Home » Tech News » Malware Bertebaran Lagi, Jangan Klik Pesan Ini di WhatsApp

Malware Bertebaran Lagi, Jangan Klik Pesan Ini di WhatsApp

WhatsApp
WhatsApp

JATIMTECH.com – Sebuah ancaman cyber terbaru kembali terkuak dan membahayakan bagi para pengguna smartphone karena pengguna tidak akan tahu jika perangkat mereka telah terinfeksi.

Malware baru ini mampu meniru dari tampilan aplikasi populer, termasuk Uber, WhatsApp dan Google Play, seperti yang dilansir laman Daily Star, Sabtu (2/7/2016).

Setelah mengunduh dari aplikasi tiruan tersebut, virus itu tidak membuat pengguna curiga. Lalu, kemudian dengan virus ini, memungkinkan penjahat untuk menipu pengguna dalam mencuri data pribadi, termasuk rincian alamat dan rekening bank.

Virus malware ini ditemukan oleh seorang peneliti keamanan dari FireEye yang mengatakan jika malware tersebut telah menyebar luas di seluruh belahan Eropa.

Virus malware ini dimulai dari Denmark dan juga sekarang sudah ditemukan di Italia, Jerman, serta di Austria.

Menurut dari tim FireEye, malware ini menyebar melalui skema phising pesan teks dasar. Pesan teks yang menyatakan “Kami tidak bisa memberikan pesanan Anda. Periksa informasi pengiriman Anda di sini.” Setelah diklik, maka malware akan otomatis terunduh.

Di halaman blog FireEye menjelaskan secara lebih lanjut mengenai malware ini. “Setelah sampai di perangkat pengguna, malware segera meluncurkan suatu proses guna memantau aplikasi yang sedang dijalankan.”

Have your say!

0 0