Dapatkan gambar televisi yang jernih dengan memasang antena TV digital terbaik. Antenanya bisa dipasang secara indoor maupun outdoor sesuai kondisi dan kebutuhan.

 

Banyak merek yang tersedia di pasaran, mulai dari Toyosaki, PX, Sanex, dan yang lainnya. Masing-masing mengeluarkan seri produk dengan spesifikasi yang berbeda.

Sebagai pembeli, Anda harus memilih produk yang paling tepat sehingga spesifikasinya bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Kami akan mencoba memberikan panduan memilih produknya berikut review dari beberapa produk yang direkomendasikan. Anda bisa memakainya sebagai referensi.

Cara memilih antena TV digital indoor outdoor terbaik

Sebagaimana diketahui, antena bisa dipasang baik secara indoor maupun outdoor. Pemasangan ini jelas harus disesuaikan dengan kondisi di daerah Anda.

Cara memilih antena TV digital indoor outdoor terbaik

Antena outdoor misalnya, lebih cocok untuk dipasang pada daerah yang susah sinyal. Contohnya di area pedesaan atau daerah-daerah pinggiran kota yang baru dikembangkan.

Sementara itu, antena indoor memang didesain secara minimalis sehingga cocok untuk daerah yang memiliki sinyal kuat. Kadang, antena model ini juga bisa dimaksimalkan dengan baik di daerah dataran tinggi.

Bentuknya yang minimalis menjadi keuntungan tersendiri sebab selain pemasangannya mudah, tata letak di ruangan juga tidak akan menghabiskan tempat.

Agar lebih jelas mengenai cara memilih antena TV yang bagus, kami akan mengulasnya secara lengkap.

Ketahui jenis TV yang dipakai, sesuaikan dengan pilihan antenanya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui jenis TV yang akan dipasangi antena. Pasalnya, jenis TV mempengaruhi pilihan antena yang paling tepat untuk dipasangkan.

Ketahui jenis TV yang dipakai sesuaikan dengan pilihan antenanya

TV LCD atau LED misalnya, mereka memiliki daya tangkap sinyal yang kurang memadai. Sebaliknya, TV tabung yang sudah ada sejak dulu ternyata memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menangkap sinyal.

Hal ini kemudian mempengaruhi bagaimana sebaiknya Anda memilih antenanya. Tidak hanya spesifikasinya saja, tetapi juga ukuran antenanya.

Untuk versi tabung, Anda bisa membeli antena dengan ukuran sedang atau kecil. Namun, jika televisi yang Anda gunakan adalah versi LCD atau LED, membeli yang antenanya berukuran besar atau sedang adalah pilihan yang bijak.

Cek deretan yang ada di antena televisinya

Perlu diketahui bahwa deretan pada antena sangat mempengaruhi kemampuannya dalam menangkap sinyal sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih jernih dan bagus.

Dalam hal ini, semakin padat, panjang, dan banyak deretannya, maka semakin bagus pula perangkatnya menangkap sinyal.

Cek deretan yang ada di antena televisinya

Sebaliknya, jika Anda menemui antena TV yang memiliki deretan sedikit dan sangat jarang (tidak padat), ada kemungkinan kemampuan menangkap sinyalnya tidak terlalu bagus. Artinya, alatnya juga tidak akan memberikan hasil gambar jernih secara maksimal.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa deretan antena ini biasanya mempengaruhi harga antenanya. Umumnya, semakin banyak deretannya, semakin mahal pula harganya.

Hal ini tergolong sepadan, karena kualitas yang didapatkan juga jauh lebih baik. Oleh karena itu, jika memang di daerah Anda susah sinyal, maka membeli versi yang sangat berkualitas sangat kami rekomendasikan.

Sebaliknya, jika sinyal bukan masalah besar di tempat Anda, maka tak masalah jika membeli versi yang biasa saja.

Perhatikan kabel koaksial antenanya

Salah satu kabel yang sangat urgen untuk dipertimbangkan saat membeli antena TV digital terbaik adalah kabel koaksial. Pasalnya, kabel ini memiliki fungsi sebagai kabel jaringan penghubung transmisi antara perangkat elektronik.

