Dibanding mengaktifkan hotspot HP, lebih baik Anda beli modem wifi terbaik. Cara ini tergolong lebih hemat dan aman buat perangkat-perangkat yang Anda gunakan.

 

Seperti diketahui, modem wifi atau yang kadang disebut MiFi menjadi alat yang sangat dibutuhkan di era sekarang. Terlebih buat Anda yang sering berselancar di dunia maya atau memiliki bisnis yang berkaitan langsung dengan internet.

Mifi seolah menjadi jawaban atas kebutuhan para pengguna yang menghendaki alat portabel sehingga bisa terkoneksi dengan internet di mana saja kapan saja tanpa perlu takut perangkatnya akan soak karena bekerja sesuai fungsinya.

Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang panduan memilih modem wifi yang bagus berikut rekomendasi produknya. Selamat menyimak.

Cara memilih modem wifi (MiFi) terbaik

Modem wifi terbaik

Agar seluruh fitur yang ada bisa dimaksimalkan dengan baik sesuai kebutuhan, Anda harus memilih mifi terbaik saat membelinya. Berikut ini beberapa panduan yang bisa dilakukan saat melakukan seleksi produk:

Operator: SIM lock vs Unlock All operator

Langkah pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah jenis modemnya. Secara umum, ada dua jenis modem yang beredar di pasaran bila digolongkan berdasarkan operatornya, yakni SIM lock (bundling) dan unlock all operator.

Sesuai namanya, SIM lock berarti modem tersebut sudah bekerja sama dengan salah satu operator dan terkunci sehingga hanya bisa digunakan pada operator tersebut. Misalnya, modem yang hanya bisa digunakan untuk Smartfren, Indosat, atau yang lain.

Nah, jenis kedua, yakni unlock all operator, modemnya dapat digunakan pada semua operator. Mulai dari GSM hingga CDMA. Jadi, Anda bebas menentukan mau memilih operator apa.

Untuk pemakaian jangka panjang, kami menyarankan versi unlock all operator. Pasalnya, modem ini jauh lebih fleksibel dan bisa berganti operator setiap saat.

Memilih jenis modem berdasarkan operatornya ini penting sebab kaitannya dengan sinyal yang tersedia di daerah Anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah operator yang memiliki sinyal paling kuat.

Dengan begitu, modemnya juga bisa memancarkan sinyal terbaik dan dapat digunakan untuk mengakses internet dengan cepat.

Selain soal sinyal, harga paket internet juga harus dipertimbangkan dengan baik. Pasalnya, kadang harga paket internet pada operator A dan B mengalami kenaikan dan penurunan yang tidak dapat diprediksi.

Pilih berdasarkan jaringan yang tersedia

Ada beberapa jaringan yang tersedia di Indonesia dan bisa dijangkau oleh modem, di antaranya adalah 2G, 3G, dan 4G. Bahkan, ke depan akan semakin banyak pengguna 5G di Indonesia.

Pilih berdasarkan jaringan yang tersedia

Nah, modem wifi terbaik biasanya diwakili dengan cakupan jaringan yang luas. Bahkan, sampai yang tertinggi.

Untuk saat ini, kami menyarankan penggunaan mifi dengan jaringan 4G. Dengan opsi ini, alatnya tetap akan bekerja saat digunakan di daerah yang sinyalnya hanya 3G. Tapi juga bisa mengakses internet cepat pada jaringan 4G di daerah-daerah yang sudah tersedia sinyal tersebut.

Hal ini perlu dijadikan pertimbangan khususnya buat Anda yang sering mobile. Mungkin berpindah dari daerah perkotaan yang sudah pakai 4G ke pedesaan yang sinyalnya mayoritas masih 3G.

Pastikan modemnya bekerja sesuai OS perangkat Anda

Masing-masing modem memiliki kompatibilitas terhadap sistem operasi yang berbeda. Agar aman, pilihlah modem yang kompatibel dan bisa bekerja dengan baik pada banyak OS.

Pastikan bahwa modem wifi yang Anda beli bisa bekerja pada sistem operasi Mac OS, Linux, android, Windows (2000, 2003, vista, XP, Win7, Win8, Win8.1, hingga Win10).

Dengan kompatibilitas yang lengkap, Anda pun dapat mengoneksikannya dengan berbagai perangkat. Di masa yang akan datang, jika Anda berganti perangkat sekalipun, produknya tetap bisa digunakan secara optimal.

Pertimbangkan kecepatan akses yang ditawarkan

Kecepatan akses menjadi pertimbangan yang cukup penting. Sayangnya, kadang kecepatan yang tertulis pada kemasan tidak bisa dijadikan patokan karena ada erornya.

Meski begitu, sebaiknya Anda memilih mifi yang menawarkan kecepatan tinggi dan tertulis pada kemasannya.

Pilih model plug and play

Fitur ini sangat memudahkan pemasangan. Pasalnya, untuk menggunakan modem, Anda tidak perlu menginstal driver. Begitu dicolokkan, perangkatnya akan langsung bisa terkoneksi dengan internet dan perangkatnya.

Pilih modem yang tahan panas

Salah satu masalah yang mungkin terjadi saat menggunakan mifi adalah panas ketika sering digunakan. Beberapa produk yang mudah panas biasanya akan mengalami penurunan kualitas koneksi.

Maksudnya, saat perangkatnya panas, maka kinerjanya juga menjadi kurang baik. Akibatnya, koneksi internet jadi lemot atau batasan maksimal perangkat yang tersambung jadi tinggal sedikit.

Oleh karena itu, pilihlah modem yang sudah dijamin tahan terhadap panas. Anda bisa menemukannya berdasarkan review dari para pengguna. Pasalnya, berpatokan pada spesifikasi produk atau klaim dari brand kadang juga tidak sepenuhnya benar.

Anda boleh mencari tahu dari penjual atau klaim dari brand. Namun, sebagai koreksi silang, silakan cari review atau rekomendasi produk dari pihak ketiga.

Perhatikan desainnya

Tak seperti router wifi terbaik yang dipakai stay di rumah atau kantor, modem memiliki sifat yang portabel. Artinya, bisa dibawa dan dipakai di mana saja kapan saja.

Perhatikan desainnya

Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan desainnya. Pastikan dimensinya tidak terlalu besar, desainnya kokoh, simpel, tidak menghabiskan tempat, dan aman dibawa ke mana-mana.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat harus membawanya bersama dengan perangkat yang lebih besar. Sebab, perangkatnya pasti aman berada di tas Anda.

Pertimbangkan instalasi dan cara pemakaiannya, pilih yang mudah

Masing-masing mifi punya cara instalasi yang berbeda. Pilihlah produk yang memiliki instalasi mudah dengan cara pemakaian yang mudah pula.

Dengan begitu, saat Anda memakainya di luar, alatnya bisa langsung bekerja secara otomatis tanpa perlu instalasi ulang. Waktu yang dibutuhkan pun jadi lebih cepat dan hemat.

Jumlah pengguna atau perangkat yang bisa terkoneksi

Selanjutnya, Anda juga harus mempertimbangkan jumlah perangkat yang bisa terkoneksi dengan modem tersebut. Semakin banyak perangkat yang bisa terhubung, semakin bagus.

Misalnya, jika di rumah ada 5 perangkat yang setiap hari digunakan berselancar, maka pilihlah modem yang dapat terkoneksi dengan lebih dari 5 perangkat. Jangan sampai memilih yang kurang dari atau sama dengan perangkat yang ada di rumah.

Memilih modem yang bisa terhubung ke lebih dari jumlah perangkat di rumah bisa membantu Anda dalam jangka waktu panjang. Bila sewaktu-waktu Anda punya rencana menambah perangkat, maka tidak perlu berganti modem lagi.

Pilih yang kapasitas baterainya besar dan ada fitur bypass

Pilihlah produk yang daya baterainya besar sehingga aman saat dipakai mobile. Pertimbangkan juga fitur bypass yang dimiliki mifi tersebut, yakni fitur baterai dan adaptor yang bisa dicolokkan dengan listrik sewaktu-waktu.

Sesuaikan dengan budget

Selanjutnya, Anda juga harus menyesuaikan spesifikasi di atas dengan budget atau anggaran yang dimiliki. Pasalnya, menetapkan anggaran adalah pilihan yang bijak agar tetap bisa berhemat dan membeli produk sesuai kebutuhan.

Modem wifi (MiFi) terbaik dan harga terbaru

Setelah membaca tips memilihnya, kini saatnya kami memberikan rekomendasi produk sebagai referensi saat Anda mau membeli:

1. Jaringan super cepat, kapasitas baterai tinggi: D-Link 4G LTE Mobile Router DWR-933

Modem D Link 4G LTE Mobile Router DWR 933

Apabila Anda membutuhkan alat yang bisa memberikan jaringan super cepat dengan kapasitas baterai yang besar, D-Link 4G LTE mobile router ini adalah yang terbaik.

Modem wifi terbaik ini punya kecepatan sampai 300 Mbps. Sangat cocok buat pekerja di bidang teknologi informasi atau internet marketer. Baterainya juga besar, kapasitasnya sampai 3.000 mAh sehingga aman buat mobile.

  • Bundling: tidak.
  • Kecepatan maksimal: 300 Mbps.
  • Kapasitas baterai: 3000 mAh.
  • Maksimal pengguna: 10.

Harga produknya sekitar 3,1 jutaan rupiah.

2. Bisa dipakai di 185 negara: PROlink Smart 4G LTE Wifi Hotspot PRT7011L

PROlink Smart 4G LTE Wifi Hotspot PRT7011L

Jika Anda punya hobi traveling dan berkunjung ke berbagai negara, maka Prolink Smart 4G LTE inilah yang dapat kami rekomendasikan. Mifi ini dapat dipakai di 185 negara sehingga selama traveling Anda bisa mengakses maps dengan mudah.

Kapasitas baterainya 2000 mAh dan dapat dipakai selama 10 jam dalam sekali cas.

  • Bundling: tidak.
  • Kecepatan maksimal: 150 Mbps.
  • Kapasitas baterai: 2000 mAh.
  • Maksimal pengguna: 11.

Harga produknya mulai dari 750 ribuan rupiah.

3. Bebas gonta-ganti operator seluler: Huawei Modem Mifi E5576

Huawei Modem Mifi E5576

Huawei modem Mifi E5576 bisa dipakai untuk berbagai operator seluler. Anda bisa berganti operator sesuka hati. Bisa juga pilih operator yang sedang promo sehingga mendapatkan harga murah.

Bahkan, di marketplace, Anda bisa menemukan Huawei E5576 di internet yang sudah sepaket dengan beberapa operator dan dijual dengan harga murah.

  • Bundling: iya.
  • Kecepatan maksimal: 150 Mbps.
  • Kapasitas baterai: 1500 mAh.
  • Maksimal pengguna: 16.

Dengan uang 600 ribuan, Anda sudah bisa membawa pulang modem wifi terbaik ini.

4. Desain unik dengan warna kece: Alcatel MiFi 4G LTE EE70

Alcatel MiFi 4G LTE EE70

Warna kuning mencolok menjadi daya tarik tersendiri dari Alcatel Mifi ini. Dengan produk ini, Anda bisa terkoneksi internet di jaringan 4G lengkap dengan fitur menarik.

Kecepatan yang ditawarkan mencapai 300 Mbps dan sangat mendukung pemakaian GSM di Indonesia.

  • Bundling: tidak.
  • Kecepatan maksimal: 300 Mbps.
  • Kapasitas baterai: 2150 mAh.
  • Maksimal pengguna: 20.

Banderol harganya mulai dari 700 ribuan.

5. Dukung jaringan 4G, kapasitas baterai besar, bisa jadi USB on the Go: Smartfren Super Modem Wifi S1

Smartfren Super Modem Wifi S1

Smartfren menjadi salah satu operator andalan modem-modem terbaik. Dengan mifi ini, Anda bisa terkoneksi dengan jaringan super cepat 4G. Baterainya juga bisa tahan selama 20 jam dan punya fungsi USB on the Go.

Kapasitas baterainya lebih dari 3000 mAh yang membuatnya bisa berfungsi sebagai powerbank selain modem. Sangat multifungsi.

  • Bundling: iya.
  • Kecepatan maksimal: tidak ada info.
  • Kapasitas baterai: 3250 mAh.
  • Maksimal pengguna: 32.

Harga unitnya dibanderol mulai 1,2 jutaan rupiah. Tapi bila ingin langsung banderol paket bulanan bahkan tahunan, harganya bisa sampai 2 hingga 4 jutaan rupiah.

6. Pengelolaan akses yang mudah: TP-link 4G LTE Mobile Wifi M7350

TP link 4G LTE Mobile Wifi M7350

Ada aplikasi tpMifi di dalam produk ini. Fungsinya adalah untuk mengelola akses dengan lebih mudah. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengelola akses pengguna, memberikan batasan data, mengirimkan pesan, dan yang lainnya.

Menariknya lagi, modem wifi terbaik ini juga memiliki slot microSD yang berguna buat membagikan data secara nirkabel.

  • Bundling: tidak.
  • Kecepatan maksimal: 150 Mbps.
  • Kapasitas baterai: 2000 mAh.
  • Maksimal pengguna: 10.

Untuk membelinya, silakan siapkan dana 1 jutaan.

7. Desain bundar, elegan, dengan tampilan LED: Movimax Mobile Wifi MV007

Movimax Mobile Wifi MV007

Desainnya sangat unik dengan bentuk lingkaran. Dilengkapi dengan tampilan LED yang membuat produknya kian modern dan menarik.

Anda bisa membeli Movimax yang sudah unlock secara bundling di pasaran atau beli unitnya saja. Harga keduanya berbeda, jadi tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Bundling: iya.
  • Kecepatan maksimal: 150 Mbps.
  • Kapasitas baterai: 3000 mAh.
  • Maksimal pengguna: 31.

Harganya sekitar 600 ribuan.

8. Jaringan provider yang luas buat pemakaian jadi nyaman: Huawei Mifi 4G LTE E5573

Huawei Mifi 4G LTE E5573

Produk ini sudah bundling secara khusus dengan Telkomsel. Bila membelinya, Anda akan mendapatkan paket 14 GB dari Telkomsel.

  • Bundling: iya.
  • Kecepatan maksimal: 150 Mbps.
  • Kapasitas baterai: 1500 mAh.
  • Maksimal pengguna: 10.

Banderol harganya sekitar 650 ribuan rupiah.

9. Sudah bundling jadi mudah pemakaiannya: XL Go IZI HKM001

XL Go IZI HKM001

HKM001 ini sudah bundling sehingga bisa langsung dipakai dengan paket kuota sebesar 20 GB tanpa perlu registrasi. Menariknya lagi, modemnya dapat dipakai di 10 negara.

  • Bundling: iya.
  • Kecepatan maksimal: 150 Mbps.
  • Kapasitas baterai: 3000 mAh.
  • Maksimal pengguna: 10.

Untuk membelinya, anggaran yang perlu disiapkan adalah sekitar 650 ribuan.

10. Bisa buat 32 pengguna sekaligus: Smartfren Andromax Mifi Modem Wifi 4G M3Z

Smartfren Andromax Mifi Modem Wifi 4G M3Z

Smartfren merupakan SIM lock yang cukup populer dan jadi favorit banyak orang. Dengan modem ini, Anda bisa berselancar di jaringan 4G. Alatnya juga bisa terhubung dengan 32 pengguna sekaligus.

  • Bundling: iya
  • Kecepatan maksimal: 150 Mbps.
  • Kapasitas baterai: 3000 mAh.
  • Maksimal pengguna: 32.

Harga produknya mulai dari 450 ribuan.

11. Router wifi murah dan bisa berfungsi tanpa baterai: Jio JMR541

Jio JMR541

Jio JMR541 memiliki keistimewaan karena masih bisa tetap dipakai meski baterainya habis. Caranya cukup dengan menghubungkannya dengan sumber listrik layaknya powerbank. Jio juga kompatibel dengan seluruh operator di Indonesia.

  • Bundling: tidak.
  • Kecepatan maksimal: 150 Mbps download, 50 Mbps upload.
  • Kapasitas baterai: 2600 mAh.
  • Maksimal pengguna: 31 perangkat.

Harganya sangat murah, hanya sekitar 400 sampai 450 ribuan rupiah.

12. Bisa semua operator dan tanpa baterai: Alcatel Modem Mifi 4G LTE MW40

Alcatel Modem Mifi 4G LTE MW40

Alcatel MW40 ini bisa dipakai di operator apa saja sehingga memudahkan pengguna dalam memilih provider disesuaikan dengan kekuatan sinyal yang kuat di daerah yang sedang dikunjungi. Produknya sangat fleksibel dan bisa digunakan di rumah, kafe, atau secara mobile.

Produk ini bisa bekerja tanpa baterai. Sebagai gantinya, alatnya harus dihubungkan ke adaptor listrik. Misalnya, pada saat dipakai di rumah, Anda menghubungkannya dengan adaptor. Sementara saat mobile, Anda dapat memanfaatkan baterainya.

  • Bundling: tidak.
  • Kecepatan maksimal: 150 Mbps.
  • Kapasitas baterai: 1800 mAh.
  • Maksimal pengguna: 10.

Harganya sekitar 500 sampai 800 ribuan rupiah. Perbedaan harga biasanya karena ada yang menjualnya secara unit ada yang sepaket dengan operator tertentu.

Itulah cara memilih modem wifi terbaik berikut rekomendasi produknya. Silakan pilih mifi yang bisa menjangkau seluruh kinerja dan kebutuhan agar lebih aman dalam jangka waktu panjang. Selamat memilih.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles