Mau dipakai sendiri ataupun buka bisnis, memilih scanner terbaik tetap harus dilakukan agar bisa memastikan kualitas dan ketahanannya.

 

Terlebih lagi, ada banyak merek yang menawarkan produk terbaik dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Sebagai pembeli, Anda harus menemukan scanner yang sesuai dengan kebutuhan.

Di antara merek yang sering dijumpai di Indonesia dan cukup difavoritkan adalah Brother, Canon, Epson, iScan, dan yang lainnya. Untuk memilih merek-merek tersebut, Anda harus memperhatikan beberapa poin pertimbangan.

Kami akan membahas tutorial untuk memilihnya sekaligus memberikan rekomendasi produknya di sini. Selamat membaca.

Cara memilih scanner terbaik untuk PC, laptop, dan perangkat sejenis

Cara memilih scanner terbaik untuk PC laptop dan perangkat sejenis

Berikut ini beberapa poin yang harus dipertimbangkan saat memilih scanner yang bagus dan sesuai kebutuhan:

Kenali jenis scanner dan pilih berdasarkan fungsinya

Produk ini hadir dengan kecanggihan teknologi masa kini. Anda bisa menyalin, mendokumentasikan, mengamankan, hingga mengelola berkas dengan satu alat.

Menariknya, alat pemindai dokumen ini dibuat dalam beberapa jenis dan model. Masing-masing memiliki fungsi dan target pemakaian yang berbeda.

Bisa pindai multi-dokumen sekaligus dengan fitur ADF: Sheetfed scanner

Cara kerja sheetfed adalah dengan memindai berkas dalam bentuk lembaran tunggal. Dia tidak bisa menggandakan halaman berkas tersebut. Oleh karena itu, pemindai ini sangat cocok untuk dipakai pada novel, buku, hingga majalah yang sudah pisah dari bentuk utuhnya.

Menariknya lagi, dengan sheetfed Anda juga bisa memindai dokumen yang dikirimkan ke mesin fax secara langsung. Artinya, saat ada yang mengirimkan berkas melalui fax, Anda bisa langsung melihatnya dalam bentuk soft file di komputer atau laptop.

Fitur yang ditemukan pada jenis ini adalah ADF atau Automatic Document Feeder. Dengan fitur ini, alat pemindai bisa melakukan scanning secara berkelanjutan dalam jumlah banyak.

Selain ADF, sheetfed juga didukung oleh software OCR atau Optical Character Reader. Software ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan editing pada teks yang ada di dokumen secara langsung melalui PC atau komputer.

Yang perlu Anda tahu, masing-masing brand menawarkan kualitas sheetfed berbeda. Jadi, Anda harus memilihnya dengan cermat.

Terlebih lagi, harga jenis ini biasanya lebih mahal karena fungsinya yang menakjubkan.

Bisa pindai dokumen tebal dan tipis: flatbed scanner

Keunikan sekaligus kelebihan yang dimiliki flatbed adalah kemampuannya dalam memindai semua jenis berkas, tak peduli seberapa tipis atau tebalnya. Flatbed ini sudah cukup lama ada dan tetap ada sampai sekarang.

flatbed scanner

Pemakaiannya cocok untuk rumahan (pribadi), bisnis, hingga perkantoran. Bentuknya sangat simpel dengan model seperti penutup atas bawah. Lebih mirip dengan mesin fotokopi tapi versi mini.

Dengan memakai flatbed, dokumen yang discan tidak perlu masuk ke roller sehingga bisa terhindar dari kerusakan. Anda tinggal menaruhnya di bagian tengah kemudian menutupnya seperti biasa dan prosesnya pun bisa berjalan dengan cepat.

Flatbed juga punya kelebihan lainnya, di antaranya adalah hasil file yang dihasilkan memiliki resolusi tinggi, adanya akses untuk mengubah warna, dll.

Pakai tangan untuk menggerakkan sensor dan membaca dokumen: handheld scanner

Sesuai namanya, handheld ini membutuhkan tangan Anda untuk dapat bekerja. Caranya adalah dengan menggenggam scanner terbaik kemudian menggerakkannya untuk membaca sebuah dokumen.

Biasanya, scanner ini digunakan di supermarket. Ditambah lagi, handheld scanner juga bisa dipakai untuk memindai kain.

Apabila Anda menghendaki produk yang portabel, maka handheld bisa jadi salah satu pilihan yang Anda pertimbangkan.

Bisa baca foto buram dengan kualitas bagus: photo scanner

Sesuai dengan namanya, photo scanner mengusung konsep teknologi dengan hasil image processing yang tinggi atau HQ. Dengan teknologi ini, Anda tetap bisa memindah foto yang blur atau kurang jelas dengan hasil yang lebih bagus.

Karena kapabilitas yang memadai inilah photo scanner tetap dicari.

Bisa gandakan berkas menjadi soft file, kapan saja dan di mana saja: portable scanner

Jika Anda menghendaki scanner terbaik portabel, maka portable scanner adalah pilihan yang tepat. Berbeda dengan versi handheld yang harus dipegang, portable scanner ini bisa bergerak secara otomatis.

Ukurannya juga cenderung lebih besar dari pada handheld namun memiliki mobilitas yang lebih tinggi karena bisa digunakan di mana saja dan kapan saja secara mudah.

Jika Anda sering bepergian dan harus melakukan scanning saat itu juga, portable scanner menjadi jawaban yang paling tepat untuk kebutuhan Anda.

Namun, perlu diketahui bahwa karena produknya bisa dibawa ke mana-mana, maka dayanya didapatkan dari baterai atau dicolokkan ke listrik melalui USB.

Sesuaikan fitur atau spesifikasi dengan kebutuhan

Pertimbangkan teknologi dan fitur yang disematkan dengan kebutuhan Anda. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini informasi soal fitur dan fungsi scanner terbaik:

Automatic feeder

Sesuai dengan namanya, automatic feeder memungkinkan Anda untuk melakukan pemindaian dalam jumlah banyak di satu waktu. Pengguna bahkan bisa menumpuk sampai 50 halaman untuk diproses pindai dalam sekali waktu.

Jumlah lembar ini tentu berbeda antara satu mesin dengan mesin lainnya, jadi Anda harus memilihnya dengan cermat.

Duplexing

Ini adalah fitur yang bisa membaca dua sisi dokumen sekaligus (bolak balik). Dengan fitur ini, proses scanning tidak akan banyak memakan waktu. Terlebih lagi, sebagian produk berfitur duplexing kini juga sudah bisa menghapus blank page.

Resolution

Jika yang Anda butuhkan adalah alat untuk scan dokumen, maka resolusi 300 sampai 600 dpi sudah cukup. Namun, apabila pemakaiannya adalah untuk foto, carilah resolusi minimal 6.400 dpi agar terlihat lebih jelas, tidak blur, dan gambarnya bisa diperbesar.

Scan to cloud

Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk memindai berkas dan membagikannya langsung ke media penyimpanan cloud. Misalnya dropbox, Google Drive, dan One Drive.

Pastikan kualitas produk dengan mengetahui resolusinya

Salah satu tolak ukur mendapatkan scanner terbaik dan berkualitas adalah melihat hasil resolusinya. Biasanya, satuan yang dipakai untuk mengukurnya adalah ppi dan dpi. Semakin besar angka resolusinya berarti hasilnya semakin baik.

Saat ini, resolusi rata-rata yang bisa diberikan oleh scanner adalah 600 dpi. Namun, ada juga produsen yang mengeluarkan produk dengan resolusi di atas 1.000 dpi.

Perhatikan kecepatan pemindaian

Yang tak kalah penting dari semua poin di atas adalah fitur kecepatan yang dimiliki oleh scanner terbaik. Terkadang, ada scanner yang bekerja dengan sangat lama sehingga terkesan tidak ringkas dan buang-buang waktu. Namun, ada juga yang bisa memberikan performa cepat.

Kecepatan pemindaian ini biasanya dipengaruhi oleh output resolusinya. Pasalnya, biasanya resolusi yang tinggi juga membuat kecepatannya melambat karena alatnya perlu membaca secara detail.

Selain dipengaruhi oleh resolusi, kecepatan juga bisa dipengaruhi oleh ukuran kertas atau dokumen yang hendak dipindai dan jenis dokumennya. Apakah dokumennya berwarna atau hitam putih.

Periksa konektivitas

Periksa konektivitas

Saat ini, konektivitas adalah salah satu hal yang penting. Coba cek apakah alatnya sudah dibekali dengan koneksi bluetooth dan Wifi atau tidak. Jika ada, ini bisa jadi nilai tambah karena berarti Anda bisa langsung mengoneksikannya dengan smartphone atau perangkat lain dengan mudah.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih scanner yang bagus. Sekarang, mari kita ulas produk-produk favorit yang cukup recommended.

Daftar scanner terbaik dengan harga terbaru

Berikut ini beberapa ulasan produk yang recommended untuk memindai dokumen Anda:

1. Punya teknologi OCR dengan kualitas tinggi: Kodak Alaris S2040 Scanner

Kodak Alaris S2040 Scanner

Dengan teknologi OCR yang dimilikinya, Kodak Alaris bisa digunakan untuk mengubah file gambar menjadi teks. Kualitas yang dihasilkan pun sangat tinggi dengan tingkat keakuratan 10% lebih besar dibanding pemindai lainnya.

Terlebih lagi, ada fitur Perfect Page yang bisa menyempurnakan ekstraksi gambar.

  • Resolusi: 600 dpi.
  • Kecepatan: 40 ppm.
  • Sumber daya: AC adaptor.
  • Ukuran dokumen: minimal 52 x 52 mm, maksimal 216 x 3000 mm.

Harga produknya sekitar 12 sampai 16 jutaan di marketplace.

2. Mampu scan dokumen dalam jumlah banyak dengan daya tahan yang kuat: Epson WorkForce DS-410

Epson WorkForce DS 410

Dengan scannner terbaik dari Epson ini, Anda bisa melakukan scanning dokumen dalam jumlah banyak setiap hari. Dalam sehari, berkas yang dipindai bisa mencapai 3.000 halaman.

Menariknya, Epson Workforce DS410 punya roller pemisah sehingga kinerjanya bisa stabil. Harganya juga tergolong ekonomis sehingga cocok buat Anda yang mau buka bisnis.

  • Resolusi: 600 dpi.
  • Kecepatan: 26 ppm.
  • Sumber daya: AC adaptor.
  • Ukuran dokumen: minimal 50,8 x 50,8 mm dan maksimal 215,9 x 3048 mm.
  • Tipe: ADF.

Harga Epson DS410 ini mulai dari 4 sampai 5 jutaan di marketplace.

3. Portabel, otomatis, dan bisa tingkatkan kualitas gambar: Plustek MobileOffice S410

Plustek MobileOffice S410

Sesuai dengan namanya, Plustek Mobile Office ini sangat cocok buat Anda yang punya mobilitas tinggi. Modelnya portabel dan otomatis. Selain itu, dia juga bisa dipakai untuk meningkatkan kualitas gambar. Sangat cocok untuk pemindaian foto.

  • Resolusi: 600 dpi.
  • Kecepatan: 9 ppm.
  • Sumber daya: USB.
  • Ukuran dokumen: minimal 50,8 x 50,8 mm dan maksimal 216 x 910 mm.
  • Tipe: Handy.

Mayoritas toko menjual scanner terbaik ini dengan harga 2 jutaan rupiah.

4. Bisa langsung simpan data ke cloud: Brother ADS-1200 scanner

Brother ADS 1200 scanner

Tidak hanya dikenal dengan printer terbaik yang dimilikinya, Brother juga hadir dengan scanner terbaik yang memiliki beragam fitur menarik. Salah satunya adalah ADS-1200. Dengan alat pemindai ini, Anda bisa langsung menyimpan output scan ke cloud sehingga membuat pekerjaan jadi lebih efisien.

  • Resolusi: 600 dpi.
  • Kecepatan: 25 ppm.
  • Sumber daya: AC adaptor.
  • Ukuran dokumen: panjang 70 sampai 863 mm, lebar 51 sampai 215,9 mm.
  • Tipe: ADF.

Harga merk scanner ini adalah 4 jutaan.

5. Pindai buku dan majalah mudah tanpa memisah: Fujitsu Image Scanner ScanSnap SV600

Fujitsu Image Scanner ScanSnap SV600

Jika Anda ingin me-scan buku, novel, majalah, atau yang lainnya tanpa memisah-misah halamannya, maka Fujitsu Image Scanner ScanSnap SV600 adalah pilihan yang tepat.

Hasilnya, Anda bisa membuat e-book sendiri tanpa perlu merusak buku asli dengan jilidan yang masih tertata rapi.

  • Resolusi: horizontal 285 sampai 218 dpi, vertikal 283 sampai 152 dpi.
  • Kecepatan: 3 detik.
  • Sumber daya: AC adaptor.
  • Ukuran dokumen: maksimal 432 x 300 mm
  • Tipe: Overhead.

Harga produknya sekitar 11 sampai 13 jutaan.

6. Harga scanner F4 murah yang instalasinya mudah: Brother DS 620 Portable Scanner

Brother DS 620 Portable Scanner

Kelebihan dari Brother DS620 ini adalah bisa dengan mudah disimpan dalam tas. Sangat cocok buat pekerja yang mobile, sering di lapangan, atau konsep pekerjaan travel working.

Instalasi produknya sangat mudah karena tinggal colok ke laptop. Selain itu, Anda juga bisa mendigitalkan kartu nama, kuwitansi, dan tanda pengenal lainnya memakai DS620 ini.

  • Resolusi: up to 600 dpi.
  • Kecepatan: 7,5 ppm.
  • Sumber daya: USB.
  • Ukuran dokumen: Panjang antara 90 sampai 812,8 mm, lebar 55 sampai 215,9 mm.

Untuk membelinya, silakan sediakan uang sekitar 1,8 sampai 2 jutaan.

7. Bisa simpan ke berbagai format file yang diinginkan: Plustek Smart Office PS3060U

Plustek Smart Office PS3060U

Hanya dengan satu tombol, proses scanning akan langsung berjalan dengan cepat. Anda pun bisa menyimpannya dalam berbagai bentuk format file, mulai dari pdf, png, tiff, xls, txt, doc, dll. Sangat efisien dan cocok buat pemakaian di kantor.

  • Resolusi: 600 dpi.
  • Kecepatan: 30 ppm.
  • Ukuran dokumen: maksimal 216×5080 mm, minimal 13,2 x 13,2 mm.
  • Tipe: ADF

Produknya dibanderol dengan harga 9 jutaan rupiah.

8. Beratnya 325 gram saja, cocok untuk mobile: Epson Workspace DS30 Portable Scanner

Epson Workspace DS30 Portable Scanner

DS-30 ini sangat ringan dengan berat 325 gram yang tidak akan membebani saat ditaruh di tas. Ukuran maksimal kertasnya adalah A4 dan bisa melakukan scanning pada dokumen berwarna serta hitam putih.

  • Resolusi: 600 dpi.
  • Sumber daya: USB.
  • Ukuran dokumen: 216 mm x 356 mm.
  • Tipe: Sheetfed.

Harga produknya sekitar 2 jutaan di marketplace.

9. Resolusi capai 4.800 dpi: Epson perfection V39 Flatbed Color Image Scanner

Epson perfection V39 Flatbed Color Image Scanner

Epson perfection V39 menawarkan hasil yang akurat dengan kecepatan yang baik. Sangat cocok untuk memindai foto dengan hasil yang tajam dalam jumlah banyak.

Selain foto, scanner terbaik ini juga bisa buat scan dokumen hitam putih dan berkas berwarna dengan ketajaman yang pas.

  • Resolusi: 4800 dpi.
  • Ukuran dokumen: 216 x 297 mm.
  • Tipe: Flatbed.

Untuk membelinya, silakan sediakan uang 800 sampai 900 ribuan.

10. Bisa scan bolak balik: Brother ADS-1600W Portable Document Scanner + Wireless

Brother ADS 1600W Portable Document Scanner Wireless

Brother ADS 1600W ini sangat hemat waktu karena bisa memindai dokumen bolak balik (duplexing). Ditambah lagi, ada teknologi layar sentuh yang membuat produknya mudah dioperasikan.

Scanner terbaik ini juga sudah mengusung konsep wireless dengan fitur tambahan seperti Wifi. Dengan begini, Anda bisa mengoneksikannya dengan beragam perangkat secara mudah.

  • Resolusi: 1200 dpi.
  • Kecepatan: 18 ppm.
  • Sumber daya: AC adaptor.
  • Ukuran dokumen: panjang 70 sampai 863 mm, lebar 51 sampai 215,9 mm.
  • Tipe: ADF.

Harganya sekitar 4 sampai 7 jutaan rupiah.

11. Harga scanner 500 ribuan, bisa langsung simpan ke microSD: iScan 01 Full Color High Speed LCD Screen Portable Scanner

iScan 01 Full Color High Speed LCD Screen Portable Scanner

Meski murah, iScan memiliki resolusi yang sangat bagus, yakni 900 dpi. Menariknya lagi, Anda bisa langsung menyimpan hasil scan-nya ke micro SD karena di bodinya tersedia slot memori up to 32 GB.

Format file yang dihasilkan dari iScan adlah pdf dan JPEG. Anda tinggal menyesuaikannya saja dengan kebutuhan.

  • Resolusi: 900 dpi.
  • Sumber daya: built in 700 mAh Lipo battery.
  • Ukuran dokumen: panjang antara 89 sampai 148 cm, lebar 212 mm.

Harga produknya 500 ribuan di marketplace.

12. Merk scanner terbaik bisa langsung sharing file dan harga 800 ribuan: Canon Lide 120 Flatbed Scanner

Canon Lide 120 Flatbed Scanner

Produk ini memiliki resolusi yang tinggi, sampai 4.800 dpi. Pemindaian dengan warna tajam dan berkualitas menjadi salah satu keunggulan Canon Lide 120 Flatbed scanner ini. Harganya juga ekonomis sehingga banyak yang suka.

  • Resolusi: 4800 dpi.
  • Kecepatan: tergantung dpi.
  • Ukuran kertas: A4 atau letter, 216 x 297 mm.
  • Sumber daya: via USB port.
  • Tipe: flatbed.

Harga produknya sekitar 800 ribuan di beberapa marketplace. Tapi, ada juga yang menjual 1 jutaan.

Itulah beberapa ulasan mengenai scanner terbaik yang bisa Anda pilih untuk diboyong ke rumah. Selamat memilihnya sesuai kebutuhan.

Tagged in:
,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles