Pulsa merupakan istilah yang sering dipakai di era digital tapi tak banyak yang tahu pengertian, fungsi, bahkan asal usulnya.

 

Artikel ini akan menjelaskannya secara detail. Selamat menyimak.

Apa yang dimaksud dengan pulsa? Ini pengertian yang harus Anda tahu!

Secara umum, pulsa memiliki arti sebagai media penghubung yang dapat dipakai sebagai sarana berkomunikasi baik jarak jauh maupun dekat.

Apa yang dimaksud dengan pulsa Ini pengertian yang harus Anda tahu

Istilah ini juga diartikan sebagai alat perhitungan atau sebuah sistem perhitungan yang dapat digunakan untuk menentukan tarif pelanggan.

Sementara itu, menurut KBBI artinya adalah sebuah satuan dalam perhitungan biaya telepon.

Asal usul pulsa, bagaimana sejarahnya?

Jika Anda melihat KBBI, maka makna pulsa sebenarnya ada dua jenis. Pertama, makna yang merujuk pada denyut nadi yang diambil dari kata “pulse” (bahasa inggris). Kedua, makna yang merujuk pada pemakaian biaya telepon.

Asal usul pulsa bagaimana sejarahnya

Pada awalnya, penggunaan kata ini lebih sering merujuk ke denyut nadi. Namun, sampai sekarang belum diketahui bagaimana asal usul istilah ini digunakan sebagai satuan perhitungan biaya telepon. Padahal di negara lain, penyebutan pulsa menggunakan kata “kredit”. Contohnya adalah di Malaysia.

Namun yang jelas, hal ini kemungkinan terjadi akibat pemakaian istilah yang keliru dan digunakan secara luas sehingga memunculkan pemakaian makna baru.

Dengan kata lain, adanya makna pulsa di KBBI sebagai perhitungan satuan biaya telepon merupakan hasil dari kebiasaan masyarakat yang menyebut voucher fisik yang isinya adalah nominal kredit untuk menikmati seluruh layanan operator seluler.

Tips: Anda bisa menjadi penjual pulsa dengan mudah. Banyak sekali aplikasi jual pulsa yang tersedia di Google Play Store.

Kategori pulsa

Istilah ini bisa digolongkan menjadi beberapa kategori. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Kategori pulsa berdasarkan cara bayarnya

Klasifikasi yang pertama didasarkan pada cara pembayarannya. Di mana istilah ini digolongkan menjadi 2 kategori yang berbeda, yakni:

  • Pulsa prabayar. Istilah ini mengacu pada pemakaian pulsa yang bisa dilakukan setelah pembayarannya selesai. Dengan kata lain, Anda harus membeli pulsanya dulu baru bisa menggunakannya secara leluasa tergantung fungsi yang diinginkan.
  • Pulsa pascabayar. Ini adalah kebalikan dari pra bayar di mana pengguna bisa menikmati layanan operator seluler dalam periode tertentu kemudian pembayaran dilakukan di akhir periode berdasarkan pemakaian.

Kedua sistem pembayaran ini ada di Indonesia dan diterapkan oleh provider-provider untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh pelanggan mereka.

Catatan: Penggolongan berdasarkan cara bayarnya ini juga menunjukkan bagaimana sistem pengisian atau pembayaran pulsa. Apakah di awal sebelum memakai layanan atau di akhir setelah memakai layanan operator selulernya.

Jenis pulsa berdasarkan fungsinya

Selanjutnya adalah penggolongan pulsa berdasarkan fungsi atau manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa klasifikasinya dilihat dari pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari:

  • Pulsa SMS, merupakan sejenis pulsa yang bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat atau SMS. Beberapa provider menjual pulsa semacam ini secara khusus, terpisah dari layanan pulsanya yang utama. Contohnya adalah paket SMS yang ada di Indosat. Nominal pulsanya akan berkurang saat Anda menggunakannya untuk mengirim pesan singkat ke nomor tertentu.
  • Pulsa telepon, jenis ini digunakan untuk menghubungkan para pengguna operator seluler melalui sambungan telepon atau hubungan jarak jauh via suara. Layanan semacam ini tidak memerlukan smartphone canggih karena dengan sinyal biasa saja (bukan internet), Anda sudah bisa melakukannya.
  • Pulsanya berupa paket data internet, layanan ini sedang sangat berkembang karena pengguna internet di Indonesia sangat banyak seiring dengan kenaikan jumlah pengguna smartphone. Sistem pembeliannya ada yang harian, mingguan, atau bulanan. Namun, kebanyakan orang membeli paket bulanan karena dinilai lebih murah atau ekonomis. Bentuknya ada yang berupa voucher, ada juga yang berupa registrasi langsung ke providernya tanpa perlu voucher.
  • Pulsa listrik, ini adalah jenis yang cukup baru di Indonesia mengikuti peraturan pemerintah yang mencanangkan pembayaran tagihan listrik dalam bentuk pulsa. Hal ini dilakukan agar pengguna listrik bisa lebih hemat dan menghitung pengeluaran bulanannya dengan cermat. Saat pulsanya terisi, listriknya bisa menyala. Namun saat habis, pengguna tidak akan bisa menikmati layanan listrik sama sekali.

Khusus untuk jenis terakhir, besarannya berbeda tergantung pada golongan listrik yang dipasang di rumah. Biasanya, semakin rendah dayanya, harga pulsanya akan lebih murah. Hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi ekonomi penggunanya.

Catatan: Khusus untuk paket data internet atau yang lebih sering disebut kuota hanya bisa diisikan pada HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi (bukan HP biasa). Ialah HP yang bisa menangkap sinyal internet.

Klasifikasi pulsa berdasarkan bentuk fisik

Istilah ini juga digolongkan berdasarkan bentuk fisiknya. Di mana pengguna bisa mendapatkannya dalam bentuk voucher fisik, bisa juga elektrik.

  • Pengertian pulsa elektrik yaitu proses pengisian ulang di mana bentuk fisiknya tidak terlihat. Maka dari itu disebut dengan istilah elektrik. Pengisiannya dilakukan lewat SIM card khusus yang dikeluarkan oleh provider. Masing-masing provider memiliki kode yang berbeda untuk top up pulsa (pengisian ulang).
  • Voucher fisik, artinya pengisian ulang pulsanya membutuhkan sebuah voucher fisik yang dapat dilihat. Bentuknya seperti kartu perdana dan berisi kode tertentu yang dapat digesek dan dimasukkan langsung ke kartu SIM atau nomor HP-nya. Nominal pulsanya tergantung pada voucher yang dibeli. Sementara cara memasukkan pulsanya tergantung masing-masing kode dan langkah yang ditentukan oleh provider.

Catatan: Mayoritas orang lebih menyukai topup secara elektrik sebab lebih ringkas dan tidak ribet. Selain itu, cara ini juga tidak akan menambah sampah berupa kartu voucher.

Fungsi pulsa untuk kehidupan sehari-hari

Fungsi pulsa untuk kehidupan sehari hari

Istilah ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan saat ini. Berikut ini di antara manfaat yang harus diketahui:

Modal berkomunikasi

Tanpa pulsa, Anda tidak akan bisa berkomunikasi melalui perangkat HP atau smartphone. Kalau isi pulsanya nol dan tak ada paket internet, pengguna mungkin tidak akan bisa bertukar kabar melalui SMS atau pesan singkat, menelepon, atau menggunakan layanan internet.

Namun begitu, perlu diingat bahwa tanpa produk ini pengguna tetap bisa menerima SMS dan telepon.

Pembelian paket internet

Untuk membeli paket internet, Anda bisa melakukannya secara elektrik, voucher fisik, atau dengan menggunakan sistem pemotongan pulsanya. Jadi, nanti provider akan memotong pulsanya sesuai dengan paket internet yang akan dibeli.

Oleh karena itu, pengguna sebaiknya menyesuaikan ketersediaan pulsa terlebih dulu sebelum memilih paket internet.

Sebagai alat pembayaran tertentu

Kini, ada banyak sekali pembelian yang dapat dilakukan dengan pulsa. Salah satunya adalah membeli subscribers Youtube. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini bisa menjadi alat pembayaran yang cepat.

Pembelian aplikasi

Meskipun banyak aplikasi yang tersedia gratis, tapi faktanya ada juga yang berbayar. Khususnya untuk aplikasi versi VIP atau pro. Nah, pengguna bisa melakukan pembayaran aplikasi seperti ini menggunakan pulsa dengan sistem pemotongan sesuai dengan harganya.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian pulsa hingga fungsinya yang sangat beragam. Semoga bermanfaat.

 
Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles