Pen tablet terbaik hadir dengan berbagai macam pilihan. Jeli dalam memilih jadi cara tepat untuk menemukan produk yang sesuai kebutuhan.

 

Adapun merek yang sering ditemukan di Indonesia adalah Huion, XP-Pen, Wacom, dan yang lainnya. Masing-masing brand mengeluarkan seri dengan spesifikasi beragam.

Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan mengenai beberapa produk yang recommended sekaligus cara memilihnya. Selamat menyimak.

Cara memilih pen tablet terbaik

Pen tablet memiliki fungsi yang sangat penting, di antaranya adalah untuk membuat ilustrasi dan menciptakan hasil gambar yang bagus di komputer atau laptop.

Cara memilih pen tablet terbaik

Menariknya, masing-masing produk dibekali dengan spesifikasi berbeda. Dalam memilihnya, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, bisa juga disesuaikan dengan tingkat kemampuan dalam menggambar atau mengilustrasikan sesuatu.

Maksudnya, produk yang cocok buat seorang profesional belum tentu cocok buat pemula. Maka dari itu, selamat menentukan yang terbaik.

Kami akan membahas cara memilihnya dalam ulasan di bawah ini.

Pen tablet biasa buat pemula

Jika Anda masih jadi ilustrator pemula atau masih baru menggunakan alat ini, maka kami sarankan untuk membeli yang versi biasa saja.

Pen tablet biasa buat pemula

Perlu diketahui bahwa sensasi menggambar dengan memakai pen di atas tablet sangat jauh berbeda dengan menggambar menggunakan pena atau pensil di atas kertas. Untuk itu, meskipun sebelumnya Anda sudah mahir menggambar di kertas, tetap saja perlu waktu untuk beradaptasi.

Nah, pen tablet biasa lebih direkomendasikan buat pemula sebab bisa dipakai untuk beradaptasi dan membiasakan diri. Baru setelah mahir, Anda bisa upgrade ke alat yang lebih keren.

LCD pen tablet buat yang sudah terbiasa

Jika sudah terbiasa menggunakan yang biasa dan tergolong mahir, maka itulah saatnya Anda untuk upgrade ke versi LCD yang memiliki fitur lebih lengkap dan visualisasi yang lebih jelas.

Hal lain yang perlu diketahui mengenai LCD pen tablet ini adalah bahwa produknya dibanderol dengan harga yang lumayan mahal dibanding versi biasa.

Oleh karena itu, LCD tablet pen ini dikhususkan buat Anda yang punya budget atau anggaran lebih. Rentang perbedaan harganya dengan versi biasa pun terpaut sangat jauh.

Bila dengan uang 1 juta rupiah Anda bisa membeli yang versi biasa. Versi LCD ini bisa dibanderol sampai belasan juta rupiah.

Tapi bagaimanapun, harga mahal dan fitur yang lengkap dikombinasikan dengan keahlian ilustrasi yang baik akan membuat hasil karya terbaik pula.

Perhatikan ukurannya dan sesuaikan dengan kebutuhan

Jika mau menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan, maka ukuran adalah poin penting yang wajib dipertimbangkan.

Perhatikan ukurannya dan sesuaikan dengan kebutuhan

Anda harus memastikan bahwa ukurannya sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan Anda dalam menggambar. Hanya dengan begitu Anda dapat merasakan kenyamanan saat menggunakannya dan bisa memanfaatkan alatnya dalam waktu yang sangat lama.

Ukuran S, M, dan L

Dalam memilih ukuran tablet, silakan rasakan kembali postur lengan Anda ketika sedang menggambar.

Apabila Anda sering menggambar dengan lengan yang bertumpu di siku, maka pen tablet terbaik yang dapat kami rekomendasikan adalah ukuran L.

Sebaliknya, jika Anda sering menggambar dengan lengan bertumpu pada pergelangan tangan, maka produk dengan ukuran lebih kecillah yang kami rekomendasikan. Untuk itu, silakan pilih S atau M saja.

Selain mempertimbangkan tumpuan sebagaimana disebutkan di atas, perlu diketahui bahwa di antara ketiga ukuran tersebut, ukuran M-lah yang masuk dalam kategori standar. Namun, apabila Anda tetap bingung memilihnya, memakai ukuran besar juga tak masalah.

Atau, Anda juga bisa sesuaikan dengan harga produknya. Di mana antara S, M, dan L, biasanya S-lah yang memiliki harga terendah. Jadi, bisa disesuaikan dengan anggarannya saja.

Ukuran pen vs monitor

Pertimbangan yang bisa dilakukan berikutnya adalah dengan menyesuaikan ukuran monitor komputer dengan pen. Berikut ini beberapa pengelompokannya:

  • Untuk ukuran layar maksimal 15 inci, pilihan pennya adalah yang berukuran S.
  • Jika layarnya berukuran 16 sampai 24 inci, maka pilihan pennya adalah yang berukuran M.
  • Apabila monitor Anda berukuran di atas 25 inci (minimal 25 inci), maka silakan pilih pen tablet terbaik dengan ukuran L.

Namun begitu, ukuran monitor dan pennya di atas hanyalah sebuah ukuran standar yang berlaku umum. Dalam menentukan ukuran pen tablet, hal paling utama yang bisa dilakukan adalah dengan merasakan kenyamanan. Yakni mengetahui kebiasaan tumpuan tangan ketika sedang menggambar.

Dengan begitu, tablet pen yang didapatkan adalah yang terbaik sesuai kebutuhan masing-masing orang.

Perhatikan dimensi dengan ketersediaan space

Setiap orang tentu punya ruang kerja sendiri-sendiri dengan dimensi ruangan dan ukuran meja yang berbeda.

Nah, untuk mendapatkan produk terbaik, Anda harus menyesuaikan pen tabletnya dengan ukuran meja. Jangan sampai terlalu besar dan memenuhi meja sehingga tidak ada space buat Anda berkreasi.

Mungkin bagi sebagian orang menggambar secara portabel dengan cara dipegang atau ditumpukan ke lutut bisa dilakukan. Namun, kadang cara ini tidak menghasilkan gambar yang bagus karena ketidakstabilan tumpuan.

Maka dari itu, untuk hasil yang lebih bagus Anda perlu jaga-jaga dengan tumpuan yang lebih kuat melalui meja atau tumpuan lainnya.

Silakan sediakan space khusus di atas meja Anda untuk pen tablet terbaik. Selain bisa membantu untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih stabil dan indah, cara ini juga memudahkan Anda untuk melihat langsung ke layar monitor mengenai hasil gambar yang sudah dicoretkan atau digariskan.

Selain space, perhatikan juga tata letaknya sehingga tetap nyaman tanpa harus mengganggu perangkat lainnya. Jadi, silakan pikirkan dengan matang sehingga semua alat bisa bekerja dengan baik di atas meja yang sama.

Perhatikan sensitivitas tekanan saat menggambar

Masing-masing pen punya sensitivitasnya masing-masing. Ada yang hadir dengan sensitivitas tinggi, ada pula yang tidak.

Saat pen tablet sangat sensitif, maka hanya dengan menekannya sedikit saja akan tergambar pola sesuai kebutuhan penggambarnya.

Sebaliknya, jika pen tabletnya tidak sensitif, maka untuk menggambar diperlukan penekanan yang cukup besar.

Untuk menentukan pen tablet terbaik yang dibekali dengan sensitivitas yang pas, Anda bisa menyesuaikan dengan kebiasaan menggambar. Terbiasa terlalu menekan atau standar saja.

Selain itu, jika Anda hanya melakukannya untuk hobi sehingga tidak peduli dengan detail, maka level sensitivitas maksimal 4096 atau di bawahnya mungkin sudah lebih dari cukup.

Sebaliknya, jika kebutuhannya sudah sangat profesional sehingga detail-detail gambar diperhatikan dengan jeli, sensitivitas yang lebih tinggilah yang dibutuhkan, yakni 8192.

Periksa fitur tambahannya

Selanjutnya, silakan periksa fitur tambahan yang disematkan sehingga bisa membantu kinerja Anda saat menggambar. Misalnya:

  • Adanya fungsi tombol untuk efisiensi pekerjaan.
  • Fitur touch yang membuat kinerja makin praktis tapi harganya lebih mahal.

Silakan periksa detail tambahan fiturnya dan sesuaikan kebutuhan.

Pertimbangkan daya stylus dan penggunaannya

Periksa sumber daya yang digunakan oleh stylus-nya, apakah baterai, listrik, atau yang lain. Kemudian, cek juga sensasinya saat digunakan. Apakah terlalu berat, ringan, atau pas. Sensasi ini bisa mempengaruhi kenyamanan saat bekerja. Jadi, pertimbangkan dengan baik.

Itulah beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan dalam memilih pen tablet yang bagus. Kami akan memberikan ulasan mengenai rekomendasi produknya di bawah ini.

Daftar pen tablet terbaik dengan harga terbarunya

Berikut ini beberapa review pen tablet yang bagus, silakan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

1. Bisa dipakai tanpa laptop dari mana saja, cocok buat profesional: Wacom MobileStudio Pro 13

Wacom MobileStudio Pro 13

Wacom merupakan merek yang sangat terkenal di bidang pen tablet terbaik. Lewat seri Mobile Studio Pro 13, dia menghadirkan produk yang bisa digunakan dari mana saja dan kapan saja. Anda bahkan tidak perlu menghubungkannya dengan laptop.

Jelas, alat ini akan memberikan sensasi baru dalam menggambar karena lebih praktis dan mudah. Produknya dibekali dengan Intel dengan OS Win10.

  • Area aktif: 29,4 cm x 16,5 cm
  • Tombol: 6.
  • Fungsi touch: ya.
  • Level tekanan: 8192.
  • Ukuran: L.

Karena fungsinya yang kece, harga Walcom Mobile Studio Pro 13 ini sangat beragam. Mulai dari 27 jutaan. Ada juga yang menjualnya di angka 40 sampai 50 jutaan.

2. Tampilan warnanya lebih tajam: Wacom Cintiq Pro 13 Creative Pen Display 13

Wacom Cintiq Pro 13 Creative Pen Display 13

LCD pen tablet ini memiliki akurasi warna yang sangat tinggi sehingga cocok buat Anda yang menghendaki detail. Akurasinya adalah full HD dengan persentase 87%. Dengan fitur ini, ilustrasi yang dihasilkan akan lebih presisi, keren, dan indah.

  • Area aktif: 29,4 cm x 16,6 cm.
  • Tombol: tidak ada.
  • Fungsi touch: ya.
  • Level tekanan: 8192.
  • Ukuran: L.

Di marketplace, pen tablet terbaik dari Wacom ini dibanderol mulai dari 11 jutaan sampai 19 jutaan rupiah.

3. Berteknologi reduce glare agar mata tak cepat lelah: XP-Pen Artist Display 22E Pro

XP Pen Artist Display 22E Pro

Untuk kenyamanan saat menggambar agar mata tidak mudah lelah, XP-Pen Artist Display 22E Pro ini bisa diandalkan. Pasalnya, sudah ada teknologi reduce glare yang bisa membantu mengurangi kelelahan mata saat menggambar.

Terlebih lagi stylush pennya bisa di-charge. Setelah baterainya terisi penuh, stylushnya bisa dimanfaatkan selama 2 bulan penuh.

  • Area aktif: 47,6 cm x 26,8 cm.
  • Tombol: 16.
  • Fungsi touch: tidak.
  • Level tekanan: 8192.
  • Ukuran: L.

Harganya mulai dari 12 sampai 16 jutaan rupiah.

4. Layar ekstra besar dilengkapi dengan dua pen: XP-Pen Artist 24 Pro

XP Pen Artist 24 Pro

Layar sebesar 24 inci siap memanjakan mata Anda ketika menggunakan XP-Pen Artist 24 Pro ini. Area aktifnya juga luas sehingga untuk melihat detail gambar tak perlu zooming terus-terusan. Ditambah lagi, produknya dibekali dengan dua pen sehingga tak perlu lagi menambah pen cadangan.

  • Area aktif: 52,685 cm x 29,635 cm.
  • Tombol: 10 dan wheel (masing-masing kanan dan kiri).
  • Fungsi touch: ya.
  • Level tekanan: 8192.

Harganya sekitar 12 jutaan di marketplace.

5. Stylus sangat sensitif seperti menggambar di atas kertas: Wacom Intuos Pro M PTH-660

Wacom Intuos Pro M PTH 660

Wacom Intuos ini bisa memberikan kemudahan dalam menggambar seperti saat melakukannya di atas kertas. Pen tablet terbaik ini cocok buat profesional karena hasilnya sangat presisi dengan efisiensi waktu yang sangat memuaskan.

  • Area aktif: 22,4 cm x 14,8 cm.
  • Tombol: 8 dengan wheel.
  • Fungsi touch: ya.
  • Level tekanan: 8192.
  • Ukuran: M.

Harganya sekitar 5 jutaan di marketplace.

6. Pen tablet harga terjangkau dengan fitur cukup lengkap: XP-Pen Deco 03

XP Pen Deco 03

Jika Anda menghendaki pen tablet 1 jutaan dengan fitur yang lengkap, maka XP-Pen Deco 03 bisa jadi pilihan yang tepat. Tidak hanya tombol, XP-Pen juga dilengkapi dengan Wheel yang terletak di sudut. Berbeda dengan produk sejenisnya.

  • Area aktif: 10 cm x 5,62 cm
  • Tombol: 6 dan wheel.
  • Fungsi touch: tidak.
  • Level tekanan: 8192.
  • Ukuran: M.

Di marketplace, produknya dibanderol mulai 1 sampai 2 jutaan.

7. Pilihan warnanya beragam sehingga chic dan tidak membosankan: Wacom Intuos Small CTL-4100WL

Wacom Intuos Small CTL 4100WL

Selain warnanya yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan mood, Wacom Intuos Small ini juga dibekali dengan koneksi Bluetooth dan 3 pilihan software. Di antaranya adalah Corel Painter, Clip Studio paint pro, dan corel aftershot 3.

  • Area aktif: 15,2 cm x 9,5 cm.
  • Tombol: 4.
  • Fungsi touch: tidak.
  • Level tekanan: 4096.
  • Ukuran: S.

Harganya sekitar 1,4 sampai 1,6 jutaan.

8. Cocok buat mobile dengan desain yang tipis dan super ringan: XP-Pen Deco 01

XP Pen Deco 01

Harga XP-Pen Deco 01 ini di bawah 1 juta dengan desain yang super ringan dan fitur lengkap. Produknya sangat cocok buat mobile karena mudah dibawa. Ketebalan produknya hanya sekitar 8 mm yang membuatnya hampir sama dengan uang koin.

  • Area aktif: 10 x 6,25 inci.
  • Tombol: 8
  • Fungsi touch: tidak.
  • Level tekanan: 8192.
  • Ukuran: M

Harga Deco 01 ini mulai dari 750 sampai 790 ribuan di marketplace.

9. Ada teknologi elektromagnetiknya: Wacom One Medium CTL-672

Wacom One Medium CTL 672

Yang menarik dari Wacom One Medium CTL-672 ini adalah teknologi elektromagnetiknya. Dengan teknologi tersebut, Anda bisa mengatur kinerja stylus dengan lebih mudah.

  • Area aktif: 21,6 cm x 13,5 cm.
  • Tombol: tidak ada.
  • Fungsi touch: tidak ada.
  • Level tekanan: 2048.
  • Ukuran: M.

Produk yang level sensitivitasnya di bawah 4096 ini dibanderol dengan harga 1 jutaan.

10. Pen tablet Huion 600 ribuan berfitur lengkap: HUION H640P

HUION H640P

Huion dikenal dengan pen tablet terbaik murah. Lewat H640P, dia menawarkan spesifikasi yang cukup lengkap. Di antaranya adalah ketersediaan area aktif yang luas, desain yang ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana, dan stylus yang bekerja tanpa baterai.

  • Area aktif: 16 cm x 10 cm.
  • Tombol: 6.
  • Fungsi touch: tidak ada.
  • Level tekanan: 8192.
  • Ukuran: S.

Harga produknya sekitar 600 ribuan di marketplace.

11. Pen tablet dibawah 500 ribu, spesifikasi standar tapi mumpuni buat pemula: HUION H430P

HUION H430P

HUION H430P dibanderol dengan harga yang sangat murah, yakni di bawah 500 ribu. Sangat cocok buat Anda yang punya budget terbatas. Produk ini juga recommended buat para mahasiswa seni yang masih pemula.

Area aktifnya lumayan lebar dilengkapi dengan tombol shortcut sehingga proses menggambar lebih efisien.

  • Area aktif: 12,19 cm x 7,62 cm.
  • Tombol: 4.
  • Fungsi touch: tidak ada.
  • Level tekanan: 4096.
  • Ukuran: S.

Harga Huion H430P ini sekitar 300 ribuan rupiah.

12. Cocok buat pemula dan profesional dengan ukuran minimalis: Parblo A640 V2

Parblo A640 V2

Ukuran sensitivitas tekanan stylus-nya sangat bagus, yakni 8192. Bisa dipakai oleh pemula maupun profesional karena dapat mengatur ketebalan garis dengan mudah.

Di samping itu, area aktifnya juga 6 x 4 inci sehingga bisa direpresentasikan dengan baik pada layar laptop atau PC Anda.

  • Area aktif: 15,2 cm x 10,16 cm.
  • Tombol: tidak ada.
  • Fungsi touch: tidak ada info.
  • Level tekanan: 8192.

Harga Parblo A640 V2 sangat murah, yakni sekitar 400 sampai 600 ribu rupiah.

Itulah beberapa review dan rekomendasi pen tablet terbaik yang dapat kami sampaikan. Sekarang, tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Agar hasil gambar bisa tersimpan dengan rapi dan aman, silakan pilih SSD terbaik untuk perangkat Anda.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles