Biar dapat smartwatch terbaik, Anda harus memilihnya dengan tepat. Layaknya smartphone, alat ini dilengkapi dengan spesifikasi yang berbeda sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Apalagi, kini makin banyak bermunculan merek smartwatch baru yang dibanderol dengan harga beragam. Mulai dari Huawei, Samsung, Oppo, dan yang lainnya.

Masing-masing produk tersebut juga hadir dengan model berbeda dan memiliki kompatibilitas dengan smartphone tertentu. Supaya tidak salah pilih, kami akan memberikan panduan untuk memilih produknya sekaligus memberikan ulasan produk terbaik.

Cara memilih smartwatch terbaik untuk pria dan wanita

Smartwatch merupakan sebuah alat yang kini makin digandrungi. Fungsi dan kecanggihan teknologi menjadi beberapa alasannya. Selain itu, dengan menggunakan smartwatch, Anda juga bisa terlihat lebih modis dan kekinian.

Cara memilih smartwatch terbaik untuk pria dan wanita

Menariknya, produk ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Tentu, salah satu yang membedakan keduanya adalah modelnya.

Agar bisa menemukan produk sesuai preferensi Anda, berikut ini cara memilih smartwatch yang bagus dan sesuai kebutuhan:

Pilih yang kompatibel dengan smartphone (perhatikan sistem operasinya)

Kompatibilitas merupakan hal yang paling penting saat Anda membeli sebuah smartwatch terbaik. Pasalnya, semua smartwatch bisa bekerja dengan adanya sistem operasi atau yang sering disebut OS.

Nah, agar bisa digunakan secara maksimal, pastikan Anda membeli produk yang kompatibel dengan smartphone Anda. Pastikan kedua sistem operasi keduanya bisa terkoneksi dengan baik.

Ada tiga jenis OS yang umum dipakai pada smartwatch, di antaranya adalah Wear OS by Google, WatchOS, dan Tizen. Agar lebih jelas mengenai kompatibilitas masing-masing OS, silakan simak ulasan di bawah ini:

  • WatchOS hanya kompatibel dengan perangkat yang bersistem operasi iOS. Jadi, cocoknya dengan smartphone besutan Apple saja.
  • Wear OS by Google bisa terkoneksi dengan baik ke akun Google Anda. Karena bisa terhubung dengan akun Google, maka dia kompatibel dengan sistem operasi android dan iOS sekaligus.
  • Tizen sangat cocok buat Anda yang menggunakan smartphone Samsung Galaxy. Menariknya, Tizen juga mendukung IoT atau Internet of Things sehingga bisa menghubungkan smartphone dengan perangkat wearable dan home appliance merek Samsung lainnya.

Sekarang, silakan pilih mana smartwatch terbaik yang sesuai dengan sistem operasi yang dibutuhkan.

Pertimbangkan fitur yang ditawarkan

Ada banyak fitur yang biasanya ditawarkan pada smartwatch. Maka dari itu, penting untuk mengenali fitur utama yang diusung sebagai pertimbangan saat membeli. Berikut ini beberapa fitur umum yang disematkan pada smartwatch:

Notifikasi

Fitur yang paling umum adalah notifikasi. Dengan fitur ini, Anda bisa langsung memeriksa pesan, email, hingga panggilan yang masuk ke smartphone.

Hampir semua smartwatch sudah dilengkapi dengan fitur ini, hanya saja tampilannya biasanya berbeda-beda. Sebagai pembeli, Anda tinggal menyesuaikannya saja dengan kebutuhan.

Anda pun bisa memilih mau menampilkan notifikasi apa. Apakah semua jenis notifikasi atau hanya pesan dan panggilan saja.

Health care

Fitur ini sangat penting buat Anda yang suka berolahraga. Dengan fitur ini, Anda bisa memantau kesehatan, mengecek detak jantung, dan fitur kesehatan lainnya.

Pertimbangkan fitur yang ditawarkan healthcare

Selain pria, fitur ini juga sangat dibutuhkan oleh wanita. Asalkan suka olahraga, minimal lari, maka fitur ini akan sangat dibutuhkan.

Transsaksi cashless

Beberapa jenis smartwatch terbaik dilengkapi dengan fitur untuk bertransaksi secara cashless. Sistemnya hampir sama dengan kartu debit atau ATM.

Saat melakukan pembayaran, Anda tinggal meletakkan smartwatch dekat mesin EDC atau mesin sejenis. Maka transaksi pembayarannya pun bisa langsung diproses dengan cepat. Contohnya adalah pembayaran cashless di transjakarta.

GPS

Fitur umum lain yang cukup penting adalah GPS. Dengan fitur ini, Anda bisa merekam rute serta memandu saat sedang melakukan perjalanan. Sangat cocok buat Anda yang suka traveling atau bekerja di luar kantor.

Silakan pertimbangkan fitur apa saja yang dibutuhkan untuk menentukan produk terbaik sesuai kebutuhan.

Periksa fitur waterproof dan dustproof

Berbeda dengan smartphone yang bisa disimpan di dalam tas ketika selesai dipakai, smartwatch digunakan di tangan. Apabila Anda sering berada di luar ruangan, maka memilih produk dengan fitur tambahan berupa waterproof dan dustproof adalah pilihan yang tepat.

Dengan fitur keamanan ini, Anda tidak perlu khawatir lagi saat harus menggunakannya secara outdoor. Misalnya saat berolahraga, mengecek proyek di lapangan, dan yang lainnya.

Fitur waterproof dan dustproof ini biasanya dijelaskan lewat kode IP diikuti oleh dua digit atau angka. Digit pertama menunjukkan ketahanannya terhadap debu dan digit kedua menunjukkan ketahanannya terhadap air.

Misalnya IP67, berarti angka 6 menunjukkan ketahanan terhadap debu dan 7 untuk waterproof. Biasanya, ketahanan ini ditunjukkan dari angka 1 sampai 8. Semakin tinggi angkanya, maka semakin kuat ketahanannya.

Yang perlu diperhatikan, beberapa jenis smartwatch terbaik memang dilengkapi dengan fitur waterproof. Namun, tidak semuanya bisa dipakai untuk menyelam. Bisa terkena air dalam ukuran sedang, tapi akan jadi masalah bila langsung terkena air dalam jumlah banyak.

Kapasitas dan daya tahan baterainya

Cara memilih smartwatch yang bagus berikutnya adalah dengan memperhatikan kapasitas baterainya. Semakin besar kapasitasnya maka semakin bagus. Hal ini karena berarti Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Pada umumnya, smartwatch bisa dipakai seharian sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan daya tahan baterainya. Namun, jika menghendaki daya tahan yang lebih lama, silakan pilih kapasitas baterai yang lebih besar.

Yang terpenting, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan pemakaian sehari-hari agar bisa mendapatkan produk terbaik.

Sesuaikan desain dengan aktivitas dan jenis kelamin

Desain adalah salah satu poin penting dalam menentukan smartwatch terbaik. Pasalnya, produk ini menjadi salah satu item fashion saat sudah melekat di tangan Anda. Dengan kata lain, dia menunjang penampilan secara keseluruhan.

Jika Anda menghendaki kesan formal, maka pilihlah model analog. Model ini sangat cocok buat Anda yang menggunakan smartwatch-nya untuk bekerja atau menghadiri acara-acar formal lain.

Sementara itu, untuk pemakaian kasual, sebaiknya pilih model yang bisa diganti strap-nya sesuai kebutuhan. Anda bisa menyesuaikan warna strap dengan OOTD di hari tersebut sehingga penampilan makin terlihat chic dan keren.

Terlebih lagi, saat terjadi kerusakan strap, penggantian juga bisa dilakukan dengan mudah.

Selain dipilih berdasarkan aktivitas sebagaimana disampaikan di atas, desain juga harus disesuaikan dengan jenis kelamin. Model untuk pria tentu memiliki perbedaan untuk para wanita.

Khusus untuk pria, kesan maskulin adalah yang utama. Sementara untuk cewek, strap warna cerah bisa menciptakan kesan feminin yang kental.

Hitung anggaran dengan cermat

Agar tidak kemahalan saat membeli produk, pastikan Anda menetapkan anggaran terlebih dulu. Hal ini juga penting karena saat datang ke toko Anda akan lebih mudah mencari produknya setelah tahu berapa budget-nya.

Misalnya, anggarannya adalah 3 jutaan, maka saat datang ke toko Anda bisa langsung berkonsultasi dengan penjualnya dengan patokan harganya dan menemukan yang terbaik.

Itulah beberapa tutorial memilih smartwatch yang bagus, sekarang mari simak ulasan produk yang recommended.

Daftar smartwatch terbaik dengan harga terbarunya

Berikut ini rekomendasi produk smartwatch yang bagus sekaligus ulasan dan harganya untuk Anda:

1. Smartwatch terbaik dibawah 1 juta buat rekam kegiatan sehari-hari: Oppo Oase Smartwatch

Oppo Oase Smartwatch

Oppo Oase sangat cocok untuk Anda yang sedang menerapkan pola hidup sehat secara ketat. Dengan alat ini Anda bisa mengetahui makanan apa yang harus dikonsumsi, olahraga, dan yang lainnya. Pasalnya, Oppo Oase memiliki fitur lengkap yang siap merekam kegiatan sehari-hari.

Desainnya juga keren sehingga cocok baik untuk tampilan di kantor maupun saat hangout sama teman.

  • Water and dustproof: IP67.
  • Notifikasi: Ya.
  • Fitur: running track, heart rate, blood pressure, dll.
  • Baterai: 180 mAh, tahan 360 jam (15 hari).

Jika Anda membutuhkan smartwatch seharga di bawah 1 juta, maka Oppo Oase adalah pilihan yang tepat. Harganya sekitar 600 sampai 800 ribuan.

2. Cocok buat pria profesional dengan desain yang elegan: Fossil Gen 5 Smartwatch The Carlyle HR Smoke Stainless Steel

Fossil Gen 5 Smartwatch The Carlyle HR Smoke Stainless Steel

Bila biasanya strap smartwatch berbahan rubber, Fossil Gen 5 ini hadir dengan strap stainless steel yang membuat tampilannya kian maskulin. Sangat cocok untuk pria profesional.

Menariknya lagi, produknya sudah punya fitur multiple time zone sehingga bisa menyesuaikan zona waktu secara otomatis.

  • Kompatibilitas: Wear OS by Google, android 6.0 ke atas, iOS 10.0 ke atas.
  • Waterproof: 30 m.
  • Notifikasi: ya.
  • Fitur: fitness monitoring, health monitoring, LED flashlight, dll.
  • Baterai: 24 jam.

Harga produknya sekitar 4 sampai 6 jutaan rupiah.

3. Ada voice assistant pemudah aktivitas: Fitbit Versa 3

Fitbit Versa 3

Fitbit Versa 3 digemari karena kemudahan pengoperasiannya. Betapa tidak, pengguna bisa memanfaatkan voice assistant dengan mudah untuk membantu aktivitas sehari-hari yang padat. Produknya juga cocok buat olahraga dengan dukungan 20 jenis olahraga sekaligus.

  • Kompatibilitas: OS android 7.0 ke atas, iOS 12.2 ke atas.
  • Waterproof: 50 m.
  • Notifikasi: ya.
  • Fitur: Fitbit App, GPS, Bluetooth, Wifi, NFC, dll.
  • Baterai: 6 hari.

Untuk membelinya, silakan sediakan uang 3,7 sampai 4 jutaan.

4. Mampu mengenali 20 jenis olahraga: Garmin Venu

Garmin Venu

Garmin Venu dapat mengenali 20 jenis olahraga berbeda. Selain itu, ada juga fitur Garmin Coach yang bisa jadi trainer pribadi Anda selama berolahraga.

  • Kompatibilitas: Android 5.0 ke atas, iOS 12.
  • Waterproof: 50 m.
  • Notifikasi: ya.
  • Fitur: Garmin connect app, ANT+, Wifi, GPS, dll.
  • Baterai: 5 hari.

Harga Garmin Venu mulai dari 5,9 jutaan.

5. Fitur health care yang lengkap: Honor Magicwatch 2 46 mm

Honor Magicwatch 2 46 mm

Terdapat fitur real-time voice over guidance pada Honor magicwatch ini. Anda juga bisa menerima panggilan langsung dari smartwatch-nya. Terlebih, fitur healt care-nya sangat lengkap sehingga terasa seperti punya trainer pribadi.

  • Kompatibilitas: Android – Huawei Kirin A1.
  • Waterproof: 50 m.
  • Notifikasi: ya.
  • Fitur: Huawei app, fitness monitoring, bluetooth, built in speaker, dll.
  • Baterai: 14 hari.

Harga Honor Magicwatch ini sekitar 1,9 jutaan rupiah.

6. Smartwatch terbaik untuk wanita dan pria, desain ramping dan bisa ingatkan cuci tangan: Samsung Galaxy Fit 2 R220

Samsung Galaxy Fit 2 R220

Desain yang ramping membuat Samsung Galaxy Fit 2 sangat cocok baik untuk wanita maupun pria. Pilihan warnanya juga beragam, yakni hitam dan merah jambu.

Tersedia 70 variasi display yang bisa diatur sesuai mood dan kebutuhan. Dijamin tidak akan pernah bosan.

  • Kompatibilitas: android 5.0 ke atas, iOS 10 ke atas.
  • Waterproof: 50 m.
  • Notifikasi: ya.
  • Fitur: bluetooh 5.1, GPS, music control, dll.
  • Baterai: 15 hari.

Meski fiturnya lengkap, harganya sangat murah, yakni 600 sampai 700 ribuan rupiah saja. Dengan uang tersebut, Anda sudah bisa mendengarkan musik dengan mudah. Akan sangat lengkap bila Anda mengoneksikannya dengan headset bluetooth terbaik agar bisa berolahraga secara nyaman.

7. Daya tahan baterai paling awet, tampilan maskulin: Huami Amazfit GTR 47 mm

Huami Amazfit GTR 47 mm

Tampilannya sangat maskulin dengan daya tahan baterai sampai 24 hari. Inilah yang membuat AmazFit GTR 47 mm dikategorikan sebagai smartwatch terbaik dengan baterai paling awet.

Anda bisa menggunakan produk ini untuk berenang dan snorkeling. Juga tetap cocok buat bekerja.

  • Kompatibilitas: android 5.0 ke atas, iOS 10.0 ke atas.
  • Waterproof: 50 m.
  • Notifikasi: ya.
  • Fitur: Zepp app, GPS, bluetooth 5.0, dll.
  • Baterai: 24 hari.

Untuk membeli Huami Amazfit GTR 47mm, silakan sediakan uang senilai 1,2 jutaan.

8. Ada reminder untuk bergerak dan istirahat (anti kelelahan): HexafitGo Premium

HexafitGo Premium

Jika Anda mencari smartwatch terbaik seharga 2 jutaan, maka HexafitGo Premium adalah pilihan yang tepat. Desainnya sangat simpel dan modern. Produknya juga sudah dilengkapi dengan reminder untuk bergerak dan istirahat.

HexafitGo ini juga sudah dilengkapi dengan anti air dan anti debu.

  • Kompatibilitas: android 4.3 ke atas, iOS 8 ke atas.
  • Water and dustproof: IP68.
  • Fitur: Hexafit app, move reminder, custom display, dll.
  • Baterai: 10 hari.

Harga HexafitGo Premium ini adalah sekitar 2,2 juta rupiah.

9. Smartwatch terbaru murah buat pemula: Inone Smartwatch

Inone Smartwatch

Inone smartwatch ini sangat cocok buat pemula. Selain karena harganya murah, desainnya juga simpel dengan tampilan kekinian.

Inone bisa mengenali 4 jenis olahraga sehingga cocok buat Anda yang baru mulai menekuni olahraga.

  • Kompatibilitas: android 5.0 ke atas, iOS 8.0 ke atas.
  • Water and dustproof: IP67.
  • Notifikasi: ya.
  • Fitur: Inone app, bluetooth, GPS, dll.
  • Baterai: 8 sampai 12 hari.

Harga Inone Smartwatch sekitar 400 sampai 500 ribuan.

10. Desain kekinian, bisa kasual dan formal: Huawei Watch GT 2

Huawei Watch GT 2

Beragam desain kekinian ditawarkan oleh Huawei Watch GT 2. Ada yang bisa digunakan untuk acara formal dengan konsep analog, ada pula yang cocok buat kasual atau sehari-hari.

Pilihan warna strap-nya juga bermacam-macam sehingga bisa cocok digunakan untuk cowok maupun cewek.

  • Waterproof: ya.
  • Notifikasi: ya.
  • Fitur: monitor detak jantung, bluetooth 5.1, dll.
  • Baterai: 14 hari.

Untuk menggunakannya, Anda harus menyediakan anggaran sekitar 2 sampai 3 jutaan.

11. Bisa bagikan hasil data kebugaran: North Edge Keep Watch

North Edge Keep Watch

North Edge tidak hanya bisa dipakai untuk mengecek kondisi kesehatan pribadi, tetapi Anda juga bisa membagikannya kepada orang lain sehingga mereka bisa mengetahuinya dengan mudah. Beragam info seperti tekanan darah, kondisi jantung, dan yang lainnya bisa terbaca dari smartwatch terbaik ini.

Menariknya lagi, saat Anda kurang gerak, North Edge Keep Watch akan mengingatkan Anda untuk bergerak.

  • Kompatibilitas: android 4.4 ke atas, iOS 8.2 ke atas.
  • Water and dustproof: IP67.
  • Notifikasi: ya.
  • Fitur: Wear Heart app, bluetooth, dll
  • Baterai: 5 sampai 7 hari.

North Edge Keep Watch dijual mulai 600 sampai 800 ribuan di marketplace.

12. Tersedia ratusan tema buat ganti tampilan sesuka hati: Xiaomi Mi Watch Lite

Xiaomi Mi Watch Lite

Tak hanya mumpuni dalam hal health monitoring dan fitness, Xiaomi Mi Watch Lite ini juga menawarkan tampilan keren yang bisa Anda ganti sesuka hati. Tersedia ratusan tema yang bisa dikustom sesuai kebutuhan.

Strap-nya juga tersedia dalam berbagai warna dan bisa disesuaikan dengan OOTD harian dengan mudah agar makin chic.

  • Kompatibilitas: android dan iOS.
  • Waterproof: 50 m.
  • Notifikasi: ya.
  • Fitur: GPS, move reminder, dll.
  • Baterai: 9 hari.

Xiaomi Mi Watch Lite dibanderol mulai dari 800 ribuan rupiah.

Itulah beberapa pilihan smartwatch terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Sekarang, selamat memilih jam tangan pintar yang sesuai dengan preferensi Anda.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles