Mau tulisan di Android jadi keren dan kece? Pasang aplikasi keyboard di HP sekarang. Fiturnya menarik sehingga chatting tidak akan terasa membosankan.

 

Di Play Store, ada banyak sekali APK keyboard yang dapat Anda instal. Mulai dari apps yang simpel sampai yang banyak fiturnya. Dari yang ringan sampai berat. Semuanya ada.

Maka dari itu, melakukan seleksi adalah hal yang harus dilakukan supaya dapat menemukan yang terbaik dan cocok dengan kebutuhan.

Kami akan memberikan beberapa review aplikasi yang direkomendasikan di Play Store. Selamat menyimak sampai selesai.

1. Aplikasi keyboard di HP dengan beragam pilihan emoticon: Facemoji – Emoji, Stickers, Keyboard, GIF

Gambar: Tampilan dan fitur Facemoji Emoji Keyboard Keyboard StickersGIFCute

Facemoji merupakan pilihan yang cocok buat Anda yang mencari keyboard dengan emoji-emoji lucu. Di sini, ada lebih dari 3.600 emoji yang dapat dimanfaatkan.

Yang menarik, Facemoji juga memungkinkan Anda untuk mengirimkan stiker dan GIF lucu melalui Facebook, Whatsapp, Twitter, dan media sosial lainnya.

APK ini gratis dengan tema-tema yang menarik. Anda pun dapat mengubah background keyboard-nya secara leluasa sesuai dengan hal yang disukai. Menariknya lagi, pada APK ini Anda dapat memilih mode QWERTY, AZERTY, atau QWERTZ.

Facemoji mendapatkan unduhan sebanyak 50 juta lebih dengan bintang 4,6 dari 5. Total ulasan yang masuk lebih dari 700 ribuan.

2. Aplikasi keyboard Android terbaik, unduhannya banyak dan bisa voice typing: Gboard

Gambar: Tampilan dan fitur Gboard Keyboard Google

Gboard atau The Google Keyboard merupakan aplikasi yang unduhannya sudah mencapai lebih dari 1 milyar. Artinya, Gboard menjadi APK favorit karena menjadi pilihan banyak orang.

Yang menarik, ukuran Gboard sangat beragam tergantung pada perangkat apa dia dipasang. Jadi, kalaupun Anda memiliki smartphone yang jadul dengan sistem operasi lama dan RAM-nya kecil, Gboard tetap dapat diinstal di sana.

Gboard memiliki banyak sekali fitur, di antaranya adalah glide typing, emoji search, GIF, multilingual typing, hingga Google Translate.

Yang paling menarik, di sini ada fitur voice typing yang memungkinkan Anda untuk mengetik lewat suara.

Total ulasan yang masuk untuk Gboard kini sudah mencapai 7 jutaan dengan bintang 4,5 dari 5 di Play Store.

3. Bisa autocorrect dengan cepat: Microsoft Swiftkey

Swiftkey menjadi salah satu aplikasi keyboard yang sangat banyak penginstalnya. Sebanyak 500 juta lebih unduhan telah dialamatkan padanya. Untuk rating, Swiftkey mendapatkan bintang 4,3 dari 5. Total ulasannya mencapai 3,6 jutaan.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menulis dengan cepat. Bahkan, ada fitur autocorrect yang dapat digunakan dengan cepat pula.

Fitur autocorrect ini mampu beradaptasi dengan bahasa hingga nama panggilan dalam waktu yang singkat.

Swiftkey merupakan keyboard yang tidak hanya bisa dipakai untuk mengirim teks, tetapi juga emoji dan GIF. Saat ini, apps ini sudah support lebih dari 400 bahasa.

4. Bisa pilih background dari galeri HP: Kika Keyboard

Gambar: Tampilan dan fitur Kika Keyboard 2021 Emoji Keyboard Stickers GIF

Pilihan berikutnya adalah Kika. Dengan APK ini, Anda bisa menulis teks pada menu pesan, email, hingga note. Anda pun dapat berbagi emoji hingga GIF di sosial media. Terdapat banyak sekali pilihan GIF lucu yang dapat dipakai.

Yang menarik, Anda bisa mempersonalisasi tampilan keyboard-nya. Baik itu dari segi warna maupun background. Semakin menarik lagi karena background keyboard-nya bisa menggunakan foto yang ada di galeri Android.

Terdapat lebih dari 150 layout pada Kika dengan pilihan bahasa yang beragam.

Dengan fitur keren seperti itu, tak heran bila Kika sudah mendapatkan unduhan sebanyak 10 juta lebih dengan rating bintang 4,7 dari 5.

5. Keyboard terkecil yang menghemat ruang pada layar: Minuum Keyboard Free + Emoji

Gambar: Tampiland Minuum Keyboard Free Emoji

Minuum memiliki tagline sebagai aplikasi keyboard yang berukuran kecil namun tidak masalah digunakan oleh orang dengan jari besar. Desain aplikasinya sudah disesuaikan sehingga tidak akan mengganggu saat Anda sedang melakukan pengetikan.

Jika Anda terbiasa mengetik dengan satu tangan, maka Minuum adalah pilihan yang paling pas. Aplikasinya juga full free buat para pengguna.

Fitur lain yang ada di Minuum adalah pilihan model layout alfabet. Di antaranya QWERTZ, AZ, dan AZERTY.

Minuum mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 500 ribu di Play Store. Bintangnya kini di angka 4,0 dari 5 dengan ulasan sebanyak 20 ribuan.

6. Privat keyboard terbaik: Fleksy GIF keyboard – Free emoji – keyboard & griphy

Gambar: Tampilan Fleksy GIF keyboard Free Emoji keyboard GIPHY

Fleksy hadir dengan fitur-fitur dasar yang menarik. Di sini sudah ada fitur teks, emoji, hingga GIF. Tersedia juga 100 tema lebih yang dapat Anda pilih. Selain itu, Anda pun dapat membuat tema custom yang unik dan inovatif.

Soal ukuran, Fleksy menyediakan pilihan dari yang besar hingga kecil. Jadi lebih fleksibel sesuai kebutuhan penggunanya. Tersedia sekitar 65+ bahasa pada aplikasi ini. Cukup lengkap dan akan menunjang kebutuhan penulisan.

Yang paling menarik, seluruh kata yang Anda tulis hanya akan tersimpan secara lokal di perangkat pribadi. Fleksy tidak akan memata-matai penggunanya. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna pun tak perlu masuk ke mode incognito.

Fleksy kini mencapai unduhan 5 juta lebih dengan bintang 4,2 dari 5. Total ulasannya berasal dari 260 ribuan pengguna.

7. Keyboard unik dengan LED RGB: Neon LED keyboard – RGB lightling colors

Sesuai dengan namanya, aplikasi keyboard ini memang memiliki fitur LED yang membuatnya berbeda dengan aplikasi-aplikasi lainnya.

Neon LED karya Cute Wallpapers Studio ini merupakan aplikasi yang simpel dan mudah dipakai. Saat menggunakan aplikasinya, tampilan HP Anda akan menjadi lebih colorful dan tidak membosankan.

Yang menarik, di sini juga ada efek-efek keren dan fitur resize layout. Artinya, Anda dapat mengubah ukuran keyboard-nya sesuai dengan kebutuhan tangan.

Neon LED mendapatkan unduhan sebanyak 10 juta lebih dengan bintang 4,7 dari total ulasan 250 ribuan.

8. Aplikasi yang super lengkap: Go Keyboard

Go Keyboard memiliki fitur yang lengkap, di antaranya adalah 10.000 lebih tema colorful, 1.000 lebih GIF dan emoji, 100 lebih font, dan lebih dari 60 bahasa.

Dengan GoKeyboard, Anda juga bisa menggunakan foto pribadi sebagai background keyboard-nya. Aplikasi ini sangat aman karena tidak menyimpan informasi rahasia seperti nomor kartu kredit, PIN, dan yang lainnya.

Menariknya lagi, Anda dapat membuat avatar pribadi menggunakan aplikasi ini.

GoKeyboard telah mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 100 juta dengan bintang 4,5 dari 4,7 jutaan ulasan.

9. APK keyboard super lucu dan anti boring: Play Keyboard: GIF theme / design / emoji / create

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menuliskan teks dengan super mudah dan asyik. Bila mau menggunakan emoji, Anda juga dapat memakai kata lol untuk tertawa dan love untuk heart. Anda bahkan bisa menciptakan emoji khusus dengan sahabat terbaik.

Warna-warna yang ada di aplikasi ini juga cenderung colorful sehingga tidak akan membosankan.

Play Keyboard sudah mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 1 juta dengan bintang 4,6 dari 30 ribuan ulasan.

Itulah beberapa aplikasi keyboard kekinian yang dapat Anda pasang di Android. Silakan pilih mana yang paling bagus. Perlu diketahui bahwa apps di atas khusus untuk abjad, jika ingin menulis hanacaraka, silakan pakai aplikasi aksara jawa.

Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles