Agar bisa main game dengan nyaman, pakailah mouse gaming terbaik. Pilih yang fiturnya sesuai kebutuhan dan awet dipakai dalam jangka waktu lama.

 

Ada banyak opsi produk yang bisa Anda pilih. Mulai dari Logitech, Razer, Zowie, Cougar, dan yang lainnya. Untuk mendapatkan yang terbaik, Anda perlu melakukan seleksi dengan cermat.

Untuk mempermudah Anda dalam menentukan pilihan, kami akan memberikan panduan atau cara memilihnya dalam artikel ini. Selain itu, kami juga akan mengulas beberapa spesifikasi produk yang banyak direkomendasikan oleh gamers.

Cara memilih mouse gaming terbaik murah

Cara memilih mouse gaming terbaik murah

Perlu diketahui bahwa mouse gaming memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan mouse biasa. Mouse jenis ini biasanya memiliki sejumlah kelebihan seperti:

  • Desainnya lebih keren.
  • Bodinya berbentuk ergonomis dan tidak biasa.
  • Umumnya dilengkapi dengan tombol-tombol khusus untuk menunjang permainan.
  • Memiliki tingkat DPI yang lebih tinggi.
  • Dilengkapi dengan beragam konektivitas.
  • Daya tahannya lebih mumpuni dan kuat.
  • Lebih sensitif.
  • Beberapa merek memiliki fitur tambahan dengan harga yang lebih mahal.

Nah, untuk mendapatkan kelebihan di atas secara maksimal, silakan ikuti panduan di bawah ini untuk memilih produknya:

Kenali tipe mouse gaming

Ada banyak sekali jenis mouse gaming yang ada di pasaran, khususnya di Indonesia. Setidaknya, ada 4 jenis gaming mouse yang perlu Anda tahu, yakni jenis all purpose, FPS dengan DPI tinggi, MOBA dan MMORPG, dan Ambidextrous.

Jenis mouse

Berikut ini masing-masing penjelasan dari keempat tipe tersebut:

All purpose

Sesuai namanya, jenis ini cocok untuk dipakai untuk memainkan beragam jenis game. Jadi, kalau Anda suka berganti-ganti game, tipe inilah yang paling cocok.

Meski begitu, Anda perlu tahu bahwa jenis ini dibekali dengan fitur standar. Di samping itu, penggantian tingkat DPI-nya juga terbatas.

Oleh karena itu, apabila Anda membutuhkan alat yang memiliki fitur lebih, silakan pilih tipe lain.

FPS dengan DPI tinggi

Jenis FPS ini sangat cocok buat Anda yang sering memainkan game peperangan. Misalnya Metal Gear Solid, Battlefield, Worms World Party, dan permainan sejenis.

Pasalnya, jenis ini didesain memiliki tingkat kecepatan gerakan yang baik. Dia dilengkapi dengan DPS yang tinggi pula.

Yang menarik, meski memiliki kecepatan yang tinggi, jenis mouse gaming terbaik ini juga bisa dipakai untuk gerakan lambat jika memang diperlukan.

Jadi pada saat butuh membidik musuh, Anda bisa mengatur gerakannya supaya lebih presisi. Terlebih lagi, model ini biasanya juga dilengkapi dengan snipper button.

MOBA dan MMORPG

Apabila Anda suka main game MOBA dan MMORPG seperti Black Dessert Online, Guild Wars, ArcheAge, Blade and Soul, atau yang sejenis, maka memakai tipe ini adalah pilihan yang tepat.

MOBA dan MMORPG memang merupakan dua genre yang berbeda, namun kebutuhan mouse-nya hampir sama.

Model ini dibuat dengan banyak tombol yang berfungsi sebagai shortcut yang akan mempermudah Anda selama bermain.

Namun, karena dibuat dengan tombol yang banyak, bodi mouse-nya memang cenderung lebih gemuk. Jadi, Anda perlu menyesuaikan diri.

Ambidextrous

Tipe berikutnya adalah ambidextrous. Model ini didesain secara khusus untuk para gamers yang kidal. Desainnya sudah disesuaikan sehingga pemilik tangan kidal akan tetap merasa nyaman saat menggunakannya.

Selain cocok buat yang kidal, Ambidextrous juga bisa dipakai oleh pengguna tangan kanan. Ditambah lagi, ada tombol tambahan di kanan dan kirinya. Tombol ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan fungsinya sesuai dengan software bawaannya.

Periksa sensor laser atau optical yang dimiliki

Pertimbangan berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengecek sensor laser atau optik yang dimilikinya.

Di sini, versi optik biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding versi laser. Pasalnya, DPI dari versi optik jauh lebih rendah meski memang beberapa jenis mouse gaming terbaik bersensor optik bisa mencapai DPI yang tinggi.

Untuk diketahui, DPI dari versi optik biasanya mencapai 8.000 dpi, sedangkan versi laser memiliki DPI dua kali lipat lebih tinggi, yakni 16.000 dpi.

Semakin tinggi DPI yang dimiliki oleh sebuah mouse, maka semakin cepat pula gerakan kursor mouse-nya. Pasalnya, dengan dpi yang mereka miliki, mouse tersebut bisa melacak titik lebih banyak per inci secara detail. Itu juga berarti bahwa mouse ini lebih bisa membidik sesuatu di titik yang lebih pas.

Namun, Anda juga tidak boleh mengesampingkan fakta bahwa semakin cepat gerakan kursornya, ada kemungkinan permainan akan berantakan.

Solusinya, silakan sesuaikan tingkat DPI-nya dengan resolusi layar monitor yang Anda gunakan. Jika Anda memakai smart TV terbaik beresolusi 4K atau QHD misalnya, maka pilihlah yang kecepatannya tinggi.

Namun, jika resolusinya tidak setinggi itu, pilihlah produk yang dibekali sensor laser atau optik dengan DPI antara 8.000 sampai 12.000.

Perhatikan grip style-nya

Istilah grip mengacu pada bagaimana seseorang memegang mouse-nya. Dalam memilih style grip, Anda harus mengedepankan kenyamanan. Untuk itu, silakan coba pegang mouse-nya saat membeli dan rasakan sensasi saat menggunakan mouse-nya.

Setidaknya, ada 3 jenis grip yang bisa Anda pilih. Yakni palm grip, claw grip, dan tip grip. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  • Palm grip merupakan model yang paling sering digunakan para gamers. Jenis ini memungkinkan Anda untuk meletakkan telapak tangan dan jari pada semua permukaan mouse.
  • Tip (fingertip) grip merupakan model pemakaian mouse yang hanya meletakkan ujung jari di permukaan mouse-nya tanpa menyentuh badan mouse sama sekali.
  • Claw grip merupakan gabungan antara palm dan tip. Di mana telapak tangan menyentuh mouse, demikian juga dengan ujung jarinya.

Anda tinggal pilih salah satu grip sesuai kebiasaan memegang mouse.

Cek konektivitasnya, mau kabel atau wireless

Kini, ada banyak sekali jenis konektivitas mouse. Ada yang terhubung melalui kabel, ada pula yang nirkabel. Jika dulu banyak pengguna yang memiliki mouse yang terkoneksi melalui kabel, sekarang sebaliknya. Banyak orang yang lebih suka nirkabel.

Konektivitasnya kabel atau wireless?

Pasalnya, versi nirkabel lebih ringkas dan praktis. Gerakan mouse-nya juga lebih leluasa. Di samping itu, koneksi nirkabel kini juga makin stabil seiring dengan perkembangan zaman.

Cek fitur tambahan yang disematkan

Ada beberapa fitur yang disematkan oleh pabrikan sebagai tambahan spesifikasi produk agar makin menarik. Anda harus memperhatikan fitur ini sebagai nilai tambah dan pertimbangan saat membeli.

Di antara fitur ekstra yang disematkan pada mouse gaming terbaik adalah:

Tambahan desain unik

Ada mouse yang hadir dengan desain biasa, namun untuk menambah nilai estetika dan keindahan, beberapa pabrikan kadang menambahkan iluminasi.

Software bawaan

Setiap mouse biasanya juga dilengkapi dengan software bawaan. Anda bisa mengecek software-nya kemudian terserah mau diinstal atau tidak.

Pengaturan berat

Beberapa jenis mouse dibekali dengan pengaturan bobot. Caranya adalah dengan menambahkan catridge kecil dengan berat dari 1 sampai 5 gram. Nah, untuk mengurangi atau menambah bobotnya, Anda bisa melepas pasang catridge tersebut.

Daftar mouse gaming terbaik dengan harga terbaru

Setelah tahu cara memilih produknya, sekarang Anda bisa menyimak produk recommended di bawah ini:

1. Performa maksimal buat para profesional player: Logitech G Pro Wireless Mouse

Logitech G Pro Wireless Mouse

Logitech bekerja sama dengan 50 profesional player untuk membuat G Pro wireless mouse ini. Fitur di dalamnya sangat melimpah dengan sensor yang mumpuni. Bobotnya pun sangat ringan sehingga akan memudahkan pemakaian.

  • DPI: 100 sampai 16.000 (bisa dikustom sendiri).
  • Jenis: wireless.
  • Berat: 80 gram.
  • Grip: fingertip, palm, dan claw.
  • Jumlah tombol: 4-8.

Harga produknya sekitar 1,7 jutaan sampai 2,3 jutaan.

2. Mouse gaming murah terbaik dengan fitur lengkap: Cougar Minos X3

Cougar Minos X3

Seluruh fitur yang ada di dalam mouse ini sangat menguntungkan buat gamer. Menariknya, dengan fitur yang melimpah itu, harga Cougar Minos X3 sangat terjangkau. Maka dari itu, ada banyak penghargaan yang diterimanya.

  • DPI: 400 sampai 3.200 (bisa dikustom).
  • Jenis: kabel.
  • Berat: 94 gram.
  • Grip: claw dan fingertip.
  • Jumlah tombol: 6.

Untuk membelinya, silakan sediakan uang 300 ribuan saja.

3. Mouse gaming terbaik dibawah 500 ribu dengan performa bagus: Logitech optical gaming mouse G300s

Logitech optical gaming mouse G300s

G300s dibekali dengan fitur-fitur yang cocok untuk pemula. Desainnya ambidextrous sehingga bisa digunakan oleh pemilik tangan kidal. Selain itu, seluruh tombolnya juga bisa diatur menggunakan software bawaannya dengan mudah.

  • DPI: 200-2.500 (bisa kustom).
  • Jenis: kabel.
  • Berat: 82 gram.
  • Grip: fingertip dan claw.
  • Jumlah tombol: 9

Harga G 300s ini sangat terjangkau, yakni sekitar 180 sampai 200 ribuan.

4. Tombol samping bisa disesuaikan untuk game yang diinginkan: Razer Naga Trinity

Razer Naga trinity

Razer Naga Trinity sangat menarik dengan beberapa pilihan tombol samping yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan game. Lebih detail, Razer menyediakan 3 pilihan side button. Yaitu pilihan 2 tombol, 7, dan 12 tombol.

Pilihan side button ini akan mempermudah Anda dalam memainkan game jenis apa saja. Mulai dari FPS, MOBA, hingga MMO.

  • DPI: 16.000.
  • Jenis: kabel.
  • Berat: 120 gram.
  • Grip: fingertip.
  • Jumlah tombol: 19.

Harga produknya sangat beragam, mulai dari 1,3 jutaan sampai 1,5 jutaan rupiah.

5. Tracking speed-nya akurat dengan pilihan grip beragam: SteelSeries Rival 700

SteelSeries Rival 700

Kapasitas tracking SteelSeries Rival 700 ini sangat akurat. Di samping itu, gripnya juga tersedia dalam berbagai pilihan sehingga memudahkan Anda dalam memainkan games.

  • DPI: 100 sampai 16.000.
  • Jenis: kabel.
  • Berat: 135 gram (tanpa kabel).
  • Grip: palm, claw, dan fingertip.
  • Jumlah tombol: 7

Harganya sekitar 1,3 jutaan di marketplace.

6. Mouse gaming wireless yang bisa mode non wireless: Razer Naga Epic Chroma

Razer Naga Epic Chroma

Razer Naga Epic Chroma sangat cocok buat main game RPG dan MMO. Mouse gaming terbaik ini diharapkan bisa menaikkan kesempatan untuk memenangkan pertandingan. Jumlah tombolnya banyak dan mudah dijangkau oleh tangan.

Menariknya lagi, meski sudah berteknologi wireless, Anda juga bisa menggunakannya dalam mode non wireless.

  • DPI: 8.200.
  • Jenis: wireless.
  • Berat: 150 gram.
  • Grip: tidak ada info.
  • Jumlah tombol: 12.

Harganya sekitar 2 jutaan di marketplace.

7. Mouse gaming terbaik dibawah 1 juta yang mantap untuk main game FPS: Corsair Vengeance M65 Pro RGB

Corsair Vengeance M65 Pro RGB

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Corsair ini adalah kenyamanan pemakaiannya yang meski digunakan dalam waktu lama tidak akan membuat tangan berkeringat. Selain itu, fiturnya juga sangat mantap sehingga cocok untuk main game FPS.

Namun perlu diketahui bahwa Corsair Vengeance M65 Pro RGB ini tidak cocok untuk pemilik tangan kidal.

  • DPI: 100-12.000.
  • Jenis: kabel.
  • Berat: 135,5 gram.
  • Grip: tidak ada info.
  • Jumlah tombol: 8.

Untuk membeli Corsair ini, silakan sediakan uang sekitar 800 ribuan.

8. Grip anti selip dan baterainya tahan 250 jam: Logitech G602

Logitech G602

Dengan grip anti selip yang dimilikinya, Logitech G602 jelas sangat bisa diandalkan. Menariknya lagi, baterai produk ini tahan sampai 250 jam dalam pemakaian dan 1.440 jam dalam mode standby. Mouse gaming terbaik ini juga memiliki sensitivitas dan tingkat keakuratan yang tinggi.

  • DPI: 250 sampai 2.500.
  • Jenis: wireless.
  • Berat: tidak ada info.
  • Grip: tidak ada info.
  • Jumlah tombol: 11.

Harga produknya sekitar 800 sampai 900 ribuan.

9. Favorit para e-sport player dengan mobilitas yang kece: Zowie BenQ Medium e-Sports mouse gaming EC2-B

Zowie BenQ Medium e Sports mouse gaming EC2 B

SssZowie BenQ Medium e-sports ini menjadi favorit para profesional e-sports. Produk ini memiliki pengaturan yang mudah dan sangat praktis buat main game. Ukurannya sangat pas di tangan dan cocok buat ikut turnamen games.

  • DPI: 400 sampai 3.200.
  • Jenis: kabel.
  • Berat: 90 gram.
  • Grip: claw dan palm.
  • Jumlah tombol: 5.

Harga mouse gaming terbaik ini adalah sekitar 1,4 jutaan rupiah.

10. Performa tinggi dan nyaman di tangan: Logitech Gaming Mouse G403

Logitech Gaming Mouse G403

Apabila Anda menghendaki performa yang sangat tinggi, maka Logitech G403 ini bisa diandalkan. Terlebih lagi, harganya juga sangat terjangkau dengan desain yang ergonomis yang nyaman di tangan.

  • DPI: 200-12.000.
  • Jenis: kabel.
  • Berat: 87,3 gram.
  • Grip: palm dan claw.
  • Jumlah tombol: 6.

Logitech G403 ini dibanderol dengan harga 700 sampai 800 ribuan.

11. Dilengkapi 12 tombol buat game MMO: Logitech MMO G600

Logitech MMO G600

Logitech memang menjadi salah satu produsen mouse yang dapat diandalkan. Lewat MMO G600 ini, dia menghadirkan mouse dengan 12 tombol samping yang cocok buat main game berjenis MMO. Dengan adanya tombol samping ini, skill bermain games Anda akan makin terasah.

  • DPI: 200 sampai 8.200.
  • Jenis: kabel.
  • Berat: 133 gram.
  • Grip: fingertip dan claw.
  • Jumlah tombol: 20.

Dengan fitur yang lengkap, harga Logitech G600 ini hanya sekitar 800 ribuan sampai 1 jutaan.

12. Mouse gaming terbaik dibawah 100 ribu: Rexus Xierra S5 Aviator

Rexus Xierra S5 Aviator

Jika anggaran Anda untuk membeli mouse gaming sangat sedikit, di bawah 100 ribu, maka Rexus Xierra S5 Aviator ini adalah pilihan yang paling pas. Meski murah, produknya sudah dilengkapi dengan teknologi wireless.

Selain itu, tracking speednya juga bagus dengan DPI mencapai 2.000. Kinerja dan koneksinya sangat stabil sehingga sangat recommended.

  • DPI: 2.400.
  • Jenis: wireless.
  • Berat: 63,5 gram.
  • Grip: tidak ada info.
  • Jumlah tombol: 6.

Meski ada yang menjualnya dengan harga 110 sampai 120 ribuan, tapi banyak juga yang membanderolnya dengan harga 90 ribuan di marketplace. Bahkan, ada yang menjualnya 60 ribuan.

Anda hanya perlu memilih produk yang asli ketika membeli ke penjual. Jangan sampai tertipu.

Demikian beberapa ulasan mengenai produk mouse gaming terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Tetaplah berhati-hati saat membeli barang secara online. Pastikan produknya asli, bergaransi, dan tahan lama.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles