Aplikasi matematika merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah kesulitan menjawab soal dan menghafal rumus. Selain Photomath masih banyak lagi aplikasi matematika yang bisa membantu mengerjakan soal.

Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store secara gratis. Biasanya fitur yang dibekalkan pada apps-nya juga sangat lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan Anda dalam belajar Matematika secara digital.

Dengan demikian, proses belajar pun tidak akan terasa membosankan. Justru makin bikin semangat untuk belajar lagi dan lagi.

Yang perlu Anda lakukan hanya mengunduh aplikasi yang tepat untuk menjawab masalah yang Anda hadapi. Sebab di Play Store tersedia berbagai pilihan apps dengan fitur-fitur yang berbeda.

Kami akan memberikan ulasan atau review mengenai beberapa aplikasinya. Selamat menyimaknya sampai selesai.

Aplikasi matematika untuk menjawab soal

Jika Anda kesulitan menjawab PR dari guru di sekolah atau kampus, maka silakan unduh salah satu aplikasi di bawah ini. Kebanyakan aplikasinya dapat Anda gunakan hanya dengan memotret soalnya. Selanjutnya, jawaban dari soal tersebut akan keluar pada layar Android.

Berikut ini beberapa pilihan aplikasinya:

1. Penjawab soal tercepat: Qanda, Free Math Solutions

Qanda merupakan salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan. Apk ini memiliki tagline dapat memberikan jawaban kepada penggunanya hanya dalam 5 detik.

Pada Qanda, Anda akan menjumpai beberapa fitur seperti instant search, web search, smart calculator, hingga Q&A dengan tutor. Semuanya gratis.

Yang menarik, Qanda sudah tersedia dalam beberapa pilihan bahasa, yakni Korea, Spanyol, Inggris, Thailand, Jepang, Vietnam, dan yang pasti Indonesia.

Topik matematika yang dapat dikerjakan oleh Qanda juga sangat beragam. Dari materi dasar seperti bilangan, pecahan, akar, dan faktor hingga materi yang lebih tinggi seperti aljabar, trigonometri, statistik, hingga kalkulus. Semuanya bisa Anda tanyakan.

Ukuran Qanda memang cukup besar di HP, yakni lebih dari 100 MB. Anda juga harus punya perangkat dengan sistem operasi OS 5.0 ke atas untuk menggunakan aplikasinya.

Download Qanda

2. Foto soal matematika SMP dan SMA lalu temukan jawabannya: CoLearn

CoLearn juga menjadi aplikasi yang dapat dipakai untuk bertanya soal Matematika, tapi khusus untuk anak SMP sampai SMA atau kelas 7 sampai 12 saja.

Beberapa fitur CoLearn adalah mendapatkan jawaban atas soal hanya lewat foto, menonton video pembelajaran setiap hari, hingga belajar latihan soal.

Yang menarik, Anda juga dapat belajar langsung secara online dengan guru-guru juara.

Untuk menggunakan APK ini, perangkat Anda harus bersistem operasi minimal OS Android 5.0.

Download CoLearn

3. Aplikasi khusus pecahan: Fraction Calculator Plus Free

Untuk anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar, soal pecahan menjadi momok tersendiri. Nah, bila Anda merasa kesulitan, silakan unduh kalkulator pecahan di Play Store secara gratis.

Fraction Calculator plus Free ini dapat dipakai dengan mudah untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian pecahan.

Tampilannya seperti kalkulator, lengkap dengan aplikasi keayboard sendiri. Dengan keyboard tersebut, Anda dapat menuliskan pembilang dan penyebut dengan cepat.

Apk yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali ini membutuhkan ruang sekitar 18 MB dengan sistem operasi OS Android 4.4 ke atas.

Download Fraction Calculator Plus Free

4. Photomath: Aplikasi matematika terbaik, lengkap, dan terkenal seluruh dunia

Photomath adalah aplikasi matematika yang dapat Anda andalkan untuk menyelesaikan soal hanya lewat foto. Jenis soalnya beragam, dari yang mudah (tingkat dasar) hingga turunan dan limit yang soalnya njlimet.

Selain ragam soalnya yang lengkap, Photomath juga memiliki penjelasan yang sangat detail berisi step by step cara mengerjakan soalnya. Jadi, tidak hanya tahu jawabannya Anda juga tahu bagaimana cara mengerjakannya. Sangat cocok buat belajar online.

Aplikasi kelas internasional ini juga dilengkapi dengan grafik yang interaktif dengan kalkulator scientific.

Saat ini, Photomath sudah mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 100 jutaan dengan ukuran yang bervariasi tergantung pada gadget-nya.

Download Photomath

5. Bisa langsung tulis persamaan di layar HP: Microsoft Math Solver

Jika umumnya aplikasi jawab soal dapat digunakan dengan cara memotret soalnya, Microsoft Math Solver punya cara yang berbeda. Selain foto, di sini Anda dapat menuliskan langsung persamaannya pada layar HP secara bebas.

Pemecahan soalnya juga lengkap dengan penjelasan per langkah. Jadi, sangat mudah dipahami meskipun oleh pemula.

Microsoft Math Solver dapat menyelesaikan beragam jenis soal. Khususnya untuk soal-soal sulit seperti matriks, fungsi linear non linear, integral, turunan, limit, deret, bilangan kompleks, dan yang lainnya.

Anda juga bisa scan grafik X-Y pada Microsoft Math Solver untuk menemukan persamaannya.

Download Microsoft Math Solver

Aplikasi rumus matematika lengkap

Jika kesulitan Anda adalah menghafalkan rumus, maka di bawah ini adalah beberapa pilihan aplikasinya:

6. Aplikasi teringan, hanya 3 MB: Rumus Matematika SD SMP SMA

Pilihan aplikasi matematika pertama adalah Rumus Matematika SD SMP SMA. Sesuai dengan namanya, APK ini mencakup rumus dari tingkat SD sampai SMA. Mulai dari rumus satuan berat, bangun datar, bangun ruang, hitung bilangan, hingga perbandingan.

Yang menarik, ukurannya sangat ringan dan dapat dipakai secara offline. Artinya, Anda tidak butuh koneksi internet untuk menggunakan aplikasinya.

Download Rumus Matematika SD SMP SMA

7. Disertai materi, soal, dan pembahasan: Rumus Matematika SD SMP SMA by Jatenapps

Namanya memang sama dengan aplikasi sebelumnya, tapi APK ini berbeda dan dibuat langsung oleh Jatenapps.

Dengan APK ini, Anda tak hanya bisa belajar rumus, tetapi juga belajar soal dan pembahasan sekaligus pada masing-masing tingkat sekolah.

Aplikasinya juga memakai sistem full offline sehingga sangat memudahkan anak-anak dalam belajar.

Download Rumus Matematika SD SMP SMA by Jatenapps

Aplikasi matematika SD dan SMP, kurang tambah kali bagi

Jika Anda mau fokus belajar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, maka berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat kami rekomendasikan:

8. Game simpel yang ringan: Pintar Matematika – Game Penjumlahan Pengurangan

Apk pertama ini sangat ringan, hanya dengan 1,7 MB Anda sudah dapat memasangnya di Android atau HP.

Fiturnya adalah soal jumlah kurang kali bagi yang dibuat dengan konsep permainan melawan waktu. Untuk setiap soal, ada waktu sekitar 15 detik untuk menjawab soalnya. Jadi, siapa bisa cepat menjawab soalnya, maka hasil skor akhirnya akan semakin besar.

Download Pintar Matematika

9. Permainan yang fun dan lengkap: Simple Math – Learn Add Subtract, Math Games

Aplikasi ini juga mengajak penggunanya untuk bermain matematika dasar, yakni penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Yang membuatnya menarik adalah tampilan yang colorful dan tidak membosankan. Pembelajaran pun dapat dijalani dengan fun.

Selain soal tambah kurang kali bagi, Anda juga akan menemui quiz dan puzzle pada app ini.

Download Simple Math

10. Ada musik dan efek menarik buat anak: Belajar Matematika

Jika Anda mencari aplikasi yang fokus untuk anak-anak, maka Belajar Matematika ini adalah pilihan terbaik. Apk ini berukuran sekitar 15 MB dengan fitur yang sangat menyenangkan buat anak-anak.

Bila memakai aplikasi ini, diharAPKan minat belajar anak terhadap mata pelajaran Matematika akan meningkat.

Terlebih, aplikasinya dilengkapi dengan efek-efek menarik yang akan membuat anak tidak mengantuk dan malas saat belajar.

Download Belajar Matematika

Itulah beberapa contoh aplikasi matematika yang dapat kami rekomendasikan. Silakan pasang di HP sesuai kebutuhan Anda.

Tagged in:
,

About the Author

Tim Jatimtech

Media industri aplikasi mobile. Memberikan ulasan aplikasi, tips & trik aplikasi, rekomendasi aplikasi dan berita terkini.

View All Articles