Mau mendengarkan musik dengan nyaman tanpa kabel? Pilih headset bluetooth terbaik yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

 

Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak merek yang ada. Mulai dari JBL, Jabra, Sony, dan yang lainnya. Semua membawa spesifikasi dan kualitas masing-masing.

Yang perlu dilakukan adalah memilih salah satu dari sekian banyak pilihan tersebut. Untuk membantu, kami akan membahas tentang cara memilih produknya sekaligus memberikan review beberapa produk yang recommended.

Cara memilih headset bluetooth yang bagus

Seperti yang kita tahu, headset bluetooth terbaik memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh headset biasa. Salah satu kelebihan utamanya adalah Anda bisa mengoneksikannya tanpa kabel, tapi melalui bluetooth.

Cara memilih headset bluetooth yang bagus

Artinya, saat digunakan, tak akan ada kabel yang mengganggu atau terlihat tidak rapi. Lebih praktis dan ringkas.

Jenis headset ini juga merupakan terobosan baru di dunia teknologi. Untuk itu, Anda perlu melakukan seleksi dengan menerapkan cara-cara di bawah ini:

Pilihlah jenis headset sesuai kebutuhan

Dilihat dari bentuknya, ada beberapa jenis headset, yakni headphone, one ear, neck, dan complete separation. Nah, Anda harus mengenali jenis-jenis headset ini untuk menentukan preferensi yang paling cocok. Berikut ini penjelasan detailnya:

Headphone

Jika Anda menghendaki pengalaman mendengarkan musik atau film dengan kualitas suara yang superior dan lebih fokus, maka headphone adalah pilihan yang paling tepat.

Jenis ini akan langsung menempel di kepala dan memiliki peredam suara yang baik sehingga suara dari luar tak akan mengganggu. Anda hanya akan fokus mendengarkan suara yang dikeluarkan oleh headphone-nya saja.

Jenis ini sangat cocok buat mendengarkan musik, bermain game, melayani customer jarak jauh (customer service online), dan yang lainnya.

One ear

Tipe ini juga sering disebut mono headset. Desainnya lebih ringkas dilengkapi dengan satu mikrofon yang sudah terintegrasi dengan baik.

Pilihlah jenis headset sesuai kebutuhan one ear

Jenis one ear ini sangat cocok buat Anda yang aktif berkomunikasi melalui telepon. Dengan kata lain, mono headset ini lebih sering digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Berbeda dengan headphone yang didesain agar Anda fokus pada apa yang didengar melalui headset-nya, tipe one ear ini sengaja didesain agar Anda bisa fokus ke hal lain, misalnya saat mengendarai mobil, atau yang lain.

Tipe neck

Sesuai dengan namanya, jenis ini dilengkapi dengan kalung leher atau neckband. Dengan desainnya tersebut, produknya jadi aman digunakan secara outdoor atau untuk beraktivitas dengan gerakan yang padat.

Head bluetooth terbaik jenis neck ini sangat cocok untuk berolahraga. Jadi, meskipun olahraganya membutuhkan gerakan yang intens, Anda tetap bisa menjalankannya dengan santai lantaran tetap dapat mendengarkan musik.

Ada dua jenis tipe neck yang tersedia di pasaran, yakni in ear dan on ear. Keduanya bisa digunakan untuk berolahraga dan saat bepergian jauh.

Kelebihannya adalah memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dan mampu meredam kebisingan dengan baik.

Complete separation

Jenis berikutnya adalah complete separation. Tipe ini tidak memiliki kabel penghubung sama sekali di kedua earphone-nya. Kita sering melihatnya di produk TWS terbaik.

Desain headset complete separation ini lebih kompak dan simpel. Namun, kualitas suaranya tetap bisa diandalkan. Bahkan, dia juga sudah dilengkapi dengan fitur peredam suara sehingga bisa menahan kebisingan dengan baik.

Pertimbangkan daya tahan baterai, pilih yang tahan lama

Salah satu bagian terpenting dalam cara memilih headset bluetooth yang bagus adalah baterai. Ketahanan daya baterai menjadi salah satu komponen yang wajib Anda pertimbangkan karena di sinilah letak durasi headset-nya bisa dimanfaatkan.

Sebaiknya, pilihlah produk yang memiliki ketahanan daya baterai sampai belasan jam. Terlebih jika Anda sering menggunakannya untuk keperluan sehari-hari secara terus menerus.

Namun, apabila Anda jarang menggunakannya, rasanya memilih yang standar juga tidak ada masalah.

Sebagai informasi, ketahanan daya baterai headset bluetooth terbaik mulai dari 5 jam, 15 jam, hingga lebih. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan.

Cek kualitas audionya

Saat membelinya, silakan coba dulu bagaimana performanya. Hal ini penting sebab Anda perlu mengecek kualitas audio yang dikeluarkan oleh alat tersebut. Juga, bagaimana alatnya bisa menahan suara dari luar sehingga audio dari dalam alatnya akan terdengar secara jelas.

Untuk membantu Anda dalam mengecek kualitas audio, silakan perhatikan 3 hal di bawah ini:

  • Sensitivity, yakni tingkat kenyamanan telinga Anda saat suaranya sedang diperdengarkan. Untuk kesehatan telinga, silakan pilih yang tingkat mid-range.
  • Frequency responses, yakni tingkat aliran musik yang mau didengarkan.
  • Driver, yakni komponen yang berpengaruh pada treble, bass, dan mid audio. Semakin bagus kualitas driver-nya, semakin bagus pula kualitas headset-nya.

Dengan memperhatikan 3 komponen di atas, Anda bisa menemukan mana produk yang memiliki kualitas audio terbaik.

Periksa fitur tambahan: Anti air dan anti keringat

Jika Anda sering menggunakan headset-nya untuk berolahraga, maka fitur terpenting yang harus dipertimbangkan adalah anti keringat. Dengan begini, produknya akan jauh lebih aman.

Periksa fitur tambahan Anti air dan anti keringat

Selain itu, apabila alatnya sering dipakai bepergian, travelling, atau beraktivitas secara outdoor, maka produk yang memiliki fitur anti air juga jadi pilihan yang tepat.

Nah, masing-masing headset bluetooth terbaik biasanya dilengkapi dengan fitur tambahan yang berbeda. Untuk itu, sebelum membeli Anda harus mengecek fitur-fitur yang ditawarkan secara detail terlebih dulu.

Cek kompatibilitas headset dengan berbagai device

Berbeda dengan headset kabel yang bisa digunakan pada sebarang device, headset bluetooth terbaik umumnya ditentukan berdasarkan format codec dan drivernya.

Semakin tinggi kualitas codec, maka semakin berkualitas pula suara yang akan dihasilkan. Umumnya, headset bluetooth menggunakan codec AAC dan SBC. Namun, ada pula yang sudah menggunakan versi codec yang lebih tinggi seperti HWA, aptX, dan LDAC.

Lebih detail, codec aptX biasanya ditemukan pada HP yang dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon atau sistem operasi android 8.0 ke atas. Sementara untuk LDAC dan HWA, Anda bisa menjumpainya pada produk Sony.

Perhatikan versi bluetooth yang disematkan

Masing-masing produk biasanya memiliki versi bluetooth yang berbeda. Nah, versi bluetooth yang digunakan juga berpengaruh pada kualitas audio yang akan dihasilkan.

Oleh karena itu, Anda harus mengecek versi bluetooth yang disematkan pada headset-nya. Kalau bisa, pilihlah produk yang dibekali dengan versi tinggi sehingga kualitasnya lebih bisa diandalkan.

Di samping itu, salah satu masalah yang umum terjadi saat menggunakan headset bluetooth adalah koneksinya. Apabila koneksinya bermasalah, maka audionya juga tersendat.

Untuk kemudahan pairing dan kestabilan koneksi, pilihlah produk yang sudah dilengkapi dengan versi bluetooth 4.1 ke atas.

Budget

Untuk dapat membeli produk terbaik, Anda juga harus memperhatikan anggaran yang ada. Sebaiknya, siapkan anggaran sesuai kemampuan, kemudian temukan yang sesuai berdasarkan spesifikasi dan jumlah anggaran tersebut.

Dengan begini, Anda baru bisa mendapatkan headset bluetooth terbaik yang sesuai preferensi tanpa perlu mengganggu kondisi keuangan.

Itulah beberapa cara memilih headset bluetooth yang bagus dan bisa Anda terapkan dengan mudah.

Daftar headset bluetooth terbaik dan harga terbaru

Berikut ini beberapa headset bluetooth yang bagus dan dapat kami rekomendasikan:

1. Bantalan lembut dengan hasil suara yang jernih: Plantronics Voyager Focus UC

Plantronics Voyager Focus UC

Kenyamanan menjadi kelebihan utama dari headset satu ini. Anda bisa memakainya secara nyaman di telinga dan tidak terasa menekan kepala. Tersedia juga fitur ANC yang bila diaktifkan akan meredam suara bising dari luar secara sempurna.

Headset bluetooth terbaik ini sangat cocok untuk menelepon atau berkomunikasi melalui smartphone. Meskipun dipakai sepanjang hari, Anda tetap bisa menikmatinya secara nyaman.

  • Daya tahan baterai: 12 jam untuk berkomunikasi, 15 jam untuk mendengarkan musik.
  • Versi bluetooth: 4.1
  • Lama pengisian daya: tidak ada info.
  • Fitur: ANC dan soundguard digital.

Harga Plantronics Voyager Focus UC sekitar 4,9 jutaan di marketplace.

2. Headset bluetooth terbaik murah dari lokal: Eggel Liberty II

Eggel Liberty II

Jika plantronics hadir dengan harga 4 jutaan, Eggel Liberty II ini sebaliknya. Anda bahkan bisa mendapatkannya hanya dengan 100 ribuan rupiah.

Meski tergolong murah, spesifikasi yang ditawarkan tidak asal-asalan. Salah satunya adalah sertifikat IPX5 yang membuatnya tahan terhadap air. Saat membeli, Anda juga akan mendapatkan pouch hard case yang bisa dipakai untuk menyimpan produknya dengan aman.

  • Daya tahan baterai: 8 jam.
  • Versi bluetooth: 5.0.
  • Lama pengisian daya: 1,5 jam.
  • Fitur: IPX5.

Harga produknya mulai dari 175 ribuan di marketplace.

3. Headset colorful untuk tampil kece: Soul ST-XX

Soul ST XX

Jika Anda adalah pribadi yang suka dengan warna colorful atau ingin tampil chic, maka Soul ST-XX ini pilihan yang cocok. Tersedia 6 pilihan warna yang sangat cerah, yakni merah muda, kuning, merah, biru, putih, dan hitam.

SOUL ST-XX juga sudah sepaket dengan case yang sudah didukung oleh USB tipe C untuk membantu pengisian daya secara cepat.

  • Daya tahan baterai: 5 jam.
  • Versi bluetooth: 5.0.
  • Lama pengisian daya: 2 jam.
  • Fitur: IPX5

Jika tertarik untuk membeli Soul ST-XX ini, Anda tinggal menyediakan uang sekitar 500 sampai 800 ribuan saja.

4. Audio keren bersertifikat Hi-Res Wireless Audio: Oppo Enco M31 Wireless Headphone

Oppo Enco M31 Wireless Headphone

Jika Anda suka pertunjukan musik live, maka headphone ini adalah pilihan yang paling pas. Alat ini sudah dilengkapi dengan Hi Res Wireless Audio yang membuat suaranya terdengar lebih nyata seperti saat menonton secara langsung.

Selain itu, codec yang digunakan adalah SBC, AAC, dan LDAC yang memiliki kualitas terbaik.

  • Daya tahan baterai: 12 jam.
  • Versi bluetooth: 5.0.
  • Lama pengisian daya: 1 jam.
  • Fitur: IPX5

Oppo Enco M31 dibanderol dengan harga mulai dari 600 sampai 700 ribuan.

5. Rating IPX tinggi dan tahan air: SoundPEATS Q35 HD Bluetooth Headphone

SoundPEATS Q35 HD Bluetooth Headphone

Headset bluetooth terbaik tipe neck ini dilengkapi dengan fitur tahan air dengan kualitas tertinggi sehingga aman dipakai di dalam air dalam jangka lama. Hal ini membuat Soundpeats Q35 sangat cocok untuk olahraga jenis apa saja, termasuk berenang.

  • Daya tahan baterai: 14 jam.
  • Versi bluetooth: 5.0.
  • Lama pengisian daya: 1,5 jam.
  • Fitur: IPX8.

Dengan ketahanan terbaik sebagaimana diulas di atas, Soundpeats bisa Anda beli dengan harga mulai dari 650 ribuan.

6. Bisa dapat informasi detak jantung langsung ke telinga: JBL Reflect Fit Heart Rate Wireless Headphones

JBL Reflect Fit Heart Rate Wireless Headphones

Hal menarik yang ditawarkan oleh headset JBL ini adalah kemampuannya untuk memberikan informasi tentang detak jantung langsung ke telinga Anda. Sangat cocok buat atlet atau orang yang suka berolahraga.

Ditambah lagi, desainnya sangat ergonomis sehingga nyaman dipakai sekaligus aman digunakan meski gerakannya cepat.

  • Daya tahan baterai: 10 jam.
  • Versi bluetooth: 4.2.
  • Lama pengisian daya: 2 jam.
  • Fitur: IPX5

Untuk membelinya, silakan siapkan uang 1,4 jutaan sampai 3 jutaan.

7. Suara jernih dengan speaker dinamis kualitas tinggi: SENNHEISER Momentum Free

SENNHEISER Momentum Free

Kejernihan suara yang dihasilkan oleh SENNHEISER tidak diragukan. Berkat speaker dinamis kualitas tinggi yang disematkan padanya, audio yang dihasilkan jauh lebih memuaskan.

Ada fitur magnetik pada produk ini yang memungkinkan mengaitkannya dengan mudah saat tidak dipakai.

  • Daya tahan baterai: 6 jam.
  • Versi bluetooth: 4.2.
  • Lama pengisian daya: tidak ada info.
  • Fitur: tidak ada info.

Harganya mulai 2,2 jutaan sampai 3 jutaan rupiah.

8. Cocok buat yang suka olahraga: Jabra Sport Pace

Jabra Sport Pace

Sesuai namanya, headset bluetooth terbaik ini cocok buat olahraga karena dibuat dengan bahan terbaik dan mampu mengeluarkan suara yang berkualitas.

Drivernya juga berkualitas sehingga bisa menghantarkan audio yang menggelegar dan jernih. Menariknya lagi, tersedia kontrol suara untuk pairing, status baterai, dan konektivitas.

  • Daya tahan baterai: 5 jam nonstop, 10 jam standby.
  • Versi bluetooth: 4.1.
  • Lama pengisian daya: 15 menit.
  • Fitur: anti keringat dan cuaca.

Untuk membelinya, silakan sediakan uang sekitar 1 sampai 1,5 jutaan.

9. Kedap suara dan ada fitur perintah suara: Bose QuietComfort 35 II

Bose QuietComfort 35 II

Fitur kedap suara yang dimiliki oleh Bose QuietComfort 35 ini sangat memukau. Itulah mengapa produknya sangat direkomendasikan karena bisa bikin Anda fokus ke audio yang keluar dari headset-nya saja.

Ditambah lagi, baterainya bisa tahan 20 jam dalam pemakaian dan ada fitur perintah suaranya.

  • Daya tahan baterai: 20 sampai 40 jam.
  • Versi bluetooth: 3.0
  • Lama pengisian daya: tidak ada info.
  • Fitur: fitur peredam suara kelas dunia.

Harga produknya mulai dari 3 jutaan di marketplace.

10. Baterai awet 20 jam pemakaian, suara stabil dan keren: Sony Wireless In-ear Headphone WI-C400

Sony Wireless In-ear Headphone WI-C400

Terdapat driver 9mm yang mampu memberikan kualitas terbaik. Selain bluetooth, konektivitas yang ada di headset bluetooth terbaik dari Sony ini adalah NFC. Soal daya tahan baterai, Anda bisa mengandalkannya sampai 20 jam nonstop.

  • Daya tahan baterai: 20 jam pemakaian non stop.
  • Versi bluetooth: 4.0 dan NFC
  • Lama pengisian daya: tidak ada info
  • Fitur: tidak ada info.

Harganya mulai dari 500 sampai 800 ribuan.

11. Desain kompak, harga murah: JBL T450BT

JBL T450BT

JBL T450BT ini memiliki desain yang kompak dan mudah dilipat. Dia sangat unggul di bass dengan mid-range yang tetap stabil atau seimbang.

JBL T450BT didesain dengan sangat apik sehingga nyaman digunakan. Tidak hanya untuk mendengarkan musik di rumah, produknya juga cocok dipakai saat berolahraga tanpa meninggalkan rasa berat di kepala.

  • Daya tahan baterai: 11 jam.
  • Versi bluetooth: 4.0.
  • Lama pengisian daya: tidak ada info.
  • Fitur: dapat dilipat.

Harga JBL T450BT mulai dari 300 ribuan di marketplace.

12. Baterai tahan 35 jam dengan konektivitas bluetooth 5.0: Sony WH-CH510

Sony WH CH510

Dengan Sony WH-CH510 Anda bisa mendnegarkan musik 1 hari 1 malam tanpa berhenti. Pasalnya, ketahanan baterainya sampai 35 jam. Terlebih lagi, versi bluetooth-nya sudah 5.0 yang akan membuat koneksinya stabil.

Namun, perlu diingat bahwa produk dari Sony ini hanya cocok buat pemakaian indoor karena belum tersemat fitur waterproof.

  • Daya tahan baterai: 35 jam.
  • Versi bluetooth: 5.0.
  • Lama pengisian daya: tidak ada info.
  • Fitur: asisten suara dan komunikasi bebas genggam.

Dengan daya tahan baterai yang memukau sebagaimana disampaikan di atas, harga Sony WH-CH510 ini hanya sekitar 500 ribuan di marketplace.

Demikian ulasan tentang beberapa produk headset bluetooth terbaik. Silakan sesuaikan anggaran yang ada dengan spesifikasi yang kami ulas di atas untuk mendapatkan produk yang paling cocok buat Anda.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles