Yuk kenali aplikasi secara lebih dekat dan detail. Dengan begitu, Anda tidak akan jadi orang kudet yang hanya bisa memakai istilahnya tanpa tahu apa artinya.

 

Artikel ini akan membahas beberapa hal detail mengenai aplikasi yang juga sering disebut apps.

Apa itu aplikasi?

Pengertian apps dibedakan dalam beberapa kategori, yakni secara umum, menurut para ahli, dan sesuai dengan yang dijelaskan di KBBI.

Apa itu aplikasi

Pengertian aplikasi secara umum

Secara umum, aplikasi diartikan sebagai sebuah perangkat lunak atau software yang menggabungkan beberapa fitur dengan cara tertentu agar bisa diakses oleh penggunanya.

Dalam bahasa lain, ada juga yang menyebut pengertian apps sebagai bentuk perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuan komputer secara langsung guna melakukan tugas yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Pengertian aplikasi KBBI

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, istilah ini merujuk pada karya hias dalam seni jahit-menjahit dengan menjahitkan atau menempelkan guntingan-guntingan kain yang dibentuk menjadi sebuah hiasan berbentuk unik seperti bunga, binatang, buah, dll.

Selain itu, istilah ini juga bisa berarti permohonan, lamaran, atau pendaftaran saat dipakai di tengah kalimat tergantung konteks kalimatnya.

Arti lainnya adalah sebagai tambahan, penggunaan, atau penerapan. Kata verbalnya “mengaplikasikan” diartikan sebagai menerapkan atau menggunakan dalam sebuah praktik tertentu.

Pengertian aplikasi menurut para ahli

Ada banyak ahli yang menyampaikan pendapatnya mengenai istilah ini. Salah satunya adalah Marimin, dkk. yang menjelaskan bahwa aplikasi adalah sebuah program yang bisa melakukan proses yang digunakan dalam komputer secara langsung oleh penggunanya.

Ia merupakan sebuah kumpulan file tertentu berisi program yang dapat menghubungkan hardware komputer dengan pemakainya.

Catatan: Sebutan lain yang sering dialamatkan pada istilah ini adalah perangkat lunak atau software.

Fungsi, kegunaan, atau manfaat aplikasi

Fungsi atau manfaat aplikasi tentu tidak jauh berbeda dari tujuan pembuatannya, berikut ini di antaranya:

Fungsi kegunaan atau manfaat aplikasi

Bidang kedokteran

Di dunia kedokteran, kegunaan aplikasi sangat banyak. Mulai dari saat deteksi atau diagnosa penyakit, peracikan obat, penjadwalan perawatan, pengelolaan manajerial, dan yang lainnya. Apalagi kini sudah banyak jenis aplikasi yang dikembangkan di dunia kedokteran.

Untuk bidang ilmu pengetahuan

Manfaat di bidang ini lumayan banyak, di antaranya adalah untuk membantu melakukan penelitian, mendapatkan informasi terbaru seputar ilmu pengetahuan, dan yang lainnya.

Contoh riilnya adalah dengan aplikasi kini seorang guru dan murid bisa bertemu dan saling bertukar ilmu. Hal serupa juga berlaku untuk pengajar privat.

Untuk bidang pendidikan

Manfaat aplikasi di dunia pendidikan sangat banyak. Salah satu contoh paling riil adalah adanya software microsoft word untuk mengerjakan tugas sekolah dan kuliah. Contoh lainnya adalah adanya microsoft power point buat bikin presentasi.

Lewat aplikasi-aplikasi video, seorang guru juga bisa membuat bahan pengajaran yang lebih dinamis dan tidak monoton buat anak didiknya.

Buat bisnis

Salah satu contoh apps yang paling penting untuk dunia bisnis adalah microsoft excel. Di mana dengan ini pengguna bisa langsung membuat laporan keuangan dan mengelolanya dengan baik. Laporan-laporan keuangan juga dapat dihitung dengan mudah memakai software satu ini.

Daftar manfaatnya secara umum

Berikut ini adalah manfaat umum lainnya:

  1. Bisa memudahkan pekerjaan seseorang.
  2. Sebagai media hiburan.
  3. Untuk menerima update kabar terkini.
  4. Media komunikasi dan menambah teman, dll.

Catatan: Fungsi aplikasi buat kehidupan sangat amat banyak. Semuanya menuju ke satu muara yakni untuk mempermudah pekerjaan manusia dengan menghubungkannya dengan perangkat keras dalam komputer, HP, atau yang lainnya.

Klasifikasi atau penggolongan jenis aplikasi

Berikut ini adalah jenis-jenis aplikasi:

Real time software

Kegunaan perangkat lunak ini adalah untuk melakukan pengamatan, pengendalian, hingga analisis di dunia nyata secara real time (langsung).

Business software

Sesuai dengan namanya, aplikasinya digunakan untuk mendukung dan membantu keperluan berbisnis. Contohnya di kehidupan adalah data jumlah pesanan, pendataan stok barang, pembuatan sistem keuangan, dan yang lainnya.

System software

Tugas perangkat lunak ini adalah sebagai pengendali sekaligus pengelola sebuah proses operasi secara internal dalam sistem komputer.

Personal computer software

Software yang dapat membantu penggunanya untuk menggunakannya secara pribadi atau resmi.

Engineering and scientific software

Tugas perangkat lunak ini adalah untuk membantu manusia dalam penyelesaian masalah non algoritma, apa pun jenis masalahnya.

Web based software

Ini adalah sejenis aplikasi yang menghubungkan pengguna dengan internet secara langsung.

Contoh pemakaian aplikasi dalam kehidupan sehari-hari

Contoh pemakaian aplikasi dalam kehidupan sehari hari

Agar lebih jelas mengenai fungsi dan manfaat software, berikut ini contoh pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari:

WhatsApp

Hampir semua orang punya WhatsApp di smartphone mereka. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk berkomunikasi dengan orang lain lewat pesan, foto, video, hingga suara.

Pengguna bisa berkomunikasi dengan semua orang di penjuru dunia, baik di dalam maupun luar negeri hanya dengan bekal kuota internet.

WhatsApp merupakan cara berkomunikasi jarak jauh yang modern sebagai pengganti telepon dan SMS.

Instagram

Platform satu ini juga sering disebut IG. Fungsinya dari awal adalah untuk berbagi video dan foto kepada orang lain, baik itu teman yang sudah jadi pengikut maupun yang belum.

Semakin ke sini, fungsinya semakin bertambah, yakni menjadi sebuah platform tempat branding, mengelola toko online, hingga menghasilkan uang.

TikTok

TikTok kini semakin booming di Indonesia. Penggunanya datang dari kaum remaja hingga dewasa, termasuk ibu-ibu rumah tangga.

Platform ini memiliki fungsi sebagai tempat berbagi video dengan beragam backsound music yang sudah tersedia tanpa perlu editing ulang. Pengguna tinggal memilih backsound-nya kemudian membuat konten sesuai ide masing-masing.

YouTube

Tak hanya sebagai tempat berbagi video, YouTube kini menjadi tempat orang menggantungkan mimpinya untuk menghasilkan uang dalam jumlah banyak. Sebab, dengan membuat konten para pengguna bisa memasang iklan dan mendapatkan uang dari sana.

Telegram

Telegram merupakan aplikasi komunikasi yang hampir sama dengan WA atau WhatsApp. Yang menarik, di sini pengguna bisa bergabung dengan komunitas tertentu sesuai dengan hobi dan kebutuhan yang jelas akan membuat mereka mendapatkan banyak teman.

Kinemaster

Kinemaster adalah aplikasi yang berguna untuk editing video. Biasanya, software ini dipakai oleh para videografer untuk mengedit konten sebelum diunggah ke YouTube.

Catatan: Selain contoh di atas, masih banyak contoh lainnya seperti microsoft office (excel, power point, word), browser (mozilla firefox, google chrome), notepad, adobe reader, adobe photoshop, dll.

Cara download aplikasi

Download dan instalasi aplikasi tergantung pada perangkat atau hardware yang dipakai. Berikut ini penjelasan ringkasnya:

  1. Jika menggunakan Android, maka aplikasinya bisa didapatkan dari Play Store.
  2. Apabila menggunakan PC/laptop/desktop, maka aplikasinya dapat diunduh dari internet. Biasanya saat instalasi windows pertama kali sudah ada internet explorer yang bisa dipakai untuk berselancar.
  3. Jika memakai iPhone atau iPad, maka aplikasinya dapat diperoleh dari App Store.

Terakhir, proses download-nya sangat mudah. Anda tinggal memasukkan kata kunci sesuai nama aplikasi kemudian dibuka dan klik instal. Semudah dan sesederhana itu.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles