Mola TV – PDB M11

Polytron Mola TV – PDB M11

Salah satu keunikan android TV box terbaik dari Polytron ini adalah sudah tersedianya Mola TV. Alat ini bisa menampilkan gambar dengan kualitas sampai 4K dan ada fitur screen mirroring-nya untuk memudahkan pairing dengan smartphone.

  • RAM: tidak ada info.
  • OS: Android 9.0.
  • CPU/prosesor: tidak ada info.
  • ROM: tidak ada info.
  • Fitur: screen mirroring.

Harga produknya mulai dari 1 jutaan sampai 1,1 jutaan rupiah.

5. Android TV box terbaik dengan pengoperasian yang simpel: Polytron PDB F2

Polytron PDB F2

Pengoperasian Polytron PDB F2 termasuk yang paling simpel dan mudah karena bisa lewat suara. Kualitas gambarnya juga up to 4K sehingga bisa memberikan pengalaman menonton terbaik. Terlebih lagi, konektivitasnya juga cenderung lengkap.

  • RAM: 2 GB.
  • OS: android 9.0 pie.
  • CPU/prosesor: Quad Core 64 bit 1,5 GHz.
  • ROM: 8 GB.
  • Koneksi: Wifi, bluetooth, port USB 2, HDMI 1.

Harga produknya sekitar 1,2 sampai 1,3 jutaan rupiah.

6. Prosesor terbaik hasilkan performa yang berkualitas: ZTE Z69 S905X

ZTE Z69 S905X

Prosesor AmLogic yang disematkan pada alat ini memantapkan performanya sehingga dapat diandalkan. Kualitas gambar yang dihasilkan juga sudah up to 4K sehingga makin jelas dan nyata. Menariknya lagi, konten game dan video bisa ditampilkan secara stabil sehingga tidak akan mengganggu penontonnya.

  • RAM: 3 GB.
  • OS: android 7.1.
  • CPU/prosesor: AmLogic S905X Quadcore up to 2 GHz.
  • ROM: 32 GB.
  • Koneksi: Wifi, bluetooth, dll.

Harga produknya sekitar 1,5 jutaan.

7. Resolusi Ultra HD dengan konektivitas terbaik: MINIX NEO U1

MINIX NEO U1

Konektivitas menjadi salah satu hal yang diunggulkan dari MINIX NEO U1 ini. Meski masih menggunakan sistem operasi android Lollipop, Minix NEO U1 juga menawarkan kelebihan lain, yakni hemat pemakaian daya.

  • RAM: 2 GB.
  • OS: Lollipop 5.1.
  • CPU/prosesor: Amlogic Quad core 64 bit cortex A53 S905.
  • ROM: 16 GB
  • Koneksi: Wifi, bluetooth 4.1, 3 USB port, HDMI 2.0, dll.

Harga produknya sekitar 1,5 jutaan.

8. Sudah support android 9.0 dengan RAM yang besar: WZATCO Q Plus

WZATCO Q Plus

Harga yang murah menjadi kelebihan dari WZATCO Q plus ini. Terlebih lagi RAM dan ROM-nya juga tergolong besar untuk harga yang ditawarkan.

  • RAM: 4 GB DDR 4.
  • OS: android pie 9.0.
  • CPU/prosesor: Allwinner H6.
  • ROM: 64 GB.
  • Koneksi: wifi, HDMI, USB, dll.

Untuk membeli WZATCO Q Plus, silakan sediakan uang sekitar 500 ribuan.

9. Punya port USB 4 dengan 1 port HDMI: Xtreamer Prodigy 4K

Xtreamer Prodigy 4K

Meski masih menggunakan android KitKat, Xtreamer Prodigy tetap bisa diandalkan karena bisa menampilkan gambar beresolusi ultra HD 30 FPS sampai 4K. Selain itu, tersedia juga port dalam jumlah banyak sehingga sangat multifungsi.

  • RAM: 2 GB.
  • OS: 4.4 KitKat.
  • CPU/prosesor: ARM Cortex A9 Mstar 9180.
  • ROM: 8 GB.
  • Koneksi: bluetooth 4.0, USB 4 port, dan HDMI.

Xtreamer Prodigy 4K dibanderol dengan harga sekitar 2,2 jutaan dengan pilihan warna yang cukup menarik, salah satunya adalah dark blue.

10. ROM 32 GB dengan prosesor Core, performa bisa diandalkan: Polytron Android Box Play

Polytron Android Box Play

Dibekali dengan prosesor AmLogic dengan kartu grafis terbaik, produk ini tidak hanya bagus karena performanya, tetapi juga karena kualitas gambarnya yang stabil.

Dengan dukungan Android Marshmallow, Anda bisa menggunakan perangkatnya untuk menonton video hingga membuka Google Play Store dengan mudah.

  • RAM: 3 GB.
  • OS: 6.0 Marshmallow.
  • CPU/prosesor: AmLogic S912 Octa Core.
  • ROM: 32 GB.
  • Koneksi: port USB 2, HDMI 1.

Polytron Android TV box terbaik ini dibanderol dengan harga mulai dari 680 ribuan di marketplace.

11. RAM 4 GB dan ROM 64 GB mantapkan performanya: H96 Max RK3318

H96 Max RK3318

H96 Max RK3318 sudah support resolusi 4K sehingga akan memanjakan mata Anda selama menonton TV. Memorinya juga lumayan besar, yakni 4 GB RAM dan 64 GB ROM. Selain itu, sistem operasi yang dimilikinya juga lumayan baru, yakni android 9.0 Pie.

  • RAM: 4 GB DDR3.
  • OS: 9.0 Pie.
  • CPU/prosesor: RK3318 Quad Core 64 bit Cortex A53.
  • ROM: 64 GB.
  • Koneksi: bluetooth 4.0, wifi, USB 2 port (3.0 dan 2.0).

Dengan spesifikasi yang keren di atas, H96 Max RK 3318 hanya dibanderol dengan harga 500 ribuan rupiah di marketplace.

12. Bisa pakai main MOBA dengan performa stabil: Tronsmart Vega S95

Tronsmart Vega S95

Tronsmart Vega S95 dibanderol dengan harga di angka satu jutaan. Kelebihan produk ini adalah memiliki performa yang stabil sehingga bisa digunakan untuk main Mobile Legends dan game MOBA lainnya.

Sistem operasi yang disematkan pada perangkat ini adalah Lollipop dengan RAM sebesar 2 GB dan ROM 8 GB.

  • RAM: 2 GB.
  • OS: 5.1.1 Lollipop.
  • CPU/prosesor: AmLogic S905 Quad Core 64 bit ARM Cortex A53.
  • ROM: 8 GB.
  • Koneksi: HDMI 2.0, Wifi, dll.

Transmort juga tersedia dalam versi ROM 16 GB. Jadi, silakan pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Soal harga, produk ini dibanderol mulai dari 1,1 jutaan rupiah.

Itulah beberapa review produk android TV box terbaik berikut cara memilihnya. Sekarang, selamat mencobanya dan semoga bisa mendapatkan produk terbaik.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles