Hobi membaca novel? Download aplikasi novel gratis di Android. Anda bisa membaca secara leluasa baik online maupun offline.

Saat ini, tersedia banyak sekali pilihan aplikasi di Play Store. Pada aplikasi tersebut, Anda akan mendapatkan banyak sekali koleksi novel dari berbagai genre. Mulai dari romansa, horor, hingga Sci-fi. Anda pun akan bertemu dengan para pengguna lain yang juga memiliki hobi sama, yakni membaca.

Pada beberapa aplikasi, tersedia fitur untuk menulis karya pribadi. Jadi, Anda pun dapat membagikan tulisan yang selama ini tersimpan di memori HP. Karya tersebut akan langsung dibaca oleh pengguna lain di seluruh dunia.

Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Gratis Offline & Online

Berikut ini adalah beberapa review dan rekomendasi APK novel yang dapat dibaca secara gratis di Play Store:

1. Aplikasi novel gratis terlengkap yang sudah global: Wattpad

Wattpad menjadi salah satu APK membaca novel yang sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Yang menarik, di sini Anda dapat membaca semua karya dalam bahasa kesukaan.

Selain itu, novel yang tersedia di sini juga sangat beragam dan berasal dari berbagai genre. Jadi, Anda dapat membaca apa saja dengan bebas. Terlebih, di sini juga tersedia puisi dan beberapa jenis buku. Artinya, Wattpad memang jadi surganya para pencinta buku.

Tak hanya membaca, Wattpad juga menawarkan fitur menulis buat para penggunanya. Anda bisa berbagi kisah dan cerita pribadi pada aplikasi ini.

Wattpad memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk membaca secara offline. Caranya adalah dengan mengunduhnya terlebih dulu.

Bila menggunakan Wattpad, Anda akan bertemu dengan lebih dari 100 juta pengguna lain yang tersebar di seluruh dunia.

2. Baca novel online gratis berbagai genre: NovelPlus

Tampilan dan fitur NovelPlus Novel Percuma Tanpa Had

Gambar: Tampilan dan fitur NovelPlus Novel Percuma Tanpa Had

NovelPlus merupakan aplikasi yang cukup direkomendasikan karena menyediakan buku fiksi dalam berbagai genre. Di sini, Anda dapat membaca dan menulis cerita. Selain itu, tersedia juga fitur “share” yang memungkinkan Anda untuk berbagi dengan cepat dan mudah.

Beberapa genre yang tersedia di NovelPlus adalah fantasi, crime, horor, misteri, hingga romansa. Anda pun dapat terhubung langsung dengan penulis yang membagikan novelnya di aplikasi ini.

Bila mengunduh NovelPlus, Anda akan langsung bertemu dengan lebih dari 500 ribu penggunanya.

3. Bisa ganti font dengan bebas: Cabaca – Baca Novel Gratis

Tampilan dan fitur Cabaca Baca Novel Gratis BETA

Gambar: Tampilan dan fitur Cabaca Baca Novel Gratis BETA

Cabaca merupakan aplikasi novel gratis yang menyediakan bacaan ringan untuk para penggunanya. Tersedia genre romansa, komedi, horor, fantasi, hingga aksi yang menegangkan.

Yang menarik, Anda dapat mengubah font pada novelnya secara leluasa. Jadi, Anda dapat menikmati bacaannya dengan pilihan huruf yang Anda sukai.

Cabaca telah mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 50.000 kali di Play Store. Bintangnya 3,9 dari 5 dengan ulasan total 700-an.

4. Aplikasi novel romantis gratis berbahasa indonesia: Innovel

Tampilan dan fitur Innovel

Gambar: Tampilan dan fitur Innovel

Jika yang Anda cari adalah cerita romansa saja, maka Innovel adalah pilihan yang tepat. Di sini, tersedia banyak cerita mengenai pernikahan, kehamilan, miliarder, hingga keluarga kerajaan.

Ceritanya juga selalu update setiap hari dan langsung dari penulis aslinya.

Yang menarik, Innovel menyediakan grup pembaca yang memungkinkan Anda untuk memberikan feedback pada para pengguna lainnya.

Innovel dapat dinikmati baik secara online maupun offline, jadi jelas mempermudah penggunanya.

Bila mengunduh aplikasi novel gratis ini, Anda akan bertemu dengan lebih dari 1 juta pengguna lain. Saat ini, rating-nya pun sangat bagus, yakni mendapat bintang 4,3 dari total ulasan 170 ribuan.

5. Bisa meminta penulis mengubah ceritanya: Noveltoon, Read and Tell Stories in Indonesia

Tampilan dan fitur NovelToon Read and Tell Stories in Indonesia

Gambar: Tampilan dan fitur NovelToon Read and Tell Stories in Indonesia

Sesuai dengan namanya, NovelToon merupakan APK novel yang secara khusus menyasar pasar Indonesia. Artinya cerita yang tersedia di sini semuanya berbahasa Indonesia.

Genre yang tersedia di dalamnya adalah romansa, komedi, horor, fantasi, time travel, hingga kehidupan sekolah. Jadi, cocok buat dewasa maupun remaja.

Yang menarik, Anda dapat terhubung langsung dengan penulis dan berbicara dengan mereka. Bahkan, Anda pun dapat menyarankan penulis untuk mengubah storyline-nya.

Selain membaca, NovelToon juga menyediakan fitur menulis buat para penggunanya. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 5 juta kali ini mendapatkan bintang 4,5 dari ulasan sebanyak lebih dari 50 ribu.

6. Jadi penulis dapat bayaran: NovelMe, Baca Webnovel dan Love Story Tiap Hari

Tampilan dan fitur NovelMe Baca webnovel dan love story tiap hari

Gambar: Tampilan dan fitur NovelMe Baca webnovel dan love story tiap hari

NovelMe merupakan aplikasi baca dan tulis cerita yang lebih fokus ke genre romansa. Aplikasi ini asli Indonesia dan merupakan besutan dari Starlight.dev.

Di sini, Anda dapat membaca cerita fantasi, horor, fanfict, dan genre-genre lainnya. Tersedia juga beberapa cerita best seller seperti Lawyers Lover, Suami Negri Dongeng, Wedding Drama, dll.

Yang paling menarik, Anda dapat menulis dan mendapatkan bayaran dari tulisan tersebut. NovelMe juga rutin mengadakan kompetisi buat para penulis untuk mencari Next Top Writer. Hadiahnya sampai ratusan juta rupiah.

NovelMe mendapatkan unduhan sebanyak 1 juta lebih dengan bintang 3,8 dari 12 ribuan ulasan.

7. Tersedia 40 genre dan dapat mendengarkan cerita: Storial.co

Tampilan dan fitur Storial.co Aplikasi Baca Novel Gratis

Gambar: Tampilan dan fitur Storial.co Aplikasi Baca Novel Gratis

Storial.co merupakan aplikasi novel gratis asli Indonesia. APK ini menyediakan berbagai macam genre, bahkan jumlahnya mencapai 40. Beberapa genre yang dapat dinikmati adalah romansa, komedi, fantasi, horor, hingga kumpulan buku puisi.

Lewat Storial, Anda dapat terhubung langsung dengan penulisnya. Yang menarik, bila ada kalimat dalam novelnya yang Anda sukai, Anda bisa langsung membuat Quotes menggunakan kalimat tersebut. Kutipan ini pun dapat langsung dibagikan ke media sosial.

Menariknya lagi, Storial memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan ceritanya lewat fitur AudioStory.

Storial mendapatkan 100 ribuan unduhan dengan bintang 3,4 dari 3 ribuan ulasan.

8. Novel terjemahan dengan fitur koin: FunRead – WebRead & Pulau Komik

Tampilan dan fitur FunRead WebRead Pulau Komik

Gambar: Tampilan dan fitur FunRead WebRead Pulau Komik

Genre utama FunRead adalah romansa. Ada banyak cerita yang dikembangkan di aplikasi ini. Di antaranya adalah kisah cinta CEO, fantasi, hiburan, kisah-kisah misterius, dan yang lainnya.

Saat membaca, Anda akan mendapatkan koin dan ada misi khusus untuk mendapatkan koin secara gratis.

Aplikasi ini sifatnya online dan mendukung beragam jenis bahasa. Selain itu, Anda dapat mengubah tampilannya ke modus siang dan malam.

9. Aplikasi novel gratis dan komik: WebNovel

Webnovel menyediakan berbagai macam genre novel lengkap dengan komik. Isi ceritanya selalu update setiap hari, jadi sangat recommended buat yang suka baca.

Di sini, ada komunitas pembaca yang sangat aktif sehingga Anda dapat berkumpul dan berbagi ide di sana. WebNovel bahkan membuka kesempatan untuk para penggunanya yang ingin menulis dan mendapatkan fans.

WebNovel memperoleh unduhan sebanyak lebih dari 10 juta kali dengan total bintang 4,0 dari 200 ribuan ulasan.

10. Aplikasi membaca lengkap: Google Play Books

Tampilan dan fitur Google Play Buku

Gambar: Tampilan dan fitur Google Play Buku

Tidak semua buku yang ada di Google Play Books itu gratis, tapi memang sebagian dapat Anda nikmati tanpa perlu membayar secara online. Di sini, tak hanya ada novel tetapi juga komik hingga buku pelajaran.

Apabila Anda senang membaca novel dan belajar untuk sekolah, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan. Hal ini karena Anda dapat belajar materi sekolah dan membaca novel berbagai genre hanya dari satu aplikasi.

Misalnya, saat Anda sudah mengunduh aplikasi Matematika tapi ingin melihat langsung buku teksnya, Anda dapat langsung membacanya di Google Play Books sambil membaca novel favorit.

Itulah beberapa aplikasi novel gratis yang dapat kami rekomendasikan. Selamat memilih yang terbaik.

Tagged in:

, , ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles