Yuk tampil trendy, canggih, dan kekinian dengan smartband terbaik yang spesifikasinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Pilihan produknya sangat banyak. Oleh karena itu, untuk mendapatkan yang terbaik perlu dilakukan seleksi terlebih dulu.

Sebagai informasi, di antara brand yang kini populer di Indonesia adalah Huawei, Honor, Samsung, Xiaomi, Fitbit, dan yang lainnya.

Anda hanya perlu menentukan produk dan brand terbaik berdasarkan beberapa poin pertimbangan yang akan kami bahas dalam artikel ini. Sebagai bantuan, kami juga akan memberikan ulasan mengenai beberapa produk yang recommended dan populer di pasaran. Selamat menyimak.

Cara memilih smartband terbaik

Smartband memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan smartwatch terbaik. Meski keduanya tampak memiliki fungsi yang sama dan dikenakan di pergelangan tangan, tapi soal bentuk keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Cara memilih smartband terbaik

Smartwatch hadir dengan dimensi yang lebih bongsor atau lebih besar dengan bentuk yang sangat menyerupai jam tangan.

Sementara smartband terbaik hadir dengan dimensi yang lebih ramping dan bentuknya menyerupai gelang tangan.

Selain itu, smartwatch biasanya juga hadir dengan layar yang berwarna sementara smartband hadir dengan kesederhanaannya dengan layar hitam putih.

Keduanya sama-sama membutuhkan baterai untuk bisa memberikan fungsi maksimalnya kepada para pengguna, yakni untuk mendata informasi kesehatan yang bisa disinkronkan ke smartphone masing-masing.

Jika Anda mau membeli gelang tangan canggih ini, maka silakan ikuti cara memilih smartband yang bagus di bawah ini:

Kenali fungsi dari masing-masing fitur yang disediakan pada alatnya

Ada banyak sekali fitur yang biasanya disematkan pada smartband, untuk dapat menggunakan produknya secara maksimal, silakan kenali masing-masing manfaatnya:

Fitur umum: fitness tracker

Salah satu fitur yang paling umum disematkan adalah fitness tracker. Fitur ini bermanfaat untuk menghitung langkah, mengukur detak jantung, dan menghitung pembakaran kalori.

Pada pengguna yang menyukai olahraga aktif, ada juga fitur lain yang bisa dipertimbangkan. Misalnya, informasi asupan kalori, penghitung repetisi gerakan, pendeteksi jenis olahraga, hingga pencapaian goal.

Selain itu, buat Anda yang sering bekerja di balik layar dan duduk sepanjang hari, ada juga fitur pengingat gerakan. Selebihnya, ada juga yang menawarkan fungsi pengingat waktu tidur untuk yang sangat sibuk.

Dengan produk yang fiturnya lengkap, Anda bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik melalui olahraga, istirahat, dan jam kerja yang tidak berlebihan.

Terlebih lagi, Anda bisa menyinkronisasikannya dengan HP melalui aplikasi yang tersedia sehingga bisa mendapatkan notifikasi sewaktu-waktu.

Tahan air

Selain fitur umum yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, fitur lain yang patut dipertimbangkan adalah ketahanannya terhadap air. Biasanya, smartband terbaik bisa tahan sedalam 50 meter di bawah permukaan air.

Namun, agar device-nya tidak rusak, dia juga harus segera dikeringkan begitu sampai di permukaan.

Dengan ketahanan ini, Anda bisa menggunakan produknya untuk berenang sambil mengukur kalori dan efektivitas olahraganya.

Selain itu, dengan produk yang tahan air Anda juga bisa memakainya secara aman di luar ruangan. Tak perlu takut saat ada hujan atau tiba-tiba tersiram air tanpa sengaja.

Sesuaikan ukuran dengan pergelangan tangan

Meski secara umum, desain smartband terbaik itu ramping, tapi masing-masing produk hadir dengan ukuran yang berbeda. Silakan temukan ukuran yang paling sesuai dengan lingkar tangan Anda. Jangan sampai kebesaran karena bisa membuat rasa tidak nyaman saat memakainya.

Sesuaikan ukuran dengan pergelangan tangan

Selain itu, ukuran kerampingan produknya biasanya juga berbeda pada masing-masing brand. Semakin ramping produknya, maka semakin cocok pula buat pemilik pergelangan tangan kecil atau wanita. Kalau bodinya agak tebal, maka cocoknya buat yang punya tangan berotot atau cenderung besar.

Cek pilihan desain dan warnanya agar bisa menggambarkan diri dan ciri fashion Anda

Selain ukuran, Anda juga harus memperhatikan bagaimana desain dan warna yang ditawarkan oleh produk tersebut. Smartband biasanya hadir dengan desain dan warna yang berbeda-beda.

Cek pilihan desain dan warnanya agar bisa menggambarkan diri dan ciri fashion Anda

Untuk menentukan mana yang terbaik, silakan sesuaikan dengan kepribadian dan selera fashion yang Anda miliki.

Sebagai contoh, bila Anda menghendaki smartband yang warnanya netral dan tidak mudah kotor, maka warna hitam adalah pilihan yang pas.

Namun, jika selera fashion Anda lebih ke konsep colorful, maka tak ada salahnya memilih warna-warna yang lebih cerah.

Khusus untuk smartband terbaik dengan warna-warna colorful, biasanya penggunanya adalah kaum hawa atau para wanita karena bisa memberikan kesan feminin.

Kadang, pemilihan desain dan warna ini juga disesuaikan dengan umur si pemakainya. Apakah sudah dewasa atau masih remaja.

Namun kembali lagi, kalau soal desain, tinggal disesuaikan saja dengan selera masing-masing, lebih suka yang mana. Yang penting spesifikasi yang ada di dalamnya sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kenali dan pertimbangkan jenis baterainya

Sebagaimana disampaikan di atas, untuk bisa memberikan fungsinya secara maksimal, alat ini butuh baterai. Nah, setidaknya ada dua jenis baterai yang ditanamkan pada smartband.

Yang pertama adalah versi rechargeable battery dan yang kedua adalah replaceable battery. Sesuai dengan namanya, versi pertama membutuhkan charging saat dayanya habis. Sementara versi kedua harus diganti saat dayanya sudah habis.

Masing-masing jenis baterai tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk yang versi pertama, konsepnya memang lebih praktis, karena saat kehabisan daya Anda hanya perlu mengisi ulang lagi.

Namun, seiring berjalannya waktu, performa baterainya juga akan mengalami penurunan sehingga Anda tetap perlu membeli yang baru.

Sementara itu, versi kedua memiliki cara kerja yang sama dengan jam tangan biasa. Yakni, hanya perlu penggantian ketika sudah habis dayanya.

Periksa kapasitas dan daya tahan baterainya

Saat membeli, silakan cek kapasitas dan daya tahan baterainya. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin panjang pula usia pemakaian baterainya. Hal seperti ini bagus karena Anda jadi lebih leluasa dalam memakainya.

Sebagai informasi, jika yang dipilih adalah baterai yang bisa dicharge, biasanya ketahanan pemakaiannya antara 2 sampai 3 hari. Namun, beberapa produk juga menghadirkan ketahanan yang lebih lama, yakni antara 7 sampai 20 hari.

Ketahanan ini selain dipengaruhi oleh kapasitas baterainya juga dipengaruhi oleh seberapa sering Anda menggunakan smartband-nya dan fitur-fitur yang sering diaktifkan.

Sementara itu, apabila smartband terbaik yang Anda gunakan memakai baterai versi lama yang harus diganti saat habis, maka berarti tidak perlu ada charging. Anda hanya perlu menggantinya saat usia pemakaiannya habis. Biasanya, masa pemakaian baterainya adalah selama 6 bulan.

Yang terpenting, saat memakai produk tersebut, cek selalu indikator baterai yang tertera di layar untuk menghindari kehabisan daya di saat-saat penting.

Selain itu, hal ini juga penting untuk memastikan seluruh fitur bisa bekerja secara optimal sesuai kondisi primanya.

Itulah beberapa poin yang perlu dipertimbangkan saat sedang memilih smartband yang bagus. Sekarang, mari kita bahas pilihan produknya.

Daftar smartband terbaik dan terbaru (harga updated!)

Berikut ini beberapa pilihan produk yang bisa Anda pilih:

1. Desain minimalis dengan fitur lengkap: Fitbit Charge 3

Fitbit Charge 3

Fitbit merupakan salah satu brand yang sangat terkenal dalam menyediakan smartband terbaik. Lewat produknya ini, Anda akan memperoleh fitur yang sangat lengkap di antaranya adalah deteksi detak jantung, kualitas tidur, jam, guided breathing, pembakaran kalori, pengingat gerakan, pasang gol untuk 15 jenis olahraga, dll.

Bahkan, Anda juga bisa menyambungkan smartband-nya dengan aplikasi Fitbit untuk mengetahui siklus menstruasi.

  • Daya tahan baterai: 7 hari.
  • Ukuran: 55 x 160 mm.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: hitam dan abu-abu gelap.

Harga Fitbit charge 3 ini mulai dari 1,8 jutaan sampai 2 jutaan di marketplace.

2. Tampilannya modis dan ramping dengan kemampuan untuk menghilangkan stres: Garmin Vivosmart 4

Garmin Vivosmart 4

Salah satu fitur unggul yang ditawarkan oleh Garmin Vivosmart 4 adalah sensor deteksi stres seharian. Dengan produk ini, Anda bisa lebih mudah mengelola stres dan hidup lebih bahagia.

Fitur lain yang ditawarkan adalah jam, stopwatch, pembakaran kalori, menjawab telepon dengan teks, profil aktivitas gym, dll. Desainnya sangat menarik dengan bazel aluminium. Ini memberikan kesan mewah, elegan, dan unik.

  • Daya tahan baterai: 7 hari.
  • Ukuran: 10,5 x 223 mm.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: grey rose gold, blue silver, black midnight, merlot rose gold.

Untuk membelinya, silakan sediakan uang sekitar 2,3 jutaan rupiah.

3. Kaya fitur untuk jaga kebugaran tubuh, desainnya agak lebar: Samsung Gear Fit2 Pro

Samsung Gear Fit2 Pro

Samsung Gear Fit 2 Pro bisa memberikan pencatatan olahraga lari, asupan kalori, dan yang lainnya dengan cepat dan akurat. Semua fitur tersedia untuk mendukung kebutuhan Anda dalam menjaga kebugaran tubuh.

Selain itu, Anda pun bisa mendengarkan musik dari smartband terbaik satu ini.

  • Daya tahan baterai: 2-3 hari.
  • Ukuran: 51,3 x 165 mm atau 51,3 x 205 mm.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: merah hitam.

Harganya sekitar 2 sampai 3 jutaan.

4. Fleksibel! Cocok untuk dipakai di berbagai acara: Fitbit Inspire HR

Fitbit Inspire HR

Desain yang simpel dan elegan menjadi keunggulannya sehingga bisa dipakai di berbagai acara. Anda bisa mengganti bahan strapnya dengan mudah, mulai dari silikon, leather, dan metal.

Fitur produknya sangat lengkap, bahkan bisa dipakai untuk menentukan gol saat menjalankan olahraga tertentu.

  • Daya tahan baterai: 5 hari.
  • Ukuran: tidak ada info.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: white, black, lilac.

Harga produknya mulai dari 1 juta sampai 1,8 jutaan.

5. Baterai tahan 20 hari: Xiaomi Mi Smart Band 4

Xiaomi Mi Smart Band 4

Xiaomi Mi Smart Band 4 sangat cocok buat Anda yang sering rebahan dan kurang beraktivitas. Saat sering rebahan, smartband akan langsung mengingatkan Anda untuk segera bergerak. Menariknya lagi, daya tahan baterainya sangat lama sehingga bisa memantau Anda selama 24 jam 7 hari.

  • Daya tahan baterai: 20 hari.
  • Ukuran: 18 x 216 mm.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: black, navy, coral red, dark purple.

Harganya beragam dan tergolong murah, yakni sekitar 300 ribuan.

6. Desain sangat ramping, ringan, dan praktis: Samsung Galaxy Fit E

Samsung Galaxy Fit E

Desain yang ramping membuat Samsung Galaxy Fit E jadi ringan dan nyaman dipakai. Meski bobotnya hanya sekitar 15 gram, fitur smartband terbaik ini sangat lengkap.

  • Daya tahan baterai: 6-7 hari.
  • Ukuran: 16 x 152,2 mm.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: hitam, putih, dan kuning.

Harga produknya sekitar 500 sampai 600 ribuan.

7. Smartband terbaru untuk pantau kondisi tubuh: Realme Band

Realme Band

Realme juga menawarkan smartband dengan fitur menarik yang bisa memantau kondisi tubuh. Di sini ada fitur drink reminder, find my phone, raise to wake, dll. Dia juga sudah lolos sertifikasi IP68 yang memantapkan daya tahannya terhadap air.

  • Daya tahan baterai: 6-9 hari.
  • Ukuran: 19,6 x 11,9 x 240 mm.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: black, green, yellow.

Harga produknya terjangkau. Mulai dari 300 sampai 400 ribuan rupiah.

8. Tampilan layar lebih kece dan tidak monoton: Honor Band 5

Honor Band 5

Honor Band 5 hadir dengan desain dan tampilan yang unik. Anda bisa mengubah tampilan layarnya sesuai selera dengan view yang lebih kekinian dan canggih. Di dalamnya tersedia six-axis sensor yang bisa digunakan untuk mendeteksi gerakan renang.

  • Daya tahan baterai: 14 hari.
  • Ukuran: 16 x 203 mm.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: navy, pink, dan hitam.

Untuk membelinya, silakan sediakan uang senilai 300 ribuan rupiah saja.

9. Bisa isi baterai tanpa kabel: Huawei Band 4

Huawei Band 4

Huawei Band 4 mengusung konsep built in USB plug sehingga dapat langsung dicolokkan ke USB umum. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu melakukan charging pakai kabel.

Smartband terbaik Huawei ini juga menyediakan solusi buat Anda yang bermasalah dengan tidur agar bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

  • Daya tahan baterai: 6 hari.
  • Ukuran: 17 x 208 mm.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: graphite black, amber sunrise, dan sakura pink.

Harga Huawei band 4 mulai dari 300 sampai 400 ribuan di marketplace.

10. Desain tali kekinian dengan tampilan yang unik: Huawei Band 4E

Huawei Band 4E

Huawei Band 4E dijuluki sebagai basketball performance tracker. Sesuai dengan namanya, produk yang memiliki strap kekinian ini cocok buat para pemain basket. Huawei 4E bisa menghitung tinggi lompatan, kecepatan, jarak lari, hingga hang time. Sangat lengkap dan detail.

  • Daya tahan baterai: 14 hari.
  • Ukuran: 15 x 210 mm.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: sakura coral, misty grey, alizarin red, ceylon yellow, seaweed green, cobalt violet.

Sama dengan versi band 4, harga smartband terbaik ini juga sekitar 300 sampai 400 ribuan.

11. Baterai tahan lama dengan desain yang sangat unik: Moov Now Motion Based Coach

Moov Now Motion Based Coach

Tampilan Moov sangat lain dari pada yang lain dengan tali kekinian. Baterai yang disematkan adalah versi lawas sehingga harus diganti saat sudah habis.

Selain bisa digunakan di pergelangan tangan, Anda juga bisa memakainya di pergelangan kaki saat sedang bersepeda. Strap-nya yang panjang membuatnya sangat fleksibel.

  • Daya tahan baterai: 6 bulan – replaceable battery.
  • Ukuran: 7,6 x 226 mm.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: fushion red, blizzard white, aqua blue, stealth black.

Harga Moov Now Motion Based Coach ini sekitar 800 ribuan sampai 1,2 jutaan.

12. Tawarkan kecepatan dan keakuratan dalam mengukur detak jantung: Lenovo G03 Heart Rate Band

Lenovo G03 Heart Rate Band

Lenovo G03 hadir dengan harganya yang super murah dengan fitur yang lumayan lengkap. Produk ini diklaim memiliki tingkat keakuratan tinggi dalam mengukur detak jantung.

Desainnya sangat apik dan ringan ketika dipakai. Selain itu, ada power saving yang disematkan padanya sehingga bisa menghemat baterai saat diperlukan.

Lenovo G03 juta tahan korosi dan tahan air sedalam 30 meter.

  • Daya tahan baterai: tidak ada info, kapasitas 100 mAh.
  • Ukuran: tidak ada info.
  • Tahan air: ya.
  • Pilihan warna: hitam.

Harganya beragam, mulai dari 200 ribuan sampai 800 ribuan.

Itulah beberapa rekomendasi smartband terbaik yang bisa Anda pilih. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Terakhir, saran kami belilah di toko resmi untuk menghindari barang palsu.

Tagged in:
,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles