Google Play Store merupakan toko resmi khusus untuk aplikasi, games, musik, film, dan buku yang ada di Android. Aplikasi ini sudah digunakan di seluruh dunia dengan total unduhan mencapai jutaan bahkan milyaran.

 

Anda bisa langsung mengunduh konten yang ada di dalamnya secara langsung menggunakan perangkat Android atau mengirimkan konten ke perangkat Android melalui situs Google Play.

Artikel ini akan mengupas tentang Google Play Store, selamat menyimak.

Apa itu Google Play Store?

Play Store adalah layanan distribusi digital yang dioperasikan sekaligus dikembangkan oleh Google. Tak heran bila ada yang menyebutnya dengan istilah Google Play. Dulunya platform ini disebut dengan istilah Android Market.

Apa itu Play Store?

Fungsinya adalah sebagai toko aplikasi resmi buat seluruh perangkat yang bersistem operasi Android. Dengan Google Play, Anda bisa menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Android SDK atau Software Development Kit yang sudah diterbitkan oleh Google.

Selain sebagai toko aplikasi, platform ini juga berfungsi sebagai toko media digital. Di mana pengguna bisa menemukan musik, film, buku, bahkan acara televisi.

Aplikasi yang tersedia di sini ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Jumlah aplikasinya sangat banyak dan beragam. Sebagian besar aplikasi tersebut sangat bermanfaat buat seluruh penggunanya.

Menurut sejarahnya, Google Play diluncurkan sejak tahun 2012, tepatnya pada tanggal 6 Maret. Instrumen ini merupakan gabungan dari Android market, Google eBook Store, dan Google Music.

Jenis layanan Google Play Store

Karena merupakan gabungan dari beberapa instrumen, jenis layanan Play Store juga lumayan beragam, di antaranya adalah:

1. Google Play Books

Dalam bahasa Indonesia, disebut juga Google Play Buku. Sebelumnya, istilah yang digunakan adalah Google eBooks.

Artinya adalah aplikasi buku elektronik yang ditawarkan oleh Google dengan jangkauan lintas platform. Dengan menu ini, pengguna bisa mengunduh dan membeli buku hingga audiobooks yang ada di Play Store.

Tersedia jutaan buku elektronik di platform ini sehingga membuatnya tercatat sebagai salah satu tempat bursa buku terbesar di dunia.

Selain download, pengguna juga bisa mengunggah buku elektronik dengan format PDF atau ePub melalui akun penyimpanan cloud yang ada di Google Play Books masing-masing. Total file yang bisa diunggah mencapai 1.000.

Platform ini sudah punya program afiliasi yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan royalti atau komisi dari penjualan buku.

Catatan: Database Google Play ebooks berbeda dengan Google Play Buku yang berisi perpustakaan buku yang merupakan hasil pindaian dari perpustakaan umum dan akademik.

2. Google Play Film & TV

Aplikasi yang dikelola oleh Google untuk menonton film dan acara televisi. Layanannya bisa berupa pembelian hingga persewaan, tergantung ketersediaannya.

Konten yang tersedia di sini memiliki resolusi yang sangat tinggi. Bahkan, ada opsi video 4K ultra HD untuk sensasi kejernihan maksimal.

Untuk menonton kontennya, pengguna bisa memakai aplikasi seluler di iOS atau Android, melalui ekstensi browser Google Chrome, atau langsung ke situs Google Play.

Kalau mau mengunduh secara offline, saat ini baru bisa dilakukan via aplikasi seluler dan perangkat Chromebook.

3. Musik

Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa mengunduh dan mendengarkan musik secara streaming. Saat ini, tersedia aplikasi terpisah yang bisa dipasang di perangkat masing-masing pengguna dengan nama Google Play Music.

Jenis layanan Play Store Google Play Music

Di sini, pengguna bisa mendengarkan musik dan radio secara gratis, bisa juga berlangganan dengan membayarkan sejumlah dana.

4. Google Play Apps and Games

Inilah layanan utama yang sudah dikenal oleh pengguna di seluruh dunia. Lewat platform ini, Anda bisa mengunduh dan memperbaharui aplikasi yang didistribusikan melalui Google.

Ada jutaan aplikasi dan permainan yang tersedia di platform ini. Ada yang berbayar, namun sebagian besar gratis.

Aplikasinya sangat beragam dan bisa diunduh pada perangkat dengan spesifikasi tertentu. Sebelum melakukan pengunduhan, pengguna sebaiknya mengecek detail deskripsi aplikasinya agar dapat kompatibel dengan perangkat Android yang digunakan.

Selain itu, pengguna juga bisa mendistribusikan aplikasinya sendiri dan bisa mendapatkan uang dari iklan yang tampil pada aplikasi tersebut saat digunakan oleh pengguna lain.

Cara membuka Play Store

Aplikasi ini sudah tersedia di perangkat Android seperti Samsung, Xiaomi, Realme, Oppo, Huawei, dan yang lainnya.

Cara membukanya cukup mudah, sama seperti aplikasi lain. Yaitu cukup dengan klik atau ketuk langsung pada tombol ikon yang masuk ke homescreen smartphone.

Fitur yang ada di Play Store

Fitur yang ada di Play Store

Saat membuka aplikasi ini, Anda akan melihat beragam fitur pilihan, di antaranya adalah:

1. Informasi hiburan terkini

Pada bagian depan aplikasinya akan ada informasi mengenai film yang baru rilis, film terpopuler, buku terbaru, buku terlaris, rekomendasi film, rekomendasi game, persewaan film, buku trending, dan yang lainnya.

2. Fitur metode pembayaran

Karena di dalam aplikasinya terdapat layanan yang berbayar, maka ada metode pembayaran buat para pengguna. User bisa melakukan pembayaran melalui kode redeem, GoPay, kartu kredit, atau kartu debit.

3. Gift card

Pengguna juga bisa mengelola Gift Card yang jelas akan memberikan kemudahan dalam permainan dan pemakaian aplikasi.

4. Subcription

Silakan kelola subscription pada menu ini.

5. Wishlist

Pengguna bisa memasukkan wishlist atau item-item favorit yang sedang diinginkan. Aplikasi akan memantaunya dengan detail, pengguna tinggal memasukkan itemnya ke bookmark.

Selain fitur-fitur di atas, masih banyak fitur lainnya. Salah satu yang paling penting adalah Parent Guide.

Cara menggunakan Play Store

Penggunaan Play Store sangat mudah. Berikut ini beberapa langkahnya:

Buka aplikasi

Untuk mulai menggunakannya, silakan buka aplikasinya terlebih dulu dengan klik langsung pada ikon Play Store yang ada di homescreen.

Menu aplikasi, game, film, dan buku

Untuk mengelola pencarian berdasarkan kategori layanan, silakan ketuk menu yang ada di bagian bawah layar. Pilihannya adalah game, aplikasi, film, dan buku. Nama menu tersebut sesuai dengan item yang tersedia di dalamnya.

Memanfaatkan kolom pencarian

Jika pengguna mau mencari sesuatu, tinggal ketik saja kata kuncinya di kolom pencarian yang terletak di bagian atas. User juga bisa memanfaatkan pencarian via suara dengan klik tombol microphone kemudian melafalkan kata kunci yang dicari.

Mengunduh atau menginstal aplikasi

Setelah hasil pencariannya keluar di layar HP, pengguna bisa langsung memilih aplikasi mana yang akan diunduh atau diinstal. Instalasinya cukup mudah, yakni dengan klik di salah satu aplikasi kemudian ketuk instal setelah aplikasinya terbuka.

Sistem Android akan segera mengunduh dan memasangnya di perangkat para pengguna.

Memperbaharui aplikasi terpasang

Lewat Play Store, pengguna juga bisa mendapat update terbaru dari aplikasi. Cara update-nya sangat mudah. Buka Google Play kemudian pilih garis tiga horizontal di bagian kiri atas. Selanjutnya, ketuk Aplikasi & Games Saya.

Layar akan memunculkan APK-APK yang terpasang pada Android. Silakan ketuk update pada APK yang mau diperbarui.

Itulah beberapa informasi mengenai Play Store secara lengkap. Sebagai tambahan informasi, salah satu APK yang cukup populer di platform tersebut adalah aplikasi berita.

Tagged in:

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles