Download dan instal aplikasi PDF reader di HP sekarang! Anda pasti membutuhkannya untuk membaca file pdf baik sekarang maupun nanti.

 

Memasang aplikasi PDF di Android itu sangat penting. Apalagi buat Anda yang hobi baca atau sering mengunduh dokumen dengan format file .pdf.

Tanpa APK tersebut, file yang sudah Anda unduh tidak akan dapat dibuka apalagi dibaca. Akhirnya, isi dokumen tersebut juga tidak akan tersampaikan dengan baik.

Apalagi sekarang, ada banyak informasi di internet dan grup media sosial yang menggunakan jenis file ini. Alasannya, PDF merupakan format yang dapat tampil utuh tanpa risiko berantakan. Saat dibagikan, tampilan dokumennya akan seperti foto dengan tulisan yang dapat terbaca dengan jelas.

Beberapa contoh file dengan format .pdf yang sering dibagikan di grup adalah pengumuman dari sekolah, kebijakan pemerintah, hingga pengumuman penting lainnya.

Rekomendasi Aplikasi PDF Android Terbaik

Di Play Store, ada banyak sekali pilihan APK pembaca file .pdf, pada kesempatan ini kami akan memberikan review dari beberapa rekomendasi app-nya. Selamat menyimak.

1. Aplikasi PDF reader terlengkap dan terpopuler: Adobe Acrobat Reader, PDF viewer, editor & creator

Gambar: Tampilan dan fitur Adobe Acrobat Reader PDF Viewer Editor Creator

Adobe Acrobat Reader merupakan aplikasi yang paling direkomendasikan dengan total unduhan mencapai lebih dari 500 juta kali. Dari unduhan tersebut, dia sudah mendapatkan ulasan sebanyak lebih dari 4,2 jutaan dengan bintang 4,6 dari 5 di Play Store.

Pada aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa membaca file dengan format .pdf. Tetapi juga bisa menambahkan sticky notes, memanfaatkan drawing tools, hingga memberikan highlight pada teks yang ada pada bacaannya.

Adobe acrobat reader juga dapat dari Google Drive dan memungkinkan Anda untuk melakukan editing, combining, hingga compressing file secara langsung.

2. APK PDF dan office: WPS Office, Free Office Suite for Word, PDF, Excel

Sesuai dengan namanya, APK ini tidak hanya dapat Anda gunakan untuk membaca file dengan format .pdf saja, melainkan juga membuka dokumen berbentuk word dan excel.

Aplikasi WPS memungkinkan Anda untuk mengerjakan pekerjaan kantor di rumah, hanya lewat HP. Dengan APK ini, Anda dapat membuka pekerjaan kantor dengan dokumen dari office, e-learning, hingga belajar dan membaca secara online.

Apabila Anda suka menggunakan aplikasi novel gratis dan sudah mengunduh file-nya untuk dibaca secara offline, maka ada kemungkinan beberapa jenis file-nya bisa dibuka memakai WPS office.

Khusus untuk fitur PDF-nya, Anda bisa melakukan scan, view, edit, hingga convert. Jadi, terbilang lengkap dan mudah.

Tak heran bila WPS sudah diunduh lebih dari 100 juta kali dengan bintang sebanyak 4,6 dari 5. Total review-nya adalah sebanyak 2,6 jutaan.

3. Aplikasi PDF untuk HP dengan ukuran ringan: Simple PDF Reader 2021

Gambar: Tampilan dan fitur Simple PDF Reader 2021

Aplikasi ini memiliki keunggulan dari kesederhanaan dan ukurannya di HP. Dengan menyediakan ruang sekitar 24 MB saja, Anda dapat mengunduh dan memasang APK ini di HP Android Anda.

Selain itu, sistem operasi Androidnya juga tidak terlalu tinggi. Sebab Anda dapat memasangnya pada Android dengan sistem operasi 4.1 ke atas.

Meski simpel dan ringan, fitur yang dimiliki Simple PDF Reader 2020 ini sangat powerful. Anda dapat membuka file dengan cepat, tersedia list file .pdf, dan mode bacanya bisa diubah ke night. Anda juga dapat membaca dokumennya per halaman.

Apps ini mendapatkan bintang 4,4 dari 5 dengan total ulasan dan unduhan masing-masing 74 ribuan dan 10 jutaan lebih.

4. Aplikasi PDF reader lengkap dan berukuran cukup ringan: Foxit PDF Reader Mobile – Edit & Convert

Foxit reader lite ini sudah terkenal dengan fiturnya yang lengkap. Di sini, Anda dapat membuka file, edit dokumen, hingga mengubah jenis dokumen ke office, image, teks, dan html.

Saat membaca file-nya, Anda juga dapat menambahkan anotasi hingga coretan-coretan untuk menandai sesuatu yang penting.

Yang menarik, Foxit Lite ini hanya berukuran sekitar 74 MB, tidak seperti aplikasi serupa yang ukurannya di atas 100 MB. Selain itu, Anda juga dapat memasangnya di OS Android 4.1.

Foxit lite ini mendapatkan bintang 4,6 dari 5 dengan unduhan sebanyak lebih dari 5 juta di Play Store.

5. Bisa seluruh Office, termasuk PPT: All Document Manager – Read All Office Documents

Gambar: Tampilan dan fitur All Document Manager Read All Office Documents

Sesuai dengan namanya, All document manager ini memungkinkan Anda untuk membuka file jenis apa saja. Di antaranya .pdf, .docs, .xls, .txt, .ppt, dan .pptx.

Artinya, dengan aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 1 juta kali ini, Anda dapat membuka materi sekolah dengan format apa saja.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa kemampuan APK ini adalah untuk membaca dokumen bukan melakukan editing. Ukurannya juga sangat ringan, hanya sekitar 8,4 MB saja.

6. Bisa sinkron dengan Dropbox, Google Drive, dan OneDrive: Xodo PDF Reader & Editor

Gambar: Tampilan dan fitur Xodo PDF Reader Editor

Xodo khusus dibuat untuk membaca dan mengedit file .pdf. Namun, ada hal unik yang dimilikinya, yakni Anda dapat sinkron file-nya melalui Google Drive, Dropbox, hingga OneDrive.

Kelebihan lainnya adalah navigasi yang mudah saat mempergunakan fitur viewer. Sementara fitur editing-nya juga sudah dilengkapi dengan anotasi hingga notes pada blank document.

Xodo juga dapat Anda gunakan untuk membaca dokumen berformat lainnya seperti Ms. word, Ms. excel, dan Ms. Powerpoint. File tersebut juga dapat langsung disimpan dalam bentuk .pdf menggunakan Xodo.

Xodo mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 10 juta kali dengan perolehan bintang 4,7 dari 5. Total ulasan yang dia dapatkan mencapai 320 ribuan.

7. Dapat dipakai pada berbagai perangkat termasuk PC dan Mac: PDF reader – Sign, Scan Edit, & Share PDF Document

Dengan total unduhan lebih dari 10 juta kali, PDF reader besutan KDan Mobile ini pantas atau layak untuk kami rekomendasikan. Jumlah bintang juga mencapai 4,2 dari 5 yang artinya mayoritas pengulas memberikan review positif.

Anda tidak hanya dapat memakai aplikasi ini pada HP Android, tetapi juga beragam jenis smartphone, tablet, hingga PC. Termasuk di antaranya iPhone dan Mac.

Dengan APK ini, Anda dapat mengimpor file dari komputer, cloud, atau aplikasi lain. Anda juga dapat memberikan highlight pada teks penting di bacaannya.

Tersedia juga pilihan untuk menambahkan garis bawah, penandatanganan kontrak secara langsung, hingga support ke ePub dan gambar.

8. PDF reader besutan Google LLC yang simpel dan lengkap: Google PDF viewer

Gambar: Tampilan dan fitur Google PDF viewer

Google PDF viewer menawarkan fitur yang simpel namun lengkap. Anda dapat langsung membaca dokumen, mencetak, menggunakan fitur search, hingga mengopi teks tertentu. Misalnya copy paste teks-teks atau angka-angka penting ke clipboard.

Google PDF viewer sudah dipakai sebanyak lebih dari 100 juta kali dengan perolehan bintang 4,3 dari 5. Total ulasannya adalah sebanyak 390 ribuan.

Itulah beberapa pilihan aplikasi PDF reader yang dapat Anda pasang di HP. Silakan pilih dan gunakan aplikasinya dengan bijak.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles