Di Play Store, tersedia banyak sekali aplikasi tanya jawab. Mulai dari apps untuk tanya soal pelajaran sampai masalah kehidupan.

 

Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk memecahkan masalah sehari-hari. Baik yang berhubungan dengan dunia pendidikan maupun yang tidak berhubungan sekalipun.

Yang terpenting, Anda harus memilih aplikasinya dengan tepat sesuai dengan layanan yang diberikan. Untuk mendapatkan yang paling sesuai, Anda perlu mengecek beberapa review APK tanya jawab di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi tanya jawab pelajaran

Jika Anda membutuhkan aplikasi yang bisa digunakan secara khusus untuk menjawab pelajaran sekolah, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

1. Mata pelajaran SD – SMA mapel eksakta, bahasa inggris, dan mandarin: Tanya Jawab Soal

Gambar: Tampilan Tanya Jawab Soal

Aplikasi pertama adalah Tanya Jawab Soal. Dengan apps ini, Anda bisa mencari tahu jawaban dari soal di tingkat SD sampai SMA.

Mata pelajaran yang dilayani adalah matematika, bahasa inggris, mandarin, kimia, dan fisika. Saat ini, belum tersedia pemberian jawaban untuk mapel non eksakta seperti bahasa Indonesia, arab, geografi, dll.

Untuk menggunakan aplikasinya, Anda harus log in menggunakan akun email atau facebook. Bila sudah, sistem bertanyanya bisa via foto.

Menariknya, pada aplikasi ini juga ada fitur video yang bisa digunakan sebagai media belajar agar cepat paham.

2. Aplikasi tanya jawab soal Matematika tercepat: Qanda, Free Math Solutions

Gambar: Tampilan QANDA – Free Math Solutions

Qanda merupakan aplikasi yang secara khusus menjawab soal-soal Matematika. Tingkatan soal yang dikerjakan sangat luas. Mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Menggunakan aplikasi Qanda untuk mengerjakan soal pun sangat mudah.

Anda bisa bertanya seputar matematika dasar tingkat SD – SMA, aljabar, trigonometri, integral, turunan, limit, deret, hingga statistik.

Tagline Qanda adalah mengerjakan pertanyaan dalam 5 detik. Jadi, penyelesaian masalahnya pasti sangat cepat.

Cara bertanyanya adalah dengan memotret soal. Dalam satu foto, Qanda membatasi 1 soal saja. Ukuran fotonya pun sudah disesuaikan.

Saat ini, Qanda tersedia dalam beberapa versi bahasa. Selain Indonesia, ada bahasa spanyol, inggris, vietnam, thailand, jepang, dan korea.

3. Aplikasi kerjakan tugas atau PR: Brainly, The Homework App

Gambar: Tampilan Brainly – The Homework App

Brainly sudah sangat terkenal di Indonesia. Bila dulu Anda hanya bisa menggunakan situsnya untuk bertanya mengenai PR, kini aplikasinya pun bisa diunduh langsung di Android.

Aplikasi ini sifatnya global karena menjadi tempat penanya dan penjawab dari seluruh wilayah untuk saling bantu dan berbagi. Anda bisa mengajukan pertanyaan, kemudian pengguna lain akan membantu memberikan jawaban.

Untuk setiap penggunanya, brainly menetapkan aturan PTS, yakni points, ranks, dan recognitions.

4. Tanya soal pelajaran dan try out online: Kelas Pintar, Solusi Belajar Online

Gambar: Tampilan Kelas Pintar – Solusi Belajar Online

Kelas Pintar menyediakan layanan tanya soal untuk tingkat SD sampai SMA. Anda bisa bertanya soal mata pelajaran apa saja di sini.

Selain itu, Kelas Pintar juga menerapkan metode belajar yang cukup lengkap dan mudah sehingga bisa disesuaikan dengan gaya belajar Anda. Apakah audio, visual, atau kinestetik.

Yang menarik, di sini tersedia puluhan ribu soal yang dapat dikerjakan atau dijadikan sebagai bahan tryout saat hendak menghadapi ujian.

Animasi di Kelas Pintar juga sangat menarik sehingga pembelajaran tidak akan terasa membosankan.

5. Aplikasi pendidikan terlengkap dan ada tes minat bakatnya: Aku Pintar

Gambar: Tampilan dan fitur Aku Pintar – Aplikasi Pendidikan Terlengkap

Akupintar.id secara khusus membuat aplikasi Aku Pintar untuk para siswa yang duduk di bangku SMP dan SMA (sederajat). Di sini, Anda bisa bertanya soal dan belajar online menggunakan video hingga soal-soal tryout. Semuanya tersedia secara lengkap.

Menariknya lagi, Aku Pintar juga menyediakan tes minat bakat yang akan membantu Anda untuk menemukan jurusan yang paling tepat saat SMA atau kuliah. Bahkan, ada pula informasi mengenai beasiswa pendidikan.

6. Tanya Soal Dengan Pembahasan Lengkap dan bisa difoto: Colearn

Gambar: Tampilan CoLearn – Foto Soal MTK dan Belajar Online SMA-SMP

Dengan Colearn, Anda bisa bertanya mengenai soal-soal tertentu kemudian menemukan jawaban dan pembahasannya di data base aplikasi. Yang menarik, di sini pembahasan yang diberikan mengenai sebuah materi dan soal sangat lengkap dan bikin cepat paham.

CoLearn khusus untuk mata pelajaran Matematika kelas 7 sampai 12. Dengan kata lain, aplikasi tanya jawab ini berlaku untuk anak SMP sampai SMA saja.

Setiap hari, aplikasi ini berkomitmen untuk menambah ribuan video pembelajaran untuk membantu Anda belajar secara online dan gratis.

7. Socratic by Google: Aplikasi tanya jawab yang bisa non eksakta

Gambar: Fitur dan tampilan Socratic by Google

Socratic merupakan aplikasi besutan Google LLC. Lewat apps ini, Anda bisa bertanya berbagai macam soal secara lengkap. Misalnya Matematika (aljabar, geometri, hingga trigonometri), Kimia, Biologi, Fisika, Sejarah, dan yang lainnya.

Sebagian besar soal yang dapat dikerjakan adalah di tingkat SMP dan SMA. Akan tetapi, Socratic tetap menyajikan pertanyaan dan pembahasan di tingkat SD dan perguruan tinggi.

Konsep yang dijelaskan pun sangat mudah dipahami karena diberikan langkah demi langkahnya secara informatif.

8. Aplikasi yang bisa menjawab soal Matematika dengan difoto : Photomath

Gambar: Tampilan dan fitur Photomath

Sesuai dengan namanya, Photomath merupakan sebuah APK untuk menyelesaikan soal matematika dengan cara difoto. Di sini, Anda bisa bertanya soal-soal dari SD sampai perguruan tinggi.

Materi soal yang ditawarkan cukup lengkap, di antaranya:

  • Materi dasar pra aljabar: Bilangan, pecahan, desimal, akar, faktor, dll.
  • Aljabar: Persamaan dan pertidaksamaan, persamaan kuadrat, persamaan sistem, logaritma, matriks, graf, hingga polinomial.
  • Geometri.
  • Trigonometri: barisan dan deret, fungsi logaritma, identitas, dll.
  • Kalkulus: limit, kurva, turunan, dan integral.
  • Statistika: kombinasi dan faktorial

Semua materi di atas dijelaskan dengan cara yang mudah dan step by step. Tersedia juga tips cepat, video tutorial, hingga animasi menarik agar pembelajarannya makin asyik.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar aplikasi di atas bisa menjawab soal dengan cara difoto. Jadi, sangat praktis dan cepat. APK di atas ada yang tersedia full gratis, tapi ada pula yang harus berbayar saat Anda membutuhkan fitur premium.

Aplikasi tanya jawab tentang segala hal

Jika yang Anda butuhkan adalah bertanya seputar masalah kehidupan atau sehari-hari, misalnya berupa trik dan tips. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasinya:

9. Aplikasi QnA yang sudah global dan komunitas yang aktif: Quora

Gambar: Tampilan Quora — Ask Questions, Get Answers

Quora menjadi solusi yang tepat buat Anda yang mau bertanya seputar kehidupan dan pengalaman orang lain. Di sini tersedia banyak pengetahuan mengenai cara menghadapi sesuatu yang baru pertama kali Anda hadapi.

Misalnya, saat sudah punya anak dan tiba-tiba dia memiliki ruam di tubuhnya. Anda bisa coba bertanya apa penyebab dan bagaimana solusinya ke Quora.

Pengguna lain akan membantu membagikan pengalamannya sehingga Anda punya referensi tambahan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

10. Bertanya sebagai anonim mengenai apa saja: ASKfm

Gambar: Tampilan ASKfm – Ask Me Anonymous Questions

Anda bisa bertanya apa saja di ASKfm. Pertanyaannya berlaku umum seperti tentang cinta, kehidupan, cara melakukan sesuatu, dan yang lainnya.

Yang menarik, pertanyaan yang Anda ajukan bisa dibuat secara anonim. Artinya, tidak akan ada yang tahu bahwa pertanyaan tersebut berasal dari Anda. Jawabannya diperoleh dari pengguna lain yang sudah tersebar di seluruh dunia.

Itulah beberapa aplikasi tanya jawab yang bisa Anda pasang di Android untuk mempermudah kehidupan. Anda juga bisa coba aplikasi jual pulsa untuk menambah penghasilan.

Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles