Tingkatkan kenyamanan saat bermain dengan memilih gamepad terbaik yang sudah disesuaikan dengan perangkat dan jenis game-nya.

 

Ada banyak pilihan produk yang bisa dipilih, mulai dari GameSir, Remax, Logitech, hingga Ipega. Semuanya menawarkan desain hingga fitur yang berbeda. Kenali masing-masing spesifikasinya untuk memilih produk yang terbaik.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas review gamepad-nya sekaligus memberikan panduan atau cara memilihnya. Selamat menyimak.

Cara memilih gamepad terbaik sesuai perangkat yang digunakan

Bagi para gamers, kehadiran gamepad memiliki fungsi yang sangat penting. Dengan alat ini, Anda bisa bermain dengan lebih akurat dan nyaman.

Cara memilih gamepad terbaik sesuai perangkat yang digunakan

Karena fungsinya yang penting tersebut, maka Anda perlu melakukan seleksi saat hendak membeli produknya.

Berikut ini kami sampaikan beberapa poin yang bisa dipertimbangkan saat melakukan pembelian:

Kenali jenisnya, berkabel vs nirkabel

Poin pertama yang patut dipertimbangkan saat membeli gamepad buat PC maupun smartphone adalah mengecek kabelnya. Saat ini, ada dua jenis gamepad yang beredar di pasaran. Pertama adalah versi yang pakai kabel, sementara kedua adalah versi nirkabel (tanpa kabel).

Lebih jelas mengenai pembahasan keduanya bisa Anda simak di bawah ini:

Tipe kabel

Tipe pertama yakni memiliki kabel. Tipe ini sudah ada sejak dulu sehingga banyak gamers yang sudah berpengalaman memakainya.

Kenali jenisnya berkabel vs nirkabel Tipe Kabel

Kelebihan dari produk ini adalah memiliki respons yang cepat dan akurat. Tidak heran bila produknya lebih direkomendasikan buat permainan yang fokus pada action, fighting, shooting, atau sejenisnya. Masing-masing permainan tersebut mengandalkan kecepatan saat dimainkan.

Selain cocok dengan permainan yang mengandalkan kecepatan, jenis gamepad terbaik berkabel ini juga recommended buat pemakaian di rumah. Sebab, kabel yang ada cukup panjang sehingga kurang cocok buat mobile.

Versi tanpa kabel

Tipe kedua ini sangat cocok buat Anda yang mobilitasnya tinggi atau sering main di luar bersama teman-teman. Pasalnya, alatnya lebih praktis dan rapi tanpa kehadiran kabel.

Koneksi yang diperlukan agar bisa terhubung ke smartphone atau perangkat lainnya adalah melalui Bluetooth.

Karena mengandalkan koneksi tersebut, ada kemungkinan delay atau nge-lag saat Anda memakainya untuk bermain. Maka dari itu, produknya tidak begitu disarankan untuk pemakaian game yang mengandalkan kecepatan seperti fighting.

Sebaliknya, model ini cocok buat permainan yang slow seperti RPG atau visual novel.

Perhatikan panjang kabel atau versi bluetooth-nya

Tergantung pada produk yang Anda beli, versi berkabel atau non kabel, tetap perhatikan detail panjang kabel dan versi bluetooth yang digunakan.

Panjang kabel

Hal lain yang perlu menjadi perhatian saat Anda memilih tipe wired adalah ketersediaan panjang kabelnya. Pastikan panjangnya sesuai dengan kebutuhan agar kenyamanan bermain bisa lebih dipastikan.

Di samping itu, semakin panjang kabelnya biasanya juga semakin menguntungkan buat pengguna karena lebih fleksibel dalam hal pemakaian.

Dengan kabel yang panjang, seluas apa pun ruangan tempat Anda bermain, maka tetap bisa terjangkau oleh kabel tersebut. Namun, saat tidak terpakai, pastikan kabelnya juga bisa disimpan dan diringkas dengan mudah.

Berikutnya, Anda juga harus memperhatikan pemakaian daya bila memilih tipe berkabel. Pasalnya, karena langsung terhubung ke perangkat, pemakaiannya dayanya cenderung lebih besar.

Pada smartphone misalnya, alat ini dapat menyedot lebih banyak daya sehingga baterai HP-nya cepat habis.

Versi bluetooth

Untuk memastikan koneksi gamepad terbaik tipe nirkabel bisa berjalan dengan baik, silakan cek versi bluetooth yang digunakan pada gamepad tersebut.

Semakin baru versinya, maka kecepatannya semakin baik sehingga delay-nya juga bisa diminimalkan. Selain lebih cepat, bluetooth versi baru juga dikenal lebih hemat daya.

Bahkan, versi 4.1 diklaim bisa digunakan selama 10 hari tiap sekali pengisian daya. Sangat hemat dan layak dicoba.

Pilih bentuk sesuai jenis game yang dimainkan

Gamepad terbaik hadir dengan beragam bentuk dan model. Untuk mendapatkan yang paling bagus, Anda harus menyesuaikannya dengan jenis game yang sering dimainkan. Atau mudahnya, silakan sesuaikan dengan genre game-nya.

Selain didasarkan pada genre, Anda juga harus menyesuaikannya dengan durasi bermain, kenyamanan dalam genggaman, hingga selera masing-masing orang.

Sebagai contoh, jika Anda mencari produk yang bisa digunakan untuk permainan bergenre racing, maka joystick adalah pilihan yang cocok. Selanjutnya, bila permainannya bergenre RPG, maka model yang direkomendasikan adalah cross key.

Selanjutnya, jika permainan yang sering dimainkan adalah FPS, maka controller Xbox merupakan salah satu opsi yang bisa diambil.

Periksa kompatibilitas perangkat

Masing-masing perangkat memiliki sistem operasinya sendiri-sendiri. Maka dari itu, Anda harus mengecek kompatibilitas gamepad-nya terhadap sistem operasi tertentu.

Periksa kompatibilitas perangkat

Salah satu contohnya adalah dengan menyesuaikan kompatibilitas sistem operasi android lengkap dengan ukuran dari androidnya agar mudah dimainkan.

Pastikan permainannya support pemakaian gamepad

Yang tidak kalah penting dibandingkan poin-poin di atas adalah apakah aplikasi game yang Anda mainkan support gamepad atau tidak.

Belilah gamepad hanya jika aplikasinya memang sudah support menggunakan alat ini. Jika tidak, jangan terlalu dipaksakan.

Agar lebih mudah dalam menentukan apakah aplikasinya support atau tidak, Anda bisa mencarinya langsung di internet. Cukup masukkan keyword nama game diikuti dengan “cotroller” atau “gamepad” pada kolom pencarian saat sedang browsing, maka akan ada banyak pilihan produk yang muncul di halaman pencarian.

Cara ini dinilai lebih aman dan bisa membantu Anda mendapatkan produk yang paling tepat. Kalaupun Anda sudah memiliki gamepad incaran tapi ternyata tidak sesuai dengan aplikasi permainan yang sering dimainkan, Anda juga tidak perlu memaksakan diri untuk membelinya.

Pertimbangkan harga produk dan anggaran yang disiapkan

Berikutnya, Anda juga harus menyesuaikan harga produknya dengan anggaran yang disiapkan. Saran kami, dalam menentukan anggaran, carilah produk-produk terbaik dan recommended sesuai dengan poin-poin pertimbangan di atas.

Kemudian, jika sudah ketemu pilihan produknya Anda bisa langsung merangkum harganya dan menentukan anggaran rata-rata dari harga tersebut.

Dengan begitu, patokannya tidak hanya pada ketersediaan uang saja. Melainkan juga pada harga gamepad terbaik yang wajar dan sesuai kebutuhan. Dengan begitu, kualitas dan kesesuaian produk tetap menjadi nomor satu dan bisa memberikan fungsi terbaiknya buat para pengguna.

Itulah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan saat memilih dan menentukan gamepad yang bagus. Silakan pilih berdasarkan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Kami akan memberikan beberapa ulasan produk yang cukup populer di bawah ini.

Daftar rekomendasi gamepad terbaik dan harga terbaru

Berikut ini beberapa ulasan mengenai produk gamepad yang cukup populer dan laris di pasaran:

1. Bermain makin asyik seperti PSP: Gamevice iPhone

Gamevice iPhone

Desain yang ergonomis menjadi keunggulan dari produk ini. Dengan Gamevice iPhone Anda bisa mengoperasikan iPhone seperti sedang menggenggam PSP.

Menariknya lagi, produknya didesain secara khusus agar bisa dilipat menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga kompatibel dan cocok dengan beragam perangkat iPhone.

Gamevice iPhone ini juga sudah dilengkapi dengan earphone jack supaya bisa digunakan saat sedang bermain.

  • Panjang kabel / versi bluetooth: memakai lightning port.
  • Perangkat atau OS yang kompatibel: iPhone X, XS, XS Max, 8, 8 plus, 7, 6s, 7 plus, 6s plus, 6 plus, dan 6.

Harganya sekitar 1 sampai 1,2 jutaan di marketplace.

2. Gamepad kabel android yang bisa dipakai nirkabel, fleksibel: Razer Serval

Razer Serval

Razer Serval sangat multifungsi. Anda bisa memakainya dengan atau tanpa kabel. Saat butuh respons cepat, manfaatkan kabelnya. Tapi jika ingin bebas bermain tanpa adanya kabel, silakan aktifkan mode wireless.

  • Panjang kabel / versi bluetooth: 1,5 meter dan versi 3.0.
  • Perangkat atau OS yang kompatibel: android.

Harga produknya sekitar 1 sampai 1,8 jutaan rupiah.

3. Konektivitas bluetooth yang tahan lama: Steelseries Stratus XL for Windows + Android

Steelseries Stratus XL for Windows Android

Tipenya tanpa kabel dengan daya tahan yang lebih lama. Dayanya memakai baterai AA 2 buah dan bisa bertahan main selama 40 jam.

  • Tipe: nirkabel.
  • Panjang kabel / versi bluetooth: tidak ada info
  • Perangkat atau OS yang kompatibel: android 3.1 ke atas dan Windows.

Harga produknya sekitar 600 sampai 1 jutaan rupiah.

4. Cocok buat main Mobile Legends: GameSir F1 Joystick Grip MOBA Mobile Legends

GameSir F1 Joystick Grip MOBA Mobile Legends

GameSir F1 sangat sempurna buat para pemain mobile legends. Grip-nya bisa menyesuaikan panjang smartphone dengan tambahan analog yang akan memudahkan Anda dalam menggerakkan karakter yang ada di game.

  • Panjang kabel / versi bluetooth: tidak ada info.
  • Perangkat atau OS yang kompatibel: beragam smartphone.

Harganya mulai dari 80 sampai 120 ribuan.

5. Anti panas dilengkapi dengan fan cooling: Remax Cooling Gamepad

Remax Cooling Gamepad

Gamepad terbaik ini sangat spesial karena dilengkapi dengan built in fan cooling. Permainan akan terasa nyaman meskipun sudah berjam-jam. Selain itu, desainnya juga ergonomis sehingga memudahkan pemakaian.

  • Panjang kabel / versi bluetooth: tidak ada info.
  • Perangkat atau OS yang kompatibel: smartphone.

Harganya sekitar 100 sampai 200 ribuan.

6. Gamepad terbaik PC, smart TV, dan smartphone yang ada holder-nya sehingga bisa main tanpa khawatir pegal: Terios T3

Terios T3

Selain tombolnya yang memadai, Terios juga dilengkapi dengan dua analog di bagian kanan dan kiri. Selain bisa digunakan pada smartphone, Anda juga bisa memakainya pada PC hingga smart TV. Tersedia juga holder untuk menyangga smartphone-nya.

  • Tipe: nirkabel.
  • Panjang kabel / versi bluetooth: versi 3.0.

Harganya sekitar 80 ribuan sampai 100 ribuan.

7. Gamepad bluetooth buat android yang super mini dan ringan: 8BitDo ZERO

8BitDo ZERO

Keunikan dari 8BitDo ZERO adalah ukurannya yang super mini, hanya 7,3 cm. Dengan ukuran ini, Anda bahkan bisa menggantungnya di tas layaknya gantungan kunci.

8BitDo ZERO ini dibekali dengan fitur yang lengkap meski bodinya kecil. Jadi, Anda tak perlu khawatir.

  • Panjang kabel / versi bluetooth: versi 4.0.
  • Perangkat atau OS yang kompatibel: Mac OS 10.7 ke atas dan android 4.0 ke atas.

Harganya sekitar 150 sampai 200 ribuan rupiah.

8. Punya 3 mode kontrol, bisa dipakai pada PC dan Smartphone: Mad Catz CTRL R

Mad Catz CTRL R

Mad Catz bisa dipakai pada PC dan smartphone dengan mudah. Tinggal ubah modenya saja sesuai selera. Tidak hanya buat nge-game, Mad Catz CTRL R ini juga punya mouse mode yang bisa digunakan untuk click and action layaknya mouse wireless terbaik.

  • Panjang kabel / versi bluetooth: tidak ada info.
  • Perangkat atau OS yang kompatibel: android, PC (windows 10 ke atas).

Harga Mad Catz ini cukup beragam. Anda bisa membelinya mulai dari 1 jutaan sampai 1,4 jutaan rupiah.

9. Gamepad Ipega terbaik yang bisa diubah ukuran holder-nya: Ipega Red Spider Wireless Controller

Ipega Red Spider Wireless Controller

Desain produknya sangat unik tapi tetap ergonomis sehingga nyaman saat digenggam. Ukurannya juga pas di tangan dan fleksibel karena bisa diubah sesuai ukuran smartphone-nya.

Menariknya lagi, holder-nya juga bisa diatur dengan mudah sehingga bisa dipakai secara horizontal maupun vertikal. Gamepad terbaik dari Ipega ini sangat cocok buat Anda yang punya banyak perangkat yang berbeda-beda.

  • Tipe: wireless.
  • Panjang kabel / versi bluetooth: versi 3.0.
  • Perangkat atau OS yang kompatibel: android 3.2 ke atas dan iOS 7 ke atas.

Harga Ipega Red Spider wireless controller ini beragam, mulai dari 200 sampai 400 ribuan rupiah di marketplace.

10. Bisa dipakai pada android dan iPhone: Ipega PG-9067 Dark Knight

Ipega PG 9067 Dark Knight

Terdapat baterai tanam di dalam Ipega PG-9067 Dark Knight ini. Kapasitas baterainya sekitar 300 mAh sehingga cukup buat main selama 3 sampai 4 jam.

Menariknya lagi, gripnya dibuat berulir sehingga akan nyaman digunakan karena anti slip. Anda yang punya masalah tangan sering berkeringat tak perlu khawatir saat menggunakan perangkat ini.

Ipeda PG-9067 juga kompatibel dengan sistem operasi android dan iOS sehingga bisa dipakai pada HP Samsung, Oppo, atau android lainnya dan iPhone.

  • Tipe: wireless.
  • Panjang kabel / versi bluetooth: tidak ada info.
  • Perangkat atau OS yang kompatibel:

Harganya mulai dari 180 ribuan sampai 300 ribuan rupiah.

11. Controller nirkabel dengan efek getar: Logitech F710 Wireless Controller

Logitech F710 Wireless Controller

Tak hanya mouse-nya yang jadi andalan, Logitech juga punya produk gamepad terbaik yang dapat diandalkan. Bahkan, para gamers suka dengan produk dari brand satu ini.

Salah satu produknya yang cukup populer adalah F710. Pada bodinya terdapat beragam tombol yang akan menunjang kinerja permainan. Juga, ada analog yang bisa dipakai untuk memudahkan game.

Menariknya lagi, gamepad tanpa kabel ini juga punya mode getar. Transmisinya sebesar 2,4 GHz memastikan bahwa respons-nya sangat bagus meski tanpa kabel

  • Tipe: nirkabel.
  • Panjang kabel / versi bluetooth: tidak ada info.
  • Perangkat atau OS yang kompatibel: Windows dan iOS.

Harganya sekitar 500 sampai 700 ribuan rupiah.

12. Gamepad terbaik untuk PUBG dengan fungsi 3 in 1 dan tombol L1 R1: Gamepad 3 in 1 PUBG

Gamepad 3 in 1 PUBG

Desainnya boleh jadi sederhana, tapi fungsinya sangat keren. Apalagi Gamepad 3 in 1 PUBG ini juga dilengkapi dengan joystick analog untuk mempermudah pengelolaan permainan.

Selain cocok buat PUBG, gamepad terbaik ini juga cocok buat game bergenre battle royale lainnya. Misalnya Free Fire dan Fortnite.

  • Panjang kabel / versi bluetooth: tidak ada info.
  • Perangkat atau OS yang kompatibel: smartphone layar 4,7 sampai 6,4 inci.

Harga produknya sangat murah, mulai dari 10 sampai 30 ribuan rupiah.

Itulah cara memilih dan pilihan produk gamepad terbaik yang bisa Anda pertimbangkan saat hendak membeli. Namun tetap saja, sebagai pembeli Anda harus memprioritaskan kebutuhan dan preferensi dalam menentukan produk terbaik.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles