Cari merek printer terbaik untuk kantor atau keperluan pribadi tetap harus mempertimbangkan spesifikasi dan tingkat keawetannya.

 

Selain spesifikasinya harus sesuai dengan kebutuhan secara lengkap, Anda juga harus memilih produk yang tahan lama agar bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Pasalnya, masalah yang paling sering dialami oleh pemilik printer adalah kerusakan kecil yang berakibat besar sehingga sang pemilik harus membeli yang baru.

Dari pada hal semacam ini terjadi, lebih baik dari awal Anda melakukan cara memilih printer berkualitas dengan benar.

Kali ini, kami akan membahas beberapa langkah untuk melakukan seleksi printer secara tepat sekaligus memberikan rekomendasi produk yang awet dan terbaik.

Panduan dan cara memilih printer terbaik

Panduan dan cara memilih printer terbaik

Dalam memilih printer, Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin penting, di antaranya adalah:

Tentukan tujuan penggunaan dengan jelas

Hal pertama yang perlu Anda tentukan adalah tujuan pemakaiannya. Apakah untuk pemakaian pribadi, misalnya untuk mencetak tugas kuliah. Untuk pemakaian kantor yang digunakan secara umum bersama karyawan lainnya. Atau, untuk bisnis atau membuka jasa cetak.

Tujuan pemakaian ini nantinya akan mempengaruhi spesifikasi, tingkat ketahanan, hingga anggaran yang perlu disiapkan.

Memilih produk berdasarkan fungsi utama yang dimilikinya

Saat melakukan pembelian, tanyakan dulu fitur utama yang dimiliki produknya kepada penjual. Atau, Anda juga bisa mengecek langsung spesifikasinya secara online.

Selanjutnya, jadikan fitur ini sebagai fungsi utama yang kemudian dapat disesuaikan dengan tujuan pemakaian produk.

Agar lebih jelas, berikut ini beberapa fungsi utama yang dimiliki oleh sebuah printer:

Print yang simpel dengan fungsi untuk mencetak saja

Jenis ini merupakan yang paling banyak peminatnya karena selain harganya murah, dia juga mewakili fungsi sederhana dari sebuah printer, yakni untuk mencetak dokumen.

Selain harganya yang terjangkau, bentuknya juga lebih ramping dan ringan sehingga lebih fleksibel dalam hal penempatan di ruangan.

Print foto khusus untuk cetak foto, bahkan bisa langsung dari HP

Apabila Anda membuka jasa cetak foto atau bisnis semacamnya, maka membeli printer terbaik dengan fungsi utama untuk cetak foto adalah pilihan yang pas.

Dengan begini, Anda bisa melayani pelanggan yang datang membawa file foto. Pilihlah printer yang kualitasnya terbaik agar gambar yang dicetak sesuai dengan sumber fotonya.

Jadi, Anda bisa melakukan cetak dari kamera mirrorless bahkan DSLR dengan lebih percaya diri. Pelanggan pun tidak akan merasa dikecewakan karena hasilnya sesuai harapan mereka.

Akan sangat baik jika Anda memilih printer yang bisa cetak langsung dari smartphone. Pasalnya, sekarang ada banyak pengguna HP yang ingin langsung mencetak foto mereka.

Printer multifungsi (cetak, copy, scan, hingga fax)

Jenis ini biasanya lebih sering ditemui di kantor, sekolah, atau lembaga-lembaga tertentu. Satu alat, tapi bisa dipakai untuk banyak hal.

Yang perlu menjadi perhatian, ukuran printer-nya umumnya besar dengan harga yang cenderung lebih mahal juga.

Pilih printer berdasarkan metode pencetakannya

Ada dua metode cetak pada printer, yakni laser dan inkjet. Kenali keduanya untuk mempermudah pemilihan produk.

Print laser untuk mencetak dalam jumlah banyak

Apabila Anda sering menetak mencetak dokumen dalam jumlah besar, maka printer laser adalah pilihan yang paling direkomendasikan.

Metode pencetakan ini biasanya diterapkan di kantor-kantor, lembaga, bisnis cetak dokumen, atau yang lainnya. Dalam sehari, jumlah dokumen yang dicetak bisa menjadi ratusan bahkan ribuan halaman. Artinya, printer yang dipilih harus memiliki ketahanan yang baik karena terus beroperasi.

Print inkjet untuk fokus pada pencetakan foto atau gambar

Printer jenis ini memiliki kemampuan baik dalam mencetak foto dan gambar. Namun, perlu diingat bahwa mereka juga bisa dipakai untuk mencetak dokumen.

Harga produk ini biasanya lebih murah dengan dimensi yang lebih kecil sehingga cocok dipakai untuk perorangan atau pemakaian rumahan.

Kenali jenis cartridge-nya

Cartridge merupakan komponen terpenting dari printer, Anda harus mengenalinya saat melakukan pembelian.

Split inkjet yang lebih hemat

Sesuai dengan namanya, cartridge ini memiliki tinta yang terpisah. Saat salah satu tintanya habis, Anda harus mengganti unit tintanya secara langsung.

Pemakaian split inkjet ini tergolong hemat karena penggantian hanya diperlukan pada salah satu tinta yang habis. Tidak langsung semuanya.

Namun, pemasangan harus dilakukan secara hati-hati. Bila sampai tertukar posisinya, maka Anda harus membersihkan printer sampai benar-benar bersih. Terlebih lagi, pemasangan tintanya juga cukup memakan waktu.

Integrated inkjet yang mudah diganti

Sesuai namanya, cartridge ini memiliki tinta yang menyatu. Salah satu cartridge-nya berisi 5-6 warna berbeda sementara yang lain adalah tinta hitam.

Apabila ada satu warna yang habis, maka penggantian harus dilakukan secara menyeluruh. Hal ini jelas tergolong tidak hemat apalagi jika printer-nya digunakan dalam jangka waktu lama.

Toner khusus buat versi laser

Toner merupakan sebutan khusus buat cartridge yang dipakai pada printer laser. Satu toner bisa dipakai untuk mencetak dalam jumlah besar. Jadi, bila dihitung secara menyeluruh, pemakaian toner ini cukup hemat.

Pilih jenis tinta sesuai kebutuhannya

Jenis tinta yang digunakan pada masing-masing printer memiliki jenis yang berbeda. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

Untuk foto dan gambar, pilih tinta dye

Jika Anda sering menggunakan printernya untuk mencetak gambar atau foto, maka pilihan tinta terbaiknya adalah jenis dye.

Tinta ini memiliki karakteristik yang cerah dan hasilnya bisa glossy sehingga sangat bagus untuk gambar. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa jenis ini sangat rentan terhadap air. Dia mudah sekali luntur, bahkan saat hanya terkena sedikit percikan air.

Maka dari itu, sebaiknya pemakaian tinta dye ini dilakukan secara hati-hati.

Untuk cetak dokumen, pilih tinta pigment

Tinta pigment memiliki karakteristik unik, yakni tidak mudah tembus di kertas. Artinya, bila Anda mau mencetak dokumen dalam jumlah banyak, jenis inilah yang paling disarankan.

Dengan memilih tinta pigment, huruf dan kata yang tercetak tidak akan saling tumpang tindih. Tetap bisa terbaca dengan jelas meskipun Anda mencetak dokumennya bolak-balik.

Pertimbangkan untuk memilih produk dengan konektivitas lengkap

Konektivitas bisa meningkatkan akses pencetakan, baik itu foto maupun dokumen. Nah, agar semuanya makin mudah dilakukan, silakan pilih produk yang memiliki konektivitas secara lengkap, misalnya koneksi wifi atau USB.

Dengan adanya fitur semacam ini, proses cetak bisa dilakukan secara nirkabel dari perangkat apa saja. Termasuk dari smartphone.

Cek fitur tambahan sebagai poin ekstra

Agar makin yakin membeli, cek fitur tambahan yang menjadi poin ekstra dari produk tersebut. Berikut ini beberapa contoh fitur tambahan pada printer terbaik:

  • Print langsung dari kartu SD.
  • Cetak label CD.
  • Kontrol lewat smartphone atau HP.

Masih banyak contoh fitur tambahan lainnya. Silakan kenali produk dan keunikan masing-masing.

Coba kenali karakteristik printer yang dikeluarkan masing-masing brand

Masing-masing merek memiliki karakter sendiri-sendiri. Silakan kenali karakter tersebut, berikut ini contohnya:

  • Epson seri Colorio yang cocok buat cetak massal.
  • Brother yang sangat terkenal dengan versi lasernya.
  • Canon yang dikenal baik dalam cetak foto dan gambarnya.

Masih banyak karakteristik produk lain yang perlu Anda tahu. Baiknya, kumpulkan info sebelum membeli.

12 Rekomendasi Printer Terbaik untuk Segala Kebutuhan

Berikut ini beberapa produk yang dapat kami rekomendasikan:

1. Ada fitur one touch printing dan sistem keamanan canggih: HP Color LaserJet Pro MFP M277dw

HP Color LaserJet Pro MFP M277dw

Hp color laserjet pro MFP dibekali dengan panel touch screen yang bisa dipakai untuk mengatur kata sandi. Jadi, Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa menggunakan printernya.

  • Metode pencetakan: laser.
  • Fungsi: scan, fax, cetak, dan fotokopi.
  • Cartridge: toner.
  • Jenis tinta: –
  • Wifi: ada.
  • Fitur tambahan: ADF, cetak via USB, wireless direct printing, mobile apps, dll.

Harga produknya adalah sekitar 5,7 jutaan rupiah.

2. Cetak 24 lembar per menit, dimensinya tak menghabiskan ruang: Panasonic Multi-Function Laser

Panasonic Multi Function Laser

Printer terbaik dari Panasonic ini sangat cocok untuk pemakaian di kantor dan di rumah. Dia bisa mencetak dokumen A4 sebanyak 24 lembar hanya dalam 1 menit. Selain itu, desainnya juga sangat kompak sehingga tidak akan menghabiskan ruang di tempat Anda.

  • Metode pencetakan: laser.
  • Fungsi: scan, fax, cetak, fotokopi.
  • Cartridge: toner.
  • Jenis tinta: –
  • Wifi: ada.
  • Fitur tambahan: cetak via USB, cetak bolak balik, ADF.

Harga produknya sekitar 2,8 jutaan saja.

3. Cetak bolak-balik sekali print: Fuji Xerox Docuprint CP315dw

Fuji Xerox Docuprint CP315dw

Jika biasanya pencetakan bolak balik harus dilakukan dua kali, tidak demikian dengan Fuji Xerox Docuprint ini. Hal ini membuat waktu cetaknya lebih singkat dan praktis. Terlebih, resolusi gambar yang dihasilkan juga besar sehingga cocok buat foto atau gambar.

  • Metode pencetakan: laser.
  • Fungsi: cetak.
  • Cartridge: toner.
  • Jenis tinta: –
  • Wifi: ada.
  • Fitur tambahan: USB, Google Cloud Print, NFC, dll.s

Harga FujiXerox ini mulai dari 9,8 jutaan di marketplace.

4. Cepat dalam pencetakan foto dengan cara simpel: Canon Selphy CP1200

Canon Selphy CP1200

Sesuai namanya, Canon Selphy ini menjawab kebutuhan Anda untuk cetak foto dari mana saja dan kapan saja. Tersedia juga fitur cropping untuk menghilangkan bagian foto yang tidak diinginkan.

  • Metode pencetakan: Inkjet.
  • Fungsi: cetak foto.
  • Cartridge: integrated.
  • Jenis tinta: dye.
  • Wifi: ada.
  • Fitur tambahan: USB, slot kartu SD, cropping, dan intelligent correction.

Anda bisa membeli produknya mulai dari 1,4 jutaan saja.

5. Ada fitur My Image Garden untuk edit foto dan dokumen: Canon PIXMA MG2570S

Canon PIXMA MG2570S

My Image Garden yang ada di Canon PIXMA satu ini bisa dimanfaatkan sebagai fitur editing foto sebelum cetak. Anda bisa membuat gambar dalam bentuk kolase, kalender, atau kartu. Tersedia juga efek, teks, hingga 24 background untuk memperindah hasil editnya.

  • Metode pencetakan: InkJet.
  • Fungsi: fotokopi, scan, print.
  • Cartridge: integrated.
  • Jenis tinta: pigment, dye.
  • Wifi: ada.
  • Fitur tambahan: USB.

Produk keren ini hanya dibanderol 740 ribuan rupiah saja.

6. Multifungsi dan hemat energi: HP DeskJet Ink Advantage 2135 All- in-One Printer

HP DeskJet Ink Advantage 2135 All in One Printer

Dalam kondisi non aktif, HP deksjet ink advantage 2135 all in one ini hanya menyerap daya 0,2 watt saja. Sementara saat aktif dipakai, dia membutuhkan sekitar 10 watt. Sangat efisien dalam pemakaian listrik.

Fungsinya juga sangat banyak. Mulai dari scan, cetak, hingga fotokopi.

  • Metode pencetakan: inkjet.
  • Fungsi: cetaj, scan, fotokopi.
  • Cartridge: integrated.
  • Jenis tinta: pigment, dye.
  • Wifi: tidak ada.
  • Fitur tambahan: USB.

Harga produknya sangat murah, hanya sekitar 500 ribuan saja.

7. Hasil cetak berkualitas, print foto 4R tanpa border: Epson EcoTank L3110 All in One InTank Printer

Epson EcoTank L3110 All in One Ink Tank Printer

Satu set tintanya bisa menghasilkan 7.500 lembar. Sementara tinta hitamnya bisa produksi sampai 4.500 lembar. Hal ini membuat Epson Ecotank L3110 jadi printer terbaik yang sangat hemat.

Kerennya lagi, dia bisa mencetak dokumen dan foto dengan hasil terbaik. Bahkan, untuk mencetak foto 4R, tidak ada border yang akan terlihat.

  • Metode pencetakan: inkjet.
  • Fungsi: cetak, scan, fotokopi.
  • Cartridge: split.
  • Jenis tinta: dye.
  • Wifi: tidak ada.
  • Fitur tambahan: USB.

Harga produknya sekitar 1,9 jutaan saja.

8. Harga terjangkau, performa mantap: HP DeskJet 1010

HP DeskJet 1010

Produk ini cocok sekali buat mahasiswa karena harganya yang sangat terjangkau tapi performanya mantap. Kecepatan pencetakannya bisa diandalkan. Saat mencetak dokumen hitam putih, kecepatannya sekitar 20 ppm. Sedangkan untuk cetak warna, kecepatannya sekitar 16 ppm.

Meski begitu, pemakaian HP deskjet ini harus diawasi dengan baik. Dalam sebulan, aktivitas printing yang sebaiknya dilakukan maksimal 1.000 lembar.

  • Metode pencetakan: inkjet.
  • Fungsi: print.
  • Cartridge: –
  • Jenis tinta: –
  • Wifi: tidak ada.
  • Fitur tambahan: USB.

Harganya hanya sekitar 400 ribuan rupiah saja.

9. Kinerja printer yang efisien: Brother DCP-T310

Brother DCP T310

Bila printer biasa punya input tray di bawah 100, Brother bisa menampung sampai 150. Ukuran kertas di tray pun dapat diatur dengan mudah. Hal ini membuat kinerja printer jadi lebih efisien.

  • Metode pencetakan: inkjet.
  • Fungsi: cetak, scan, fotokopi.
  • Cartridge: split.
  • Jenis tinta: pigment, dye.
  • Wifi: tidak ada.
  • Fitur tambahan: quiet mode dan USB.

Harganya sekitar 2,5 jutaan.

10. Print super cepat, 19 lembar per menit: HP LaserJet Pro M12w

HP LaserJet Pro M12w

Kecepatan cetak produk ini tergolong cepat karena hanya dalam 60 detik, dia bisa mencetak dokumen sebanyak 19 lembar. Sangat cocok buat Anda yang sering butuh dokumen dalam waktu mendesak dan cepat.

  • Metode pencetakan: laser.
  • Fungsi: cetak.
  • Cartridge: toner.
  • Jenis tinta: –
  • Wifi: ada.
  • Fitur tambahan: USB.

Dengan uang 1,5 jutaan, Anda bisa membawa pulang HP laserjet ini.

11. Tak perlu ganti cartridge: Epson L120 Ink Tank Printer

Epson L120 Ink Tank Printer

Cartridge produk ini bisa diisi ulang. Itulah mengapa Anda tidak perlu menggantinya. Terlebih, Epson L120 ini juga dapat mencetak 4.000 lembar (tinta hitam) dan 6.500 lembar (kombinasi 3 warna lainnya).

  • Metode pencetakan: inkjet.
  • Fungsi: cetak.
  • Cartridge: split.
  • Jenis tinta: dye.
  • Wifi: tidak ada.
  • Fitur tambahan: USB.

Uang 1,5 jutaan bisa dipakai untuk membeli printer terbaik Epson ini.

12. Bisa kirim file langsung dari android atau iOS: Canon imageClass LBP6030w Printer Laser

Canon imageClass LBP6030w Printer Laser

Hemat listrik dan ramah lingkungan, itulah dua kekuatan dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki Canon imageClass LBP6030w. Menariknya lagi, produk ini bisa terhubung ke perangkat android dan iOS sehingga memudahkan pencetakan dokumen yang tersimpan di kedua perangkat tersebut.

  • Metode pencetakan: laser.
  • Fungsi: print.
  • Cartridge: –
  • Jenis tinta: –
  • Wifi: ada
  • Fitur tambahan: USB.

Produk yang punya mode tidur dan konsep mati otomatis ini dibanderol dengan harga mulai 1,4 jutaan.

Demikian info tentang cara memilih merek printer terbaik sekaligus beberapa rekomendasi produknya. Sangat bijak bila Anda membeli produknya dengan terlebih dulu mengetahui kebutuhan pribadi secara mendetail.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles