Smartphone telah berhasil mencuri perhatian masyarakat. Istilah ini tidak bisa dipisahkan dengan kemajuan teknologi saat ini. Sebagai pengguna, kita harus mengenalinya dengan baik.

 

Artikel ini membahas tentang smartphone secara detail.

Apa itu smartphone?

Dari segi bahasa, secara umum maksud smartphone adalah gabungan dari smart dan phone. Smart berarti cerdas, phone berarti telepon. Oleh karena itu, banyak orang yang menyebut istilah ini dengan sebutan “ponsel cerdas”.

Apa itu smartphone

Berikut ini adalah pengertian ponsel cerdas yang harus Anda tahu:

Pengertian umum

Secara umum, istilah ini memiliki arti sebagai telepon genggam atau seluler pintar yang sudah dilengkapi dengan fitur canggih sehingga memiliki kemampuan yang tinggi layaknya sebuah komputer.

Dengan perangkat ini, pengguna bisa mengoperasikan smartphone seperti mengoperasikan komputer. Hanya saja, layarnya lebih kecil. Ditambah lagi, perangkat ini bisa dipakai untuk berkomunikasi secara leluasa sementara komputer tidak demikian.

Selain pengertian di atas, istilah ini juga diartikan sebagai berikut:

  1. Smartphone adalah telepon genggam atau handphone pintar yang dilengkapi fitur canggih seperti pembaca ebook, internet, email, dan yang lainnya.
  2. Smartphone adalah sebuah handphone yang bekerja dengan memakai sistem operasi atau OS sebagai perangkat lunak. Pada kelanjutannya, hal ini bisa menciptakan hubungan antara pengembang aplikasi.

Catatan: Mudahnya, smartphone merupakan komputer kecil yang punya fungsi layaknya telepon sehingga bisa dipakai untuk berkomunikasi.

Pengertian smartphone menurut para ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian istilah ini menurut para ahli:

  1. Menurut David Wood, smartphone adalah HP cerdas yang memiliki nilai lebih dibanding alat telekomunikasi lainnya. Kelebihan tersebut terletak pada proses penggunaan dan pembuatannya.
  2. Ridi Ferdiana berpendapat bahwa istilah ini memiliki arti sebagai sebuah perangkat telepon seluler yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Dengan fitur ini, smartphone tak hanya bisa jadi alat telekomunikasi saja, tetapi juga dapat dipakai untuk keperluan bisnis. Baik oleh pengusaha maupun masyarakat secara umum.
  3. William dan Sawyer menyampaikan bahwa smartphone adalah sebuah telepon seluler yang memakai layanan berupa memori, mikroprosesor, layar, dan modem bawaan. Fiturnya jelas lebih lengkap dari pada HP biasa.

Catatan: Intinya, smartphone merupakan bagian dari alat telekomunikasi yang fiturnya sudah lengkap dan terus diperbaharui sesuai perkembangan teknologi. Alat ini bisa memberikan kemudahan kepada para penggunanya.

Fitur smartphone

Fitur smartphone

Untuk memahami pengertiannya secara lebih detail, berikut ini adalah beberapa fitur yang dibekalkan pada smartphone:

  1. Telepon.
  2. Kamera.
  3. SMS.
  4. Internet.
  5. Edit dokumen.
  6. Pemutar musik.
  7. Pemutar video.
  8. Aplikasi game.
  9. Perekam suara.
  10. Radio.
  11. Perekam video.
  12. NFC, dll.

Ada banyak fitur yang disematkan pada smartphone. Biasanya, kelengkapan dan kualitas fiturnya tergantung pada spesifikasi masing-masing smartphone-nya.

Pengguna juga bisa menambahkan fitur sendiri ke dalamnya dengan cara mengunduh aplikasi tertentu. Misalnya, browser, pengusir nyamuk, dan yang lainnya.

Sistem operasi atau OS pada smartphone

Sebagaimana dijelaskan di atas, perangkat ini bisa bekerja dengan sangat maksimal dengan bantuan perangkat lunak yang sering disebut dengan sistem operasi. Masing-masing perangkat memiliki sistem operasi yang berbeda. Berikut ini adalah jenis OS yang ada pada smartphone:

  1. iOS.
  2. Android.
  3. Blackberry.
  4. Symbian.
  5. Ubuntu.
  6. Bada.
  7. Firefox OS.
  8. Tizen.
  9. Windows Phone.
  10. MeeGo OS.
  11. Palm.

Dari banyak OS di atas, yang paling populer dan sering digunakan adalah Android, iOS, Blackberry, dan Windows Phone. Khusus untuk Android, penggunanya sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia. Inilah OS yang paling banyak digunakan oleh pengguna.

Jenis-jenis smartphone berdasarkan bentuknya

Smartphone memiliki bentuk yang berbeda-beda. Berikut ini klasifikasinya:

iPhone

Bentuknya seperti HP biasa. Uniknya, produk ini secara khusus dikeluarkan oleh raksasa Apple sehingga bentuknya sangat unik dan mudah dikenali.

Secara umum, fitur utamanya hampir sama dengan smartphone. Namun saat bisa memilikinya ada kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Itulah sebabnya banyak yang mencari produk satu ini.

Tablet

Tablet memiliki ukuran layar yang lebih besar layaknya sebuah buku. Biasanya, ukuran layarnya mulai dari 7 inci tapi tak sampai sama dengan ukuran layar laptop.

Jenis jenis smartphone berdasarkan bentuknya Tablet

Keunikan lain yang dimiliki produk ini adalah biasanya dilengkapi dengan mini keyboard. Mini keyboard ini bisa dibawa ke mana saja sehingga memudahkan para penggunanya dalam mengoperasikan perangkat.

Meskipun bisa digunakan untuk berkomunikasi, pengguna tablet tidak sebanyak HP. Karena layarnya besar, penggunaannya untuk berkomunikasi juga tidak akan mudah. Pengguna mungkin akan membutuhkan earphone bila mau memakai perangkat ini untuk berkomunikasi.

Pengguna tablet kebanyakan adalah kalangan eksekutif untuk pekerjaan mereka. Kadang, tablet juga digunakan untuk fokus menonton video saja karena layarnya lebih lebar.

Handphone

Inilah alat yang paling banyak digunakan dari dulu sampai sekarang. Bentuknya kecil dan ringkas sehingga mudah di bawa ke mana saja.

Handphone yang mengikuti perkembangan zaman umumnya sudah punya fitur layar sentuh atau touchscreen. Tombol keypad-nya berada di layar dan dapat diketuk secara langsung agar bisa dioperasikan.

iPad

iPad merupakan tablet yang dikeluarkan oleh raksasa Apple.

iWatch

Alat ini berbentuk jam tangan pintar dan dikeluarkan oleh Apple. Karena dikeluarkan oleh Apple, produknya hanya bisa terhubung dengan iPhone saja.

Smartwatch

Sama dengan iWatch, bentuk produk ini juga seperti jam tangan. Dengan perangkat ini, Anda bisa terhubung dengan internet dan perangkat lainnya. Fitur yang dimiliki oleh Smartwatch di antaranya adalah email, telepon, SMS, GPS, hingga prediksi cuaca.

Smartwatch ini sering dipilih oleh para orang tua untuk anak-anak mereka. Namun, orang dewasa juga banyak yang menggunakannya.

Bagi orang tua yang memakaikannya pada anak-anak, perangkat ini diharapkan bisa membantu mereka untuk menghubungi orang tua di saat-saat tertentu. Tidak hanya itu, fitur GPS-nya juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui keberadaan sang anak dengan mudah.

Manfaat smartphone untuk kehidupan sehari-sehari

Dengan majunya teknologi sekarang, tidak ada orang yang bisa memungkiri betapa bermanfaatnya smartphone untuk dunia. Dengan alat ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

  1. Berkomunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat. Baik itu dengan internet maupun tanpa koneksi internet. Sebagai contoh, pengguna bisa menelepon dengan memakai pulsa, bisa juga menelepon melalui aplikasi Whatsapp yang membutuhkan kuota internet dalam pengoperasiannya.
  2. Mengetahui informasi terbaru dengan berselancar.
  3. Bermain media sosial.
  4. Menambah ilmu pengetahuan karena bisa mengakses banyak hal, dll.

Intinya, semua manfaat smartphone di atas bisa mempermudah urusan para penggunanya. Karena itulah perangkat ini sangat disukai sehingga meskipun belum punya uang banyak, mereka akan berusaha dengan keras untuk mendapatkannya.

Tagged in:
,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles