Lebih ringkas! Itulah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh mouse wireless terbaik. Produk ini sangat recommended dan pilihannya pun banyak.

 

Anda bisa memilih salah satu dari brand-brand seperti Toshiba, Logitech, Robot, HP, atau yang lainnya. Semuanya menghadirkan spesifikasi yang berbeda, mulai dari fitur, desain, hingga tipenya.

Soal fitur, Anda mungkin bisa memilih produknya berdasarkan kebutuhan. Namun soal desain dan bentuk, Anda bisa memilihnya berdasarkan selera.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas cara memilih dan beberapa review produknya.

Cara memilih mouse wireless terbaik dan bagus

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda memakai mouse nirkabel. Di antaranya adalah lebih praktis karena tidak memerlukan kabel. Di samping itu, mouse jenis ini juga jauh lebih mudah dibawa ke mana-mana dan fleksibel saat dipakai.

Pilih mouse wireless terbaik

Namun, jenis mouse ini juga punya kekurangan. Khususnya yang versi baterai karena perlu melakukan penggantian saat dayanya habis.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih produknya dengan tepat supaya manfaatnya bisa dimaksimalkan dengan baik tanpa perlu merasakan kekurangannya. Berikut ini beberapa poin yang perlu dipertimbangkan saat memilih mouse wireless terbaik:

Kenali jenis konektivitas yang ditawarkan mouse-nya

Secara garis besar, mouse wireless dibekali dengan dua konektivitas, yakni USB receiver dan bluetooth. Untuk memilihnya, silakan kenali masing-masing cara koneksinya:

USB receiver

Sesuai dengan namanya, mouse ini menggunakan sebuah receiver yang dicolokkan ke port USB laptop atau PC. Setelah mencolokkan receiver ke port USB, maka mouse bisa digunakan dari mana saja asal jarak mouse masih berada dalam jangkauan. Biasanya, jangkauannya bisa mencapai 10 meter.

Inilah yang menjadi kelebihan dari tipe pertama ini. Di mana instalasi bisa dilakukan dengan sangat mudah layaknya menggunakan mouse jenis biasa.

Selain koneksinya yang mudah, receiver-nya juga bisa diletakkan dengan aman di bodi mouse-nya sehingga tidak perlu khawatir kehilangan saat dipakai bepergian.

Menariknya lagi, jika Anda punya smartphone yang punya port micro USB, maka mouse-nya juga bisa digunakan pada perangkat tersebut. Juga pada perangkat lain dengan port-port serupa.

Bluetooth

Alat ini dibekali dengan bluetooth sehingga bisa terkoneksi dengan banyak perangkat. Selain itu, produknya juga cocok untuk laptop atau perangkat lain yang tidak punya banyak port USB.

Jadi, port yang ada bisa dimaksimalkan untuk koneksi lain seperti hardisk eksternal atau yang lain.

Yang jadi masalah adalah Anda masih menggunakan komputer yang tidak dilengkapi dengan bluetooth bawaan. Maka, mau tidak mau Anda harus menambahkan perangkat bluetooth portabel pada perangkat tersebut. Bluetooth portabel ini bisa dibeli secara online di marketplace Indonesia.

Cek sistem sensornya

Setelah memeriksa konektivitasnya, kini saatnya Anda mengecek sistem sensornya. Wireless mouse terbaik dibekali dengan beberapa tipe sensor, di antaranya adalah:

Blue LED

Ini adalah tipe yang paling banyak ditemukan di wireless mouse. Kelebihannya adalah Anda tidak memerlukan mouse pad saat menggunakan produknya. Selain itu, tingkat presisinya juga tinggi sehingga nyaman ketika dipakai.

Menariknya lagi, Anda bahkan bisa menggunakannya di berbagai permukaan mengkilap. Di permukaan yang berdebu sekalipun, mouse-nya masih tetap bisa digunakan. Sistem sensor ini tidak bekerja dengan baik pada permukaan transparan seperti kaca.

Red LED

Apabila Anda memiliki budget yang terbatas, maka sensor red LED ini adalah pilihan yang tepat. Meski terjangkau, akurasi dan presisinya bisa diandalkan.

Yang jadi masalah, dia tidak bisa dipakai pada permukaan bidang mengilap, berpola, dan putih. Artinya, Anda perlu menyiapkan mouse pad bila memakai produk in.