Sebaiknya, pilihlah kabel koaksial dengan hambatan 75 ohm. Versi ini biasanya memiliki serabut yang lebih tebal dengan kawat konduktor yang lebih besar. Artinya, dia mampu menjadi penghubung dengan ketahanan yang bagus.

Soal harga, jenis kabel ini umumnya memang lebih mahal. Namun, tampaknya hal itu sepadan dengan kualitas yang akan diberikan sehingga masih layak untuk dibeli dan direkomendasikan.

Dengan kabel ini, daya tangkap sinyal dipastikan kuat sehingga hasil gambarnya juga jauh lebih jernih dan pilihan stasiunnya jadi lebih banyak.

Khusus untuk versi outdoor, pertimbangkan fitur rotator

Jika Anda menggunakan versi outdoor, cobalah pertimbangkan antena dengan fitur rotator. Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk memutar atau menggerakkan antena supaya bisa memperoleh sinyal terbaik.

Biasanya, fitur ini ditandai dengan disematkannya rotor pada bagian antenanya. Jadi, kenali spesifikasinya dengan baik, kalau bisa tanyakan pada penyedia atau penjualnya agar bisa memaksimalkan fiturnya jika memang ada.

Fitur ini penting, pasalnya pembangunan di Indonesia semakin gencar. Bisa jadi saat ini Anda tidak membutuhkan antena dengan spesifikasi maksimal. Tapi saat ada pembangunan gedung tinggi di sekitar Anda di kemudian hari, maka kemungkinan tangkapan sinyal TV tidak akan seperti sebelumnya.

Itulah mengapa penting untuk mempertimbangkan hal-hal yang akan terjadi ke depan saat Anda hendak membeli produk antena TV digital terbaik.

Pertimbangkan untuk memakai penguat sinyal sebagai booster

Booster memiliki fungsi yang cukup krusial dalam kaitannya dengan penangkapan sinyal. Alat ini bisa membersihkan penghalang transmisi sehingga nantinya dihasilkan pancaran sinyal yang lebih bersih dan kuat.

Terlebih lagi, jika Anda menggunakan satu antena untuk beberapa televisi, maka keberadaan booster bisa menjadi alat bantu untuk tetap menjaga kualitas gambar yang diberikan seperti saat hanya digunakan 1 televisi.

Jadi, silakan pastikan dulu jumlah TV yang akan dihubungkan dengan antenanya. Jika di satu rumah ada lebih dari 1 televisi, maka menggunakan booster adalah pilihan yang tepat.

Namun apabila saat ini Anda dan keluarga masih menggunakan satu televisi, maka booster bisa jadi tidak terlalu dibutuhkan asalkan sinyal di sekitar Anda sudah pasti kuat.

Meski begitu, tak ada salahnya juga membeli booster dari sekarang karena Anda tidak tahu ke depan akan menambah televisi lagi atau tidak.

Amati kondisi daerah dan tanyakan pada orang sekitar yang berpengalaman

Sebagaimana disampaikan di atas, salah satu faktor penting dalam memilih antena adalah sinyal yang ada di suatu daerah.

Untuk mengetahui kondisi ini, Anda tidak hanya bisa menebak-nebak saja. Sebaliknya, silakan cari tahu dengan bertanya ke daerah sekitar. Misalnya, bertanya ke tetangga mengenai jenis antena yang mereka gunakan dan bagaimana hasilnya.

Kami yakin, antara satu orang dengan orang lainnya memiliki pilihan antena yang berbeda. Maka dari itu, tanyakan pengalaman mereka dan bagaimana hasilnya. Anda bisa mengambil pilihan terbaik dari sekian banyak opsi yang muncul dari pengalaman-pengalaman tersebut.

Selain belajar dari pengalaman orang lain, Anda juga bisa mengecek bagaimana kondisi di sekitar Anda. Cek apakah ada bangunan yang tinggi menjulang yang kemungkinan bisa menghambat penerimaan sinyal atau lokasinya sangat padat sehingga penerimaan sinyal terganggu.

Itulah beberapa cara mudah memilih antena TV digital terbaik yang bisa Anda lakukan. Berikutnya, kami akan membahas review produknya di bawah.

Daftar antena TV digital terbaik dan harga terbaru

Berikut ini beberapa rekomendasi antena TV digital yang bagus:

1. Multifungsi, bisa outdoor dan indoor: PX HDA-5600

Antena PX HDA 5600

Antena televisi dengan kualitas yang bagus menjadi salah satu produk yang diandalkan oleh PX. Lewat seri HDA-5600, mereka tidak hanya menawarkan kualitas saja. Lebih dari itu, lewat seri HDA-5600 ini Anda juga akan mendapatkan kemultifungsiannya.

Betapa tidak, produknya dapat digunakan secara indoor maupun outdoor dengan desain yang sudah disesuaikan.

Penerimaan sinyalnya juga sangat bagus dengan kualitas terbaik. Tersedia dual antena yang membuatnya cocok buat HDTV. Selain itu, HDA-5600 juga diklaim cocok buat pengguna TV LED.

Frekuensi yang mampu ditangkap oleh produk ini adalah VHF 47 sampai 230 MHz dan UHF 470 sampai 870 MHz. Untuk membelinya, silakan sediakan uang sekitar 170 ribuan rupiah.

2. Antena fleksibel dan cocok buat indoor: PX DA-1201 NP

PX DA 1201 NP

Desain antena PX DA 1201 NP sangat simpel. Secara umum, bentuknya kotak dengan dilengkapi dual antena kecil yang bisa dipanjangkan atau dipendekkan secara manual layaknya antena radio jaman dulu.

Karena desainnya yang kompak dan minimalis, antena ini jadi mudah dipindahkan untuk mendapatkan sinyal terbaik. Produknya sangat recommended sampai pernah menjadi best seller.

Anda bisa menggunakan PX DA 1201 NP di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Para pengguna bisa mengaturnya dengan mudah, baik dari segi tata letak sampai pengaturan arah agar penerimaan sinyal dapat maksimal.

Menariknya lagi, harga PX DA-1201NP sangat murah. Hanya dengan uang 85 ribuan, Anda sudah bisa mendapatkan antenanya.

3. Rekomendasi antena TV digital indoor terbaik dengan desain unik: Toyosaki TYS-468 AW

Toyosaki TYS 468 AW

Desain menarik dan modern menjadi salah satu kelebihan dari antena TV digital terbaik ini. Toyosaki menghadirkan versi TYS-468AW buat para pengguna yang sedang mencari antena indoor.

Fitur menarik yang dimilikinya adalah kemampuan menangkap sinyal yang baik. Dia bisa menangkap sinyal dalam rentang 20 sampai 30 dB.

Menariknya lagi, Anda bisa memutar antenanya sampai 90 derajat. Fitur yang jarang dimiliki oleh versi lainnya. TYS-468AW ini juga bisa menangkap sinyal UHF, VHF, dan FM. Fitur tambahan keren lainnya adalah booster yang bisa menangkap sinyal secara maksimal.

Ditambah lagi, ada anti petir yang melengkapi keamanan di rumah Anda. Harganya sekitar 125 ribuan.

4. Punya filter kebisingan suara: Intra Antena Digital INT002

Intra Antena Digital INT002

Produk antena TV digital yang cocok buat indoor ini memiliki desain yang kece. Dengan dudukan kotak dan antena melingkar di atasnya, tampak bahwa konsepnya memang cukup modern dan menarik.

Antena ini bisa menangkap sinyal dengan baik sehingga bisa menampilkan hasil gambar HDTV lokal. Dual antena yang dimilikinya ditambah lipatan lingkaran UHP berperan dalam mendapatkan sinyal sekaligus sebagai filter terhadap kebisingan suara.

Harga intra antena digital INT002 ini adalah 90 ribuan di marketplace.

5. Bisa tampilkan siaran TV analog dan digital: Toyosaki AIO 220

Toyosaki AIO 220

Toyosaki juga memiliki antena TV digital terbaik yang multifungsi. Anda bisa memasang AIO 220 ini secara indoor maupun outdoor. Menariknya lagi, dia tidak hanya menangkap siaran TV digital, tetapi juga analog.

Artinya, banyak siaran yang bisa ditonton tergantung kebutuhan penonton sekaligus pengaturannya.

Kerennya lagi, Toyosaki sudah menyematkan penguat sinyal pada produknya satu ini. Hal ini membuat penerimaan gambar lebih jernih dan berkualitas.

Harganya sekitar 120 ribuan di marketplace.

6. Antena TV outdoor dengan fitur remot: Intra INT-555 DGT

Antena Intra INT 555 DGT

Intra INT merupakan pilihan tepat bila Anda mencari antena outdoor. Selain penerimaan sinyalnya yang kuat, antenanya juga memiliki bodi kokoh sehingga sangat direkomendasikan.

Ditambah lagi, ada remote yang bisa dipakai untuk mengatur arah antena dari jarak jauh. Artinya, Anda tidak perlu repot memanjat lagi untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Untuk membelinya, cukup sediakan uang sekitar 90 ribuan sampai 130 ribuan saja.

7. Sudah dilengkapi kabel 10 meter: Sanex WA-950 TG

Sanex WA 950 TG

Meskipun dari sisi desain, produk ini terkesan kuno. Namun, faktanya kualitas gambar yang dihasilkan sangat mumpuni. Terlebih lagi, saat membeli produknya sudah ada paket kabel sepanjang 10 meter yang bisa membuat pembelian jadi lebih hemat.

Sanex WA-950TG ini cocok buat outdoor dengan bodi yang kokoh. Ada juga remote yang bisa membantu pengaturannya. Harganya sekitar 100 ribuan rupiah saja.

8. Cocok buat outdoor dan indoor, desain unik, kualitas mantap: PX DA-5120

PX DA 5120

Desain yang unik dan modern menjadi kelebihan PX DA5120. Warnanya juga putih dan terkesan minimalis.

Selain desainnya, PX DA5120 ini juga memiliki daya tarik lain, yakni bisa digunakan secara indoor dan outdoor.

Produk ini bisa dipakai untuk TV HD karena penerimaan sinyalnya yang keren. Dia bisa menangkap sinyal UHF dan VHF dengan frekuensi masing-masing 480 sampai 890 MHz dan 47 sampai 230 MHz.

Harganya sekitar 130 ribuan di marketplace. Garansinya sekitar 1 tahun.

9. Model modern dan hemat ruang, buat indoor dan outdoor: PX HDA-5000

PX HDA 5000

Antena digital indoor dan outdoor ini memiliki desain yang modern dan sangat hemat ruang. Selain bodinya kokoh, produknya juga dilengkapi dengan ketahanan terhadap air dan matahari. Jadi, jangan khawatir saat memasangnya di luar ruangan.

Daya tangkapnya terhadap sinyal sangat bagus dengan banderol harga sekitar 170 ribuan rupiah.

10. Gambar jernih meski cuaca buruk: Titis TT1000

Titis TT1000

Dengan harga di bawah 100 ribu, Anda bisa membawa pulang antena TV digital terbaik yang tahan terhadap cuaca buruk. Dengan Titis TT1000, penonton tetap bisa menonton siaran bergambar jernih meski cuacanya sedang tidak menentu.

Produknya juga dibuat dari komponen anti karat dan anti rontok sehingga awet buat jangka panjang. Sayangnya, bodinya memang kurang begitu kokoh. Namun, dengan harga 75-90 ribuan, tampaknya hal ini sepadan.

11. Model ringkas, frekuensi mantap, cocok buat TV LED atau LCD: Toyosaki AIO 200

Toyosaki AIO 200

Produk ini sangat cocok buat TV LED atau LCD. Bentuknya sangat ringkas sehingga memudahkan pengguna dalam mengatur tata letak di rumah. Tangkapan frekuensinya juga lumayan luas sehingga sangat direkomendasikan.

Tak seperti versi AIO 220 yang bisa analog, versi 200 ini hanya untuk digital saja. Harga produknya sekitar 120 ribuan rupiah.

12. Harga antena TV digital murah dengan bodi kokoh: PF HDU 19

PF HDU 19

Antena TV digital outdoor terbaik ini memiliki bodi yang kokoh dengan harga murah. Menariknya lagi, produknya memang didesain untuk penerimaan siaran TV analog dan digital sehingga lebih fleksibel buat para pengguna.

Harganya sekitar 100 ribuan rupiah dengan tangkapan frekuensi 470 sampai 770 MHz.

Itulah beberapa pilihan antena TV digital terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Silakan sesuaikan dengan jenis televisinya dan kondisi di sekitar rumah Anda. Terakhir, biar bisa menonton dengan suara yang menggelegar, Anda bisa sekalian beli speaker aktif terbaik.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles