Yuk cari tahu cara memilih kabel data terbaik supaya bisa mendapatkan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Anda juga harus mengenali masing-masing spesifikasi produknya agar bisa melakukan seleksi dengan lebih detail. Pasalnya, di Indonesia tersedia banyak sekali merek kabel data, mulai dari Anker, Aukey, UNEED, dan yang lainnya.

Agar bisa mendapatkan produk yang paling bagus, kami akan memberikan panduan untuk memilih produknya dengan benar. Kami juga akan mengulas beberapa kabel data yang recommended.

Cara memilih kabel data terbaik

Sebelumnya, perlu Anda tahu bahwa kabel data memiliki beberapa komponen penting yang bisa menunjang performanya. Sebagai pembeli, Anda harus mengenali komponen tersebut sebagai bekal pertimbangan saat membeli.

Cara memilih kabel data terbaik

Lebih jelas, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebagai cara memilih kabel data yang bagus:

Sesuaikan lubang colokan pada smartphone dengan tipe konektor yang ada di kabelnya

Hal pertama yang harus dipastikan pertama kali adalah lubang port dengan konektor kabelnya. Pastikan bahwa bentuknya sesuai sehingga dapat terkoneksi dengan baik.

Lubang colokan vs tipe konektor kabel

Ada 3 bentuk konektor kabel data yang harus Anda tahu, yakni micro USB, USB type C, dan lightning. Apabila Anda pilih yang salah, maka pembelian akan sia-sia karena kabelnya tidak bisa terhubung dengan smartphone.

Berikut ini penjelasan mengenai ketiga bentuk konektor tersebut:

Micro USB

Ini adalah bentuk mini dari USB dan terdiri dari 5 sampai 10 pin. Micro USB bisa ditemukan pada beragam perangkat smartphone, powerbank, GPS, hingga MP3 player.

Jenis ini lumayan umum dan banyak penggunanya. Tak heran bila banyak yang menganggapnya sebagai konektor universal. Padahal sebenarnya micro USB ini masih dibedakan lagi menjadi micro-B v3.0, micro-B, dan micro-A.

USB type C

Sebutan lain dari USB type C adalah USB-C. Jenis ini mungkin lebih baru ketimbang micro USB, namun semakin ke sini semakin banyak penggunanya.

USB-C terdiri dari 24 pin konektor yang memungkinkannya dipasangkan secara bolak balik. Jadi, Anda tidak perlu memperhatikan bagian atas atau bawah dari konektornya saat mencoba menghubungkan kabel data ke smartphone. Tinggal temukan lubangnya dan koneksikan.

Model ini biasanya memiliki desain yang tipis, ringan, dan kecil. Dia bisa terkoneksi dengan beragam perangkat. Mulai dari smartphone, tablet, hingga laptop, dan komputer.

Menariknya lagi, USB type C ini biasanya juga dibekali dengan fitur fast charging.

Lightning

Sistem konektor yang ada di lightning terdiri dari 30 pin (model lama) dan 8 pin (model baru). Lightning ini dibuat secara eksklusif oleh Apple untuk para pengguna iPhone, iPod, dan iPad.

Bentuknya simetris dengan ukuran yang lebih kecil. Sama dengan versi type C, versi ini juga dapat dipasang bolak balik.

Periksa jaket kabelnya, pilih yang kualitasnya bagus

Kabel, apa pun jenisnya, pasti dibekali dengan logam konduktor di dalamnya. Logam konduktor inilah yang mempengaruhi kecepatan transfer data dari produk tersebut.

Namun, Anda tidak mungkin membuka kabelnya untuk memeriksa logam konduktornya. Maka dari itu, salah satu cara untuk mendapatkan kabel data terbaik adalah dengan mengecek penutup logam konduktor tersebut.

Dengan kata lain, Anda harus mengecek jaket kabel yang terlihat dari luar. Pilihlah jaket kabel yang dibuat dari bahan berkualitas sehingga tidak mudah terputus dan bisa melindungi logam konduktor dengan sempurna.

Ada beberapa material yang perlu Anda kenali saat memilih jaket kabel terbaik, yakni:

  • TPE: material plastik yang memiliki sifat elastis tapi kuat.
  • Nilon: biasanya ditambahkan pada inti tembaga yang ada di dalam kabelnya. Tujuannya adalah agar kabelnya tidak mudah rusak meski menerima tekanan dari luar.
  • PVC: material yang tidak mudah terbakar, tahan terhadap cuaca, dan sifatnya sangat kuat. Material ini sangat umum digunakan.

Silakan cek spesifikasinya dengan jelas supaya tahu material apa yang dipakai pada kabel data yang Anda pilih.

Pilih standar USB 2.0 ke atas untuk memastikan kecepatan transfer data

Untuk memastikan kecepatan transfer data, Anda bisa menempuh cara lain selain harus membongkar kabel dan memeriksa tembaganya. Caranya adalah dengan memeriksa standar USB-nya.

Untuk kecepatan transfer yang baik, sebaiknya pilih produk yang dibekali dengan USB 2.0. Jenis ini memiliki data rate sampai 480 Mbps. Terlebih lagi, versi ini juga masih kompatibel dengan USB 3.0.

Namun, apabila Anda menghendaki transfer data yang lebih cepat dan fleksibel, maka memilih versi 3.0 dan 3.1 juga jadi pilihan yang tepat.

Kompatibilitas fitur fast charging antara smartphone dan kabel data

Apabila smartphone Anda memiliki fitur fast charging, maka pastikan bahwa kabelnya kompatibel dengan standar teknologi fast charging pada smartphone. Pasalnya, masing-masing smartphone biasanya mengusung teknologi yang berbeda.

Berikut ini contoh standar teknologi yang paling umum:

  • Dash Charge dari OnePlus.
  • OPPO VOOV dari Oppo.
  • Samsung adaptive fast charging.
  • Quick Charge 3.0 dari Qualcomm.
  • Quick Charge 4.0 atau 4.0 plus dari Qualcomm.
  • Pump Express dari Mediatek, dll.

Karena sekarang banyak perangkat yang mengusung konsep fast charging, maka silakan cek standar teknologi pada smartphone Anda sebelum membeli.

Sesuaikan panjang kabel dengan kebutuhan pemakaian

Panjang kabel memiliki pengaruh yang cukup besar pada kinerja kabelnya. Semakin panjang kabelnya, maka semakin besar pula hambatannya. Artinya, kecepatan hantarannya pun bisa berkurang.

Panjang kabel vs kebutuhan pemakaian

Biasanya, kabel data resmi memiliki panjang 1 meter. Namun secara umum, idealnya Anda bisa memilih kabel data terbaik sepanjang 1-2 meter.

Dalam memilih panjang kabel ini, Anda tidak hanya bisa berpatokan pada hambatan saja, tetapi juga kebutuhan. Jika memang kebutuhannya lebih panjang dari ukuran resmi, tak masalah asalkan produknya asli.

Khusus untuk pengguna Apple, pastikan kabelnya berstandar MFi

Apple menyebut bahwa penggunanya yang tidak memakai aksesori resmi akan mendapatkan beragam masalah pada produknya. Misalnya, kabelnya mudah rusak, ujung konektor yang cepat panas, dll.

Untuk menghindarinya, Anda harus memilih produk yang sudah berstandar MFi (Made for iPhone, iPad, iPod). Saat membeli, silakan cek logo MFi pada kemasannya untuk memastikan.

Agar lebih jelas lagi, Anda juga bisa langsung mengunjungi situs Apple yang menjelaskan tentang lightning palsu.

Harga vs anggaran

Berikutnya, Anda juga harus memperhatikan harga produknya. Agar tidak kemahalan, silakan terapkan budget kemudian sesuaikan budget tersebut dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Garansi

Saat ini, ada banyak sekali produk palsu yang beredar di pasaran. Maka dari itu, Anda harus selektif dalam membeli produknya. Akan sangat baik jika Anda bisa membeli produk original yang bergaransi resmi.

Selain itu, pada saat membeli Anda juga harus memastikan bagaimana garansinya bekerja. Mulai dari periode hingga jenis garansinya apabila terjadi kerusakan. Dengan begini akan jauh lebih aman.

Daftar kabel data terbaik dan harga terbarunya

Setelah tahu cara memilih kabel data yang bagus, berikut ini kami rekomendasikan beberapa produk kabel data terbaik untuk Anda:

1. Punya jaket yang kuat dan lentur dari lapisan fiber kevlar: Aukey CB-AKL1

Aukey CB AKL1

Aukey CB-AKL1 dibekali dengan jaket yang dilapisi dengan fiber kevlar. Ini membuat kabelnya jadi lentur, tapi kuat sehingga durabilitasnya terjamin. Selain itu, kecepatan transfer datanya juga bisa sampai 480 Mbps.

Produk ini bisa digunakan oleh pengguna Apple dan sudah berstandar MFi.

  • Kompatibilitas: MFi.
  • Panjang kabel: 120 cm..
  • Port konektor: USB A ke lightning.
  • Material jaket: kevlar.
  • Data rate: 480 Mbps.

Harga Aukley cable CB-AKL1 ini adalah sekitar 200 ribuan di marketplace.

2. Kompatibel dengan beragam gadget modern type C: Baseus Halo Kabel Data Type C

Baseus Halo Kabel Data Type C

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Baseus Halo adalah kabelnya tidak mudah kusut, aman dan nyaman saat dipakai, sekaligus punya fitur Quick Charge. Baseus Halo ini cocok buat Anda yang punya perangkat USB type-C.

  • Panjang kabel: 300 cm.
  • Port konektor: to USB type C.
  • Material jaket: nilon.
  • Data rate: 480 Mbps.

Harga kabel data terbaik ini sangat murah, yakni sekitar 50 ribuan saja di marketplace.

3. Fitur power delivery yang kompatibel sampai iPhone 11: UNEED Bolt VI Type C

UNEED Bolt VI Type C

UNEED menyematkan fitur power delivery pada produknya satu ini. Selain itu, ada smart LED yang canggih dan membuat tampilannya jadi makin menarik.

Jika Anda mencari produk dengan fitur fast charging VOOC, maka UNEED Bolt VI type C ini adalah pilihan yang pas. Soal jaket kabel, UNEED sudah membekalkan material nylon braided yang membuat kabelnya awet dan tidak mudah kusut.

  • Panjang kabel: 100 cm.
  • Port konektor: type C to lightning.
  • Material jaket: nilon.
  • Data rate: tidak ada info.

Untuk membelinya, silakan sediakan dana sekitar 100 ribuan.

4. Model kepala siku dan cocok buat gamer: VYatta Gamer Kabel Data Type C

VYatta Gamer Kabel Data Type C

Vyatta menghadirkan desain kabel data terbaik yang unik. Bagian ujung konektornya berbentuk siku-siku sehingga bisa menancap dengan kokoh dan smartphone-nya bisa digunakan dengan nyaman.

Vyatta Gamer ini sangat cocok buat para gamer dengan kompatibilitas yang oke. Selain itu, produknya juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging Qualcomm QC 4.0.

  • Panjang kabel: 100 cm.
  • Port konektor: USB A to type C.
  • Material jaket: TPU leather.
  • Data rate: 480 Mbps.
  • Garansi: 1 tahun.

Harga produknya sangat murah, yakni sekitar 30 ribuan.

5. Fitur fast charging buat yang sibuk: UNEED kabel data magnetic USB type C to type C

UNEED kabel data magnetic USB type C to type C

UNEED menghadirkan sejumlah fitur penting pada kabel data magnetic satu ini. Anda bisa menggunakannya untuk fast charging dengan tenologi VOOC, dual engine fast charging Qualcomm 3.0 dan 4.0+. Selain itu, kecepatan data transfernya juga bisa mencapai 480 Mbps.

  • Kompatibilitas: VOOC, Fast charging Qualcomm QC 3.0 dan 4.0+, Huawei Fast Charge, Huawei Super charge.
  • Panjang kabel: tidak ada info.
  • Port konektor: type C to type C.
  • Material jaket: tidak ada info.
  • Data rate: 480 Mbps.

Untuk membelinya, Anda bisa menyediakan uang sekitar 130 ribuan.

6. Bisa kontrol arus dan voltase karena ada chip e-marker: Baseus Tungsten Gold

Baseus Tungsten Gold

Baseus Tungsten Gold ini kompatibel dengan semua jenis perangkat yang menggunakan USB tipe C. Bahan jaketnya sangat kuat dan lentur karena terbuat dari nilon.

Dengan teknologi e-chip marker yang dimilikinya, Baseus Tungsten Gold mampu mengontrol arus dan voltase yang masuk ke dalamnya.

  • Kompatibilitas: all device dengan USB type C.
  • Panjang kabel: 1-2 meter.
  • Port konektor: USB type C to type C.
  • Material jaket: nilon.
  • Data rate: 480 Mbps.

Harganya sekitar 100 ribuan di marketplace.

7. Kabel data Aukey dengan durabitilas maksimal: Aukey CB-CD2

Kabel Aukey CB CD2

Kelebihan utama dari Aukey CB-CD2 ini adalah ketahanan kabelnya berkat bahan nilon dan shielding aluminium yang dimilikinya. Hal ini membuat kabelnya tidak gampang aus juga tidak mudah robek.

Menariknya lagi, kecepatan transfer datanya bisa sampai 5 Gbps. Selain itu, konektornya juga USB-C yang membuatnya fleksibel terhubung ke berbagai perangkat.

  • Panjang kabel: 100 cm.
  • Port konektor: USB A ke USB type C.
  • Material jaket: nilon dan tambahan aluminium.
  • Data rate: 5 Gbps.

Harga kabel data terbaik yang sudah dibekali fitur fast charging ini sekitar 100 ribu rupiah.

8. USB-C to lightning Quick Charge, permudah charging dan transfer data: McDodo CA7360

McDodo CA7360

McDodo sangat menarik karena bisa melakukan pengisian baterai sampai full hanya dalam waktu 1 jam. Selain itu, kemampuan transfer datanya juga bisa diandalkan.

Kerennya lagi, McDodo sudah membekalkan fitur reconnecting per dua jam pada seri CA-7360 ini. Fitur ini berfungsi untuk memastikan perangkat tetap terhubung satu sama lain.

  • Kompatibilitas: MFi.
  • Panjang kabel: 120 cm.
  • Port konektor: type C to lightning.
  • Material jaket: nilon.
  • Data rate: tidak ada info

Harganya sekitar 90 ribuan.

9. Dikenal sangat awet dengan durabilitas tinggi: Anker Powerline+ USB-C to USB 3.0 Cable A8168HA1

Anker Powerline USB C to USB 3.0 Cable A8168HA1

Anker membekalkan bahan nilon premium pada produknya satu ini. Hal inilah yang membuatnya sangat awet 5x lipat dari produk lainnya.

Selain itu, kecepatan transfernya mencapai 5 Gbps. Dengan advance technology yang dimilikinya, kabel data terbaik Anker ini diklaim mampu melakukan charging dengan cepat dan aman.

  • Kompatibilitas: Galaxy Note 8, S8, S8+, S9, HTC 10, Sony XZ, Xiaomi 5, LG V20, G5, dan G6.
  • Panjang kabel: 90 cm.
  • Port konektor: USB C to USB-A.
  • Material jaket: nilon.
  • Data rate: 5 Gbps.

Harga produknya sekitar 200 ribuan.

10. Jaket pakai lapisan baja tapi fleksibel: Fuse Chicken Titan M

Fuse Chicken Titan M

Fuse Chicken Titan M dibekali dengan lapisan baja yang sangat kuat sehingga daya tahannya tidak bisa diragukan. Apalagi, lapisannya juga ada dua.

Meski lapisan bajanya dua, pihak pabrikan tetap memastikan bahwa produknya bisa elastis dan fleksibel saat digunakan.

  • Kompatibilitas: android.
  • Panjang kabel: 100 cm.
  • Port konektor: USB-A ke micro USB.
  • Material jaket: stainless steel.
  • Data rate: tidak ada info.

Harga produknya sekitar 300 ribuan.

11. Panjang kabelnya bisa disesuaikan dan berfitur fast charging: UGREEN 18W Micro USB fast charging cable US290

UGREEN 18W Micro USB fast charging cable US290

Jika Anda mencari produk yang panjang kabelnya bisa disesuaikan sendiri, maka UGREEN adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mengatur panjang kabel dari 0,5 meter sampai 3 meter memakai kabel data terbaik ini.

UGREEN 18W Micro USB ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Selain itu, produknya disemati juga dengan kemampuan untuk mencegah arus berlebih.

  • Kompatibilitas: Samsung AFC, Huawei AFC, QC 3.0.
  • Panjang kabel: 300 cm.
  • Port konektor: USB-A ke micro-USB.
  • Material jaket: nilon.
  • Data rate: 480 Mbps.

Harganya sekitar 90 sampai 100 ribuan.

12. Terdapat 3 kepala USB buat mengisi beragam macam smartphone: Vizz VZ-CX01 magnetic cable 3 in 1

Vizz VZ CX01 magnetic cable 3 in 1

Vizz VZ-CX01 magnetic cable ini bisa terkoneksi dengan beragam smartphone. Pasalnya, ada 3 jenis colokan yang dimilikinya dan siap dipakai kapan saja. Mulai dari lightning, micro USB, hingga USB tipe C, semuanya tersedia.

Oleh karena itu, apabila Anda punya banyak perangkat yang berbeda-beda jenis port-nya, Vizz VZ-CX01 adalah pilihan produk yang tepat.

  • Panjang kabel: 100 cm.
  • Port konektor: micro USB, lightning, tipe C.
  • Material jaket: tidak ada info.
  • Data rate: tidak ada info.

Harga Vizz VZ-CX01 ini adalah sekitar 100 ribuan.

Itulah beberapa rekomendasi kabel data terbaik yang dapat kami berikan. Terakhir, pastikan Anda mengecek keaslian produknya sebelum membeli.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles