Tak perlu khawatir kehabisan memori, pakai saja hardisk eksternal terbaik untuk menyimpan video, film, atau file berukuran besar lainnya.

 

Pilihannya sangat banyak, mulai dari Toshiba, Seagate, Asus, dan yang lainnya. Sejumlah brand besar juga turut membuat produk serupa. Namun tetap saja, masing-masing punya spesifikasi sendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan panduan memilih hardisk terbaik sekaligus referensi produknya.

Cara memilih hardisk eksternal yang bagus

Cara memilih hardisk eksternal yang bagus

Berikut ini adalah panduan lengkap untuk memilih hard disk yang paling bagus di pasaran, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang:

Portabel vs non portabel

Dari sisi pemakaian, ada dua jenis hard disk, yakni portabel dan non portabel (stasioner). Sesuai dengan namanya, versi portabel bisa dibawa ke mana saja dan tidak perlu soket listrik. Cukup kabel USB saja.

Namun, untuk menggunakan yang non portabel, Anda butuh mencolokkannya ke USB dan kabel charger ke sumber listrik.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Versi portabel terbilang lebih praktis karena ukurannya kecil, dia juga bisa dibawa ke mana saja. Selain itu, ruang penyimpanan di dalamnya juga besar sehingga sangat menguntungkan penggunanya. Terlebih, Anda akan lebih menghemat listrik karena tidak perlu mencolokkannya ke soket listrik.

Namun, versi portabel ini biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Tak hanya itu, daya tahannya kadang juga dipertanyakan karena ada yang mudah rusak.

Sebaliknya, versi non portabel biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah dan daya tahannya lebih kuat. Kelemahannya memang dia tidak bisa dibawa ke mana saja sesuai keinginan.

Bila Anda membutuhkan HD yang bisa dipakai ke mana saja, maka pilihlah yang portabel. Kalau tidak, memilih non portabel tidak akan menjadi masalah.

Sesuaikan kapasitasnya dengan kebutuhan

Kebutuhan penyimpanan setiap orang berbeda. Ada yang butuh penyimpanan besar, ada pula yang standar saja.

Kapasitasnya vs kebutuhan

Apabila Anda menggunakan hardisk eksternal terbaik tersebut untuk menyimpan file-file seperti dokumen, foto, dan video, maka pilihlah yang kapasitasnya antara 500 GB sampai 1 TB.

Namun, apabila dirasa kapasitasnya kurang memadai, karena Anda sering menyimpan movie, film, anime, konten Youtube, drama korea, atau rekaman video dari kamera CCTV terbaik, silakan pilih kapasitas hardisk yang lebih besar, yakni antara 2 TB sampai 4 TB.

Selanjutnya, jika Anda hanya memakai hardisk tersebut untuk menyimpan dokumen ringan seperti tugas kuliah, dokumen perkuliahan atau yang berhubungan dengan pekerjaan, kapasitas 64 GB sampai 250 GB rasanya sudah sangat cukup.

Dengan mengetahui kebutuhan Anda, akan jauh lebih mudah untuk menentukan pilihan saat membeli hard disk eksternal yang paling bagus.

Pilih yang sesuai dengan perangkat

Masing-masing hardisk punya spesifikasi berbeda. Tidak semuanya bisa kompatibel dengan perangkat Anda. Maka dari itu, kenalilah dengan baik spesifikasinya.

Secara umum, media penyimpanan ini bisa dihubungkan ke laptop atau PC, TV, dan PS4. Namun, untuk lebih jelas, Anda perlu mengetahui detail seri hardisk-nya.

Sebagai contoh, apabila Anda mau menghubungkan hard disk dengan sistem operasi Windows, cek dulu SP atau service pack-nya.

Jika OS-nya adalah windows XP, maka berarti SP3. Apabila OS-nya Vista, maka berarti SP2, Apabila OS-nya Win7, maka berarti SP1. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, hard disk bisa jadi tidak akan terbaca karena tidak kompatibel.

Sebagai tambahan, jika Anda punya hard disk dengan kapasitas sebesar 3 TB ke atas, maka biasanya hardisk ini tidak akan terbaca bila dihubungkan dengan TV merek Panasonic, Sharp, dan Sony yang dikeluarkan sebelum tahun 2013.

Pertimbangkan kecepatan transfernya, pilihlah yang kecepatannya tinggi

Tidak hanya kapasitas, Anda juga harus memperhatikan bagaimana kecepatan transfer dari hardisk-nya. Kalau bisa, pilihlah yang kecepatan transfernya tinggi. Hal ini karena kecepatan akan mempengaruhi mobilitas Anda selama menggunakannya.

Biasanya, kecepatan transfer ini dipengaruhi oleh teknologi penyimpanan dan konektor yang disematkan pada perangkatnya.

Konektor yang biasanya digunakan pada hardisk eksternal terbaik adalah USB. Nah, yang membuatnya berbeda dalam hal kecepatan adalah generasinya.

USB 2.0 memiliki kecepatan yang lebih lambat bila dibandingkan dengan versi terbaru 3.0 dan 3.1. Dengan kata lain, semakin baru versinya, semakin cepat pula kecepatan transfernya.

Lebih detail, dijelaskan bahwa USB 3.0 memiliki kecepatan transfer sampai 5 Gbps sementara versi 3.1 bisa memberikan kecepatan transfer sampai 10 Gbps.

Saat ini bahkan sudah ada perangkat penyimpanan eksternal yang bisa memberikan kecepatan transfer sampai 40 Gbps.

Pertimbangkan juga portabilitas dan daya tahannya

Sebagaimana disampaikan di atas, versi portabel memang bisa dibawa ke mana saja. Namun, ada yang memiliki daya tahan kurang baik sehingga mudah rusak.

portabilitas dan daya tahannya

Maka dari itu, pastikan bahwa Anda mempertimbangkan dengan baik daya tahan produknya dan portabilitas yang dibutuhkan.

Apabila device penyimpanan yang dibutuhkan memang sering dipakai di luar rumah atau mobile, maka pilih yang bentuknya kecil dengan kapasitas besar. Namun agar aman, produknya juga harus punya fitur keamanan yang kuat.

Misalnya dengan adanya casing berkualitas yang bisa memastikan bahwa seluruh komponen dalam hardisk-nya akan aman meskipun ada guncangan atau sering tertumpuk oleh perangkat berukuran besar lainnya.

Pilihlah produk yang bodinya kokoh dan dipastikan kuat.

Risiko vs garansi

Sebagai pembeli Anda tentu sudah tahu risiko membeli hardisk, salah satunya adalah kemungkinan rusak.

Dengan bekal pengetahuan risiko ini, hendaknya saat membeli Anda menanyakan dengan detail bagaimana garansinya.

Lebih detail, Anda harus cek garansi, keberadaan layanan pemulihan data, dan umur penggunaan produknya.

Bagaimanapun, saat terjadi kerusakan, Anda tidak hanya akan menderita kerugian berupa uang saja. Lebih dari itu, Anda juga mungkin akan kehilangan data yang sudah terlanjur tersimpan di dalam HDD-nya.

Untuk itu, tidak hanya garansi dalam bentuk barang atau spare part yang perlu ditanyakan. Anda juga harus tahu bagaimana layanan pemulihan datanya. Barangkali ada solusi saat tiba-tiba hardisk-nya tidak terbaca atau datanya hilang karena kerusakan hardware.

Periksa fitur tambahan yang disematkan

Anda juga harus memeriksa apakah ada fitur tambahan yang disematkan pada device penyimpanan tersebut. Pasalnya, kini makin banyak produsen yang menyematkan perangkat lunak bawaan seperti fitur backup.

Apabila fitur semacam ini tersedia, tentu saja harus menjadi nilai positif yang dipertimbangkan oleh calon pembeli.

Selain fitur back up otomatis, beberapa hardisk eksternal terbaik ternyata juga dilengkapi dengan fitur perlindungan data menggunakan kata kunci. Hal ini jelas meningkatkan keamanan data pribadi dari adanya tindak pencurian yang marak terjadi di masa sekarang.

Dengan fitur ini, Anda dapat mengunci file penting berdasarkan kustomisasi pribadi. Jadi, tidak sembarang file bisa dikunci, kecuali memang Anda menghendakinya.

Hardisk eksternal terbaik dan harga terbarunya

Berikut ini beberapa review produk yang dapat kami rekomendasikan berikut harga terbarunya:

1. Hemat energi dan tidak memakan daya baterai laptop: Transcend StoreJet 2 TB 25M3

Transcend StoreJet 2 TB 25M3

Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Transcend StoreJet, yakni touch auto back up yang bisa mem-backup data dalam sekali sentuh. Selain itu, ada juga power saving sleep mode yang memastikan produknya mampu menghemat daya dengan baik.

Artinya, meski laptop atau PC Anda terus terhubung ke hardisk-nya, perangkat tersebut tidak akan kehabisan daya.

  • Konektor: USB 3.1 Gen 1.
  • Kapasitas lainnya: 500 GB, 1 dan 4 TB.
  • Berat: 185 gram.
  • OS: Win7, 8, 10, MacOS, dan Linux.
  • Shock resistance: ya.
  • Garansi: 3 tahun.

Harganya mulai dari 1,3 jutaan.

2. HDD favorit gamer dengan kecepatan tinggi dan stabil: Western Digital WD Black 5 TB P10 Game Drive

Western Digital WD Black 5 TB P10 Game Drive

Tak hanya penyimpanannya saja yang besar, hard disk ini juga dikenal sangat stabil dengan kecepatan sampai 140 MB per detik saat memroses data. Produk ini kompatibel dengan game console sehingga jadi favorit para gamers.

Selain untuk gaming, hardisk eksternal terbaik ini juga bisa dipakai untuk streaming video tanpa gangguan.

  • Konektor: USB 3.2 Gen 1
  • Kapasitas lainnya: 2 dan 4 TB
  • Berat: 230 gram.
  • OS: PS4, PS4 Pro, Xbox One, Win8.1, Win 10, MacOS.
  • Shock resistance: ya.
  • Garansi: 3 tahun

Untuk membelinya, silakan sediakan uang mulai 2,5 jutaan.

3. Pemindahan data mudah dengan plug and play: Seagate Expansion Portable Drive 2 TB

Seagate Expansion Portable Drive 2TB

Seagate menjadi brand HDD eksternal yang sangat terkenal. Seagate Expansion Portable ini hadir dengan kualitas premium yang sudah dilengkapi dengan fitur plug and play.

Artinya, Anda tidak perlu mengonfigurasikan ulang. Semuanya bisa bekerja secara otomatis begitu device-nya terhubung.

  • Konektor: USB 3.0.
  • Kapasitas lainnya: 1, 3, 4, dan 5 TB.
  • Berat: 200 gram.
  • OS: semua OS.
  • Shock resistance: tidak ada info.
  • Garansi: 2 tahun.

Harganya tergolong murah, hanya sekitar 1,1 jutaan.

4. Hardisk eksternal tahan banting, dustproof, waterproof: Adata Pro Hardisk External 2 TB HD710

Adata Pro Hardisk External 2 TB HD710

Jika Anda pribadi yang suka mobile, maka inilah produk yang cocok karena selain tahan banting, dia juga waterproof dan dustproof.

  • Konektor: USB 2.0, 3.0, 3.1 Gen 1, 3.2 Gen1.
  • Kapasitas lainnya: 1 , 4, 5 TB.
  • Berat: 390 gram.
  • OS: Win 7, 8, 8.1, 10, MacOS, Linux.
  • Shock resistance: ya.
  • Garansi: 3 tahun.

Banderol harga Adata ini mulai dari 1,3 jutaan.

5. Desain dengan aura RGB terbaik: Asus FX 1 TB 2.5 USB 3.1 Hardisk External Drive With Aura Sync

Asus FX 1 TB 2.5 USB 3.1 Hardisk External Drive With Aura Sync

Kecepatan transfernya sangat luar biasa, bahkan sampai 5 Gbps. Selain itu, Asus juga menghadirkan produk ini dengan tampilan yang unik dan memukau. Tersedia lampu dengan RGB 16 juta warna yang bisa diatur ritmenya secara bergantian.

  • Konektor: USB 3.1 Gen 1 kompatibel versi 2.0.
  • Kapasitas lainnya: tidak ada info.
  • Berat: 145 gram.
  • OS: Win 7, 8, 10, Mac OS X 10.8 dan yang lebih tinggi.
  • Shock resistance: tidak ada info.
  • Garansi: tidak ada info.

Harga device ini mulai dari 1,1 jutaan.

6. Fitur backup otomatis: Toshiba Canvio Advance 2 TB

Toshiba Canvio Advance 2TB

Toshiba menyematkan fitur backup otomatis pada Canvio Advance. Hal ini menjadi satu kelebihan yang tak terbantahkan karena membuat pekerjaan Anda makin efisien dan efektif. Khususnya pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Konektor: USB 2.0, 3.0, 3.2 Gen 1.
  • Kapasitas lainnya: 1 dan 4 TB.
  • Berat: 149 gram.
  • OS: Win7, 8.1, 10, khusus untuk MacOS – reformat.
  • Shock resistance: ya.
  • Garansi: 2 tahun.

Versi kapasitas 2 TB-nya dibanderol dengan harga 1,3 jutaan.

7. Social media friendly, bisa upload foto dan video dengan mudah: Western Digital My Passport 4 TB

Western Digital My Passport 4TB

Ada software WD discovery yang menghubungkan hardisk eksternal terbaik ini dengan cloud storage dan sosial media. Artinya, penyimpanan foto dan video bisa dilakukan dengan lebih mudah. Desainnya juga menarik dengan pilihan warna cerah.

  • Konektor: USB 2.0, 3.0, 3.2 Gen 1.
  • Kapasitas lainnya: 1 dan 2 TB.
  • Berat: 210 gram.
  • OS: Win7, 8, 8.1, 10, dan reformat untuk OS lainnya.
  • Shock resistance: ya.
  • Garansi: 3 tahun.

Harganya sekitar 2 jutaan untuk kapasitas 4 Tera Byte.

8. Sistem keamanan terdepan dari lokal: Seagate Backup Plus SIM 1 TB

Seagate Backup Plus SIM 1 TB

Seagate Backup Plus dilengkapi dengan pengaman ganda yang bisa mengamankan data dari para peretas. Di dalamnya tersedia enkripsi dan perlindungan sandi.

  • Konektor: USB 2.0, 3.0, dan USB-C.
  • Kapasitas lainnya: 2 TB.
  • Berat: tidak ada info.
  • OS: semua OS. Reformat untuk Time Machine MacOS.
  • Shock resistance: ya.
  • Garansi: 2 tahun.

Dengan 1,2 jutaan, Anda bisa coba beli Seagate Backup Plus berkapasitas 1 TB.

9. Hardisk eksternal 1 tera: Toshiba Canvio Basic 1 TB

Toshiba Canvio Basic 1 TB

Kecepatan Toshiba Canvio Basic bisa diandalkan. Dengan dukungan USB 3.0 dia bisa melakukan pemindahan data 10x lebih cepat.

  • Konektor: USB 3.0, kompatibel dengan versi 2.0.
  • Kapasitas lainnya: 500, 750 GB, 2 TB.
  • Berat: tidak ada info.
  • OS: Win7, 8, Vista, XP, 8.1, 10, MacOS.
  • Shock resistance: tidak ada info.
  • Garansi: 3 tahun.

Harganya mulai dari 600 ribuan rupiah.

10. Rekomendasi buat pengguna MacOS: LaCie Porsche Design Mobile Drive 2 TB

LaCie Porsche Design Mobile Drive 2 TB

Mencari hardisk eksternal terbaik buat pengguna MacOS memang tidak semudah Windows. Nah, Lacie Porsche bisa jadi solusi yang paling tepat bila Anda mencarinya. Produk ini punya kecepatan transfer yang luar biasa, yakni 5 GB per detik.

  • Konektor: USB 2.0 dan 3.0.
  • Kapasitas lainnya: –
  • Berat: 240 gram.
  • OS: MacOS, Win7 dan setelahnya.
  • Shock resistance: ya.
  • Garansi: tidak ada info.

Harga device-nya tergolong standar, yakni 1,3 jutaan.

11. Koneksi super cepat dan super ringan: Western Digital WD Element Portable 1 TB

Western Digital WD Element Portable 1 TB

WD Element Portable ini sangat ringan dengan kecepatan yang luar biasa. Koneksinya sangat stabil sehingga recommended.

  • Konektor: USB 2.0, 3.0, 3.2 Gen 1 – Superspeed USB.
  • Kapasitas lainnya: 2, 3, 4, 5 TB
  • Berat: 120 gram
  • OS: Win7, 8, 8.1, 10, Reformat untuk OS lain.
  • Shock resistance: ya.
  • Garansi: 3 tahun.

Harganya di bawah 1 juta. Sangat terjangkau!

12. Hardisk eksternal terbaik murah dengan desain modern dan futuristik: Adata External Hard Drive 4 TB HV620S

Adata External Hard Drive 4 TB HV620S

Desain yang simpel dan futuristik menjadi daya tarik Adata External Hard Drive. Selain itu, harganya juga murah.

  • Konektor: USB 3.0, 3.1 Gen 1, dan 3.2 Gen 1.
  • Kapasitas lainnya: 1 dan 2 TB.
  • Berat: 230 gram.
  • OS: Win 7, 8, 8.1, 10, MacOS, Linux.
  • Shock resistance: tidak ada info.
  • Garansi: 3 tahun.

Dengan uang 600 ribuan, Anda sudah bisa mulai mendapatkan produk ini.

Itulah beberapa rekomendasi hardisk eksternal terbaik yang dapat kami pilihkan untuk Anda. Selamat memilih sekali lagi sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles