Home » Software » iOS » Tenang, Ini Cara Memperbaiki Bug Tanggal di iPhone, iPad, dan iPod

Tenang, Ini Cara Memperbaiki Bug Tanggal di iPhone, iPad, dan iPod

JATIMTECH.com – Mensetting tanggal ke tanggal 1/1/1970 bagi pemilik iOS device baik iPhone, iPad, dan iPod adalah haram hukumnya. Namun bagi sebagian orang yang penasaran dan malah mencobanya, maka penyesalan yang didapatkan. Perangkat iOS pun stuck di logo Apple kroak saja.

Bagi Anda yang terlanjur mencobanya, tak perlu terlarut dalam penyesalan terlalu lama. Karena kini sudah ada cara memperbaiki bug tanggal di iPhone, iPad, atau iPod kesayangan Anda.

Dilansir dari laman Arstechnica, Minggu (14/2/2016), untuk memperbaiki iPhone “zombie” ini cukup mudah. Cukup dengan tidak mengisi baterai dan membiarkan iPhone Anda sampai benar-benar mati. Dengan cara ini, iPhone, iPad, dan iPod Anda akan kembali ke tanggal yang semula.

Mungkin Anda bertanya, kenapa perangkat iOS 64 bit bisa brick di logo Apple saat disetting ke tanggal 1 Januari 1970? Menurut sebuah laporan, hal ini terjadi karena tanggal tersebut merupakan hari pertama zaman Unix. Mesin Unix melacak waktu dan disimpan sebagai data 32 bit. Sistem 64 bit gagal untuk menangani pengaturan tanggal tersebut.

Ya, bug tanggal iOS ini hanya terjadi pada perangkat iOS 64 bit saja. Dimulai dari iPhone 5s, iPads, iPad Air, iPad mini 2, serta Apple iPod touch generasi keenam.