Biar makin kekinian, yuk pilih smart TV terbaik buat hiburan di rumah. Rasakan sensasi menonton televisi dengan fitur canggih dan kecerdasan khusus.

 

Ada banyak merek TV yang dapat dijadikan pilihan. Mulai dari Samsung, Sony, LG, dan yang lainnya. Hampir semuanya bisa memberikan fitur dan fungsi terbaik. Tapi tetap saja, Anda harus menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Maka dari itu, kami akan coba memberikan panduan untuk memilih televisinya sekaligus membahas beberapa review produk yang direkomendasikan dalam artikel ini.

Cara memilih smart TV yang bagus

Smart TV memiliki sejumlah keunggulan dibanding dengan TV biasa. Dengan jenis televisi ini, Anda bisa streaming film, drama, hingga musik favorit. Tidak hanya itu, Anda juga mengunduh aplikasi layaknya di smartphone, dan masih banyak fitur lainnya.

Cara memilih smart TV yang bagus

Hal-hal tersebut tentu tidak bisa didapatkan di televisi biasa. Dengan smart TV, Anda bahkan bisa melakukan screen mirroring.

Namun perlu diingat bahwa untuk mendapatkan semua itu, Anda harus mengoneksikan TV-nya dengan internet.

Karena fiturnya yang sangat canggih dan banyak, Anda perlu melakukan seleksi produk agar bisa mendapatkan televisi yang sesuai kebutuhan dan dapat memberikan kepuasan. Berikut ini tips atau cara memilihnya:

Pertimbangkan merek-nya

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat hendak membeli smart TV adalah mereknya. Hal ini karena merek sangat berpengaruh pada layanan purnajual dan garansinya.

Pertimbangkan merek smart TV yang bagus

Selain itu, TV bermerek biasanya juga sudah memiliki pusat layanan terpadu sehingga saat terjadi apa-apa Anda bisa langsung dapat meminta bantuan. Ditambah lagi, aksesorinya juga jauh lebih mudah didapatkan.

Apabila ke depan Anda punya rencana untuk menjual TV-nya lagi dan membeli yang baru, maka belilah merek terkenal. Tidak hanya itu, pertimbangkan untuk membeli merek yang sudah terkenal dan memiliki ketahanan luar biasa atau awet.

Dengan begitu, produknya lebih mudah dijual lagi. Harganya pun tidak akan turun banyak karena produknya sudah dipercaya banyak orang memiliki kualitas bagus.

Terlebih, produk dengan merek bagus biasanya juga memiliki garansi yang lebih panjang dibanding

Saat membeli secara offline, jangan hanya fokus pada saran penjualnya untuk memilih TV A atau B. Lebih baik lagi Anda mencari ulasan produknya secara online untuk mendapatkan review jujur.

Perhatikan ukuran layar

Cara memilih smart TV terbaik berikutnya adalah dengan memperhatikan ukuran layarnya. Pertimbangan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya dengan menyesuaikan peletakan TV-nya nanti.

Perhatikan ukuran layar

Apabila Anda mau meletakkannya di ruangan yang kecil, tentu layar televisi yang besar tidak terlalu cocok. Sebaliknya, jika ruangannya berukuran besar, maka TV kecil juga terlihat tak selaras.

Maka dari itu, silakan sesuaikan dimensi televisi dengan dimensi ruangan di mana TV tersebut akan diletakkan.

Lebih detail, silakan ukur jarak pandang di ruangan tersebut. Kemudian ikuti ketentuan di bawah ini sebagai panduan:

  • Jika jarak pandangnya kurang dari 150 cm, pilih yang 32 inci.
  • Apabila jarak pandangnya antara 150 sampai 180 cm, pilih yang 43 inci.
  • Jika jarak pandangnya sekitar 180 sampai 220 cm, pilih yang 46 sampai 50 inci.
  • Untuk jarak pandang di atas 250 cm, baiknya pilih layar berukuran 50 sampai 55 inci.

Kalau ingin menyesuaikannya dengan jenis ruangan masa kini, maka biasanya layar TV berukuran 40 inci cocok untuk ruang tamu. Namun, masih harus disesuaikan lagi dengan ruang tamu masing-masing.

Pahami jenis layar televisi

Setidaknya ada tiga jenis layar smart TV terbaik yang harus Anda tahu, yakni QLED, LED, dan OLED. Ketiganya berbeda dalam hal kualitas tampilan gambar, harga, dan konsumsi daya listrik. Soal konsumsi daya listrik QLED diklaim mampu menghemat lebih banyak energi listrik.

Resolusi layar

Resolusi layar menjadi penentu seberapa tajam layar gambar yang dihasilkan oleh layar tersebut. Resolusi yang tinggi menunjukkan bahwa pikselnya tinggi sehingga kualitas gambarnya lebih tajam.

Untuk hasil gambar yang baik, setidaknya pilihlah resolusi layar yang full HD atau 4K. Namun perlu dicatat bahwa harganya memang sedikit lebih mahal.

Dengan pilihan 4K, tampilan gambar akan terlihat lebih detail dan obyeknya lebih kaya warna.

Selain itu, Anda juga bisa memilih smart TV terbaik yang HDR sehingga bisa memiliki lebih banyak warna, tingkat kontras, dan bisa ditingkatkan kecerahannya.

Saat ini, beberapa produsen juga sudah memroduksi resolusi layar 8K dengan kualitas yang lebih baik. Jika anggaran Anda memenuhi, tak ada salahnya mencobanya.

Ketersediaan software, aplikasi, dan fitur lainnya

Pertimbangkan software, aplikasi, serta fitur yang tersedia pada smart TV tersebut. Pasalnya, masing-masing televisi dibekali dengan sistem operasinya sendiri, yang mungkin saja bukan android.

Padahal setiap sistem operasi punya fungsi pintarnya sendiri-sendiri. Untuk Android misalnya, ada fitur ke Google Assistant, kontrol suara, dan yang lainnya.

Perhatikan refresh rate

Refresh rate adalah kecepatan refresh konten per detik. Kecepatan refresh standar untuk televisi adalah 60 Hz. Apabila Anda memilih yang lebih tinggi, misalnya 90, 120, dan 144 Hz, maka tampilan gerakannya akan terlihat lebih halus.

Pemilihan refresh rate ini tinggal disesuaikan dengan pemakaian televisinya saja. Jika digunakan untuk gaming, akan lebih baik jika memilih refresh rate yang lebih tinggi.

Cek bagaimana audionya

Meski bisa memakai speaker aktif terbaik untuk mendapatkan suara yang bagus, tapi akan sangat baik jika Anda juga memeriksa bagaimana audio asli dari televisinya.

Dengarkan dengan seksama suara yang dikeluarkan atau cek apakah ada fitur sound tambahan yang disematkan. Biasanya, ada tambahan Dolby Audio, Surround Sound, atau yang lainnya.

Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa mayoritas smart TV terbaik yang ramping hanya dibekali dengan audio biasa.

Konektivitas

Perhatikan port yang ada di TV-nya. Pastikan ada setidaknya 4 port HDMI sehingga Anda tidak perlu mengganti-ganti kabel saat perlu menghubungkannya ke perangkat.

Cek juga port USB-nya. Pastikan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Jika ada tambahan jack 3,5 dan bluetooth, maka bisa jadi nilai tambah tersendiri.

Jika Anda membeli TV UHD, maka cari HDMI 2.0 atau 2.1 sehingga bisa dimanfaatkan di masa yang akan datang dengan bandwidth yang lebih tinggi. Khusus untuk versi 2.1, sudah ada dukungan langsung ke video 4K hingga 120 fps.

Anggaran vs harga

Berikutnya, Anda juga harus memeriksa harganya dengan cermat. Pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasi televisinya. Jangan sampai membeli barang yang kemahalan.

Jika memang harga dan spesifikasi produknya sudah sesuai, tinggal disesuaikan saja dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan sampai Anda membeli barang yang berada di luar jangkauan budget karena bisa merusak keuangan secara menyeluruh.

Demikian cara mudah memilih smart TV yang bagus buat ditonton di rumah Anda. Sekarang, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produknya.

Daftar smart TV terbaik dan harganya

Berikut ini beberapa merek dan spesifikasi produk yang dapat kami rekomendasikan untuk Anda:

1. Smart TV harga 5 jutaan dengan fitur canggih: COOCAA LED TV 50 inci 4K android smart TV 50S5G

COOCAA LED TV 50 inch 4K android smart TV 50S5G

COOCAA LED TV yang berukuran 50 inci ini sudah berpanel IPS dengan fitur yang canggih. Tersedia Google Assistant yang akan membantu mengoperasikan televisi lewat suara.

  • Ukuran: 50 inci.
  • Kualitas gambar: UHD dan HDR 10
  • Jenis layar: LED

Harga produknya sekitar 5 jutaan rupiah di marketplace.

2. Cocok untuk main PS4 dan PS4 Pro: Sony LED Smart TV UHD 4K KD-43X7000E

Sony LED Smart TV UHD 4K KD 43X7000E

Jika Anda mencari produk berlayar 4K dan hobi gaming, maka Sony LED UHD 4K ini adalah pilihan yang cocok. Televisinya mampu memberikan kontras dengan super baik sehingga warna-warna yang ada di game terasa begitu nyata.

  • Ukuran: 43 inci.
  • Kualitas gambar: HDR.
  • Jenis layar: Edge LED.

Untuk membeli produknya, tinggal sediakan uang 5 sampai 7 jutaan rupiah.

3. Teknologi ultra luminance dengan gambar dan warna yang sangat jelas: LG 65 inci ultra HD TV – AI ThinQ 650PTDUK654

Smart TV LG 65 inci ultra HD TV – AI ThinQ 650PTDUK654

LG telah menyematkan teknologi ultra luminance pada produknya satu ini. Dengan teknologi tersebut, smart TV terbaik ini bisa menampilkan gambar dengan kecerahan yang tinggi. Tampilannya juga terlihat lebih jelas antara gelap dan cerah.

  • Ukuran: 65 inci.
  • Kualitas gambar: UHD, HLG Pro, HDR 10 Pro
  • Jenis layar: LED.

Harga produknya mulai dari 9 jutaan sampai 13 jutaan rupiah. Kalau mau yang lebih murah, bisa pilih ukuran layar yang lebih kecil.

4. TV awet dengan tujuh perlindungan tambahan: Sharp AQUOS 4K Ultra-HDR Easy Smart 50 LC-50UA6500X

Sharp AQUOS 4K Ultra HDR Easy Smart 50 LC 50UA6500X

Terdapat 7 shield protection pada produk Sharp satu ini. Tujuh perlindungan tersebut membuat televisinya memiliki daya tahan yang lebih kuat sehingga awet atau tahan lama.

Jika Anda menghendaki produk yang awet dan bisa dipakai dalam waktu lama, Sharp ini adalah pilihan tepat.

  • Ukuran: 50 inci.
  • Kualitas gambar: UHD dan HDR 10.
  • Jenis layar: LED.

Untuk membelinya, cukup sediakan uang 7,5 jutaan saja.

5. Dilengkapi magic remote yang bisa jadi mouse: LG 49 inci Smart TV – Full HD 49LJ550T

LG 49 inch Smart TV – Full HD 49LJ550T

LG kembali menghadirkan fitur canggih pada produknya satu ini, yakni magic remote yang berfungsi layaknya mouse sehingga bisa menjangkau seluruh layar. Sistem operasinya adalah webOS 3.5 yang akan memudahkan Anda dalam pengoperasian.

  • Ukuran: 49 inci.
  • Kualitas gambar: Full HD.
  • Jenis layar: LED.

Harganya sekitar 5,9 sampai 6 jutaan rupiah.

6. Full HD dengan konektivitas beragam dan suara yang menggelegar: LG 32LM570 LED Smart TV

LG 32LM570 LED Smart TV

Jika Anda punya anggaran 2 jutaan, maka LG 32LM570 bisa diandalkan. Di dalamnya sudah tersemat teknologi Dolby audio yang memastikan suaranya mantap. Selain itu, konektivitasnya juga beragam, mulai dari USB, HDMI, hingga komposit.

  • Ukuran: 32 inci.
  • Kualitas gambar: full HD.
  • Jenis layar: LED.

Harganya sekitar 2,3 sampai 2,9 jutaan rupiah.

7. Smart TV terbaik 55 inci dengan harga termurah: Xiaomi Mi TV 4 55 inci

Xiaomi Mi TV 4 55 inci

Xiaomi hadir dengan smart TV terbaik dengan harga yang sangat ekonomis. Mi TV 4 ini sudah dibekali dengan beragam fitur keren. Dengan kualitas layar 4K HDR, Anda bisa menonton semua jenis hiburan dengan gambar berkualitas terbaik.

  • Ukuran: 55 inci.
  • Kualitas gambar: 4K dan HDR.
  • Jenis layar: LED.

Harga smart TV terbaik yang dilengkapi dengan dolby dan DTS ini adalah sekitar 5 jutaan saja.

8. Smart TV terbaik dibawah 5 juta: Samsung UA43J5202

Samsung UA43J5202

Dengan layar full HD yang dimilikinya, Samsung UA43J5202 ini mampu mengeluarkan gambar berkualitas terbaik. Selain itu, panel TV-nya juga rata dan membuat tampilannya terlihat sangat bagus.

Dengan smart TV terbaik ini Anda bisa menonton siaran Netflix, Youtube, dan yang lainnya. Pengoperasiannya sangat mudah dengan tambahan aplikasi di Play Store yang bisa diunduh dengan mudah.

  • Ukuran: 43 inci.
  • Kualitas gambar: full HD.
  • Jenis layar: LED.

Harga produknya hanya sekitar 4 jutaan saja.

9. Desain cantik, hiburannya banyak, dan harganya 2 jutaan: TCL 32A3 LED Smart TV

TCL 32A3 LED Smart TV

Smart TV terbaik ini memiliki desain yang sangat menarik. Selain itu, TCL 32A3 juga sangat hemat listrik dan sudah bersertifikat beragam aplikasi Google.

  • Ukuran: 32 inci.
  • Kualitas gambar: Full HD.
  • Jenis layar: LED.

Untuk membeli televisi pintar dari TCL ini, Anda cukup menyediakan uang sekitar 1,8 jutaan sampai 2 jutaan saja.

10. Berikan kualitas 4K kelas atas: Polytron Pld 55UV6900

Polytron Pld 55UV6900

Dengan resolusi 4K ultra HD yang dimilikinya, Polytron Pld 55UV6900 mampu menampilkan hasil gambar yang tajam, jernih, dan keren.

Ada fitur voice command yang membuat pengoperasiannya makin praktis. Desainnya ultra slim sehingga mampu mempercantik ruangan Anda.

  • Ukuran: 55 inci.
  • Kualitas gambar: 4K UHD.
  • Jenis layar: tidak ada info.

Untuk membelinya, Anda harus menyiapkan anggaran sebesar 9 sampai 10 jutaan rupiah.

11. Gambarnya bisa memanjakan mata: Toshiba 43L5650

Toshiba 43L5650

Toshiba 43L5650 mampu memberikan tampilan gambaran yang mulus dan memanjakan mata. Detailnya juga bisa terlihat dengan jelas. Desainnya sangat kokoh dan stabil sehingga Anda tak perlu khawatir soal ketahanannya.

  • Ukuran: 43 inci.
  • Kualitas gambar: Full HD.
  • Jenis layar: LED.

Harga Toshiba 43L5650 ini mulai dari 5 jutaan di marketplace.

12. Hiburan multimedia lengkap di satu perangkat: Sony KDL-50W660G

Sony KDL 50W660G

Salah satu keunggulan Sony KDL-50W660G adalah kompatibilitasnya dengan berbagai perangkat. Selain itu, resolusinya sudah 4K dengan fitur high dynamic range atau HDR. Terlebih lagi, suara yang dihasilkan juga keras dengan dentuman bass yang mantap.

Anda bisa terhubung dengan beragam siaran hiburan bila membeli perangkat satu ini. Mulai dari Netflix, Youtube, hingga aplikasi lain yang bisa diakses melalui internet.

  • Ukuran: 50 inci.
  • Kualitas gambar: 4K HDR
  • Jenis layar: LED

Jika tertarik untuk membeli produk ini, Anda tinggal menyediakan uang senilai 6 jutaan rupiah saja.

Itulah beberapa rekomendasi smart TV terbaik yang dapat kami berikan. Sekarang, Anda bisa mulai memilihnya berdasarkan kebutuhan dan anggaran yang ada.

 
Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles