Cari router wifi terbaik buat di rumah atau cafe? Mudah! Anda hanya perlu memilihnya dengan cermat sehingga produknya pas dengan kebutuhan.

 

Dengan menemukan produk terbaik, segala keperluan Anda bisa tercukupi dengan sempurna. Mau digunakan untuk WFH, sekolah daring, gaming, atau yang lain. Koneksinya tetap akan lancar jaya dan tidak terputus sama sekali.

Kami akan membahas cara memilih produknya dalam artikel ini. Buat referensi, Anda juga akan mendapatkan info soal rekomendasi produk berikut harganya.

Cara memilih router Wifi terbaik

Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari perangkat ini adalah memastikan seluruh perangkat di dalam rumah atau ruangan bisa memperoleh sinyal wifi sehingga koneksi internetnya lancar.

Cara memilih router Wifi terbaik

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dijadikan panduan dalam memilih wireless router terbaik:

Ketahui kecepatan Wifi

Poin yang paling penting dari wifi adalah kecepatannya. Pasalnya, dari sinilah kecepatan koneksi internet yang cepat dan stabil bisa dipastikan.

Maka dari itu, Anda harus mengecek bagaimana kecepatan wireless-nya yang selanjutnya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pada umumnya, router memiliki kecepatan sekitar 350 sampai 1900 Mbps. Tapi, ada juga yang lebih dari itu.

Silakan diskusikan dengan penyedia jasa atau jaringan untuk menemukan router yang paling sesuai. Tak hanya itu, Anda juga harus pastikan bahwa peletakan router-nya tepat sehingga sinyalnya bisa dimaksimalkan dengan baik.

Peletakan yang salah bisa berimbas pada lambatnya koneksi jaringan atau membuat koneksinya jadi tidak stabil.

Periksa keamanannya

Fitur keamanan merupakan komponen penting untuk dipertimbangkan. Pasalnya, tidak semua orang mau wifi-nya digunakan secara umum atau jika memang boleh, pun ada sandi atau syaratnya.

Terlebih lagi, fitur keamanan juga akan memastikan bawah koneksinya tidak akan terganggu di tengah jalan.

Beberapa sistem keamanan yang dimiliki oleh router wifi terbaik adalah WEP, WPA, dan WPA2. Nah, dari ketiganya, WPA2 adalah yang tergolong paling aman. Oleh karena itu, saran kami pilihlah sistem keamanan ini saat melakukan pembelian.

Di samping itu, cek juga parental control yang ditawarkan. Khususnya bila ada anak-anak yang turut mengakses wifi-nya. Parental control ini akan membantu memblokir IP yang tidak pantas dibuka oleh anak-anak.

Cek port USB yang tersedia

Tidak semua router punya port USB yang memungkinnya untuk terhubung dengan komputer atau laptop dengan mudah. Meski begitu, Anda perlu mencari perangkat yang memiliki port semacam ini.

Cek port USB yang tersedia

Dengan dukungan port USB, fasilitas yang akan Anda dapatkan dari perangkatnya pun makin banyak. Pastikan bahwa port USB router dapat membaca USB penyimpan data, juga bisa bertindak sebagai NAS atau Network Attached Storage.

Pilih teknologi dual band atau tri band

Secara sederhana, dual band diartikan sebagai sebuah sistem teknologi yang memakai dual radio. Di mana salah satunya beroperasi di kecepatan 2,4 GHz, sementara yang lain beroperasi di kecepatan 5,0 GHz. Biar mudah dipahami, dual band ini bekerja layaknya HP yang punya dual SIM.

Teknologi ini sangat mendukung berbagai aktivitas di internet. Sebut saja game online, streaming, hingga transfer data.

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih teknologi tri band karena koneksinya diklaim lebih stabil dan cepat.

Teknologi tri band menggunakan tripel radio. Yang pertama beroperasi pada kecepatan 2,4 GHz sementara dua lainnya beroperasi di 5 GHz.

Cek antena dan posisinya

Keberadaan antena memiliki peran yang penting dalam memanfaatkan jaringan wifi. Dengan adanya antena eksternal, koneksinya bisa mencapai ke seluruh ruangan. Jaringannya pun stabil tanpa takut terhalang oleh tembok atau semacamnya.

Apabila di spesifikasi router-nya dijelaskan bahwa perangkatnya memiliki antena internal, maka perlu diketahui bahwa antena ini tidak terlalu berpengaruh sebagaimana yang eksternal.

Cek Quality of Service-nya

Quality of service bisa memastikan bagaimana kualitas produk secara menyeluruh. Apabila sudah lolos QoS, maka jelas produknya bisa memberikan kemampuannya secara optimal.

Tidak hanya soal kecepatan saja, tetapi juga saat dibutuhkan dalam mengakses sesuatu dengan bandwith besar.

Dengan kualitas yang mumpuni, jelas kemampuan router bisa dimaksimalkan dengan baik oleh penggunanya.

Periksa dukungan software-nya

Cek betul-betul bagaimana dukungan software yang ada di dalam perangkatnya. Jangan sampai sulit dipahami dan dioperasikan.

Apabila yang terjadi demikian, maka Anda perlu memahami dulu istilah-istilah yang digunakan pada software-nya. Jelas, ini akan sangat membutuhkan waktu dan cukup menyulitkan.

Yang menarik, banyak router wifi terbaik yang kini sudah menggunakan software yang mudah dipahami oleh penggunanya. Jadi, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya.

Memilih network dengan tepat

Anda perlu tahu bagaimana teknologi dan network wifi bekerja. Pada router yang ada saat ini, ada 802.11n yang telah menjadi standar dan umum dipakai. Selain itu, ada juga yang masih menggunakan versi lama, yakni 802.11ac.

Ketahui teknologi terbaru yang muncul. Kemudian, sebagai pengguna sebaiknya Anda memilih teknologi terbaru tersebut agar bisa kompatibel dengan produk terbaru juga. Dengan begitu, produknya bisa digunakan secara maksimal.

Namun, perlu diketahui bahwa teknologi terbaru biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan versi lama. Jadi, bila memang budget-nya hanya cukup untuk membeli router yang berteknologi lawas, tak ada salahnya juga memilihnya.

Pertimbangkan desain terbaik

Desain juga perlu dijadikan pertimbangan saat memilih router wifi terbaik. Sebaiknya, pilihlah desain yang kompak dan minimalis sehingga mudah diletakkan atau diatur tata letaknya.

Pertimbangkan desain terbaik

Dengan desain yang kompak dan minimalis, Anda bisa memilih mau meletakkannya secara mendatar maupun menempelkannya langsung di dinding.

Keberadaan kabel juga perlu dipertimbangkan sebab bila tidak akan terlihat kusut dan tidak rapi. Tentu saja, ini akan merusak pemandangan ruangan Anda.

Sesuaikan dengan budget

Setiap membeli sesuatu, anggaran adalah yang utama. Jangan hanya fokus pada spesifikasinya tanpa mempertimbangkan kemampuan keuangan.

Bila hanya fokus pada spesifikasi dan keperluan, maka kadang seseorang bisa tamak ingin ini dan itu. Kalau seperti ini kondisinya, maka uang yang seharusnya bisa lebih dihemat jadi terpakai semua hanya untuk modem wifi.

Padahal, ada kemungkinan Anda bisa memperoleh produk yang lebih murah dengan spesifikasi yang lebih pas dengan kebutuhan tanpa harus dilebih-lebihkan.

Selain mempertimbangkan anggaran yang sudah Anda tentukan sendiri, saat membeli Anda juga harus tetap netral dengan tidak terlalu tergiur dengan promo yang ditawarkan oleh penjual.

Promo ini kadang memang membuat harga produk jadi lebih murah, tapi spesifikasinya belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetap cermat dan teliti sebelum membeli.

Rekomendasi merek router wifi terbaik dan harganya

Berikut ini beberapa produk yang dapat kami rekomendasikan kepada Anda:

1. Router minim lag untuk kinerja yang lebih baik: TP-Link AX1500 Wi-Fi 6 Router

Router TP Link AX1500 Wi Fi 6 Router

Router ini dilengkapi dengan CPU triple core 1,5 GHz yang sangat andal dalam transfer data dan bisa meminimalkan lag. Dengan alat ini, Anda bisa melakukan video conference tanpa putus.

  • Jumlah aliran: 4×4.
  • Tipe antena: eksternal.
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: 11ax (wifi6)
  • Kecepatan internet: Up to 1000 Mbps.

Harga produknya sekitar 1,1 jutaan di marketplace.

2. Bisa atur perangkat gaming sebagai prioritas untuk speed maksimal: Linksys Mesh Wifi Router, AC2200, MU-MIMO

Linksys Mesh Wifi Router AC2200 MU MIMO

Di dalam router wifi terbaik dari LinkSys ini terdapat fitur Gaming Device Prioritization yang bisa dipakai untuk memberikan koneksi prioritas saat Anda memainkan game online. Untuk itu, produk ini cocok buat para gamers.

Perangkatnya juga mudah diatur dan dipasang sehingga akan memudahkan penggunanya.

  • Jumlah aliran: 4×4
  • Tipe antena: eksternal.
  • Jumlah band: tri-band
  • Standar komunikasi: 11ax wifi5.
  • Kecepatan internet: Up to 2,2 Gbps

Harga produknya mulai dari 2,7 jutaan di marketplace.

3. Koneksi stabil dan bisa tersambung ke 128 perangkat: Xiaomi Wireless Router

Xiaomi Wireless Router

Xiaomi wireless router ini memiliki desain yang sangat unik dan berbeda dengan produk lainnya. Bodinya vertikal tak seperti yang lain yang horizontal.

Di dalamnya terdapat OFDMA atau orthogonal frequency division multiple access yang bisa memberikan koneksi secara stabil meskipun terhubung ke 128 perangkat secara bersamaan.

  • Jumlah aliran: 2×2.
  • Tipe antena: built-in.
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: 11ax wifi 6.
  • Kecepatan internet: Up to 1775 Mbps.

Untuk membelinya, silakan sediakan uang sebanyak 700 ribuan.

4. Bisa kontrol jaringan melalui aplikasi dari mana saja: ASUS RT-AC59U V2

ASUS RT AC59U V2

Jika membeli router wifi terbaik ini, Anda dapat mengunduh aplikasi ASUS router yang bisa dipakai untuk mengontrol jaringan wifi-nya dari mana saja.

  • Jumlah aliran: 4×4.
  • Tipe antena: eksternal.
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: 11ac wifi 5.
  • Kecepatan internet: up to 600 Mbps (2,4 GHz) dan 867 Mbps (5 GHz).

Harga ASUS RT-AC59U V2 mulai dari 700 ribuan.

5. Modem wifi terbaik yang profesional buat kantor: NetGear AC1600 R6260

Modem NetGear AC1600 R6260

Jangkauannya luas dengan jaringan berkecepatan tinggi. Desainnya juga bagus, nyaman, dan bisa menghemat banyak ruang. Selain cocok buat pemakaian kantor, NetGear AC1600 R6260 ini juga cocok buat streaming video atau game.

Khusus buat gaming, router-nya bisa terhubung dengan 20 perangkat secara optimal. Jangkauannya mencapai 148 meter persegi.

  • Jumlah aliran: tidak ada info.
  • Tipe antena: eksternal.
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: tidak ada info.
  • Kecepatan internet: 1,6 Gbps

Apabila Anda mencari router untuk keperluan kantor dan digunakan secara profesional secara bersama-sama, maka silakan sediakan dana sekitar 1,5 sampai 2,5 jutaan rupiah.

6. Hemat daya dan sinyalnya kuat: Tenda AC1200 Smart Dual-Band Wifi Router

Tenda AC1200 Smart Dual Band Wifi Router

Performanya sangat stabil dengan sinyal yang kuat. Selain itu, dia juga memiliki 4 antena yang didukung oleh multi-oscillator radiation technology. Dengan teknologi ini, Tenda bisa memancarkan sinyal di seluruh bagian rumah dengan lancar.

  • Jumlah aliran: 4×4.
  • Tipe antena: eksternal.
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: 11ac wifi 5.
  • Kecepatan internet: up to 1.167 Mbps.

Produknya dijual mulai dari 350 ribuan.

7. Bisa prioritaskan jaringan ke 5 GHz: PROLink Wireless AC1200 Dual-Band Gigabit Router

PROLink Wireless AC1200 Dual Band GIgabit Router

PROLink menyematkan fitur band steering pada perangkat satu ini. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa memilih smart device yang diprioritaskan ke 5 GHz. Koneksinya juga nyaris tidak punya hambatan sehingga sangat recommended.

  • Jumlah aliran: 4×4.
  • Tipe antena: eksternal.
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: 11 ac wifi 5.
  • Kecepatan internet: up to 1.200 Mbps.

Untuk membelinya, anggaran Anda harus 900 ribuan.

8. Bisa buat banyak user dan koneksi perangkat lain: Huawei B311 Wireless Home Router

Router WIFI Huawei B311 Wireless Home Router

Produk ini cocok buat pemakaian di rumah, kantor rumahan, hingga pemakaian bisnis kecil. Desainnya sangat sederhana sehingga mudah dalam tata kelola letak.

Yang menarik, Huawei B311 ini sudah dilengkapi dengan fitur baru seperti guest Wifi dan VPN. Jaringannya juga lengkap dengan tampilan dasbor yang menarik dan segar.

Pancaran wirelessnya bisa digunakan oleh 32 perangkat. Mulai dari laptop, ponsel, tablet, komputer, hingga tandem dengan kamera CCTV terbaik.

  • Jumlah aliran: tidak ada info.
  • Tipe antena: built-in
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: 11b/g/n
  • Kecepatan internet: up to 300 Mbps.

Harga router wifi terbaik ini adalah sekitar 850 ribuan.

9. Sinyal kuat dan akses cepat, cocok buat kantor skala kecil atau rumah lantai dua: D-Link AC1200 MU-MIMO Wi-Fi Mesh Gigabit Router

D Link AC1200 MU MIMO Wi Fi Mesh Gigabit Router

Router ini dibekali dengan teknologi yang bisa memancarkan sinyal kuat pada jangkauan yang luas. Untuk itu, dia sangat cocok buat pemakaian kantor kecil, home office, hingga rumah dua lantai.

  • Jumlah aliran: 4×4.
  • Tipe antena: eksternal.
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: 11 ac wifi 5.
  • Kecepatan internet: up to 1200 Mbps.

Anggaran yang harus disiapkan untuk membeli D-Link ini adalah sekitar 950 ribuan.

10. Bisa atur empat mode sesuai kebutuhan: TOTOLINK AC1200 Wireless Dual Band Router

TOTOLINK AC1200 Wireless Dual Band Router

Terdapat 4 mode yang dapat Anda manfaatkan, yakni bridge, gateway, WISP, dan repeater. Dengan keempatnya, router wifi terbaik ini menjadi salah satu produk yang multifungsi.

  • Jumlah aliran: 4×4.
  • Tipe antena: built-in.
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: 11 ac wifi 5
  • Kecepatan internet: up to 1167 Mbps.

Harga Totolink AC1200 ini cukup murah, yakni mulai dari 280 ribuan saja.

11. Mudah terhubung dan diatur: Linksys Dual-band AC1200 Wifi 5 Router

Linksys Dual band AC1200 Wifi 5 Router

Linksys mengeluarkan produk yang sangat simpel sehingga mudah diatur, dipasang, hingga dihubungkan. Jika Anda masih pemula dan menghendaki kemudahan serta kepraktisan, ini adalah salah satu perangkat yang pas.

  • Jumlah aliran: 4×4.
  • Tipe antena: built-in.
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: 11ac (wifi 5).
  • Kecepatan internet: 866 Mbps dan 300 Mbps.

Produknya dibanderol mulai dari 750 ribuan.

12. Parental control lengkap untuk batasi akses anak-anak: TOTOLINK AC2600 Wireless Dual-Band Gigabit Router

TOTOLINK AC2600 Wireless Dual Band Gigabit Router

Jika Anda menghendaki perangkat yang mampu memberikan keamanan lebih buat para pengguna, khususnya anak-anak, maka Totolink AC2600 ini adalah pilihan yang pas.

Di dalamnya sudah ada parental control yang bisa membatasi dan memblokir akses ke hal-hal yang tidak penting dan tidak seharusnya diperlihatkan kepada anak-anak. Bahkan, Anda bisa mengatur jam penggunaan internet bila memakai Totolink AC2600 ini.

  • Jumlah aliran: 8×8.
  • Tipe antena: eksternal.
  • Jumlah band: dual-band.
  • Standar komunikasi: 11ac wifi 5.
  • Kecepatan internet: up to 2532 Mbps.

Dengan kecepatan seperti yang ditulis di atas, koneksi perangkatnya juga sangat stabil. Harganya sekitar 2,1 jutaan.

Itulah beberapa pilihan router wifi terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Pastikan untuk memilihnya berdasarkan kepentingan dan keperluan masing-masing secara bijak.

 
Tagged in:
, , ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles