Mayoritas pengguna komputer, smartphone, dan perangkat digital lainnya sudah terbiasa menggunakan kata file. Sayangnya, meski sering menyebut istilahnya, belum banyak yang tahu apa arti istilah ini.

 

Artikel ini akan membahas lebih jelas mengenai file.

Apa yang dimaksud dengan file?

Apa itu file?

Istilah ini sudah sangat populer sehingga banyak orang yang mendefinisikannya secara berbeda tapi dengan tujuan yang sama. Berikut ini beberapa pengertian file:

Definisi file adalah secara umum

File, kadang ditulis fail atau disebut dengan bekas, merupakan suatu identitas dari data yang disimpan dalam sistem berkas dan dapat diakses serta diatur oleh penggunanya. Berkas ini memiliki nama yang unik di dalam sebuah direktori atau folder di mana dia disimpan.

Secara sederhana, file juga diartikan sebagai arsip atau data yang tersimpan di dalam komputer. Lebih rinci, file adalah kumpulan dari berbagai informasi yang saling berhubungan dan tersimpan di dalam secondary storage.

Pengertian file adalah menurut para ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian file yang diungkapkan oleh para ahli:

  • Pearson mengungkapkan bahwa istilah ini berarti suatu koleksi rekaman atau record yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya.
  • Rahman Hakim S. mengungkapkan bahwa file merupakan kumpulan dokumen yang isinya adalah informasi tertentu. File dapat dibuka memakai program komputer.
  • Hendrayudi mendefinisikan file sebagai data-data tersimpan dalam suatu media dengan informasi yang besar, berikut tanggal, ciri, jam penyimpanan, dan atribut dari file tersebut.
  • Edi S. Mulyanta mengemukakan pengertian file sebagai suatu urutan data yang dipakai untuk melakukan encoding informasi digital dan berguna dalam pertukaran dan penyimpanan data.

Catatan: Intinya, file adalah suatu kumpulan data tertentu yang berhubungan dan dapat disimpan dan dibuka menggunakan program yang ada di komputer atau perangkat digital.

Jenis-jenis file dan contohnya

Jenis jenis file dan contohnya

Berikut ini adalah beberapa jenis file di dalam komputer berikut contohnya:

File sistem

Saat menggunakan file atau berkas di komputer, di dalam folder atau direktori program tertentu sering dijumpai ekstensi file seperti .com, .sys, .tmp, .bat, .bak, dan .exe. Nah, inilah beberapa contoh ekstensi file sistem.

Fungsinya adalah untuk menjalankan program yang ada di komputer sesuai dengan peruntukannya. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk menjalankan aplikasi atau software-software yang dipasang di PC tersebut.

File dokumen

Saat menulis dokumen di Microsoft Office Word dan menyimpannya dalam bentuk file, maka Anda bisa memilih beberapa ekstensi seperti .rtf, .doc, .docx, atau yang lainnya.

Ekstensi-ekstensi tersebut merupakan contoh dari jenis file dokumen. Fungsinya adalah untuk menyimpan berkas dengan ekstensi yang sesuai.

Selain ekstensi tersebut di atas, contoh lain dari ekstensi file dokumen adalah .xls, .xlsx, .pdf, .ods, .odt, dan yang lainnya. Masing-masing ekstensi ini mewakili jenis file dokumennya.

Fail gambar

Saat mendapatkan berkas gambar, Anda akan menemukan beberapa ekstensi. Di antaranya adalah .jepg, .jpg, .png, .tif, .gif, dan yang lainnya.

Masing-masing perangkat yang digunakan untuk memotret biasanya memiliki ekstensi file yang berbeda-beda. Jpeg dan jpg misalnya, merupakan contoh ekstensi file yang muncul saat Anda memotret menggunakan kamera digital. Contoh: kamera DSLR dan kamera smartphone.

Namun, saat melakukan editing gambar, Anda bisa mengubah ekstensinya, misalnya ke .png. Contohnya adalah saat screenshot atau menghapus background gambar menjadi transparan.

Fail video

Ekstensi file video di antaranya adalah .3gp, .avi, .wmv, .mpg, .mp4, .flv, dan yang lainnya. Jenis pemutar untuk masing-masing ekstensi ini biasanya berbeda. Misalnya, pemutar A mungkin bisa dipakai untuk membuka file .avi dan .mp4, tapi tidak bisa digunakan untuk memutar .3gp.

Artinya, tiap pemutar video memiliki keunikan masing-masing. Itulah mengapa dalam satu komputer atau perangkat, pengguna memerlukan lebih dari 1 pemutar video bila mana ingin dapat dipakai untuk semua jenis ekstensi berkas video.

File suara

.midi, .rm, .mp3, dan .wav merupakan beberapa contoh ekstensi berkas suara. Semua ekstensi berkas ini tidak bisa dibuka hanya dengan satu aplikasi. Sama halnya dengan dokumen pdf yang membutuhkan software sendiri dan tidak bisa dibuka dari Microsoft Word.

Jika ingin bisa membuka file suara secara menyeluruh, Anda harus mengunduh dan memasang aplikasi yang berbeda pada perangkat yang sedang digunakan.

Cara lainnya, unduhlah file suara yang hanya bisa dibuka oleh aplikasi yang sudah terpasang di perangkat tersebut.

Dari sekian banyak jenis ekstensi, .mp3 merupakan salah satu yang paling sering digunakan oleh pengguna. Fail ini biasanya dipakai untuk suara musik atau lagu. Sementara saat merekam di perangkat digital, biasanya ekstensinya adalah .wav.

Itulah beberapa jenis file yang harus Anda tahu. Saat melakukan instalasi perangkat pada saat pertama kali mau digunakan, Anda harus menyiapkan software-software dasar yang bisa dipakai untuk memutar atau membuka jenis berkas di atas.

Tips: Pengguna Android bisa mengelola dan merapikan file di ruang penyimpanan menggunakan aplikasi file manager.

Cara membuka file

Untuk membuka file, Anda membutuhkan software atau aplikasi khusus. Selain berfungsi untuk membuka berkas, aplikasi atau software tersebut biasanya juga dilengkapi dengan fitur tambahan agar bisa dipakai untuk editing hingga menyimpan hasil editan.

Cara membuka file

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk membuka beberapa jenis file:

Microsoft Office

Microsoft office merupakan software yang paling sering digunakan untuk menulis dan membuat dokumen. Dengan aplikasi ini, pengguna juga bisa membuka file excel (di antaranya .xls dan .xlsx), word (di antaranya .doc dan docx), dan power point (.ppt atau .pptx).

Dokumen-dokumen tersebut memiliki ciri dan fungsi masing-masing. Fiturnya juga berbeda dan tergolong lengkap sehingga memudahkan penggunanya untuk membuat, mengedit, menyimpan, dan membuka dokumen.

Adobe PDF reader

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dipakai untuk membuka sejenis berkas berekstensi .pdf. Biasanya dokumen ini memiliki sifat yang utuh dan sulit diedit.

Aplikasinya sudah tersedia baik untuk komputer maupun smartphone. Jadi, para pengguna bisa membuka dokumen pdf dari mana saja dan kapan saja melalui perangkat masing-masing.

Windows media player

Ada banyak sekali aplikasi pemutar musik yang tersedia saat ini, baik yang ada di komputer maupun Android atau smartphone.

Saat instalasi windows pada komputer pertama kali misalnya, Anda akan langsung punya Windows media player yang bisa difungsikan untuk memutar musik dan video sekaligus.

Namun, jika Anda menghendaki pemutar musik lainnya, ada Winamp, GOM player, VLC media player, atau yang lainnya.

Tips: Anda bisa membuka file dengan cara klik pada berkasnya secara langsung. Asalkan sudah ada software pembuka yang tepat, file-nya pun dapat terbuka dengan cepat.

Cara membuat file

Sama halnya dalam membuka file, proses pembuatan juga harus dilakukan dengan menggunakan program atau software yang tepat.

Untuk pembuatan dokumen misalnya, Anda tinggal membuka Microsoft word dan menyimpannya dengan ekstensi yang dapat disesuaikan.

Apabila mau menyimpan dokumennya dalam bentuk pdf, maka aplikasi yang dapat digunakan adalah Nitro PDF.

Terakhir, silakan sesuaikan jenis file apa yang mau dibuat dengan aplikasi yang digunakan. Tujuannya adalah agar hasilnya pas dan dapat difungsikan dengan baik.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles