Hanya dengan SSD terbaik, Anda bisa memperoleh performa dan kualitas yang mumpuni. Untuk itu, pilihlah dulu sebelum membeli.

 

Apalagi sekarang ada banyak sekali pilihan SSD yang ada di pasaran. Mulai dari Seagate, Sandisk, hingga Samsung. Semuanya menawarkan kualitas perekaman data yang baik.

Maka dari itu, Anda perlu mengeceknya sesuai spesifikasi laptop, PC, atau perangkat lainnya. Juga, disesuaikan dengan kebutuhan agar mendapatkan produk yang paling pas.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas lengkap mengenai cara memilih SSD yang bagus sekaligus memberikan ulasan mengenai beberapa produk yang direkomendasikan. Selamat menyimak.

Cara memilih SSD terbaik untuk laptop, PC, dan perangkat lainnya

Sebagai tempat penyimpanan, SSD memang memiliki fungsi yang vital bagi laptop dan perangkat sejenis. Dibanding HDD, SSD diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik.

Cara memilih SSD terbaik untuk laptop PC dan perangkat lainnya

Maka dari itu, tak heran bila posisi SSD adalah sebagai media penyimpanan utama dalam perangkat-perangkat tersebut. Bila saat ini Anda masih menggunakan HDD sebagai system storage, maka kami sarankan untuk menggantinya ke SSD.

Selanjutnya, apabila Anda mau meng-upgrade performa perangkatnya, maka mengganti SSD adalah salah satu solusi yang bisa diambil.

Dari pada bingung menentukan mana SSD yang paling bagus buat laptop Anda, berikut ini kami sampaikan beberapa cara untuk memilih produknya:

Pilihlah jenis konektor yang sesuai

Memperhatikan jenis konektor SSD adalah poin pertama yang wajib dilakukan. Anda harus memastikan bahwa jenis konektornya sesuai dengan perangkat komputer.

Pilihlah jenis konektor yang sesuai

Berikut ini beberapa jenis konektor yang harus Anda tahu:

SATA

Jenis ini biasanya digunakan pada komputer dan konsol game. Oleh karena itu, apabila Anda ingin mengganti HDD internal yang ada di komputer atau konsol game, pilihan pertama yang dapat kami rekomendasikan adalah jenis SATA ini.

Saat memilih konektornya, Anda akan menjumpai beragam tipe kode SATA. Contohnya adalah SATA 2 dan SATA 3. Untuk diketahui, semakin tinggi kodenya, maka semakin tinggi pula kecepatan transfer datanya.

M.2

M.2 terpasang langsung ke soket motherboard, jadi pemasangannya memang sedikit lebih rumit. Meski begitu, soal kecepatan data M2 sangat bisa diandalkan karena bisa memberikan kecepatan transfer yang sangat tinggi.

Sebelum membeli versi M2, silakan periksa dulu motherboard-nya. Anda harus pastikan dulu bahwa tingkat kecepatannya sesuai dengan konektor yang hendak dipilih.

Sebagai contoh, untuk menggunakan SSD M2, jenis motherboard-nya adalah PCI Express 3.0 x 4 atau 4.0 x 4.

SSD eksternal yang dikoneksikan dengan USB

Tidak hanya hardisk saja yang tersedia versi hardisk eksternal, SSD pun punya. Apabila Anda mau produk yang lebih praktis, maka inilah pilihan yang tepat.

SSD eksternal ini bisa dipakai pada komputer hingga game konsol. Namun, dalam memilih produknya Anda harus memperhatikan interface-nya terlebih dulu. Pastikan bahwa interface tersebut kompatibel dengan USB 3.0 atau lebih.

Dengan begitu, kecepatan transfer datanya pun lebih tinggi dan stabil.

Jika Anda tertarik menggunakan konektor eksternal ini, maka cek juga port komputernya. Pasalnya, beberapa komputer hanya punya USB tipe C. Selain itu, SSD eksternal ini juga tidak kompatibel dengan USB full size interface. Jadi, silakan disesuaikan sendiri saat membeli produknya.

Perhatikan ukuran SSD-nya

Setiap SSD hadir dengan ukuran yang berbeda, tergantung pada kompatibilitas dan pemakaiannya. Dalam hal ini, SSD untuk komputer, laptop, atau versi eksternal jelas hadir dengan beragam ukuran.

Silakan pilih ukuran yang paling tepat dengan menyesuaikan kebutuhan. Selain itu, perhatikan juga tingkat keringkasannya saat dipakai. Jangan sampai membuat Anda ribet sendiri. Khususnya yang versi eksternal.

Perhatikan kapasitas datanya

Kapasitas data merupakan satu hal yang penting dalam sebuah media penyimpanan. Maka dari itu, Anda harus mengenali kebutuhan Anda dan menyesuaikannya dengan kapasitas yang akan dibeli.

Perhatikan kapasitas datanya

Kapasitas kecil buat system storage atau OS (128 – 256 GB)

Jika Anda butuh SSD untuk meningkatkan performa OS, maka memilih kapasitas antara 128 GB sampai 256 GB adalah pilihan yang pas.

Sedangkan apabila kebutuhannya adalah untuk media penyimpanan data sistem atau sebagai system storage, pilihan yang paling pas adalah kapasitas 256 GB.

Kapasitas sedang buat para gamer (mulai dari 512 GB)

Seorang gamer biasanya membutuhkan tempat penyimpanan sendiri untuk data game-nya. Apabila secara khusus Anda membutuhkan ini, maka solusinya adalah memilih kapasitas lebih dari 512 GB.

Penyimpanan dengan kapasitas besar untuk konten kreator dan high end user (mulai 1 TB)

Saat ini, pekerjaan sebagai konten kreator sudah menjadi pilihan banyak orang. Berbeda dengan pekerjaan pada umumnya, seorang konten kreator harus memiliki media penyimpanan yang besar karena perlu menyimpan konten-konten yang dibuatnya.

Padahal, kebanyakan data dari konten kreator memiliki ukuran file yang besar. Belum lagi, saat editing video atau foto, juga dibutuhkan kinerja terbaik agar prosesnya bisa berjalan lancar.

Maka dari itu, seorang konten kreator, khususnya yang sering merekam dengan data besar membutuhkan kapasitas SSD sebesar minimal 1 TB.

Dengan kapasitas ini, sang konten kreator tidak hanya bisa menyimpan data secara leluasa, tetapi juga mendapatkan performa yang luar biasa, cepat, dan stabil.

Cek kecepatan dalam membaca dan menulis data

Setiap produk punya spesifikasi masing-masing dalam ham membaca dan menulis data. Maka dari itu, memperhatikan spesifikasinya dengan jeli adalah cara termudah yang dapat dilakukan agar mendapatkan SSD terbaik.

Jika pada SSD-nya tertulis 550 mbps, maka berarti kecepatan standar dari SSD tersebut adalah maksimum 55 mbps. Di sini, semakin besar angka yang tertulis menandakan bahwa tingkat kecepatannya juga makin tinggi.

Yang perlu diperhatikan, kecepatan yang tertera kadang tidak berlaku pada semua komputer. Untuk itu, Anda juga perlu mengecek spesifikasi komputernya. Pastikan sesuai. Atau, cara lainnya adalah mencari review dari pengguna lain yang sudah berpengalaman.

Perhitungan anggaran

Setiap produk pasti dijual dengan harga masing-masing. Dengan produk yang sama, Anda bisa mendapatkan harga berbeda dari toko yang berbeda.

Perhatikan kapasitas datanya

Maka dari itu, hitung anggarannya dengan cermat, kemudian temukan SSD terbaik yang asli sehingga kualitas produknya bisa dipastikan mantap.

Sebagai contoh, jika Anda masih pemula sebagai konten kreator sehingga dananya belum cukup untuk membeli produk dengan kapasitas 1 TB, maka jangan memaksakan diri.

Bagaimanapun, semakin tinggi kapasitasnya, maka semakin mahal pula harganya.

Alih-alih membeli yang 1 TB dengan harga tinggi, silakan pertimbangkan untuk membeli yang harganya lebih murah dengan kapasitas yang masih lumrah. Yakni kapasitas 512 GB.

Untuk konten kreator pemula, kapasitas penyimpanan sebesar 512 GB rasanya sudah cukup maksimal. Anda tetap bisa menyimpan data dengan ringkas, juga dapat mengedit konten secara leluasa dengan kecepatan yang stabil.

Itulah beberapa cara memilih SSD yang paling bagus dan bisa diterapkan dengan mudah. Sekarang, mari kita ulas beberapa produk yang recommended.

Daftar SSD terbaik dan harga terbarunya

Berikut ini beberapa produk yang dapat kami rekomendasikan, silakan cek barangkali ada yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Data terlindungi maksimal dengan sistem keamanan berbasis enkripsi: Samsung SSD 860 EVO MZ-76E250BW

Samsung SSD 860 EVO MZ 76E250BW

Apabila data yang Anda simpan kebanyakan merupakan data penting dan rahasia, maka Samsung SSD 860 EVO ini adalah pilihan yang cocok. Pasalnya, dia sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berbasis enkripsi yang akan melindungi data di dalamnya.

Ditambah lagi, produknya bisa dipakai pada PS4, jadi sangat recommended.

  • Connector type: M.2.
  • Ketebalan: 6,9 mm.
  • Kecepatan read dan write: 550 dan 520 mbps.
  • Kapasitas: tersedia 250 dan 500 GB, 1, 2, dan 4 TB.

Harganya mulai dari 750 ribuan untuk versi 250 GB. Sementara versi 500 GB, dijual mulai dari 1,5 jutaan.

2. Kecepatan transfer sampai 1050 mbps: SanDisk Extreme Pro Portable SSD

SanDisk Extreme Pro Portable SSD

Jika Anda membutuhkan SSD terbaik versi eksternal, maka produk SanDisk ini layak dicoba. Desainnya sangat simpel dengan tampilan yang kokoh dan memiliki daya tahan maksimal.

Menariknya lagi, kecepatan transfernya bisa sampai 1050 mbps. Meski memang kecepatannya masih harus disesuaikan dengan OS, drive, dan host dari perangkatnya.

  • Connector type: USB 3.1 Gen 2.
  • Ketebalan: 10,2 mm.
  • Kecepatan: 1050 mbps.
  • Kapasitas: 500 GB, 1 dan 2 TB.

Harganya beragam, untuk versi 500 GB, sekitar 2 jutaan. Sementara yang 1 TB, harganya mulai dari 3,8 jutaan.

3. SSD terbaik untuk gaming murah: Adata XPG SD700X External SSD

Adata XPG SD700X External SSD

SSD eksternal ini sangat cocok untuk para gamer karena memiliki kecepatan 4x lebih tinggi dibanding HDD internal yang ada di PS4 dan Xbox One. Soal kecepatan dan ketangguhan, Adata XPG SD700X tidak bisa diragukan.

Terlebih lagi, Adata XPG ini juga sudah dilengkapi dengan IP68 yang menunjukkan kemampuannya dalam menahan debu, air, dan guncangan. Soal ketahanan dalam air, Adata XPG masih bisa bertahan di kedalaman 1,5 meter dengan durasi 1 jam.

  • Connector type: USB 3.2 Gen 1.
  • Ketebalan: 13, 9 mm.
  • Kecepatan read dan write: 440 dan 430 mbps.
  • Kapasitas: 256 dan 512 GB, 1 TB.

Harga Adata XPG untuk versi 512 GB adalah sekitar 2,8 jutaan. Sementara versi 256 GB, mulai dari 1,3 jutaan.

4. Daya tahan maksimal terhadap getaran dan guncangan: SanDisk Ultra 3D SSD

SanDisk Ultra 3D SSD

SanDisk Ultra 3D hadir dengan fitur yang tahan terhadap guncangan dan getaran. Selain itu, ada teknologi 3D NAND di dalamnya yang membuat produknya tetap dingin dan hemat daya laptop.

  • Connector type: SATA 3.
  • Ketebalan: 7,1 mm
  • Kecepatan read dan write: 550 dan 525 mbps.
  • Kapasitas: 250 dan 500 GB, 1, 2, dan 4 TB

Harganya cenderung murah. Untuk versi 500 GB banderolnya mulai 1 jutaan.

5. Performa kencang, instalasi mudah: Western Digital SSD Blue NAND 500 GB SATA 3

Western Digital SSD Blue NAND 500 GB SATA 3

Selain menawarkan kapasitas yang besar WD juga menawarkan kecepatan yang luar biasa. Produk ini juga hemat daya sampai 25% dengan desain yang kokoh sehingga aman dari benturan keras

  • Connector type: SATA 3.
  • Ketebalan: –
  • Kecepatan read dan write: 560 dan 530 mbps.

Untuk versi 500 GB, produknya dibanderol dengan harga 1 jutaan.

6. SSD SATA terbaik di pasaran: Seagate BarraCuda SSD SATA 3

Seagate BarraCuda SSD SATA 3

Seagate BarraCuda mampu menggunakan daya secara efisien sehingga lebih hemat pemakaian. Harganya juga sangat terjangkau dengan kecepatan maksimal.

Produk ini memiliki form factor 2,5 inci dan bisa dijadikan sebagai SSD eksternal terbaik pada komputer, laptop, tablet, dan smartphone dengan menambahkan enclosure.

  • Connector type: SATA 3.
  • Ketebalan: 7 mm.
  • Kecepatan read dan write: 560 dan 540 mbps.
  • Kapasitas: mulai 250 GB.

Harganya sangat terjangkau, mulai dari 1 jutaan rupiah untuk kapasitas 250 GB.

7. Merek SS M.2 terbaik untuk laptop dengan software keamanan: Western Digital Black SSD 500 GB SN750

Western Digital Black SSD 500 GB SN750

Satu hal yang menjadikan WD Black SSD ini menarik adalah sudah ada software keamanan sehingga data dapat terlindung secara maksimal sekaligus bisa dibackup.

Kecepatan produknya juga sangat luar biasa sehingga cocok buat gaming.

  • Connector type: M.2.
  • Ketebalan: 8,1 mm.
  • Kecepatan read dan write: 3.300,7 mbps, 3.006,4 mbps.
  • Kapasitas: mulai dari 250 GB.

WD Black SSD ini dapat Anda beli dengan harga 1,3 jutaan untuk versi 500 GB.

8. SSD M.2 terbaik dengan harga murah: V-Gen SSD Turbo SATA M.2

V Gen SSD Turbo SATA M.2

Apabila Anda mencari SSD terbaik harga di bawah 1 juta, maka V-Gen SSD M.2 adalah pilihan yang pas. Produk ini cocok untuk semua perangkat modern dan hadir dengan chipset silicon motion.

Namun, karena harganya murah, ketahanan produknya harus diperhatikan dengan lebih detail.

  • Connector type: M.2.
  • Ketebalan: 2 mm.
  • Kecepatan read dan write: 550 dan 520 mbps.
  • Kapasitas: 128, 256 dan 512 GB.

Harga produknya mulai dari 300 ribuan untuk versi 128 GB.

9. SSD 2,5 terbaik untuk laptop sebagai pengganti hardisk: Adata SSD SU650 Ultimate 240 GB 2,5

Adata SSD SU650 Ultimate 240 GB 2,5 inci SATA 3

SD terbaik 2,5 inci ini merupakan pilihan yang tepat untuk pengguna komputer di era sekarang. Kecepatannya stabil dan kencang dengan tambahan fitur caching SLC yang sangat canggih.

Adata SSD ini juga tahan terhadap guncangan dengan banderol harga yang murah.

  • Connector type: form factor 2,5 inci SATA 3.
  • Ketebalan: tidak ada info.
  • Kecepatan read dan write: 530 dan 450 mbps.
  • Kapasitas: mulai dari 240 GB sampai 960 GB

Untuk versi 240 GB, Anda dapat membelinya seharga 500 ribuan rupiah.

10. Desain elegan dan futuristik: Seagate Fast SSD

Seagate Fast SSD

Seagate memang selalu siap memberikan produk penyimpanan data terbaik. Salah satu keunikan yang disematkan pada Fast SSD ini adalah desainnya yang modern dan futuristik. Bentuknya sangat kecil, simpel, dan ringan. Meski begitu, dia sangat tahan terhadap guncangan.

  • Connector type: USB-C 3.0.
  • Ketebalan: 9 mm.
  • Kecepatan read dan write: 540 dan 500 mbps.
  • Kapasitas: mulai dari 250 GB sampai 2 TB.

Versi 1 TB-nya dijual dengan harga mulai 2,8 jutaan rupiah di marketplace.

11. SSD M.2 untuk gaming dengan kecepatan luar biasa: Samsung SSD 970 EVO plus NVMe M.2 500 GB

Samsung SSD 970 EVO plus NVMe M.2 500 GB

Desain produknya sangat ringkas, tapi punya kecepatan yang luar biasa sehingga cocok buat gaming. Produknya juga sudah dilengkapi dengan teknologi intelligent TurboWhite yang sangat canggih buat seluruh pengguna.

SSD ini menggunakan interface PCI Express 3.0 x 4 dengan ketahanan yang maksimal.

  • Connector type: M.2.
  • Ketebalan: 2,286 mm.
  • Kecepatan read dan write: 3.500 dan 3.200 mbps.
  • Kapasitas: 250 dan 500 GB, 1 dan 2 TB.

Harga produknya mulai dari 1,7 jutaan untuk varian 500 GB.

12. Model plug and play dengan kecepatan 10x dari HDD: Kingston SSD A400 480 GB

Kingston SSD A400 480 GB

Instalasi Kingston SSD terbaik ini sangat mudah karena mengusung konsep plug and play. Kecepatannya 10 kali lebih tinggi dibanding HDD. Kingston A400 juga sudah dilengkapi dengan fitur anti guncangan.

Produk ini pas untuk pemakaian sehari-hari. Khususnya jika Anda punya masalah dengan laptop atau komputer yang lemot.

  • Connector type: SATA 3.
  • Ketebalan: tidak ada info.
  • Kecepatan read dan write: 550 dan 350 mbps.
  • Kapasitas: 120, 240, 480, dan 960 GB. Juga 1,92 TB.

Harga produknya mulai dari 800 ribuan rupiah untuk varian 480 GB.

Itulah beberapa produk SSD terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Silakan cari yang paling sesuai dengan kebutuhan. Terakhir, kami menyarankan kepada Anda untuk membeli langsung di toko resmi agar produknya lebih terjamin keaslian dan keamanannya.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles