Yang perlu Anda tahu:

 
  • Pergi ke Pengaturan > Akun > Postingan Asli dan pastikan opsi Simpan Foto Asli aktif untuk menyimpan foto unggahan Instagram Asli Anda ke galeri smartphone.
  • Anda juga bisa menandai atau menyimpan foto pengguna Instagram lainnya. Namun Instagram belum menyediakan opsi untuk mendownload foto pengguna Instagram lain.
  • Untuk menyimpan foto pengguna Instagram lain dengan kualitas terbaik, Anda bisa menghubungi langsung pengguna tersebut dan meminta foto yang asli.

Artikel ini akan membahas cara untuk menyimpan foto Instagram sendiri dan menyimpan foto pengguna Instagram yang lain.

Cara menyimpan foto di Instagram ke galeri

Jika Anda mengupload foto ke Instagram tanpa menambahkan filter, sebenarnya Anda sudah memiliki cadangan foto asli.

Namun berbeda halnya jika Anda memotret langsung lewat Instagram, atau mengupload foto yang sudah ada dan menambahkan filter ke foto tersebut. Anda bisa menyimpan langsung foto yang terupload secara otomatis dengan mengaktifkan opsi penyimpanan di pengaturan.

  1. Pergi ke tab Profil, lalu klik tombol menu di pojok kanan atas.
  2. Pilih Pengaturan.
  3. Pilih Akun.
  4. Lalu aktfikan opsi Postingan Asli.

Setelah Anda mengaktifkan opsi Simpan Postingan Asli, sekarang semua foto yang Anda upload ke Instagram akan secara otomatis tersimpan ke galeri dengan label “Instagram”.

Semua konten yang Anda upload, mulai dari Stories, foto, video, yang memakai filter maupun tidak akan tersimpan.

Cara menyimpan foto pengguna Instagram lain

Instagram telah memiliki fitur bawaan di dalam aplikasi untuk bookmark atau menandai postingan foto dan video pengguna lainnya. Meskipun foto yang Anda ingin Anda simpan tidak terdownload di galeri, namun setidaknya Anda tetap memiliki akses cepat melihat postingan tersebut.

Berikut cara menandai postingan di Instagram:

  1. Buka foto atau video yang ingin Anda simpan di aplikasi Instagram.
  2. Klik ikon Bookmark tepat dibawah foto.

Catatan: Ketika menandai postingan orang lain di Instagram, tidak ada pemberitahuan kepada pemilik. Privasi Anda tetap terjaga.

Meskipun menghemat ruang penyimpanan smartphone Anda, namun untuk membuka postingan yang Anda tandai tersebut membutuhkan koneksi internet. Selain itu, jika pemilik akun menghapus postingannya, maka otomatis tanda tersebut akan hilang juga.

Bagaimana cara mengetahui siapa yang menyimpan foto kita di instagram?

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, sayangnya Instagram tidak menyediakan fitur untuk melihat siapa saja orang yang menyimpan foto Anda. Tentu saja, ini untuk menjaga privasi penggunanya.

Sama halnya dengan melihat stalker di Instagram. Fitur ini pun tidak tersedia di dalam aplikasi. Dan mungkin tidak akan pernah ada cara untuk melihat stalker akun Anda.

Kenapa tidak bisa menyimpan foto di instagram?

Jika Anda tidak bisa menyimpan foto di Instagram, ada beberapa alasan yang menjadi penyebabnya.

  1. Bersihkan cache aplikasi Instagram. Masalah kadang terjadi jika cache bermasalah. Anda bisa membersihkan cache dengan aplikasi cleaner di Android.
  2. Pastikan Instagram yang terpasang versi terbaru. Cara selanjutnya yang bisa Anda coba dengan mengupdate aplikasi Instagram. Buka Google Play, ketikkan “Instagram” di halaman pencarian. Jika Ada versi baru Instagram klik Update.
  3. Pastikan Anda mengaktifkan opsi Simpan Postingan Asli. Anda bisa memastikan opsi simpan foto aktif di Pengaturan. Untuk melihat foto yang Anda simpan Anda bisa pergi ke Menu > Disimpan.

Cara melihat berapa yang menyimpan foto kita di instagram

Meskipun tidak bisa melihat siapa yang menyimpan foto kita, tetapi Anda bisa melihat berapa orang yang menyimpan foto Anda. Bagaimana caranya?

    1. Pastikan akun Anda adalah Akun Bisnis.
    2. Pergi ke postingan yang ingin Anda lihat siapa yang menyimpan foto Anda.
    3. Klik pada Lihat Insight. Disini akan terlihat berapa orang yang menyimpan foto Anda.
 
Tagged in:
,

About the Author

Putra Jatmika

Putra Jatmika adalah penulis di Jatimtech yang menulis topik tentang teknologi dan tutorial aplikasi yang membantu membuat hidup orang lebih mudah.

View All Articles