Sinyal suka hilang saat benar-benar dibutuhkan? Mungkin kini saatnya Anda mencoba alat penguat sinyal HP terbaik di rumah atau di tempat kerja.

 

Dengan begitu, koneksi internet yang ada di smartphone android hingga iPhone bisa berjalan dengan baik dan memberikan kualitasnya secara maksimal.

Di Indonesia, ketersediaan produk alat yang bisa menguatkan sinyal HP ini lumayan banyak. Hadir dengan berbagai merek yang diklaim bagus dan memiliki spesifikasi terbaik.

Namun begitu, sebagai pembeli Anda tetap harus memilih produknya dengan teliti supaya sesuai dengan kebutuhan.

Pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan mengenai beberapa alatnya sekaligus cara memilihnya. Untuk itu, selamat membacanya sampai selesai sebelum Anda membeli produk, baik secara online maupun offline.

Cara memilih alat penguat sinyal HP terbaik

Untuk mendapatkan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, yang perlu dilakukan jelas mengenali spesifikasi produknya kemudian menyesuaikan dengan apa yang menjadi kendala dan kebutuhan Anda.

Cara memilih alat penguat sinyal HP terbaik

Dalam mengenali spesifikasi alat ini, ada beberapa poin yang perlu dijadikan highlight utama. Mulai dari frekuensi, material, cakupan alatnya, dan lain-lain.

Lebih detail, berikut ini beberapa poin spesifikasi yang perlu Anda cek dengan seksama sebelum membeli alatnya sebagai poin pertimbangan utama:

Cek frekuensi range-nya

Poin yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan pertama adalah frekuensi range. Biasanya frekuensi range ini ditulis dalam satuan Hertz dengan nominal uplink dan downlink yang berbeda.

Nilai uplink dan downlink-nya sendiri berupa range yang menggambarkan bagaimana kinerja alat tersebut. Semakin panjang range yang tersedia, maka biasanya frekuensinya juga semakin luas.

Untuk itu, kekuatannya dalam menangkap sinyal juga diharapkan lebih baik.

Saat membeli, silakan cek dengan seksama nilai frekuensi range ini. Pastikan bawa range-nya luas sehingga bisa memberikan kualitas sinyal yang optimal.

Kompatibilitas provider

Yang tak kalah penting dari frekuensi range adalah kompatibilitas produknya terhadap provider tertentu. Pasalnya, ada alat yang memang dibuat kompatibel dengan seluruh provider, namun ada yang hanya bekerja dengan baik pada provider tertentu.

Kompatibilitas provider

Sebagai contoh, penguat sinyal HP terbaik A bisa dipakai untuk Telkomsel dan Indosat. Sementara alat B bisa dipakai untuk menguatkan sinyal provider Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Silakan cek kompatibilitas provider-nya, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan provider yang sedang digunakan saat ini.

Tak hanya pada perangkat HP Anda saja, melainkan juga provider yang digunakan oleh anggota keluarga lain di rumah atau teman yang ada di kantor.

Dengan begitu, pemanfaatan alatnya bisa berjalan secara maksimal karena dapat dinikmati oleh banyak orang.

Cek material yang digunakan

Masing-masing produk dibuat dengan material yang berbeda. Material ini selain bisa memastikan kualitas sinyalnya baik juga berpengaruh terhadap ketahanannya. Untuk itu, Anda harus mengecek dengan baik cek material produknya.

Sebagian besar alat penguat sinyal smartphone dibuat dari aluminium alloy yang memiliki ketahanan dan performa yang baik.

Yang membedakan antara satu produk dengan yang lainnya biasanya hanya di warna dan dimensi produknya saja. Untuk itu, selain material, silakan cek pula dimensi dan desainnya.

Panjang kabel dan kualitasnya

Kabel juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Bagaimanapun, penguat sinyal ini biasanya dapat digunakan secara indoor, outdoor, dan keduanya. Panjang kabel bisa jadi mempengaruhi performanya.

Biasanya, ukuran standar kabel yang disematkan adalah 10 meter. Namun, kemungkinan masih ada juga alat yang dibekali dengan kabel yang lebih panjang.

Kebutuhan kabel ini bisa disesuaikan dengan kondisi rumah Anda. Kalau memang sekiranya butuh yang lebih panjang, tidak ada salahnya membeli yang panjang.

Namun, perlu diperhatikan juga tingkat keringkasannya. Maksudnya, saat Anda membeli produk dengan kabel panjang, akan lebih baik jika memikirkan bagaimana cara merapikan bagian yang tidak terpakai supaya tetap nyaman dilihat dan nilai estetika dari interior rumah tidak akan terganggu.

Desain dan dimensi

Sebagaimana disampaikan di atas, selain material, poin penting yang harus diperhatikan berikutnya adalah desain dan dimensi produknya. Pastikan bahwa nantinya alat tersebut bisa diletakkan dengan mudah di dalam atau di luar rumah.

Kalau soal dimensi, pilih yang tidak menghabiskan tempat tapi memiliki performa yang baik. Sementara soal desain, silakan disesuaikan saja dengan selera atau kebutuhan ruangan. Semakin cantik justru akan terlihat semakin bagus.

Paket yang ditawarkan

Dalam satu paket produk yang dijual, biasanya ada beberapa item yang berbeda. Ada yang sudah lengkap, ada pula yang masih membutuhkan tambahan.

Untuk mendapatkan alat penguat sinyal HP terbaik, silakan pilih yang paketnya lengkap. Jika Anda membeli secara online, cek spesifikasinya dengan jelas. Apa saja paket yang akan didapatkan.

Apabila Anda membeli secara offline, jangan ragu untuk bertanya kepada penjualnya. Apakah paketnya sudah lengkap sehingga bisa langsung dipasang.

Pertimbangkan fitur kompatibilitas untuk perangkat lainnya

Meskipun yang Anda cari pada awalnya adalah penguat sinyal untuk HP, namun tidak ada salahnya untuk melihat bagaimana kinerja alat tersebut pada alat lainnya.

Pertimbangkan fitur kompatibilitas untuk perangkat lainnya

Pasalnya, sebagian alat ternyata dibuat secara multifungsi dan tidak hanya bisa dipakai pada HP saja. Melainkan bisa juga digunakan pada tablet hingga laptop.

Dengan kompatibilitas yang lebih lengkap seperti ini, pastinya akan memberikan keuntungan tersendiri kepada penggunanya. Terlebih jika Anda sering memakai perangkat-perangkat tersebut untuk bekerja dari rumah.

Saat sewaktu-waktu dibutuhkan, alatnya dapat bekerja secara langsung. Anda tak perlu membeli alat tambahan untuk mewujudkannya.

Harga yang diberikan

Berbicara masalah harga, tidak bisa dipisahkan dengan spesifikasi, paket yang ditawarkan, dan anggaran yang disiapkan.

Sebelum membeli, alangkah baik jika Anda mau mengecek spesifikasi masing-masing produk, kelengkapan paketnya, dan harga yang ditawarkan. Tiga komponen ini secara bersama-sama bisa menentukan apakah alat tersebut dibanderol dengan harga yang pantas atau tidak.

Kalau pun tidak pantas, apakah harganya jadi kemahalan ataukah justru terlalu murah. Harga yang terlalu mahal tentu bisa memberatkan. Namun, jika kemurahan Anda juga patut curiga dengan kualitas produknya.

Bagaimanapun, Indonesia masih menerapkan hukum “ada uang ada barang”, “ada kualitas ada harganya”. Maka dari itu, jangan hanya fokus pada harga murah. Sebaliknya tetap kedepankan keseimbangan antara kualitas dan harganya.

Setelah mengetahui keselarasan kualitas produk dengan harganya, maka selanjutnya Anda juga harus mengecek kemampuan beli dengan menentukan anggaran yang sesuai. Jangan sampai melebihi budget yang sudah disediakan atau kemampuan.

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mau beli alat penguat sinyal HP yang bagus. Kini, memang ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan manfaat serupa di toko aplikasi. Tapi untuk memastikan kualitasnya, tak ada salahnya membeli alat terbaik.

Daftar rekomendasi alat penguat sinyal HP terbaik dan harga terbaru

Setelah membaca soal cara memilihnya, kini saatnya Anda berkenalan dengan beberapa jenis produknya secara langsung.

Kami mengerti bahwa bagi anak teknik, membuat penguat sinyal bukanlah perkara sulit. Namun, apabila Anda menghendaki keringkasan dan produk yang siap jadi, berikut ini beberapa ulasan produk yang bisa dijadikan pilihan:

1. Booster penguat sinyal HP yang murah dan simpel: Stiker Penguat Sinyal HP Generation X Plus

Stiker Penguat Sinyal HP Generation X Plus

Jika Anda memiliki budget yang sangat terbatas, maka stiker ini pilihan yang paling cocok. Anda bisa memasangnya di berbagai perangkat, seperti android, modem, tablet, iOS, dan alat komunikasi lainnya yang sinyalnya bermasalah.

Selain kompatibel dengan berbagai pilihan perangkat, alat ini juga kompatibel dengan berbagai frekuensi GSM, EVDO, WCDMA, CDMA, EDGE, GPRS, dan 3G.

  • Frekuensi: tidak ada info.
  • Panjang kabel: tanpa kabel.
  • Kompatibilitas: lengkap.

Dengan fitur yang memadai sebagaimana disebutkan di atas, alatnya bisa dibeli mulai dari harga 5 ribu sampai 15 ribu rupiah di marketplace.

2. Alat penguat sinyal HP 4G: Penguat sinyal HP internet 4G GSM Telkomsel XL Indosat 1800 MHz

Penguat sinyal HP internet 4G GSM Telkomsel XL Indosat 1800 MHz

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh alat ini adalah desainnya yang ringkas dengan frekuensi yang cukup besar. Selain itu, sinyal yang ditangkap juga sudah 4G, sangat cocok buat Anda yang bermasalah dan tidak bisa mendapatkan jaringan terkuat di Indonesia ini.

Perlu diperhatikan, produk ini sebaiknya digunakan di area perkotaan. Agar sinyalnya optimal, sebaiknya dipasang dulu antena yagi di luar rumah.

Soal provider, alatnya hanya kompatibel dengan kartu GSM. Khusus untuk Telkomsel, XL, dan Indosat. Apa pun perangkatnya, asalkan menggunakan provider tersebut akan cocok dengan alat ini.

  • Frekuensi: uplink 1710 – 1785 MHz, downlink 1805 – 1880 MHz.
  • Panjang kabel: 10 meter.
  • Kompatibilitas: GSM 4G Telkomsel, XL, dan Indosat.

Soal harga, Anda bisa membelinya mulai dari 950 ribu rupiah.

3. Dual band GSM dengan cakupan yang luas: Penguat Sinyal HP High Power 2G & 4G 900 & 1800 MHz

Penguat Sinyal HP High Power 2G 4G 900 1800 MHz

Mencari repeater yang cocok buat modem dengan cakupan yang luas? Alat ini bisa jadi pilihan yang paling tepat. Alatnya tetap bisa dipakai di daerah terpencil dengan cakupan yang diklaim mencapai 1.000 meter persegi.

Tak hanya bisa dipakai untuk kelas rumahan, produknya juga bisa memberikan kualitas maksimal untuk usaha kecil-kecilan. Misalnya berjualan pulsa, PPOB, atau yang lain.

Yang menarik, produknya juga diklaim bisa tetap mendapatkan sinyal di area yang sangat miskin sinyal seperti ruang bawah tanah, gedung tanpa sinyal, area perkebunan, dll.

  • Frekuensi: uplink 89 MHz, downlink 93 MHz.
  • Panjang kabel: 20 meter outdoor, 3 meter indoor
  • Kompatibilitas: GSM.

Harga produk yang bisa menangkap sinyal telepon hingga internet ini adalah sekitar 1,5 juta rupiah.

4. Tangkap sinyal 3G 4G di area terpencil: GSM Repeater 3G/4G Penguat Sinyal All Operator

GSM Repeater 3G4G Penguat Sinyal All Operator

Hampir sama dengan produk sebelumnya, alat ini juga diklaim mampu menangkap sinyal 3G LTE dengan sangat baik di area terpencil. Cakupannya bisa mencapai 1.000 meter persegi di daerah yang sangat miskin sinyal.

Frekuensi range-nya sangat besar sehingga memaksimalkan kinerjanya dalam menangkap sinyal-sinyal yang ada.

  • Frekuensi: uplink 1710 – 1780 atau 1920 – 1990 MHz, downlink 1805 – 1880 / 2110 – 2180 MHz.
  • Panjang kabel: 23 meter, 20 meter outdoor dan 3 meter indoor.
  • Kompatibilitas: GSM all operator.

Modelnya sebenarnya hampir sama dengan alat sebelumnya. Hanya saja versi ini paketnya lebih lengkap dengan tambahan repeater. Tak heran bila harganya sedikit lebih mahal, yakni 1,7 jutaan rupiah.

5. Bisa dipakai pada HP, laptop, hingga tablet untuk navigasi mobil: Antena penerima penguat sinyal GPS untuk ponsel android navigasi mobil

Antena penerima penguat sinyal GPS untuk ponsel android navigasi mobil

Alat ini cocok buat yang hobi traveling. Pasalnya, Anda bisa menggunakannya di mobil untuk menangkap sinyal di area-area baru yang masih tidak terjangkau provider dengan baik.

Alat ini Anda membantu untuk menemukan jalan terbaik karena GPS bisa nyala tanpa gangguan.

  • Frekuensi: tidak ada info.
  • Panjang antena: 5 meter.
  • Kompatibilitas: tidak ada info.

Harganya sekitar 280 ribuan di marketplace.

6. Panjang kabel 15 meter, desain simpel khusus android: Antena Penguat Sinyal HP Android Kabel 15 Meter

Antena Penguat Sinyal HP Android Kabel 15 Meter

Dengan alat ini, perangkat dapat menemukan sinyal dengan cepat tanpa perlu mencari dan menentukan arah terlebih dulu.

Desainnya yang simpel dan mudah digunakan menjadi kelebihan yang patut dipertimbangkan. Selain itu, pemasangannya juga sangat mudah sehingga bisa siap dipakai setelah dibeli.

Produk ini kompatibel dengan segala jenis merek HP android, tak peduli kartu apa yang digunakan pada HP tersebut.

  • Frekuensi: tidak ada info.
  • Panjang kabel: standar 10 meter, bisa tambah jadi 20 meter.
  • Kompatibilitas: Android all operator.

Harga produknya murah, sekitar 100 ribuan.

7. Cocok buat modem, mifi, hingga HP 3G 4G: Antena Penguat Sinyal HP Android Panel Induksi

Antena Penguat Sinyal HP Android Panel Induksi

Apabila Anda punya modem wifi terbaik dan sinyalnya sering bermasalah, maka cobalah gunakan antena ini. Antenanya bisa bekerja dengan baik menangkap frekuensi yang cakupannya luas. Antena ini bekerja pada frekuensi antara 1800 sampai 2300 MHz.

Peningkatan sinyalnya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dengan perolehan antara 20 sampai 30 dBm. Semakin tinggi pemasangan antenanya, semakin bagus sinyal yang akan diperoleh.

  • Frekuensi: antara 1800 sampai 2300 MHz, beda operator beda frekuensi.
  • Panjang kabel: 15 meter.
  • Kompatibilitas: 4G LTE (Bolt, Smartfren, XL, Telkomsel, Indosat), 3G (XL, Telkomsel, Indosat, Three), EVDO Smartfren.

Produk yang punya jangkauan dan tinggi maksimal 10 km ini dibanderol dengan harga mulai dari 100 ribuan sampai 300 ribuan.

8. Konsep indoor dengan desain menarik: Antena Indoor Ceiling 2G, 3G, 4G, Alat Pendukung Penguat Sinyal HP

Antena Indoor Ceiling 2G 3G 4G Alat Pendukung Penguat Sinyal HP

Desain produknya sangat ringkas, Anda bahkan bisa menaruhnya di langit-langit rumah. Konsepnya indoor sehingga pasti memudahkan pemasangan.

Menariknya lagi, produknya bekerja pada berbagai jaringan. Mulai dari 2G hingga 4G, semuanya bisa.

  • Frekuensi: uplink 806 – 960 MHz, downlink 1710 – 2500 MHz.
  • Panjang kabel: 3 meter.
  • Kompatibilitas: 2G, 3G, 4G – GSM.

Produknya dibanderol dengan harga 300 ribuan.

9. Cocok buat pemasangan di kapal dan hutan: Penguat Sinyal HP Tri Band

Penguat Sinyal HP Tri Band

Untuk para pekerja yang sering di laut atau di hutan yang tidak bisa menghubungi keluarga karena tidak adanya sinyal, maka alat ini bisa menjadi solusi yang pas. Dengan alatnya, Anda bisa memperoleh sinyal 2G 3G dan 4G dengan mudah.

Menariknya lagi, frekuensi range-nya juga lebar dan sudah support all operator. Termasuk Telkomsel, XL, 3, dan Indosat.

  • Frekuensi: uplink 890 – 2000 MHz, downlink 930 – 2100 MHz.
  • Panjang kabel: 35 meter.
  • Kompatibilitas: all operator tri band.

Harganya memang lebih mahal dari produk sebelum-sebelumnya, yakni sekitar 4 jutaan.

10. Kompatibel buat modem HP Mifi All Operator: Antena Penguat Sinyal HP Android Yagi Induksi 12 Element

Antena Penguat Sinyal HP Android Yagi Induksi 12 Element

Frekuensi range yang lebar dan kompatibilitas yang luas menjadi kelebihan dari antena ini. Dengan produk ini, Anda bisa mendapatkan jaringan 3G dan 4G dengan mudah buat seluruh operator. Termasuk Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Three, Smartfren, Bolt, dan yang lainnya.

  • Frekuensi: 1800 sampai 2300 MHz. Tergantung provider.
  • Panjang kabel: 15 meter tanpa konektor.
  • Kompatibilitas: all operator.
  • Elemen: 12 dengan 2 sayap.

Harganya murah, sekitar 130 ribuan saja.

Itulah beberapa produk alat penguat sinyal HP terbaik yang dapat Anda pilih. Saat mau menggunakan ini, silakan pertimbangkan juga larangan dari pemerintah. Anda perlu menggunakannya dengan bijak.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles