Mau mendesain tapi kurang skill? Pasang aplikasi desain grafis di HP. Dengan APK ini, Anda dapat membuat gambar menarik tanpa perlu ribet mendesain dalam waktu berjam-jam.

Mendesain dengan aplikasi desain grafis di Android

Konten media sosial seperti IG, Facebook, WhatsApp, hingga Youtube kini butuh gambar dan visualisasi yang baik. Tanpa itu, rasanya pasti ada yang kurang dan tidak akan sempurna.

Bagi anak desain, membuat konten seperti itu mungkin adalah hal yang mudah karena sudah jadi makanan setiap hari.

Tapi buat orang awam, tentu agak sulit mewujudkannya. Kadang, ada yang rela mengeluarkan uang agar bisa menghasilkan gambar yang menarik. Yakni dengan menyewa jasa desainer grafis.

Kini, dengan aplikasi desain grafis, Anda tidak perlu melakukannya lagi. Bahkan, Anda bisa berlatih desain dengan mudah kemudian memanfaatkannya untuk mencari uang dengan cara membuka jasa desain grafis.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas rekomendasi aplikasinya. Simak sampai selesai.

Apa itu aplikasi atau software desain grafis?

Sebagaimana disebutkan di atas, gambar grafis yang cantik dan menarik kini menjadi kebutuhan yang cukup pokok buat semua orang. Karena penyedianya terbatas dan cukup mahal, maka orang awam perlu solusi yang cerdas dan cepat.

Dibuatlah software desain grafis, yakni sebuah program perangkat lunak yang dipakai untuk membuat desain grafis.

Desain grafis sendiri adalah representasi dari kata, simbol, hingga gambar yang ada pada komputer. Nah, grafik pada komputer ini ada yang 2D, ada pula yang 3D.

6 Rekomendasi aplikasi desain grafis gratis di HP

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi graphic design apps untuk Android yang cukup direkomendasikan saat ini. Sama dengan aplikasi VPN, Anda pun dapat download aplikasinya secara gratis. Silakan cek ulasannya sebelum memasangnya di HP Anda.

1. Canva: Aplikasi desain gratis untuk pemula hasilnya seperti pro karena all in one

Gambar: Tampilan dan fitur Canva Graphic Design Video Collage Logo Maker

Pemula yang baru mulai belajar desain atau edit foto bisa menggunakan Canva. Total unduhannya sudah lebih dari 100 juta kali dengan ulasan hampir 4 juta. Dari semua ulasan tersebut, Canva mendapatkan bintang 4,7 dari 5 di Play Store.

Canva memungkinkan Anda untuk mendesain secara langsung atau menggunakan template yang ada. Itulah mengapa selain cocok buat desainer, aplikasi ini juga sangat direkomendasikan buat pemula.

Ada banyak sekali pilihan template kece yang bisa digunakan. Semua dikelompokkan berdasarkan kategori. Mulai dari logo, presentasi, cerita (story), infografis, video, dokumen A4, bisnis, brosur, undangan, hingga diagram.

Untuk menggunakan aplikasinya, Anda harus terhubung ke internet. Jadi, tidak bisa offline begitu saja. Selain itu, Anda perlu akun gmail atau Facebook agar bisa login ke aplikasinya.

2. Desygner: Aplikasi design graphic dengan jutaan template gratis, bisa bikin iklan

Foto: Fitur Desygner via Play Store

Desygner ini memang aplikasi yang tergolong baru. Bila dibanding Canva, jumlah unduhannya memang kalah jauh.

Saat ini, Desygner diunduh lebih dari 1 juta pengguna dari seluruh dunia. Total ulasannya baru menyentuh angka 50 ribuan. Meski begitu, dari ulasan tersebut dia mendapatkan bintang 4,7 dari 5.

Konsep aplikasinya hampir sama dengan Canva, di mana Anda bisa mendesain dengan template yang ada di dalamnya.

Ada banyak sekali pilihannya, mulai dari media sosial (IG, FB, Instastory, dll.), Banner Web, Presentasi, kartu nama, majalah, buletin, selebaran, hingga foto sampul. Bahkan, Anda bisa bikin konten iklan memakai template yang ada di dalam aplikasinya.

Tampilannya sangat simpel dengan kategori yang jelas dan terstruktur. Informasi template gratisnya juga sangat jelas sehingga akan memudahkan pemula.

3. Logo Maker, Free Graphic Design & Logo Template: Aplikasi desain logo tanpa login email

Foto: Fitur Logo Maker via Play Store

Sesuai dengan namanya, APK ini fokus pada pembuatan logo. Misalnya adalah logo toko, perusahaan, situs, atau yang lainnya. Pada aplikasi ini tersedia banyak sekali template logo yang dapat Anda gunakan.

Menariknya lagi, ada opsi pemberian efek tertentu pada logo tersebut sehingga dapat digunakan pada video sebagai gambar bergerak. Anda pun tak perlu login menggunakan alamat email. Begitu diinstal dan dibuka, Anda bisa langsung menggunakan aplikasinya secara leluasa.

Tampilannya juga sangat terstruktur. Pada masing-masing template sudah digolongkan berdasarkan temanya. Ada yang tema teknologi, makanan, alam, dll. Anda tinggal pilih saja sesuai kebutuhan.

Logo Maker ini telah mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 1 juta kali dengan total ulasan sebanyak 80 ribuan. Bintangnya saat ini sudah 4,7 dari 5 yang menandakan bahwa banyak yang memberikan ulasan positif padanya.

4. Snapseed: Tampilannya sederhana, ringan, dan bisa offline

Foto: Fitur Snapseed via Play Store

Snapseed pada dasarnya adalah aplikasi edit foto yang sederhana. Anda bisa memasukkan foto kemudian memberikan filter tertentu agar hasil gambarnya bagus. Selanjutnya, Anda pun dapat memberikan teks dengan template yang menarik.

Template teks yang menarik dari Snapseed ini adalah keunikannya. Para pengguna Snapseed ini kebanyakan pemilik toko online yang ingin memberikan deskripsi pada produk yang mereka jual.

Dengan template teks yang unik dari Snapseed, tampilan deskripsi itu menjadi lebih menarik dan keren. Anda bisa memanfaatkannya untuk tujuan lain.

Yang menarik, aplikasi ini sangat ringan. Selain itu, Snapseed juga tetap bisa dipakai meski sedang offline.

Aplikasi desain grafis Snapseed mendapatkan total unduhan lebih dari 100 juta kali dengan ulasan yang telah terkumpul sebanyak 1,2 jutaan. Dari review tersebut, aplikasi besutan Google LLC ini mendapatkan bintang 4,5 dari 5.

5. Flyers, Poster Maker, Graphic Design, Banner Maker: Aplikasi desain 3D di Android untuk membuat desain grafis poster

Foto: Fitur Flyers Maker via Play Store

Aplikasi selanjutnya sering disebut Flyer Maker. APK ini cukup ringan dan dapat dibuka dengan mudah. Sesuai dengan namanya, fitur utama yang disediakan adalah pembuatan flyer atau brosur. Namun, yang paling menarik adalah ketersediaan pembuatan 3D flyers.

Tersedia beragam template 3D flyers yang menarik. Ada yang bisa didapatkan dengan upgrade ke versi pro. Ada pula yang bisa langsung diedit secara gratis.

Selain 3D flyers, menu template lainnya juga cukup banyak dan ditempatkan dengan tampilan yang rapi. Misalnya:

  1. Offer & Sales.
  2. Tipografi.
  3. Travel.
  4. Produk.
  5. Kartun.
  6. Bayi.
  7. Marketing, dll.

Penggunanya bisa memilih dengan mudah template yang tersedia sesuai dengan kategori yang dibutuhkan.

Flyer Maker sudah mendapatkan bintang 4,7 dari 5 di Play Store. Total unduhan dan ulasannya masing-masing mencapai 5 jutaan dan 135 ribuan.

6. Adobe Spark Post: Bikin desain animasi jadi mudah

Foto: Fitur Adobe Spark Post via Play Store

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah besutan dari Adobe. Dengan Adobe Spark Post, Anda dapat membuat grafik yang keren seperti kolase, bisnis, sekolah, makanan, hasil kerajinan tangan, hingga travel.

Ada banyak pilihan template yang bisa dimanfaatkan, termasuk yang paling menarik adalah template animasi.

Adobe Spark Post sudah dipasang sebanyak 10 juta kali dengan total ulasan 50 ribuan dari pengguna di seluruh dunia. Bintangnya pun sudah mencapai 4,4 dari 5.

Itulah beberapa aplikasi desain grafis yang bisa kami rekomendasikan. Anda bisa memilih mana yang terbaik sesuai kebutuhan. Ingatlah bahwa penyedia aplikasi terus saja berbenah. Mereka juga terus menciptakan sesuatu yang baru untuk ditawarkan kepada seluruh pengguna di dunia. Jadi, selamat memilih!

Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Media industri aplikasi mobile. Memberikan ulasan aplikasi, tips & trik aplikasi, rekomendasi aplikasi dan berita terkini.

View All Articles