Home » Tech News » Ilmuwan Kembangkan Teknologi “Cloaks” Secara Ilegal

Ilmuwan Kembangkan Teknologi “Cloaks” Secara Ilegal

Ilmuwan Kembangkan Teknologi “Cloaks” Secara Ilegal (Gambar: Sciencealert)
Ilmuwan Kembangkan Teknologi “Cloaks” Secara Ilegal (Gambar: Sciencealert)

JATIMTECH.com – Kabarnya beberapa tahun terakhir ini berbagai peralatan dan pesawat tempur berteknologi tinggi sedang dikembangkan oleh para ilmuwan di seluruh dunia, salah satunya dengan teknologi cloaking. Teknologi seperti ini apabila sudah pada tahap yang sangat canggih maka akan melanggar Konvensi Geneva mengenai aturan perang.

Teknologi Cloaks seperti ini biasa digunakan pada pesawat tempur siluman yang tak dapat dikenali oleh musuh.

“Sejumlah ilmuwan mengembangkan teknologi cloaks untuk pesawat jet tempur. Teknologi ini dapat menyembunyikan senjata serta menyamarkan jet tempur, teknologi seperti ini benar-benar melanggar aturan perang yang telah disepakati secara universal.” kata Bill Boothby, selaku wakil direktur pelayanan hukum Angkatan Udara Inggris.

Sekarang berbagai pesawat tempur yang memiliki teknologi cloaking ini sebenarnya sudah ada, namun masih pada level dasar, apabila teknologi cloaking dikembangkan lebih lanjut, maka nantinya bisa membuat pesawat terbang atau pasukan dasarnya tak dapat terlihat, selain itu apabila pesawat ini menekuk sayapnya nantinya dapat menyerap cahaya di sekitar mereka juga dapat mengecoh gelombang scanner pada radar, dilansir dari Sciencealert, Rabu (16/03/2016).

Sekarang ini PBB sudah menyetujui pelarangan atas teknologi seperti ini, yang mana di dalam perjanjiannya berisi bahwa mereka yang terlibat dalam pertempuran diwajibkan untuk memakai tanda yang dapat dikenali dari kejauhan, selain itu mereka juga diharuskan untuk memperlihatkan senjata yang mereka pakai secara terbuka.

Salah satu teknologi di bawah pengawasan Boothby adalah sistem kamuflase Adaptiv, yang mana sekarang ini sedang dikembangkan oleh perusahaan militer di AS.

Saya adalah seorang mahasiswa yang lagi belajar menulis, jadi untuk lebih membangun dan memperbaiki tulisan saya, mohon kritik dan saran dari Anda. Terimakasih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>