Dapatkan TWS terbaik agar performa suara dapat tersampaikan dengan jelas dan berkualitas. Pastikan spesifikasi produknya sesuai kebutuhan dan situasi yang sering Anda alami.

 

Untuk mendapatkan produk terbaik, Anda perlu melakukan seleksi terlebih dulu. Apalagi di Indonesia tersedia banyak merek yang diklaim bagus. Di antaranya adalah Anker, Samsung, Apple, Sony, dan yang lainnya.

Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas lebih jauh mengenai cara memilih dan rekomendasi produknya sehingga dapat Anda jadikan sebagai referensi. Selamat menyimak.

Cara memilih TWS terbaik

Cara memilih TWS terbaik

TWS atau True Wireless Stereo kini tengah naik daun. Makin banyak orang yang menggunakan earbuds nirkabel ini karena memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya adalah:

  • Kualitas audio yang diklaim memiliki kualitas yang lebih bagus. Hal ini karena sesuai namanya TWS memiliki mengeluarkan stereo yang tidak dimiliki oleh earphone biasa yang masih mengeluarkan mono audio.
  • Karena tanpa kabel, Anda bisa menggunakannya tanpa perlu khawatir ada kabel yang tidak rapi. Selain itu, penyimpanan juga bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Apabila Anda yakin untuk membeli produk ini, berikut ini cara mudah memilih TWS terbaik sehingga produk yang Anda punya bisa memuaskan:

Sesuaikan spesifikasi dan fiturnya sesuai kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda cek secara detail adalah spesifikasi yang ditawarkan oleh TWS-nya. Pastikan bahwa spesifikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Sesuaikan spesifikasi dan fitur TWR sesuai kebutuhan

Sebagai contoh, jika Anda sering menggunakan earbuds untuk mendengarkan musik, maka pastikan bahwa kualitas suara stereonya bagus sehingga pengalaman mendengarkan musik makin mengasyikkan.

Selanjutnya, jika Anda menggunakan earbuds untuk berkomunikasi atau menerima telepon, maka pilihlah yang suaranya sangat jernih sehingga seluruh suara dapat terdengar dengan jelas meski ada kebisingan di sekitar lokasi.

Perhatikan bentuknya dengan baik

Bentuk merupakan salah satu komponen terpenting yang perlu dipertimbangkan saat memilih True Wireless Stereo. Pasalnya, produk ini akan Anda masukkan ke dalam telinga saat digunakan. Jangan sampai salah memilih bentuk yang bisa melukai atau tidak kompatibel dengan bentuk telinga Anda.

Bagaimanapun, masing-masing orang punya bentuk dan ukuran telinga yang berbeda. Ada yang ukuran telinganya kecil, ada pula yang besar.

Memperhatikan bentuk earbuds dengan baik akan membantu Anda untuk menemukan produk yang sesuai dengan bentuk telinga sehingga tidak akan mengganggu selama digunakan.

Pilih produk nyaman digunakan di telinga

Dalam kaitannya dengan bentuk tersebut, Anda juga harus memastikan bahwa produknya nyaman digunakan.

Perhatikan bentuknya dengan baik

Maksudnya, pastikan bahwa selain bentuknya sesuai dengan ukuran dan bentuk telinga Anda, produk tersebut juga terasa nyaman ketika digunakan dalam jangka waktu lama.

Bagaimanapun, Anda tidak pernah tahu akan memakai produknya berapa lama. Tapi kebanyakan, pemakaian TWS memerlukan waktu berjam-jam. Apalagi jika Anda memakainya untuk mendengarkan musik, mengikuti video conference, atau yang lain.

Bahkan, dalam satu waktu Anda bisa menggunakannya seharian karena harus mengikuti zoom meeting dengan jadwal yang lumayan padat.

Maka dari itu, memastikan kenyamanannya adalah hal yang utama agar selama dipakai Anda tetap bisa mendengarkan dengan baik dan tidak harus lepas pasang alat tersebut.

Untuk memastikan produknya nyaman, jangan takut untuk mencobanya terlebih dahulu saat membeli.

Perhatikan kompatibilitasnya

Masing-masing TWS memiliki kompatibilitas yang berbeda. Ada yang cocok dengan android dan iPhone, ada yang cocok dengan android saja, atau iPhone saja.

Nah, Anda perlu melakukan pengecekan pada kompatibilitasnya agar lebih mudah dalam pemakaiannya nanti.

Saran kami, sebaiknya pilih TWS terbaik yang kompatibel dengan beragam perangkat. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan alatnya untuk sebarang perangkat. Di kemudian hari, saat Anda berganti perangkat pun, TWS-nya tetap bisa digunakan.

Sebagai informasi, iOS mempunyai jenis codec yang diberi nama AAC atau Advance Audio Coding. Sedangkan jenis codec yang dimiliki android adalah apt-X. Kedua jenis codec ini memiliki kualitas yang sangat bagus dan tidak bisa diragukan.

Untuk menyesuaikan kompatibilitasnya, Anda tinggal cek codec yang ada di perangkat Anda saat ini kemudian menyesuaikannya dengan spesifikasi.

Apabila ternyata codec-nya tidak sama pun sebenarnya tak masalah. Namun, biasanya kualitas suara tidak bisa dikeluarkan secara maksimal saat codec-nya berbeda.

Pertimbangkan material yang digunakan

Bahan juga menjadi pertimbangan penting saat Anda memilih TWS terbaik. Selain menentukan kualitas suara yang akan dikeluarkan, material atau bahan juga menentukan daya tahan atau tingkat keawetan produknya.

Sebagai contoh, earphone terbaik yang dibuat dari bahan busa atau foam biasanya mampu memberikan kualitas yang lebih baik. Namun sekarang, banyak produk yang dibuat menggunakan bahan silikon.

Lebih rinci, perlu Anda tahu bahwa bahan foam lebih mampu meredam suara dibandingkan silikon. Dengan foam, Anda bisa mendengarkan suara dengan lebih jernih tanpa terganggu dengan kebisingan yang ada di luar.

Selain itu, bahan foam juga jauh lebih menguntungkan karena sifatnya yang fleksibel dan bisa mengikuti bentuk telinga manusia. Artinya, dia bisa memberikan kenyamanan secara maksimal tanpa meninggalkan rasa sakit sama sekali.

Perhatikan kapasitas atau daya tahan baterainya

Setiap produk wireless biasanya dilengkapi dengan daya tahan baterai yang berbeda. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa kapasitas baterainya sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda sering menggunakan earphone di mana saja dan kapan saja atau sepanjang waktu, maka memilih TWS dengan kapasitas baterai besar adalah pilihan yang tepat.

Sebaliknya, jika alat ini tidak sering digunakan atau hanya dipakai di saat tertentu saja, maka kapasitas baterai sedang sudah sangat cukup.

Cek garansi yang diberikan

Dalam setiap pembelian barang, sangat penting untuk mengecek bagaimana garansinya, tak terkecuali dengan TWS terbaik.

Pastikan bawah ada garansi yang jelas dari distributor sehingga saat terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya, Anda punya backup sehingga merasa lebih aman.

Budget yang disediakan

Sama dengan saat memilih antena TV digital terbaik, menyiapkan anggaran TWS yang sesuai kemampuan juga sangat penting. Pasalnya, pembelian earphone wireless ini tetap mengikuti prinsip “ada uang ada barang”.

Maksudnya, semakin bagus kualitas yang Anda butuhkan, maka harganya juga cenderung lebih tinggi. Meski begitu, bukan tidak mungkin bagi Anda untuk mendapatkan produk terbaik.

Maka dari itu, silakan siapkan anggaran sesuai kemampuan kemudian carilah spesifikasi produk yang sesuai dengan anggaran tersebut.

Kalau pun ternyata spesifikasinya belum bisa terpenuhi, silakan kumpulkan uang terlebih dulu untuk menambah anggarannya. Baru setelah dananya sudah terkumpul, Anda bisa kembali lagi untuk membeli TWS dengan spesifikasi terbaik dan berkualitas.

Beli di toko resmi

Agar semua transaksi pembelian yang Anda lakukan aman, sebaiknya pilihlah toko resmi untuk melakukan pembelian.

Toko resmi biasanya lebih berpengalaman sehingga bisa menjelaskan spesifikasi produk dengan lebih rinci dan jeli. Selain itu, pilihan produknya cenderung lebih banyak ketimbang toko abal-abal.

Ditambah lagi, barang yang dijual di toko resmi juga lebih dapat dipercaya keasliannya dari pada barang yang dijual di toko biasa dan abal-abal.

Rekomendasi TWS terbaik terbaru lengkap dengan harganya

Berikut ini adalah beberapa merek dan seri TWS yang dapat kami rekomendasikan:

1. Daya tahan maksimal, cocok buat gaming dan video call: Vivo TWS Neo

Vivo TWS Neo

Sertifikat standar IP54 sudah disematkan pada produk ini sehingga ketahanannya terhadap air tidak diragukan lagi. Di samping itu, produknya juga sudah dilengkapi dengan slide gesture yang memudahkan pengguna dalam menaikkan dan menurunkan volume.

Menariknya lagi, fitur low latency-nya bisa otomatis aktif saat Anda memakainya untuk video call dan gaming.

Untuk membeli Vivo TWS Neo, dana yang dibutuhkan mulai dari 800 sampai 900 ribuan rupiah.

2. TWS terbaik harga 300 ribuan dengan fitur fast pairing dan noise reduction: Xiaomi Mi True Wireless Earphones 2 Basic

Xiaomi Mi True Wireless Earphones 2 Basic

Produk ini telah dilengkapi dengan fitur fast pairing dengan pop-up saat terhubung ke smartphone Xiaomi. Pengecekan baterainya juga sangat mudah. Ditambah lagi, ada fitur noise reduction yang bisa membantu menjaga kejernihan suara selama Anda sedang menelepon.

Menariknya lagi, Mi True Earphones 2 ini sudah ada fitur in ear detection yang membuatnya secara otomatis mati saat tidak dipasang di telinga.

Harga produknya mulai dari 300 ribuan di marketplace. Salah satu warna yang ditawarkan adalah putih yang memiliki kesan soft dan elegan.

3. TWS terbaik untuk gaming yang tahan air: Realme Buds Air Neo

Realme Buds Air Neo

Realme Buds Air Neo hadir dengan fitur Dynamic Bass Boost atau DBB yang mampu memberikan kualitas suara terbaik dan dapat dikustomisasi.

Menariknya lagi, earbuds ini sudah tahan air dan ada fitur low lantency mode-nya. Dengan fitur ini, koneksi akan tetap stabil selama gaming. Suara yang dihasilkan juga terasa begitu halus atau smooth.

Produk yang dibekali dengan fitur Google fast pairing ini dibanderol mulai dari 500 ribuan.

4. Bisa dipakai 14 jam dan punya 3 mikrofon: Huawei TWS Freebuds 3

Huawei TWS Freebuds 3

Salah satu hal yang menarik dari Huawei TWS Freebuds 3 ini adalah tersedianya 3 karet eartip yang bisa disesuaikan langsung dengan bentuk telinga Anda agar lebih nyaman.

Selain itu, saat didamping charging port, produk ini juga dapat bertahan sampai 14 jam ketika digunakan. Artinya, Anda bisa memakainya untuk zoom meeting seharian tanpa kendala.

Di samping itu, ada 3 mikrofon yang berfungsi sebagai Active Noise Cancellation saat dipakai menelepon. Juga bertindak sebagai penyerap suara dari luar apabila diperlukan. Hasil suaranya jelas jernih dan bising pun hilang.

Huawei TWS Freebuds 3 ini dijual mulai dari 1,2 jutaan di marketplace.

5. Ada fitur wireless charging dan tahan air serta keringat: Samsung Galaxy Buds+

Samsung Galaxy Buds

Samsung Galaxy Buds Plus memiliki desain yang glossy dan cenderung licin. Menariknya, produk ini sudah dilengkapi dengan fitur wireless charging yang memudahkan pengisian daya baterai.

Selain itu, produknya juga sudah dilengkapi dengan IPX2 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dan keringat.

Soal harga, Anda bisa membelinya di marketplace mulai dari 900 ribuan sampai 1,5 jutaan.

6. Pemakaian 9 jam dengan sub bass yang kuat: Sony WF-XB700

Sony WF XB700

WF-XB700 memiliki ketahanan daya baterai yang lumayan. Anda bisa memakainya selama 9 jam tanpa putus. Cocok buat pemakaian sehari-hari. Terlebih, suara yang dikeluarkan TWS terbaik ini juga sangat kuat dengan sub bass yang super.

Desainnya agak besar dengan dilengkapi IPX4 yang tahan air.

Untuk membelinya, Anda tinggal menyediakan dana sekitar 1,2 jutaan sampai 1,8 jutaan.

7. Baterai 7,5 jam sampai 28 jam dengan charging case: Jabra Elite 75T

Jabra Elite 75T

Jabra Elite 75T hadir dengan pemakaian daya yang sangat rendah. Hal ini membuat pemakaiannya bisa tahan selama 7,5 jam. Di samping itu, pada saat posisinya dekat dengan charging case, ketahanannya bisa sampai 28 jam.

Dengan alat ini, Anda bisa langsung terhubung ke Siri dan Google Assistant. Sangat cocok buat pemakaian di android maupun iOS. Selain itu, ada 4 mikrofon yang siap memberikan kualitas suara terbaik.

Harga TWS terbaik dari Jabra ini adalah sekitar 2,3 jutaan rupiah.

8. Anti air, keringat, dan debu: Sony WF-SP800N

Sony WF SP800N

Sony WF-SP800N merupakan pilihan yang sempurna buat Anda yang membutuhkan TWS terbaik yang tahan terhadap air, keringat, dan debu. WF-SP800N ini sudah mengantongi sertifikat IP55.

Terlebih lagi, sudah ada fitur gesture yang bisa dijadikan sebagai kontrol terhadap volume dan quick attention.

Di marketplace, harga Sony WF-SP800N ini mulai dari 1,8 jutaan sampai 2 jutaan rupiah. Sementara harga di situs resminya sekitar 2,5 jutaan.

9. Earbuds waterproof dan ringan: Jaybird Vista

Jaybird Vista

Desain dan tampilan yang unik dimiliki oleh Jaybrid Vista. Selain desainnya yang manis tersebut, earbuds wireless ini juga dibekali dengan fitur penting seperti waterproof. Daya tahan baterainya bisa sampai 6 jam dan cocok buat pemakaian outdoor seperti saat sedang berolahraga.

Harga produknya sekitar 2 jutaan di marketplace.

10. Tahan hujan dengan eartip yang bisa disesuaikan dengan telinga: Anker Soundcore Life Note

Anker Soundcore Life Note

Anker sudah menyematkan IPX5 pada Soundcore Life Note sehingga produknya bisa anti air. Menariknya lagi, dia juga sudah dilengkapi dengan 5 pilihan karet eartip yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan bentuk telinga Anda.

Soal suara dan kualitas, Anker tidak usah diragukan lagi. Anda bisa membeli Soundcore Life Note di marketplace atau toko resmi dengan harga mulai dari 600 sampai 800 ribuan rupiah.

11. Cocok buat mobilitas tinggi dan berolahraga: Apple Airpods Pro

Apple Airpods Pro

Apple Airpods Pro ini merupakan salah satu produk TWS terbaik yang sering dipakai untuk berolahraga, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Anda bisa menggunakannya untuk mendengarkan musik, menerima panggilan, atau yang lainnya. Di dalam Airpods dari Apple ini sudah ada fitur peredam suara sehingga kualitas suaranya terdengar lebih jernih dan jelas.

Produknya juga sudah tahan terhadap air dan keringat sehingga aman digunakan di luar ruangan.

Harga Apple Airpods Pro memang lebih mahal dibanding TWS terbaik yang diulas di atas. Untuk membeli produk ini, Anda harus menyiapkan dana sekitar 3 jutaan rupiah.

12. Baterai tahan 24 jam dengan fitur quick charging: Sony WF-1000XM3

Sony WF 1000XM3

TWS terbaik dari Sony yang dapat kami rekomendasikan berikutnya adalah WF-1000XM3. Earbuds ini memiliki desain yang sangat modern dengan mempertahankan unsur klasik yang elegan. Sony telah membekalkan noise cancelling berkualitas terbaik untuk produknya satu ini.

Yang membuat produk ini makin menarik adalah ketahanan baterainya yang bisa sampai 24 jam. Terlebih, WF-1000XM3 juga sudah dilengkapi dengan quick charging yang memungkinkan Anda untuk melakukan charging dalam waktu beberapa menit saja.

Harga Sony WF-1000XM3 ini sekitar 2 jutaan di marketplace.

Itulah beberapa produk TWS terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Sekarang, Anda tinggal memilih salah satu berdasarkan preferensi dan kebutuhan masing-masing.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles