Power bank terbaik memiliki fungsi penting. Dengan alat ini, Anda bisa melakukan charging tanpa terhubung dengan stop kontak.

 

Dengan power bank, pengguna bisa leluasa menggunakan smartphone untuk bermain game, menonton video, atau aktivitas berat lainnya tanpa takut kehabisan daya saat bepergian.

Di Indonesia, terdapat beragam produk yang bisa dipilih untuk memberikan fungsi tersebut secara maksimal. Tentu, semuanya tergantung pada kebutuhan masing-masing.

Oleh karena itu, kami akan coba memberikan tips atau cara memilih power bank terbaik. Kemudian, akan dibahas juga tentang beberapa merek powerbank yang cukup populer dan direkomendasikan dalam artikel ini.

Cara memilih power bank terbaik

Cara memilih power bank terbaik

Ada beberapa poin yang harus Anda pertimbangkan saat hendak memilih powerbank, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

Pilih berdasarkan kapasitas baterai

Setiap powerbank hadir dengan kapasitas yang berbeda-beda. Maka dari itu, pertimbangan utama yang perlu dilakukan saat memilihnya adalah memperhatikan jumlah kapasitas baterainya.

Apabila Anda sering memakai HP untuk bermain media sosial, game, atau menonton video, maka kapasitas minimal yang perlu dipilih adalah 10.000 mAh.

Sebagai contoh, jika smartphone yang digunakan memiliki kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh, maka memilih powerbank dengan kapasitas 10.000 mAh adalah pilihan yang tepat. Sebab dengan powerbank ini, pengisian daya bisa dilakukan minimal 3 kali.

Apabila smartphone Anda hanya berumur sehari. Maksudnya, baterainya habis setelah dipakai sehari, maka powerbank berkapasitas 10.000 mAh adalah pilihan yang tepat sehingga bisa dipakai untuk charging beberapa kali.

Cek bagaimana kecepatan pengisian dayanya

Cara memilih power bank terbaik Cek bagaimana kecepatan pengisian dayanya

Pengisian kecepatan daya menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting. Semakin cepat pengisian dayanya maka semakin bagus sebab hanya diperlukan waktu yang singkat untuk memenuhi daya baterai HP.

Pilihlah jenis output yang bisa mengisi daya dengan cepat

Saat memilih power bank terbaik dengan pengisian yang cepat, salah satu poin yang perlu dipertimbangkan adalah output kuat arus listriknya. Semakin besar kuat arus tersebut, maka semakin besar pula pengisian dayanya.

Beberapa kuat arus listrik yang dibekalkan pada produk di pasaran adalah 1.0 A, 1.5 A, 2.1 A, 2.4 A, dan 3.0 A. Dari pilihan produk ini, yang bisa memberikan performa pengisian daya secara cepat adalah 3.0 A.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa produk yang memiliki output 2.4 A (ampere) ke atas sudah termasuk dalam produk dengan fitur fast charging.

Perhatikan kelengkapan fitur Quick Charge

Selain mengecek kuat arus listriknya, Anda juga bisa mengecek langsung fitur Quick Charge yang ditawarkan. Produk dengan fitur ini bisa dipakai untuk mengisi daya smartphone android dengan cepat. Demikian juga dengan iPhone.

Cek fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan oleh powerbank

Fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan pada masing-masing power bank terbaik itu berbeda. Maka dari itu, coba cek fiturnya dan kenali fasilitas unik yang bisa memberikan manfaat besar.

Pertimbangkan fitur QI yang dapat mengisi daya tanpa kabel

Fitur pendukung yang cukup menarik dan saat ini sedang populer adalah QI. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan charging tanpa memerlukan kabel. Yang perlu dilakukan saat charging adalah menaruh smartphone di atas powerbank-nya.

Fitur QI ini terbilang lebih praktis dan tidak menghabiskan banyak tempat. Anda juga tidak perlu khawatir akan ketinggalan kabel atau yang lainnya.

Pertimbangkan kabel built-in, ringkas dan solusi saat lupa bawa kabel

Bila QI tidak memerlukan kabel, maka built-in menawarkan solusi yang lebih praktis dan ringkas. Kabelnya langsung menyatu dengan powerbank sehingga bisa digunakan di mana saja dan kapan saja dengan panjang kabel yang bisa disesuaikan.

Jadi, selain bisa menjadi solusi untuk masalah kabel yang ketinggalan, kabel built in juga menjadi solusi buat kabel yang kepanjangan. Alhasil, tampilannya jadi lebih rapi saat dipakai untuk charging.

Kompatibel USB PD bila ingin isi daya laptop

Powerbank kini tidak hanya bisa digunakan untuk mengisi daya HP saja. Tetapi juga bisa dipakai untuk melakukan charging pada gadget yang lebih besar seperti laptop dan tablet.

Namun, perlu diketahui bahwa gadget semacam ini tidak bisa dicas dengan powerbank dengan output 5W saja. Anda memerlukan USB Power Delivery Compatible apabila membutuhkan charging pada laptop dan semacamnya.

USB PD adalah kabel USB standar yang dapat digunakan untuk menghantarkan daya sampai 100 W. Sementara arus listriknya dapat dialirkan melalui USB tipe C.

Cek jumlah port dan total outputnya agar mudah dalam pengisian

Pilihlah powerbank yang memiliki cukup banyak port. Tujuannya adalah agar Anda bisa menggunakan port-port tersebut untuk mengecas smartphone dalam waktu bersamaan.

Memilih powerbank terbaik Cek jumlah port dan total outputnya agar mudah dalam pengisian

Ini jelas akan menghemat lebih banyak waktu dan tetap bisa melakukan pengisian daya secara cepat dan tepat.

Namun perlu diingat bahwa output power bank ini akan dibagi langsung ke dalam smartphone-smartphone yang sedang terhubung ke power bank-nya melalui masing-masing port.

Misalnya, Anda memakai powerbank dengan arus 2.4 A untuk dua HP. Maka masing-masing HP akan teraliri arus masing-masing 1.2 ampere.

Perhatikan berat powerbank-nya, pilih yang ringan

Power bank adalah salah satu alat yang bisa menunjang mobilitas Anda. Alat ini lebih banyak digunakan di luar ruangan.

Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih produk yang ringan sehingga bisa dibawa ke mana saja tanpa rasa lelah. Berat rata-rata produk ini ada di angka 150 gram. Kalau bisa, pilih produk yang beratnya memang sebelas dua belas dengan berat HP-nya.

Cek produsennya dan kenali karakteristik mereknya

Agar lebih yakin, sebelum membeli produk, kenali juga produsen dan karakteristik dari merek yang mereka keluarkan.

Sebagai contoh, kenali siapa itu Xiaomi dan bagaimana karakteristik produk yang dihasilkannya. Mulai dari fitur hingga tingkat keawetannya. Termasuk apa ciri utama dari produk yang ditawarkan oleh produsen tersebut.

Biasanya, ada karakteristik tersendiri yang dimunculkan oleh produsen sebagai ciri dan fitur terkuat dari sebuah produk. Misalnya, lebih fokus ke desain yang ciamik atau jeroan dan performa yang mumpuni.

Yang terpenting, mengecek siapa dan bagaimana produsennya akan membantu Anda menemukan produk terbaik yang memiliki review yang bagus dari para penggunanya.

Pastikan desainnya bagus biar tidak mati gaya

Desain merupakan salah satu hal yang cukup penting sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan saat memilih power bank terbaik.

Hal ini karena desain yang bagus akan membuat tampilan powerbank tidak monoton. Selain terlihat lebih eye catching, powerbank model ini juga tidak akan membuat Anda kehabisan gaya saat harus menggunakannya traveling atau beraktivitas di luar rumah.

Ukuran yang ramping mempermudah mobilisasi

Tidak hanya beratnya yang perlu dipertimbangkan, Anda juga harus memperhatikan ketebalan dari power bank tersebut.

Saat ini, ada banyak sekali jenis powerbank yang beredar di pasar. Ada yang tebal ada pula yang ramping (tipis).

Nah, agar mudah digunakan dan nyaman saat digenggam bersama smartphone, pilihlah produk yang ramping dan tidak terlalu tebal.

Itulah beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih power bank terbaru dengan kualitas terbaik. Anda bisa melakukan langkahnya saat menyeleksi beberapa jenis dan merek powerbank. Jangan lupa kenali spesifikasinya secara detail agar mudah dalam menemukan yang terbaik.

12 Power bank terbaik dan terbaru yang recommended

Untuk membantu Anda dalam menentukan produk terbaik, berikut ini kami sampaikan beberapa pilihan power bank-nya:

1. Desain tipis, setipis Smartphone: Mofit M12

Power bank terbaik dan terbaru yang recommended Mofit M12

Powerbank pertama yang dapat kami rekomendasikan adalah Mofit M12. Powerbank ini memiliki bentuk yang sangat ramping sehingga memudahkan para penggunanya untuk dibawa ke mana saja. Selain itu, harga Mofit M12 juga sangat terjangkau.

  • Kapasitas baterai: 10.000 mAh.
  • Output: 5V/2.4A.
  • Tipe baterai: Lithium polymer battery.
  • Jumlah port output: 1
  • Dimensi: 14.5 cm x 6.8 cm x 1.51 cm.
  • Berat: 192 gram.

Power bank ini dibanderol dengan harga mulai dari 90 ribuan rupiah.

2. Kapasitas besar lengkap dengan fitur kekinian: Vivan VPB-H15

Jika Anda mencari produk yang memiliki kapasitas besar, maka Vivan VPB-H15 bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Kapasitas real dari power bank terbaik ini adalah 15.000 mAh dengan fitur yang menarik, yakni Smart Chip Identification.

Dengan fitur tersebut, powerbank bisa menyesuaikan tegangan dan arus yang ada di perangkat yang Anda gunakan. Vivan VPB-H15 juga sudah lolos standar keamanan penerbangan sipil. Fitur fast charging dan LED digital display juga sudah dibekalkan padanya.

  • Kapasitas baterai: 15.000 mAh.
  • Output 1: DC 5V/2.4 A USB
  • Output2: DC 5V/1 A.
  • Fitur tambahan: LED digital display, fast charging.
  • Jumlah port output: 2
  • Dimensi: 6.7 cm x 2 cm x 12.5 cm.
  • Jumlah port input: 2.

Vivan VPB-H15 ini bisa dipakai untuk type C dan micro.

3. Bisa jadi sumber listrik darurat: VIVERR powerbank 50.000 mAh

Dengan kapasitas sebesar 50.000 mAh, produk dari VIVERR ini bisa menjadi salah satu sumber listrik darurat saat Anda berada di area yang minim sumber listrik.

Tersedia empat port yang memungkinkan penggunanya mengecas 4 perangkat secara bersamaan.

  • Kapasitas baterai: 50.000 mAh.
  • Fitur tambahan: 2 LED flashlight, power ON/OFF, full protection IC, dan fast charging.
  • Jumlah port output: 4

Powerbank ini juga punya input type C, micro, dan iPhone. Jadi, cukup lengkap. Harganya mulai dari 216 ribuan rupiah.

4. Pengecasan stabil biar baterai awet: REMAX Lango Power Bank 30.000 mAh RPP-167

Kapasitas asli produk ini adalah 18.600 mAh. Namun, kemampuannya dalam mengalirkan daya secara stabil patut mendapatkan acungan jempol.

Dengan kestabilan yang ditawarkannya, tidak akan terjadi kebocoran baterai, over heat, atau kemungkinan kerusakan lain pada perangkat yang Anda gunakan.

Ditambah lagi, permukaan REMAX Lango RPP-167 ini juga didesain dengan apik agar tidak mudah jatuh saat digenggam.

  • Kapasitas baterai: 30.000 mAh.
  • Jumlah output: 2
  • Dimensi: 15.9 cm x 8.22 cm x 3.2 cm.
  • Tipe baterai: Li-po.
  • Berat: 670 gram.
  • Output: DC5V/2.1 A.
  • Fitur tambahan: LED light indicator.

REMAX Lango ini dibanderol mulai dari 200 ribuan di beberapa marketplace.

5. Punya 2 port fast charge dengan perlindungan maksimal: BASIKE Powerbank 20.000 mAh

Salah satu hal yang menarik dari BASIKE adalah dia diklaim kompatibel dengan sistem pengisian cepat pada Huawei, Oppo, dan Apple.

Ditambah lagi, BASIKE punya dua port yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan charging pada dua gadget sekaligus.

Dilengkapi juga dengan fitur proteksi yang maksimal sehingga keamanan yang diberikan jauh lebih optimal. Di antara fitur keamanannya adalah perlindungan terhadap over-charge, over-voltage, suhu, dll.

  • Kapasitas baterai: 20.000 mAh.
  • Jumlah output: 2
  • Output: 12V
  • Output1: 5V/2.1A
  • Output2: 5V/2.1A
  • Input: micro USB 5V/2A

Harga produk ini sangat terjangkau. Di marketplace, rata-rata dijual sekitar 160 ribuan saja.

6. Sangat multifungsi untuk gadget yang butuh port USB-A: Xiaomi Redmi 20.000 mAh 18W Fast charge power

Xiaomi Redmi power bank terbaik ini punya dua opsi input, yakni type C dan micro. Selain itu, jika Anda punya gadget yang pengisian dayanya membutuhkan USB-A, maka powerbank ini adalah pilihan yang tepat.

Di sini, tersedia dua port USB-A yang siap dipakai oleh penggunanya.

  • Kapasitas: 20.000 mAh 3.7V 74Wh
  • Output: single port 5.1/2.4A, dual port 5.1V/3.6A.
  • Tipe baterai: polimer lithium ion.
  • Port output: 2 USB-A.
  • Dimensi: 15.4 cm x 7.36 cm x 2.73 cm.
  • Berat: 500 gram.
  • Fitur tambahan: bisa dipakai untuk pengisian suhu rendah.

Harga produknya cukup terjangkau, yakni sekitar 240 ribuan rupiah saja.

7. Baterai penuh hanya butuh waktu 15 menit (85% lebih cepat): Anker Powerbank Powercore+ 26800 mAh

Mau mengisi daya HP berkali-kali? Cobalah produk dari Anker ini. Powerbank ini memiliki fitur Quick Charge dan bisa melakukan pengisian daya 85% kali lebih cepat.

  • Kapasitas: 26.800 mAh/96.48 Wh.
  • Output: 5V/2.4A, 9V/2A, 12V/1.5A
  • Port output: 3.
  • Dimensi: 18 cm x 8.0 cm x 2.4 cm.
  • Berat: 590 gram.
  • Fitur tambahan: Qualcomm Quick Charge 3.0 dengan rapid recharge.

Harga Anker ini memang cukup mahal karena sekitar 1,4 jutaan. Tapi dengan fitur yang ditawarkan, rasanya cukup layak untuk beli apalagi jika sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Cocok untuk semua merek Apple: Mophie Powerstation XXL 20K universal battery

Dengan produk ini, Anda bisa mengisi daya semua gadget merek Apple secara nyaman tanpa takut rusak. Mophie juga kompatibel dengan semua versi dari Apple sehingga akan sangat membantu.

Produk Mophie ini juga dilengkapi dengan USB lightning dengan 3 port output yang akan mempermudah pengisian.

  • Kapasitas: 20.200 mAh/96.48 Wh.
  • Output: 2 x 2.1A/1A.
  • Port output: 3.
  • Dimensi: 15.5 cm x 9.2 cm x 2 cm.
  • Berat: 470.6 gram
  • Fitur tambahan: lightning connector
  • Tipe baterai: lithium ion.

Harga Mophie sekitar 1,9 jutaan di marketplace.

9. Isi cepat gadget tanpa kabel: Samsung Powerbank 10.000 mAh Fast charge with wireless charge

Jika Anda punya gadget yang kompatibel dengan teknologi Qi Wireless, maka powerbank ini adalah pilihan yang sangat direkomendasikan.

Selain itu, Anda juga bisa mengisi dua daya baterai sekaligus menggunakan power bank terbaik ini. Satu perangkat bisa memanfaatkan fitur wireless dengan ditaruh di atas powerbank-nya, sedangkan yang lain disambungkan ke port USB-nya.

Yang menarik, produk ini juga bisa dipakai untuk charging pada Galaxy Watch.

  • Kapasitas: 10.000 mAh.
  • Output: 5V, 9V, 12V.
  • Port output: 1
  • Dimensi: 14.9 cm x 7 cm x 1.5 cm.
  • Berat: 234 gram
  • Fitur tambahan: wireless charging output dan fast wired charging in and out.

Dengan desain yang tipis dan ringan, harga produk ini sangat terjangkau, yakni sekitar 600 ribuan saja.

10. Kapasitas baterai real yang besar 20.000 mAh: Robot powerbank

Kapasitas yang tertulis di spesifikasi produknya benar-benar nyata dan sesuai. Jadi, kalau Anda membutuhkan powerbank dengan daya yang besar, Robot adalah produk yang tepat.

Apalagi ada tambahan fitur smart protection dan smart identification yang membuat produknya makin matang.

  • Kapasitas: 20.000 mAh.
  • Output: 5V/2.1A, 5V/1A.
  • Port output: 2
  • Berat: sekitar 350 gram.

Harga Robot power bank ini sangat murah, yakni 230 ribuan saja.

11. Desain tipis dan nyaman digenggam: Hippo ILO Z1 10.000 mAh

Hippo ILO Z1 memiliki desain yang sangat tipis dan ringan sehingga cocok buat Anda yang hobi traveling. Dilengkapi dengan LED indikator dengan kapasitas yang lumayan besar.

  • Kapasitas: 10.000 mAh.
  • Output: 2.1A
  • Input: 2A
  • Berat: 202 gram.
  • Dimensi: 72.3 mm x 10.5 mm x 149.5 mm.
  • Fitur tambahan: proteksi over-charge, suhu, short circuit, over voltage, dan over heat.

Harga Hippo ILO Z1 ini sangat murah. Hanya sekitar 100 ribuan saja.

12. Desain yang manis dengan fitur lengkap: Recci power bank LED wireless suction cup

Desain produk ini tidak akan bikin Anda mati gaya. Selain itu, bodinya juga ramping dan sangat ringan. Ada tambahan tali yang menyatu di bodinya dan bisa dikaitkan dengan jari sehingga bisa menghindari terjadinya gadget jatuh.

  • Kapasitas: 10.000 mAh.
  • Dimensi: 135.5 mm x 69.8 mm x 16.1 mm.
  • Berat: sekitar 215 gram.
  • Tipe baterai: li-po.

Sesuai dengan namanya, produk ini bisa dipakai charging secara wireless. Bisa juga mengandalkan port outputnya. Harganya lumayan terjangkau, yakni kurang dari 500 ribu rupiah.

Itulah beberapa pilihan produk power bank terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Jika Anda masih bingung mau pilih mana, maka saran kami sebaiknya fokuslah pada dua kelebihan utama yang Anda butuhkan. Misalnya, kapasitas besar dan fast charging, maka pilihlah produk dengan kekuatan tersebut.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles