Kelola dokumen di HP dengan memasang aplikasi file manager terbaik. APK ini sangat bermanfaat untuk merapikan dokumen di Android.

 

Dengan tata letak dokumen yang rapi, Anda pun dapat menemukan files dengan lebih mudah dan menjaganya supaya tidak terjadi duplikat. Terlebih lagi, beberapa APK juga menawarkan fitur penghapusan masal pada beberapa dokumen yang dobel.

Rekomendasi Aplikasi File Manager Terbaik

Berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasinya:

1. Aplikasi file manager Samsung: Samsung My Files

Gambar: Tampilan Samsung My Files

Bagi pengguna smartphone Samsung, APK ini tidak akan asing. Aplikasi yang dikeluarkan oleh Samsung Electronics Co., Ltd. ini sudah memiliki pengguna sebanyak lebih dari 1 miliar. Dari total pengguna, sebanyak 212 ribuan orang telah memberikan ulasan yang mengakibatkan rating-nya di Play Store menjadi 4,3.

Beberapa fitur yang ada di My Files adalah penyimpanan dokumen pada internal memori, kartu SD, USB, hingga cloud. Di sini Anda bisa membuat folder, memindah, copy, paste, hingga mengompres file-nya.

My Files membutuhkan izin akses ke storage, baik itu internal maupun eksternal memori.

2. Tersedia safe folder untuk meningkatkan keamanan file: Files by Google, Clean Up Space on Your Phone

Gambar: Tampilan dan fitur Files by Google – Clean up space on your phone

APK besutan Google LLC ini memiliki beberapa fitur menarik. Di antaranya adalah rekomendasi cleaning yang dapat membebaskan beberapa ruang, pencarian files dengan cepat, membagikan file secara offline memakai bluetooth, hingga membackup-nya ke Cloud.

Yang terbaru, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuat “Safe Folder” untuk meningkatkan keamanan file-nya.

Files by Google memiliki ukuran sekitar 12 MB dan dapat didownload pada smartphone bersistem operasi 5.0 ke atas. Total unduhannya mencapai 500 jutaan dengan ulasan sebanyak 3,9 jutaan. Review-nya positif dengan bintang 4,6.

3. Bisa transfer file dari laptop dengan mudah: File Commander, File Manager & Free Cloud

File Commander memiliki fitur yang cukup lengkap. Di antaranya adalah pengelolaan files, sharing lewat bluetooth, hingga pengarsipan files.

Yang menarik, Anda juga bisa mengatur dan mengirimkan file dan folder dari laptop atau PC secara langsung.

Selain itu, jika Anda mau membeli versi premium, maka akan ada akses ke hidden folder dan berhak memakai fitur bookmark.

Sebanyak 100 juta orang lebih telah memakai File Commander. Sebanyak 882 ribuan telah memberikan ulasan dan sebagian besar positif.

4. Aplikasi file manager terbaik yang ringan: CX File Explorer

Gambar: Tampilan Cx File Explorer

CX Explorer akhir-akhir ini menjadi pilihan banyak orang untuk mengelola dokumen yang ada di HP mereka. Sebanyak lebih dari 10 juta orang telah menggunakan aplikasinya.

Salah satu keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah enteng, yakni hanya sekitar 5,7 MB saja. Meski ringan, fiturnya sangat lengkap.

Tersedia fitur pencarian, pemindahan dokumen, copy, ekstrak, kompres, rename, hingga create. Tampilan Cx sangat sederhana sehingga bagian-bagian file-nya dapat diakses dengan mudah.

Lewat Cx Explorer, Anda juga bisa mengakses file di cloud hingga NAS. Anda pun dapat mengelola apps lain yang terinstal di HP dengan lebih mudah.

Aplikasi ini sudah mendapatkan lebih dari 111 ribu ulasan yang membuatnya memiliki bintang 4,9. Cx Explorer bisa dipasang pada Android OS 5.0 ke atas.

5. Tanpa iklan dan ada storage cleaner: Astro File Manager, Storage Organizer & Cleaner

Gambar: Tampilan dan fitur ASTRO File Manager – Storage Organizer & Cleaner

Dengan memasang Astro, Anda mungkin tidak lagi membutuhkan aplikasi cleaner di HP. Hal ini karena selain fitur dasar untuk mengelola file, Astro dibekali dengan storage cleaner. Fiturnya gratis dan bisa Anda manfaatkan secara bebas.

Dengan memakai Astro, Anda juga dapat menyortir dokumen berdasarkan kategorinya dengan sangat mudah. Interface-nya simpel sehingga penggunanya mudah beradaptasi.

Yang paling menarik, Astro tidak mengandung iklan sama sekali sehingga tidak akan mengganggu Anda selama memanfaatkan aplikasinya.

Total unduhan Astro mencapai lebih dari 50 jutaan dengan ulasan 630 ribuan. Aplikasi file manager yang mendapatkan bintang 4,4 ini dapat Anda pasang di Android OS 5.0 ke atas dengan menyediakan ruang 7,7 MB.

6. Lengkap dengan pembersih dan booster HP: FileMaster, File Manage, Transfer Power Clean

Gambar: Tampilan dan fitur FileMaster – File Manage, File Transfer Power Clean

Selain bertindak sebagai pengelola dokumen, FileMaster juga dilengkapi dengan fitur cleaner. Artinya, selain fitur dasar untuk menyimpan dan mengategorikan dokumen, FileMaster juga dapat dipakai untuk membersihkan dan mengosongkan storage dari sampah.

Terlebih, dia juga sudah memiliki penghemat baterai, App Lock, Root Explorer, hingga antivirus. Sangat lengkap.

FileMaster telah mendapat bintang 4,7 dari 213 ulasan di Play Store. APK berukuran 25 MB ini diunduh lebih dari 10 juta kali dan dapat dipasang pada HP OS Android 5.0 ke atas.

7. Tersedia USB OTG dan PDF Viewer: X-Plore File Manager

Gambar: Tampilan dan fitur X-plore File Manager

X-plore mempunyai fitur yang cukup lengkap. Di sini tersedia root, cloud, disk map, app manager, wifi file sharing, hingga folder-folder favorit.

Menariknya, Anda bisa menggunakannya dengan USB OTG dan tersedia juga PDF viewer. Dengan aplikasi ini, mungkin Anda tidak memerlukan aplikasi PDF reader lagi.

X-Plore Manager telah mendapatkan unduhan sebanyak 10 jutaan kali. Aplikasi file manager yang mendapatkan bintang 4,5 dari 198 ribuan ulasan ini dapat Anda pasang pada Android 5.0 ke atas dengan ruang 7,5 MB.

8. Aplikasi yang paling mudah dipakai dan bisa untuk OS Android 4.0.3: File Manager

Gambar: Tampilan File Manager

File manager plus merupakan developer dari APK satu ini. Yang menarik dari aplikasinya adalah tampilannya yang sangat sederhana dan mudah digunakan.

Pada saat membukanya, Anda akan mendapati beragam file yang sudah dikelompokkan berdasarkan dokumen, video, audio, apps, downloads, memori internal, kartu SD, dan yang lainnya.

Anda bisa mengakses dengan mudah dokumen berdasarkan tata letak atau kategori file-nya. Aplikasi yang mendapatkan bintang 4,7 ini juga memiliki analisis storage dan dapat dipakai untuk mengakses file dari komputer.

Total unduhannya sampai kini mencapai 50 juta lebih dengan ukuran 6,9 MB dan ulasan sebanyak 889 ribuan. Jika biasanya APK file dapat dipasang pada Android 5.0 ke atas, aplikasi ini kompatibel pada Android jadul dengan OS 4.0.3.

9. Fitur Bookmark-nya Free: Total Commander – File Manager

Gambar: Tampilan Total Commander – file manager

Jika biasanya fitur bookmark hanya bisa didapatkan apabila Anda upgrade ke versi VIP, tidak demikian dengan Total Commander. Aplikasi ini full gratis. Selain itu, tidak ada iklan yang akan mengganggu selama aplikasi digunakan. Hanya memang ada add plugin untuk download.

Fitur-fitur penting sudah dimiliki oleh Total Commander, di antaranya copy, move, drag, drop, delete tanpa recycle bin, zin, unrar, unzip, dll. Aplikasinya juga sudah support Cloud, mengirim files via bluetooth, hingga root.

Total Commander mendapatkan unduhan lebih dari 10 jutaan kali. Total ulasannya mencapai 198 ribuan dengan bintang 4,5.

Itulah beberapa aplikasi file manager yang cukup recommended berdasarkan ulasan dari penggunanya. Sebagian besar memiliki fitur utama yang sama, tapi ada fitur-fitur khusus yang membuat mereka jadi unik. Jadi selamat memilih!

Tagged in:
,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles