Cari mixer audio terbaik? Kenali cara memilihnya lalu temukan produk yang paling bagus dan tersedia di pasaran.

 

Pilihannya sangat banyak. Untuk itu, proses seleksi harus dilakukan dengan detail dan tepat supaya produk yang didapatkan benar-benar terbaik. Dengan begitu, produknya dapat memberikan kualitas suara yang oke.

Bila Anda bingung memilih, kami akan mengulas cara memilih sekaligus rekomendasi produknya dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Cara memilih mixer audio yang bagus

Cara memilih mixer audio yang bagus

Agar sebuah produk bisa memberikan seluruh fiturnya secara maksimal, Anda harus memilih produk berdasarkan kebutuhan. Di bawah ini merupakan panduan untuk menemukan mixer audio terbaik sesuai keperluan Anda:

Pertimbangkan tujuan pemakaiannya

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah tujuan penggunaan atau pengaplikasiannya. Misalnya, mau digunakan untuk bermain secara langsung, melakukan perekaman, atau hendak memakai untuk keduanya.

Perlu diketahui bahwa untuk proses perekaman dibutuhkan ketrampilan dan kualitas preamp mic yang baik, yang berfungsi sebagai penghubung dengan prosesor eksternal.

Sementara itu, bila dipakai untuk live sound (secara langsung), maka perlu dipastikan mixer sound-nya sesuai dengan sistem suara. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bisa mendapatkan produk dengan pemrosesan suara yang baik dan pada kelanjutannya kualitas yang dihasilkan bisa memuaskan.

Cek detail input, output, dan salurannya

Kenali berapa jumlah input yang Anda butuhkan berikut salurannya. Lebih detail, pertimbangkan jumlah mic yang akan dikoneksikan ke mixer audio terbaik tersebut.

Apabila Anda mau menggunakan mic kondensor, maka bagian input mic yang berfungsi sebagai pemasok daya bantu sangat diperlukan. Terlebih, jika Anda memasang keyboard stereo atau instrumen musik lainnya.

Selain mempertimbangkan hal tersebut, pastikan juga bahwa saluran yang ada bisa mengakomodasi instrumen-instrumen musiknya dengan baik.

Fitur EQ dan kemampuannya

Pahami dengan baik EQ yang Anda perlukan. Misalnya, untuk rekaman studio. Secara umum dibutuhkan penyesuaian suara yang lebih halus. Gunanya adalah untuk membuat kemampuan mixer lebih manis.

Anda mungkin akan membutuhkan equalizer parametric multiband yang bisa menjangkau suara dengan kualitas sesuai kebutuhan. Selain itu, agar mixing live sound lebih sederhana dan hasilnya keren, Anda juga mungkin butuh fitur kontrol mid yang simpel, bass, dan frekuensi tinggi.

Ketahui jalur sinyal dan peruteannya

Dalam hal perekaman, jalur sinyal dan perutean adalah hal yang amat penting. Apabila Anda menggunakan alatnya untuk berbagai campuran dengan tujuan tertentu, maka efek fleksibilitas dan jalur sinyalnya lebih banyak.

Jalur sinyal dan perutean

Sebagai contoh umpan ke monitor, gabungan efek eksternal, perangkat, hingga smartphone.

Cek fitur suara lain dan cara prosesnya

Jika Anda mengandalkan pedal efek, preamp mic eksternal, dan perangkat pengaturan nada lainnya, maka prosesor dan efek mixer internal tidak cukup dibutuhkan.

Selanjutnya, saat Anda memainkannya secara langsung, maka mixer dengan efek on board dan prosesor suara menjadi cukup penting. Pasalnya, komponen ini bisa menciptakan pengaturan paling portable dan memudahkan penggunanya.

Kenali jenis audio mixer: Analog, digital, software mixer, dan powered mixer

Kenali jenis audio mixer Analog digital software mixer dan powered mixer

Agar lebih yakin saat membeli, Anda perlu mengenali beberapa jenis mixer yang kini ada di pasaran. Di antara jenisnya ada analog, digital, software, dan powered mixer. Penjelasannya bisa disimak di bawah ini:

Mixer analog

Model pertama ini sudah ada sejak zaman dulu. Meski saat ini, sudah banyak bermunculan produk baru dengan sistem digital yang dilengkapi dengan fungsi beragam, tapi model analog tidak langsung hilang begitu saja.

Hal ini karena dia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki versi terbaru. Salah satu kelebihannya terletak pada harga yang murah. Selain itu, pemakaiannya juga cukup mudah. Terlebih buat para pengguna yang sudah kadung terbiasa dengan versi ini.

Menurut mereka yang sudah terbiasa menggunakannya, versi analog ini memiliki fungsi yang bisa digunakan secara intuitif sehingga menghasilkan suara yang unik dan sesuai kebutuhan penggunanya.

Berbagai fungsi seperti sakelar, kenop fisik, hingga fader bisa menunjang keseluruhan proses mixing secara kreatif dan intuitif.

Meski begitu, saat menggunakan versi ini, Anda juga perlu mempertimbangkan pemakaiannya di dalam rumah atau di atas panggung yang sempit. Sebab, kemungkinan suaranya akan berbeda.

Tapi tetap saja, pengguna harus tahu bahwa secara umum produk ini bisa mengeluarkan suara berkualitas tinggi dengan desain sirkuit yang sederhana dan lebih mudah dipahami.

Mixer digital

Jenis ini merupakan varian baru yang lebih modern. Sesuai dengan namanya, modelnya lebih trendy dengan dibekali teknologi terbaru.

Dengan mixer audio terbaik versi ini, Anda bisa melakukan mixing secara instan dan mudah lewat fitur-fitur otomatis yang dibekalkan padanya. Hanya dengan menekan satu tombol, efek dan perutean bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Hal ini menjadi salah satu nilai positif dari Mixer Digital. Selain itu, produk ini juga memiliki kelebihan lain, yakni bisa mengingat dan menyimpan hasil mixing dengan sangat baik.

Pengguna bisa menggunakan USB atau memori internal untuk menyimpan pengaturan tersebut. Hal ini memungkinkan persiapan mixing dapat dilakukan dengan cepat karena sekali waktu Anda butuh memanggil datanya, bisa langsung dibuka dengan cepat.

Beberapa jenis mixer digital juga memungkinkan penggunanya untuk bekerja langsung dari laptop. Artinya, saat sedang dalam pertunjukan atau show, Anda tinggal melakukan pengaturan suara saja sehingga hasilnya makin bagus.

Produk ini kadang juga dilengkapi dengan fader bermotor yang memungkinkan penggunanya untuk merespons konfigurasi yang tersimpan.

Meski banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh versi digital, Anda tetap harus memperhatikan harganya juga. Sebab, ada fitur bagus, berarti harganya juga kian melambung.

Maka dari itu, sebelum membelinya, pastikan untuk memastikan dulu anggaran dan kebutuhan Anda. Sesuaikan keduanya secara bijak.

Selain itu, silakan cek juga interface-nya. Sebagus apa pun antar muka yang ditawarkan, akan tidak berguna apabila Anda tidak berhasil beradaptasi dalam menggunakannya.

Software mixer (mixer perangkat lunak)

Sesuai dengan namanya, proses mixing dengan alat ini bisa dilakukan melalui tablet baik iOS maupun android. Anda bisa melakukan pencampuran audio hingga perekaman menggunakan versi terbaru ini.

Yang menarik, software mixer ini memang bisa mengintegrasikan instrumen musik, sampel, hingga loop drum secara virtual. Jadi, terasa lebih modern dan kekinian.

Karena tergolong baru, perlu adaptasi yang cukup bagus untuk bisa mahir menggunakannya. Maka dari itu, solusi mudahnya adalah bergabung dengan komunitas. Khususnya, para musisi yang sudah terbiasa menggunakan software ini.

Anda juga bisa belajar dari berbagai sumber untuk semakin mengasah kemampuan melakukan pencampuran audio sehingga hasilnya makin memuaskan.

Powered mixer

Ini adalah mixer yang cocok buat penampil langsung. Keunggulan utama yang dimiliki oleh versi ini adalah daya dan tenaganya yang mampu memberikan kesan kuat kepada pendengar.

Bila menggunakan powered mixer, Anda tidak perlu memakai power amplifier atau speaker terpisah. Terlebih, powered mixer juga tersedia dalam berbagai ukuran dan konfigurasi yang jelas akan memberikan banyak pilihan kepada penggunanya.

Selain 4 jenis di atas, Anda juga harus mengenali jenis lain seperti mixer DJ, paket live sound, dan yang lainnya.

Rekomendasi mixer audio terbaik yang bisa diandalkan

Berikut ini adalah beberapa produk yang bisa kami rekomendasikan sebagai audio mixer yang bagus dan layak Anda coba:

1. Ada USB, bisa rekaman digital, dan streaming music: Mackie ProFX12

Mackie ProFX12

Mixer audio ini merupakan produk yang cukup profesional dengan beragam kelebihan. Terdapat sebanyak 12 channel dan prosesor RMVX 32-bit di dalamnya. Hal ini membuatnya cocok untuk pemakaian di studio rumahan, tempat kecil, hingga band yang tampil di panggung.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh produk ini adalah dia memiliki tracktion 3 musik perangkat lunak yang memungkinkannya dipakai pada Mac dan PC.

Dengan fitur di atas, harga Macki ProFX12 ini tergolong murah. Hanya dengan uang 3,8 – 5 jutaan, Anda sudah bisa membawanya pulang.

2. Cocok buat pemula dengan daya yang super kuat: QSC Touchmix8 Digital Mixer

QSC Touchmix8 Digital Mixer

Jika Anda masih pemula dan baru belajar mixing, maka produk dari brand kenamaan QSC ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini memiliki mode yang simpel tapi bisa memberikan pengalaman tingkat lanjut kepada penggunanya.

Maksudnya, fiturnya lengkap sehingga kualitas suara yang dihasilkan akan sangat bagus dan menjanjikan.

Maka dari itu, selain cocok buat pemula, QSC Touchmix8 Digital Mixer ini juga direkomendasikan untuk dipakai oleh musisi solo, band kecil, musisi duo, profesional, hingga produser AV.

Produk ini sudah dilengkapi dengan layar sentuh yang memberikan informasi kepada pengguna sekaligus bisa mengontrolnya langsung dengan penuh percaya diri.

Untuk membeli QSC Touchmix8 digital mixer, Anda hanya perlu menyiapkan uang sekitar 18 sampai 20 jutaan rupiah.

3. Multifungsi dan punya 12 input: Behringer Eurorack UB1202FX

Behringer Eurorack UB1202FX

Input sebanyak 12 menjadi salah satu fitur yang ditawarkan pada mixer audio terbaik satu ini. Selain itu, dia juga sudah dibekali dengan 24-bit FX prosesor dengan 100 reverb, delay, pitch pergeseran efek, hingga chorus.

Dengan alat ini, Anda bisa melakukan kontrol penuh pada masing-masing channel secara mudah dan minim kesalahan. Dia sangat multifungsi karena bisa aplikasi juga melakukan perekaman dengan hasil mumpuni.

Harganya sekitar 1,5 sampai 2 jutaan di marketplace.

4. Mixer audio 4 channel terbaik harga di bawah 500 ribu: Ashley Speed Up 4

Ashley Speed Up 4

Kalau Anda masih pemula dan baru belajar mixing, maka Ashley Speed Up 4 ini bisa jadi pilihan yang pas buat belajar. Tersedia 4 channel yang bisa Anda gunakan untuk berlatih sekaligus mencoba mencampurkan audio secara maksimal.

Harga produknya juga tergolong murah, hanya dengan uang 350 ribuan, Anda sudah bisa membelinya di marketplace.

Meski murah, produk ini sudah dilengkapi dengan USB player dan dapat terhubung ke Bluetooth.

5. Cocok buat DJ dan band: Peavey XR 8600D

Peavey XR 8600D

Fitur yang dibekalkan pada Peavey XR 8600D ini di antaranya adalah gabungan 2 amplifier berdaya 600 watt, peak dengan total daya 1.400 watt, 10 input line, 8 preamps bersuara rendah, masing-masing salurannya punya 3 band pemerataan.

Itulah mengapa produk ini sangat cocok untuk live musik, khususnya band. Juga cocok buat para DJ.

Soal harga, Peavey XR 8600D ini dibanderol di angka 13 jutaan.

6. Portable dengan konektivitas lengkap untuk kemudahan transfer: Allen & Heath ZED-10 FX

Screenshot 2021 05 01 at 21.13.38

Allen & heath ZED-10 FX ini sangat cocok buat pertunjukan langsung dan rekaman. Dia dibekali dengan s input stereo, yakni untuk Mp3 dan CD player. Di dalamnya juga sudah ada software AmpliTube X-Gear yang makin memantapkan performanya.

Selain itu, apabila Anda suka membagikan hasil karya langsung ke sosial media, maka Allen & Heath ini sangat pas karena kompatibel dengan USB sehingga proses transfer bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Harganya sekitar 4 jutaan di marketplace.

7. Mixer 8 channel terbaik dengan 24 input: Behringer Xenyx 802

Behringer Xenyx 802

Xenyx punya 24 input dengan prosesor 24-bit Multi FX dan dilengkapi dengan slot USB. Selain itu, dia juga punya preset reverb, chorus, dan efek lain yang menunjang proses mixing.

Software editing dan rekaman audionya bisa menampilkan efek instrumen hingga 150 jenis. Inilah yang menjadikan mixer audio terbaik ini direkomendasikan.

Harganya sekitar 1,3 jutaan saja.

8. Mixer bertenaga dan mudah di-setup: Yamaha EMX5014C

Screenshot 2021 05 01 at 21.15.15

Siapa yang tidak kenal dengan merek Yamaha. Hampir semua mengenal kualitasnya yang mumpuni. Nah, lewat EMX5014C, Yamaha memberikan fitur kece berupa built-in efek digital, sual amp 500 watt, dengan mixer 14 input.

Produk ini juga sudah dibekali equalizer grafis, mixer, power amplifier, hingga efek digital yang ada di dalam unit.

Yang terpenting, produknya mudah digunakan, proses setup-nya cepat, dan cocok buat manggung atau nge-DJ.

Harga Yamaha EMX5014C ini mulai dari 6 jutaan rupiah.

9. Punya 16 channel yang recommended: Soundcraft Spirit M8

Soundcraft Spirit M8

Spirit M8 ini menjadi produk dengan 100 fader mm yang cocon buat control finish. Dia punya 16 channel dengan mengedepankan tata letak yang keren sehingga mudah dioperasikan. Souncraft Spirit M8 ini sangat cocok buat audio engineer, sound engineer, hingga calon musisi.

Harganya mulai dari 10 sampai 16 jutaan.

10. Integritas yang lengkap dan cocok untuk semua kebutuhan: Midas Venice F

Midas Venice F

Jika Anda mencari mixer audio terbaik yang bisa buat segala kebutuhan, Midas Venice F bisa jadi rekomendasi paling bagus. Anda bisa memakai Venice F di live music, studio mixing, dan yang lainnya.

Terlebih, mixer ini juga mendukung sistem analog dan digital sehingga sangat fleksibel dalam pemakaian.

Harganya mulai dari 32 jutaan.

11. Cocok buat para profesional: Presonus Studio Live 16.0.2

Presonus Studio Live 16.0.2

Apabila Anda menghendaki kualitas yang pro, maka Presonus adalah pilihan yang tepat. Produknya ringan dan sangat portable. Namun, di dalamnya sudah tersedia beragam fitur yang bisa membantu proses mixing dengan kualitas terbaik.

Yang menarik, mixer 16 channel ini bisa terintegrasi dengan perangkat berjarak jauh, yakni melalui aplikasi iPad dan iPhone. Di dalamnya juga sudah ada rekaman Studio One dan produksi software.

Harganya sekitar 30 sampai 40 jutaan.

12. Harga 100-an ribu dengan 18 efek suara: V8 Live Mixer audio USB external soundcard

V8 Live Mixer audio USB external soundcard

V8 sangat cocok buat pengguna yang menghendaki produk berharga terjangkau dengan fitur yang lengkap. Dengan V8, Anda dapat menghubungkannya dengan perangkat mobile maupun komputer atau laptop.

Dia dibekali dengan 112 jenis sound elektrik, 18 efek suara, dan 6 mode efek. Di samping itu, ada banyak kontrol lain yang tersedia dan bisa dioperasikan dengan mudah.

Harganya mulai dari 120 ribuan.

Terakhir, perlu Anda tahu bahwa membeli mixer audio terbaik itu diperlukan kejelian. Jadi, teliti dengan baik agar bisa mendapatkan produk sesuai kebutuhan.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles