Temukan speaker aktif terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan produknya bisa dimaksimalkan dengan baik untuk menghibur dan mengembangkan bisnis.

 

Speaker memang menjadi salah satu komponen yang cukup banyak dicari di era sekarang. Kebutuhan akan pengeras suara ini sudah umum buat masyarakat dari berbagai kalangan, baik untuk kepemilikan pribadi maupun buat keperluan bisnis.

Masalahnya, ada banyak pilihan speaker yang ada di Indonesia. Pilihan ini kadang membingungkan bagi para pembeli. Hal ini karena masing-masing produknya hadir dengan spesifikasi dan kelebihan yang berbeda.

Maka dari itu, kami akan coba membahas tentang cara memilih produk speaker aktif terbaik dalam artikel ini. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produknya.

Cara memilih speaker terbaik sesuai kebutuhan

Sebelum membahas cara memilihnya, perlu diketahui dulu apa itu speaker aktif. Produk ini merupakan sebuah speaker yang sudah dilengkapi dengan amplifier di bagian dalamnya. Selain amplifier, Anda juga bisa menemukan woofer, sub woofer, hingga tweeter.

Cara memilih speaker terbaik sesuai kebutuhan

Hal inilah yang kemudian menjadikan produk ini jadi populer, yakni karena praktis, fiturnya cukup lengkap di satu alat, dan hanya dibutuhkan koneksi kabel untuk menggunakannya.

Nah, untuk mendapatkan produk terbaik, berikut ini adalah beberapa langkah seleksi yang dapat dilakukan:

Pilih berdasarkan brand-nya

Langkah pertama yang bisa dijadikan acuan saat menentukan produk speaker aktif terbaik adalah brand yang membuatnya.

Sebaiknya, pilihlah produk yang dibuat oleh brand ternama dan sudah terpercaya. Hal ini karena berarti mereka sudah berpengalaman dan terbukti bisa menghasilkan produk berkualitas.

Di antara brand yang dapat kami rekomendasikan adalah Polytron, Simbadda, Logitech, Yamaha, Dazumba, JBL, dan yang lainnya.

Perhatikan kekuatan amplifiernya (RMS dan Peak)

Sebagaimana disebutkan di atas, salah satu hal penting yang membedakan speaker aktif dengan speaker biasa adalah adanya amplifier. Maka dari itu, salah satu pertimbangan yang perlu diperhitungkan adalah kekuatan amplifier tersebut.

Kekuatan amplifier

Nah, perlu diketahui bahwa biasanya power ampli ini diwujudkan dalam dua angka, yakni RMS dan Peak. RMS atau Root Mean Square merupakan nilai rata-rata power ampli. Sedangkan Peak adalah nilai maksimalnya.

Bila bingung, Anda bisa fokus pada salah satu nominal angkanya, yakni RMS. Di sini, bila nilai RMS semakin tinggi, maka semakin besar pula kekuatan kebisingan yang akan dikeluarkan.

Jadi, Anda perlu mempertimbangkannya dengan baik sebab ini berhubungan erat dengan ruangan yang digunakan untuk meletakkan speaker aktif saat memutar musik atau yang lain.

Cek ukuran woofer speaker-nya

Woofer merupakan salah satu komponen yang biasanya dipakai untuk mengukur besar kecilnya suara bas yang dihasilkan oleh speaker-nya. Semakin besar nilai woofernya, maka bass yang akan dihasilkan juga makin besar.

Nah, jika Anda menghendaki produk dengan bass yang berkualitas, silakan pilih speaker dengan double woofer.

Perhatikan sistem konfigurasi audio speaker

Ada beberapa jenis sistem konfigurasi dalam audio speaker, yakni 2-way dan 3 way. 2-way maksudnya speaker tersebut hanya punya midbass dan tweeter. Sementara 3-way berarti punya tweeter, midrange, dan midbass.

Jika Anda mau menggunakan produknya untuk kebutuhan sehari-hari secara indoor, maka memilih 2-way rasanya sudah cukup.

Namun, apabila yang Anda mau adalah memiliki speaker aktif terbaik yang bisa mengeluarkan setiap komponen suara secara jelas, memilih 3-way adalah pilihan yang tepat.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Masing-masing orang punya kebutuhannya sendiri-sendiri. Sementara spesifikasi produk juga hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Maka dari itu, kenalilah kebutuhan Anda dulu sebelum melakukan pembelian produk. Suara seperti apa yang mau didapatkan, dimensi sebesar apa yang dibutuhkan, dan yang lainnya.

Silakan simak spesifikasi detail produk sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Perhatikan komponen detail yang ditawarkan

Ada banyak komponen detail dan unik yang biasanya disematkan pada produk speaker. Saat melakukan pembelian, seleksilah produknya berdasarkan komponen unik tersebut.

Sebagai contoh, untuk mendapatkan produk dengan hasil suara yang bagus, Anda harus mengecek daun speaker-nya. Biasanya, daun speaker dengan tingkat kelenturan yang baik jauh lebih mampu mengeluarkan suara yang berkualitas.

Pertimbangkan daya yang dibutuhkan oleh speaker-nya

Berikutnya, poin ini sangat amat penting. Sebab dengan mempertimbangkan daya yang dibutuhkan untuk memakai speaker tersebut berarti Anda memikirkan penggunaannya dalam jangka panjang.

Apabila hemat daya, maka jelas pemakaian listrik juga tidak akan banyak menguras kantong.

Selain itu, daya ini juga berpengaruh pada hasil suaranya dan penggunaannya secara indoor atau outdoor.

Apabila Anda menggunakannya untuk indoor, maka daya yang umum dipakai adalah 150 watt. Sedangkan untuk pemakaian outdoor, dayanya jelas lebih besar, yakni minimal 700 watt.

Sesuaikan dimensinya dengan ruangan

Pertimbangkan dengan cermat letak speaker-nya baik di dalam maupun di luar ruangan. Saat berada di dalam ruangan, pilih yang ukurannya sudah disesuaikan dengan ruangan tersebut. Pilihan desain dan dimensi minimalis sangat direkomendasikan.

Sesuaikan dimensinya dengan ruangan

Selanjutnya, apabila produk ini digunakan secara outdoor, maka dimensinya boleh jadi lebih besar. Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan praktis tidaknya pemasangan, tata letaknya yang mudah, dan kemudahan dalam akses.

Oleh karena itu, silakan sesuaikan dimensinya supaya tidak terlalu merepotkan dalam hal pemasangan atau instalasi dan penempatannya.

Rekomendasi speaker aktif terbaik murah dan spesifikasinya

Rekomendasi speaker aktif terbaik murah dan spesifikasinya

Berikut ini beberapa produk yang dapat kami rekomendasikan buat Anda yang sedang butuh speaker aktif:

1. Bass kuat, 3-way, double woofer: Polytron PAS 8C28

Polytron PAS 8C28

Polytron PAS 8C28 memiliki kelebihan yang tidak bisa dipandang remeh. Di dalamnya terdapat teknologi XBR woofer sehingga bass yang dihasilkan super kuat. Tak hanya itu, Anda juga bisa memutar audio lewat EDR dan koneksi bluetooth.

Speaker ini memiliki daya RMS sebesar 200 WRMS dengan 3-way double woofer yang semakin memantapkan performanya.

  • Koneksi bluetooth: ya.
  • Top panel: ya.
  • Super bass: ya.
  • Mic input: 2.
  • Power sound: 2 x 100 WRMS.
  • Video out: ya.

Harga produknya adalah sekitar 2 jutaan.

2. Pengaturan mudah dengan 3-band digital tone control, ada 2 mic: Polytron PAS 8E28

Polytron PAS 8E28

Penggunaan Polytron PAS 8E28 ini sangat mudah berkat adanya 3-band digital tone control. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur treble, middle, dan bass dengan sangat mudah.

Selain itu, PAS 8E28 juga sudah dilengkapi dengan teknologi XBR woofer sehingga hasil bass-nya sangat memukau.

Selain sudah ada 2 input mic, Anda juga bisa menggunakan produk ini untuk menonton karena ada fitur video out.

  • Koneksi bluetooth: ya.
  • Top panel: ya.
  • Super bass: ya.
  • Mic input: 2.
  • Power sound: 2 x 100 WRMS.
  • Video out: ya.
  • 3 band-digital tone control: bass, middle, & treble.

Dengan seluruh spesifikasi epik di atas, Polytron PAS 8E28 ini hanya dibanderol seharga 1,6 jutaan. Perlu dijadikan catatan bahwa produk ini belum bisa dipakai untuk menaruh SD card.

3. Desain kompak, harga sangar murah: Polytron PMA 9300

Polytron PMA 9300

PMA 9300 ini dibanderol dengan sangat murah dan cocok buat pemakaian indoor atau dalam ruang yang kecil. Meskipun dimensinya kecil dan bobotnya ringan, spesifikasi yang ada di dalamnya tergolong matang.

Ada beberapa spesifikasi penting seperti Polytron Audio Connect, bluetooth receiver, USB play movie, FM radio digital, XBR, dan remote control.

  • Koneksi bluetooth: ya.
  • Top panel: tidak disebutkan.
  • Super bass: pakai XBR.
  • Power sound: 140 WRMS.
  • Remote: ada.
  • Multimedia: USB dan kartu SD.
  • Gadget: input 3.5 mm.

PMA 9300 ini sangat cukup untuk pemakaian yang ringkas dan praktis. Harganya pun sangat terjangkau, hanya sekitar 500 ribuan.

4. Desain modern dengan LED 7 warna: Dazumba dw366n

Dazumba dw366n

Salah satu kelebihan dari produk ini adalah desainnya yang sangat modern dilengkapi dengan LED 7 warna. Sangat cocok buat Anda yang suka dengan desain-desain tema futuristik.

Dia juga sudah dilengkapi dengan audio jack 3.5 dengan empat tweeter. Koneksinya juga cukup lengkap, di antaranya adalah bluetooth yang bisa akses dari jarak maksimal 10 meter, flash disk, dan SD card.

  • Koneksi bluetooth: ya.
  • Kontrol: volume, bass, treble, LED.
  • Power sound: 28 WRMS.
  • Multimedia: USB dan kartu SD.
  • Aux in: input 3.5 mm.
  • Frekuensi: 35 Hz sampai 20 KHz.

Harga produknya tergolong terjangkau, Anda bisa membelinya dengan uang di bawah 500 ribu rupiah.

5. Spesifikasi lengkap bisa buat semua perangkat: Logitech Z625

Logitech Z625

Produk ini bisa dipakai untuk berbagai perangkat mulai dari HP, TV, Play Station, dan yang lainnya. Daya listrik yang dibutuhkan adalah sekitar 400 Watt sehingga suara yang dihasilkan juga sangat kuat.

  • Power sound: 400 watt.
  • Kontrol: daya, volume, dan bass.
  • Input optic: 1.
  • Jack headphone: 1.

Logitech Z265 ini dibanderol seharga 2 jutaan rupiah di marketplace.

6. Bisa terkonfigurasi dengan bluetooth, flashdisk, dan SD card: Simbadda CST 4800N+

Simbadda CST 4800N Plus

Desainnya sangat elegan dan menarik dan koneksinya cukup lengkap. Anda bisa menghubungkannya dengan flashdisk, kartu memori SD, dan bluetooth.

Tak hanya itu, saat digunakan tersedia juga lampu LED yang membuat tampilannya kian menarik.

  • Koneksi bluetooth: ya.
  • Kontrol: volume, bass, treble, LED.
  • Power sound: 65 WRMS.
  • Multimedia: USB (flashdisk) dan kartu SD.

Harga Simbadda CST 4800N+ ini adalah sekitar 1,2 jutaan di marketplace.

7. Dilengkapi efek echo local hasil karaoke: GMC Speaker 887F

GMC Speaker 887F

Yang berhasil masuk ke jajaran speaker aktif terbaik berikutnya adalah GMC 887F. Speaker ini sudah dilengkapi dengan efek echo yang menjadikan suara musik dan hasil karaoke makin matang.

RMS-nya juga lumayan besar, dengan power 125 Watt. Di samping itu, daya yang dibutuhkan untuk menggunakan GMC adalah 220 volt dengan rentang frekuensi 20 sampai 20.000 Hz.

  • Power sound: 125 WRMS.
  • Multimedia: USB (flashdisk), kartu SD.
  • Fitur tambahan: radio FM
  • Input jack 3.5.
  • Bluetooth: ya.
  • Tipe koneksi: wired & wireless.

Harga GMC 887F ini sangat murah, hanya sekitar 600-700 ribuan di marketplace.

8. Daya bass kuat 500 WMRS: GMC Speaker 896E

GMC Speaker 896E

GMC 896E merupakan salah satu produk dengan suara bass terkuat dengan power sampai 500WRMS. Desainnya juga keren dengan konsep vintage yang kental. Daya listriknya sekitar 220 volt dengan beberapa tambahan fitur yang cukup lengkap.

  • Power sound: 500 WRMS.
  • Multimedia: USB (flashdisk), kartu SD.
  • Fitur tambahan: radio FM dan AV input.
  • Input jack 3.5.
  • Bluetooth: ya.
  • Frekuensi: 20 sampai 20.000 Hz.

GMC speaker 896E ini memiliki dimensi yang sangat besar. Bahkan, beratnya mencapai 20 kilogram dengan harga sekitar 1,8 jutaan.

9. Speaker aktif 5-way yang super keren: JBL EON615

JBL EON615

Yang paling menarik dari speaker aktif terbaik ini adalah 5-way nya. Dia bahkan bisa mengeluarkan kekuatan sampai 1.000 watt. JBL EON615 dilengkapi dengan koneksi bluetooth sehingga memudahkan penggunaan dalam jarak jauh.

Namun, produknya masih belum memiliki kartu SD dan tidak bisa terhubung dengan USB.

  • Power rating (peak): 1000 watt.
  • Multimedia: tersedia aplikasi mobile untuk android dan iOS
  • Bluetooth: ya.
  • Frekuensi: 50 sampai 20.000 Hz.

JBL EON615 ini dibanderol dengan harga sekitar 14 jutaan.

10. Desain minimalis, bobot ringan, dan sudah teruji ketahanannya: JBL 305P MkII

JBL 305P MkII

JBL 305P MkII memiliki desain yang sangat minimalis dan kompak. Ini merupakan salah satu nilai lebih dari speaker aktif terbaik ini.

Daya listriknya adalah sekitar 100 sampai 240 volt dengan bobot yang cukup ringan sehingga memudahkan pemakaian.

  • Power sound: 82 WRMS.
  • Tipe: 2-way.
  • Fitur tambahan: tidak ada info.
  • Bluetooth: tidak ada info.

JBL 305P MkII dibanderol dengan harga 6 jutaan dengan pilihan warna hitam.

11. Bisa koneksi wireless pakai aplikasi dari smartphone: JBL SRX 835P

JBL SRX 835P

Desain yang ergonomis menjadi kelebihan dari JBL SRX 835P ini. Kelebihan lain yang dimilikinya adalah sudah bisa terkoneksi secara wireless lewat aplikasi yang dapat diunduh melalui play store.

Ukuran produk ini cukup besar sehingga harus disesuaikan dengan pemakaian di ruangan.

  • Total power: 1500 W continous, 2000 W peak.
  • Tipe: 3-way.
  • Fitur tambahan: tidak ada info.
  • Bluetooth: tidak ada info.

JBL versi ini dibanderol dengan harga sekitar 35 jutaan rupiah. Anda bisa mendapatkannya langsung di marketplace atau beberapa toko online.

12. Tersedia fan cooling di speaker-nya: Yamaha DBR15

Yamaha DBR15

Rentang frekuensi Yamaha DBR15 ini adalah sekitar 50 sampai 20.000 Hz. Yang paling menarik dan unik dari produknya adalah sudah adanya fan cooling yang akan membantu mendinginkan alat saat dipakai dalam jangka waktu lama.

Desainnya juga ergonomis sehingga mudah ditempatkan di mana saja sesuai kebutuhan penggunanya.

  • Total power: 465 W continous, 1000 W dynamic.
  • Tipe: 2-way.
  • Fitur tambahan: tidak ada info.
  • Rentang frekuensi: 50 Hz sampai 20 kHz.

DBR15 ini mengusung konsep 15 inch 1000 watt. Banderol harganya adalah sekitar 11 jutaan rupiah.

Itulah beberapa pilihan speaker aktif terbaik berikut cara memilih yang bisa Anda terapkan saat membeli. Terakhir, pastikan memilih produk yang sesuai keperluan agar tidak menyesal.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles