Speedtest

Alat

Speedtest

Aplikasi uji kecepatan internet

Home » Review Aplikasi » Speedtest

Speedtest

orang menggunakan speedtest

Saat ini cukup banyak aplikasi cek kecepatan internet, salah satunya Speedtest. Bahkan aplikasi yang dikembangkan oleh Ookla ini menjadi yang terpopuler, terlihat dari total unduhan di Google Play Store lebih dari 100 juta kali.

Apakah kamu penasaran dengan cara menggunakan Speedtest untuk mengecek kecepatan internet ini? Yuk kita simak!

Apa Itu Speedtest?

Speedtest adalah awalnya adalah sebuah website yang menyajikan pengkajian sebarapa cepat koneksi internet yang dibuat langsung oleh perusahaan asal US, Ookla. Situs tersebut mulai berjalan tahun 2006. Dan sebanyak 20 juta pengguna internet mengetes kecepatan internet mereka melalui situs ini setiap bulannya.

Seiring perkembangan smartphone yang semakin banyak, tahun 2014 Speedtest pun merilis layanannya OS mobile, iOS dan dilanjutkan dengan Android pada tahun 2017.

Kepopuleran Speedtest.net ini bukan tanpa alasan, dengan tampilannya yang kece dan informatif , terdapat grafik yang memperlihatkan koneksi internet dari waktu ke waktu sehingga kamu bisa melihat stabil atau tidaknya internet yang kamu pakai, membandingkan bandwidth untuk download juga upload, dan masih banyak lagi.

Speedtest akan mengukur seberapa cepat maksimum koneksi yang Anda gunakan saat itu. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengirim dan menerima berkas data ke server yang menerima tes di sekitar tempatmu.

Hasil dari Speedtest ini tidak selalu sama dan juga tidak mutlak. Banyak hal yang mempengaruhi proses tersebut. Namun hasil dari test ini bisa memberi kita gambaran kasar tentang kualitas koneksi internet yang digunakan.

Bagaimana Speedtest Bekerja?

Pada umumnya, speed test internet dilakukan pada tiga hal berikut ini: Latency (Ping), Download, dan Upload.

  • Latency – Seberapa cepat transfer data (pergi & kembali) antara perangkatmu dan server yang bersangkutan. Hal ini dihitung dalam satuan millisecond.
  • Download Speed – Seberapa cepat data secara langsung ditarik antara server yang bersangkutan. Hal tersebut dihitung dengan satuan megabits per second (Mbps)
  • Upload Speed – Seberapa cepat data secara langsung dikirim antara server yang bersangkutan. Hal ini pun dihitung dalam satuan megabits per second (Mbps)

Speedtest tersedia di iOS, Android

Layanan Sepedtest bisa kamu unduh di berbagai platform termasuk iOS, Android. Speedtest ini juga dapat diakses melalui perangkat apapun dengan syarat harus mendukung Adobe Flash Player. Namun, saat ini tetap bisa dilakukan tanpa Adobe Flash Player karena menggunakan HTML 5. Contohnya selain speedtest.net ada juga speedtest.co.id juga menggunakan kode HTML 5 untuk mengukur kecepatan.

Fitur Speedtest

  1. Koneksi mode tunggal dan multi. Memilih koneksi tunggal atau koneksi multi yang menggunakan 3 hingga 8 koneksi di saat yang sama
  2. Memilih lokasi server uji. Pilih server sesuai dengan keinginan Anda
  3. Grafik waktu nyata. Menunjukkan konsistensi koneksi yang Anda uji
  4. Peta jangkaun operator seluler. Melihat jangkaun operator seluler di wilayah sekitar Anda, bahkan di seluruh dunia.
  5. Riwayat hasil uji kecepatan dengan terperinci. Hasil uji kecepatan yang telah selesai akan ditampilkan secara rinci di tab Hasil.
  6. Membagi hasil uji internet. Bagikan hasil uji Speedtest Anda kepada teman dengan mudah langsung lewat aplikasi.
  7. Speedtest VPN. Anda bisa menggunakan fitur VPN untuk koneksi yang lebih aman dan pribadi

Cara Menggunakan Speedtest

Menguji kecepatan internet di Aplikasi Speedtest sangat mudah. Kali ini, kami akan memberikan tutorial menggunakan aplikasi Speedtest di Android.

Cara uji kecepatan dasar

  1. Pilih jaringan yang akan kamu uji (Wifi atau data seluler), pilih salah satu
  2. Download aplikasi Speedtest by Ookla lewat Google Play Store
  3. Pada laman home, klik tombol MULAI untuk memulai uji kecepetan internet.
  4. Setelah proses selesai, di bagian paling atas aplikasi akan terlihat kecepatan unduh dan unggah, disertai dengan ping, jitter, dan paket hilang.

Cara uji kecepatan lanjutan

  1. Tepat di bagian bawah tombil MULAI ada beberapa opsi tersedia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda
  2. Pada bagian koneksi Anda bisa memilih, koneksi TUNGGAL (membuka satu koneksi) atau MULTI (menggunakan beberapa koneksi 3 sampai 8 disaat yang sama)
  3. Di bagian server, Anda bisa mengganti server sesuai dengan pilihan Anda
  4. Setelah semua opsi Anda pilih, klik MULAI untuk melihat uji kecepatan yang sudah tersesuai