Laser

Sistem sensor laser memiliki keakuratan yang lebih baik dibanding versi optik. Dia juga bisa digunakan pada bidang mengilap dan permukaan yang tak rata. Sama dengan versi blue LED, Anda juga tidak bisa memakai laser pada meja kaca atau permukaan transparan lainnya.

LED infrared

Kelebihan utama yang ditawarkan oleh mouse wireless terbaik ini adalah pemakaian daya yang lebih hemat sehingga bisa dipakai dalam waktu lama.

Produk dengan sistem sensor ini sangat cocok untuk pengguna yang sering bepergian dan memiliki mobilitas tinggi. Baterai mouse-nya bisa bertahan antara 6 sampai 12 bulan.

Soal sensor, kinerjanya hampir sama dengan versi optik. Jadi, sebaiknya bawa mouse pad agar bisa mendapatkan performa terbaik.

Cari tahu sumber daya yang dipakai dan cara pengisiannya

Mouse wireless terbaik biasanya menggunakan baterai untuk bisa bekerja. Namun, ada yang baterainya bisa dicas, ada pula yang harus diganti saat sudah habis.

Produk yang bisa dicas memang memiliki biaya operasional rendah. Namun, pada saat pembelian pertama kali, unitnya terbilang lebih mahal.

Sebaliknya, versi mouse dengan baterai yang harus diganti saat habis memiliki harga yang murah meskipun memang biaya operasionalnya cenderung lebih tinggi karena perlu melakukan penggantian saat dayanya habis.

Pertimbangkan desain dengan kenyamanan saat menggunakannya

Masing-masing mouse hadir dengan desain yang berbeda. Desain ini tidak hanya untuk memberikan nilai estetika pada produknya. Melainkan juga rasa nyaman saat digenggam dan digunakan.

Desain dengan kenyamanan

Pilihlah produk yang memang bisa memberikan kenyamanan terbaik sehingga saat digunakan dalam waktu lama, tangan Anda tidak akan merasa kelelahan.

Silakan coba memegang mouse-nya saat melakukan pembelian. Namun, ketika membelinya secara online, Anda bisa cek ulasan dari para pengguna lain.

Selain desain, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli mouse kidal yang kini sudah tersedia di pasaran.

Intinya, soal desain, ukuran, berat, dan modelnya ini silakan sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing.

Cek tingkat respons dari mouse-nya

Berikutnya, Anda bisa cek bagaimana respons dari pemakaian mouse-nya. Pengecekan respons ini bisa dilakukan dengan mencobanya untuk klik, scroll, atau yang lainnya.

Selain dengan mencobanya, tingkat respons ini umumnya juga dapat dilihat dari resolusi mousenya. Semakin tinggi resolusinya, maka semakin cepat dan baik tingkat responsnya.

Nah, angka resolusi ini tinggal Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika memang butuhnya buat main game, maka carilah mouse gaming terbaik yang umumnya dibekali dengan resolusi tinggi. Namun, apabila kebutuhannya untuk browsing atau pemakaian biasa saja, pilih yang nilai resolusinya standar.

Sebagai informasi resolusi atau tingkat respons ini biasanya ditulis dengan digit angka diikuti satuan dpi atau cpi. Jika Anda memakai produknya untuk kebutuhan standar, resolusi 800 sampai 1.600 dpi sudah lebih dari cukup.

Periksa fitur tambahan yang disematkan

Ada mouse yang dibekali dengan fitur tambahan, ada pula yang tidak. Kalaupun ada fitur tambahannya, masing-masing produk juga dibekali dengan fitur tambahan yang berbeda-beda.

Fitur tambahan

Maka dari itu, Anda harus memilih alat yang memang memiliki fitur tambahan sesuai dengan fungsi yang sering dibutuhkan.

Daftar mouse wireless terbaik dengan harga terbaru

Berikut ini beberapa ulasan mengenai produk mouse wireless yang bagus dan recommended:

1. Ramping, praktis, dan nyaman digunakan: Microsoft Arc Mouse

Microsoft Arc Mouse

Desain Microsoft Arc ini sangat ramping dan ringan. Anda bisa menempatkannya dengan mudah di dalam tas. Selain itu, tersedia juga fitur horizontal scrolling yang cocok buat pengolahan data yang sangat panjang.

Menariknya lagi, bentuk produk ini tidak kaku dan bisa dilenturkan sesuai kebutuhan. Dengan bentuknya tersebut, sudah jelas produknya menjadi nyaman digenggam.

  • Koneksi: bluetooth.
  • Pengisian daya: baterai 2 x AAAA
  • Berat: 82,5 gram
  • Tingkat respons: tidak ada info.

Harga produknya sekitar 1,2 sampai 1,8 jutaan.

2. Mouse wireless gaming dengan tingkat respons tinggi: Logitech G903 Lightspeed Wireless Gaming Mouse

Logitech G903 Lightspeed Wireless

Resolusi Logitech G903 ini mencapai 16.000 dpi. Itulah mengapa produknya sangat cocok buat para gamers. Sensornya juga HERO 16K sehingga menghasilkan kinerja yang sempurna. Menariknya lagi, ada tambahan tombol di sisi kanan dan kiri dengan tata letak yang mudah dijangkau.

  • Koneksi: USB receiver.
  • Pengisian daya: charging.
  • Berat: 120 gram.
  • Tingkat respons: 16.000 dpi.

Harga produknya mulai dari 1,4 jutaan sampai 2 jutaan rupiah.

3. Cocok buat pengguna Apple dengan tampilan yang elegan: Apple Magic Mouse 2

Apple Magic Mouse 2

Buat Anda yang menggunakan perangkat dari Apple, maka mouse wireless terbaik ini adalah salah produk yang dapat kami rekomendasikan. Pasalnya, di sini ada fitur multitouch yang akan memudahkan pemakaian perangkat Mac Anda.

Desainnya pun sangat elegan dengan model yang sangat nyaman digenggam.

  • Koneksi: bluetooth.
  • Pengisian daya: charging.
  • Berat: 99 gram.
  • Tingkat respons: tidak ada info.

Untuk membelinya, silakan sediakan uang sekitar 1 sampai 1,3 jutaan rupiah.

4. Ada fitur horizontal scrolling cocok buat yang sering olah data di excel: Logitech MX Master 2S

Logitech MX Master 2S

Buat para pekerja yang sering melakukan pengolahan data di Microsoft Excel dalam jumlah besar, Logitech MX Master 2S ini layak dicoba untuk membantu efisiensi pekerjaan. Pasalnya, dalam produknya sudah disematkan horizontal scrolling.

Selain itu, mouse wireless terbaik yang bersistem charging ini juga hanya butuh waktu 3 menit saja untuk melakukan pengisian daya.

  • Koneksi: USB receiver dan bluetooth.
  • Pengisian daya: charging.
  • Berat: 145 gram.
  • Tingkat respons: up to 4.000 dpi.

Harganya sekitar 1 jutaan sampai 1,6 jutaan di marketplace.

5. Paket mouse dan keyboard portabel: Micropack KM-220W Wireless Optical Combo Keyboard & Mouse

Micropack KM 220W Wireless Optical Combo

Micropack hadir dengan paket wireless dan keyboard portabel dalam satu tempat. Sangat praktis dan efisien. Micropack KM-220W mengonsumsi daya yang sangat rendah jadi bisa hemat pembelian baterai.

  • Koneksi: USB receiver.
  • Pengisian daya: baterai 1 x AAA untuk mouse, dan 2 x AAA untuk keyboard.
  • Berat: tidak ada info.
  • Tingkat respons: 1.000 dpi.

Harganya adalah sekitar 200 sampai 400 ribuan.

6. Mouse wireless terbaik yang tidak berisik dengan ketahanan daya yang super lama: Logitech M221 Silent

Logitech M221 Silent

Jika Anda menghendaki mouse wireless terbaik yang tidak berisik, silakan pilih Logitech M221. Selain tidak berisik, baterai produknya juga dikenal tahan lama sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Terlebih lagi, produknya sangat ringan sehingga terasa nyaman saat dipakai. Tersedia juga mode sleep yang aktif otomatis saat mouse-nya tidak dipakai dalam jangka waktu lama.

  • Koneksi: USB receiver.
  • Pengisian daya: baterai 1 x AA.
  • Berat: 75,2 gram.
  • Tingkat respons: 1.000 dpi.

Harganya sekitar 160 sampai 170 ribuan.

7. Bisa dipakai di dua perangkat sekaligus dengan dua sistem koneksi: Xiaomi Mi Portable Mouse

Xiaomi Mi Portable Mouse

Xiaomi Mi portable ini menggunakan koneksi bluetooth sekaligus USB receiver. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya pada dua perangkat sekaligus. Bentuknya sangat tipis, kecil, dan kokoh sehingga tidak merepotkan saat mau dibawa ke mana-mana.

  • Koneksi: USB receiver dan bluetooth.
  • Pengisian daya: baterai 2 x AAA.
  • Berat: 77,5 gram.
  • Tingkat respons: 1.200 dpi.

Harganya sekitar 190 sampai 200 ribuan rupiah.

8. Desain unik dan cocok buat para penggemar Marvel: Logitech M238 Marvel Collection Wireless Mouse

Logitech M238 Marvel Collection Wireless Mouse

Buat para fans Marvel, koleksi mouse dari Logitech ini patut untuk dicoba. Desainnya sangat unik dengan beberapa karakter superhero Marvel. Seperti kapten Marvel, kapten Amerika, Spiderman, hingga Ironman.

Desain yang unik ini diimbangi dengan kualitas yang cukup mumpuni.

  • Koneksi: USB receiver.
  • Pengisian daya: baterai 1 x AA.
  • Berat: 84 gram.
  • Tingkat respons: 1.000 dpi.

Harganya sekitar 170 sampai 180 ribuan rupiah.

9. Mouse wireless dengan desain yang nyaman dipakai: HP Wireless Mouse 250 A/P

HP Wireless Mouse 250 AP

HP menghadirkan mouse wireless terbaik dengan desain yang ergonomis dan nyaman untuk dipakai. Selain bentuknya yang keren, tampilan luar juga terlihat futuristik dengan pilihan warna yang mewah.

  • Koneksi: USB receiver.
  • Pengisian daya: baterai 2 x AAA.
  • Berat: 78 gram.
  • Tingkat respons: 1.000 dpi.

Harganya sekitar 110 ribuan rupiah.

10. Harga mouse wireless terbaik murah dengan jangkauan mencapai 20 meter: Robot M220 Mouse Wireless Optical

Robot M220 Mouse Wireless Optical

Robot M220 dibanderol dengan harga yang murah tapi tidak murahan. Beragam fitur keren disematkan padanya, salah satunya adalah bisa dipakai dalam jarak 20 meter. Resolusi atau tingkat responsnya juga baik, dengan nilai 1.600 dpi.

  • Koneksi: USB receiver.
  • Pengisian daya: baterai 1 x AAA.
  • Berat: 40 gram.
  • Tingkat respons: 1.600 dpi.

Wireless mouse terbaik ini sangat ringan, Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari 50 sampai 70 ribuan rupiah.

11. Modelnya ramping dan ada mode sleep: Logitech Pebble Wireless Bluetooth Mouse M350

Logitech Pebble Wireless Bluetooth Mouse M350

Desain yang ramping menjadi salah satu kelebihan produk ini. Selain itu, ada juga mode sleep yang akan aktif bila mouse-nya lama tidak digunakan. Logitech Pebble ini juga dibekali dengan fitur silent yang memungkinkannya untuk bekerja 90% tanpa suara meskipun digeser atau yang lainnya.

Menariknya lagi, Logitech Pebble juga sudah punya media ruang penyimpanan dongle. Jangkauannya mencapai 10 meter.

  • Koneksi: bluetooh.
  • Pengisian daya: 1 x AA.
  • Berat: tidak ada info.
  • Tingkat respons: 1.000 dpi.

Harga produknya sekitar 260 sampai 270 ribuan.

12. Rekomendasi mouse wireless terbaik dibawah 100 ribu: Vivan Robot M310 Mouse Wireless Silent Optical USB

Vivan Robot M310 Mouse Wireless Silent Optical USB

Robot M310 ini punya smart IC chip yang berfungsi untuk menghemat daya baterai. Resolusinya juga termasuk besar, yakni 1.600 dpi. Terlebih lagi, jangkauannya bisa sampai 20 meter.

  • Koneksi: USB receiver.
  • Pengisian daya: baterai 1 x AA.
  • Berat: sekitar 62 gram (tanpa baterai).
  • Tingkat respons: 1.600 dpi.

Dengan fitur yang sangat memadai, Anda bisa membeli produknya dengan harga di bawah 100 ribu rupiah. Ada yang menjualnya seharga 60 ribuan, ada pula yang 70 ribuan rupiah.

Demikian informasi tentang cara memilih mouse wireless terbaik dan beberapa ulasan produk yang direkomendasikan. Silakan temukan produk yang sesuai kebutuhan Anda secara offline maupun online.

Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles