Pemakaian kata platform sudah sangat sering kita dengar dalam dunia teknologi dan komputasi. Namun, belum banyak yang tahu apa arti sebenarnya dari istilah ini.

 

Artikel ini akan secara khusus membahas tentang platform secara lebih rinci.

Infografik Platform

Apa yang dimaksud dengan platform?

Platform merupakan suatu program yang menjadi fondasi dasar dari perkembangan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Agar lebih jelas, simak pengertian lainnya di bawah ini:

Platform KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara ringkas platform diartikan sebagai sebuah program atau rencana kerja. Arti lainnya adalah pernyataan sekelompok orang atau partai mengenai prinsip atau kebijakan.

Istilah ini juga diartikan sebagai “beranda stasiun”, “panggung, pentas, mimbar, atau tempat yang tinggi.”

Karena definisinya cukup banyak, penggunaan kata ini tinggal disesuaikan saja dengan konteks kalimat yang sedang dibuat.

Definisi lainnya

Pengertian platform mengacu pada kombinasi antara suatu program perangkat keras dan perangkat lunak. Termasuk di dalamnya adalah aplikasi. Karena kombinasi inilah suatu software bisa berjalan atau dioperasikan.

Secara ringkas, arti dari istilah ini adalah suatu wadah atau media di mana software dapat dijalankan.

Yang perlu Anda tahu, selama ini pemakaian kata platform lebih sering ditemukan dalam dunia komputasi dan teknologi. Namun sebenarnya, istilah ini juga bisa digunakan dalam dunia bisnis dan bidang lainnya.

Catatan: Dari ringkasan pengertian di atas, dapat diketahui bahwa platform adalah program yang dipakai untuk mengeksekusi suatu rencana kerja.

Di sini, fungsinya adalah sebagai media, fondasi, atau dasar utama untuk menjalankan sistem yang dipakai. Sistem yang bisa menggunakan istilah ini sangat beragam, mulai dari teknologi, komputasi, politik, hingga bisnis.

Fungsi platform

Dari uraian pengertian di atas, diketahui bahwa secara umum fungsi platform adalah sebagai fondasi atau dasar di mana suatu sistem dapat digunakan dengan sebaik mungkin secara maksimal dan optimal.

Yang terpenting dan perlu diketahui oleh semua pengguna adalah bahwa suatu platform harus beroperasi dalam kerangka dan rencana kerja yang sama

Inilah yang membuat istilah ini memiliki batasan, standar, hingga aturan tersendiri yang bisa dipakai untuk menentukan software atau hardware apa yang dapat dibangun dan bagaimana cara kerjanya.

Klasifikasi platform berdasarkan hardware dan software-nya

Karena merupakan kombinasi antara hardware dengan software, ada dua kategori besar jenis platform berikut contohnya.

Klasifikasi platform berdasarkan hardware dan software nya

Pertama adalah platform hardware yang meliputi keseluruhan sistem, komponen individual, dan antar muka. Kedua adalah platform software yang meliputi software sistem dan software aplikasi.

Agar lebih jelas mengenai masing-masing istilah tersebut, berikut ini ulasannya:

Entire system atau keseluruhan sistem

Yang dimaksud keseluruhan sistem di sini adalah keseluruhan perangkat komputasi. Di antaranya adalah mainframe, dekstop, workstation, tablet, smartphone, atau yang lainnya.

Masing-masing perangkat di atas bisa mewakili istilah platform karena mereka punya bentuk sendiri dengan cara operasi yang bersifat independen dan tidak bergantung dengan sistem lainnya.

Selain itu, perangkat tersebut juga mampu menyediakan sumber daya, menjalankan aplikasi, hingga menghubungkan pengguna ke internet.

Komponen individual

Contoh perangkat keras yang masuk ke dalam jenis komponen individual adalah CPU dari komputer, yakni intel core, AMD APU, atau yang lain.

Komponen ini memiliki arsitektur atau bentuk yang berbeda dan berfungsi untuk menentukan operasi hingga komunikasi dengan masing-masing komponen yang ada dalam suatu sistem secara utuh.

Antarmuka

Yang termasuk ke dalam contoh antarmuka ini adalah AGP atau Accelerated Graphics Port, PCI Express atau yang lainnya.

Basis platform ini adalah suatu kartu tambahan yang unik dan memiliki fungsi dengan sistem yang memiliki batasan dan aturan sendiri.

Contoh riil penggunaan kartu ekspansi dengan antarmuka adalah grafis suara atau audio, grafis video, port USB, dan yang lainnya.

Sistem perangkat lunak atau software system

Software system adalah perangkat lunak yang tugasnya adalah mengontrol sistem dengan menjalankan proses secara simultan sambil mengelola dan mengoordinasikan sumber hardware yang terhubung ke software aplikasi.

Contohnya adalah sistem operasi yang digunakan pada Windows, Android, Chrome OS, iOS, Linux, Mac OS, atau yang lainnya.

Software aplikasi atau aplikasi perangkat lunak

Yang tercakup dalam software ini adalah program-program yang dirancang untuk menyelesaikan tugas tertentu pada komputer.

Dalam jenis ini dikenal software aplikasi non platform dan software aplikasi platform. Contoh yang non-platform adalah pemutar file musik, spreadsheet, editor gambar, aplikasi media sosial, dan yang lainnya.

Sementara untuk perangkat lunak aplikasi yang platform adalah situs media sosial, browser, video game, hingga game konsol.

Jenis platform satu manufaktur dan lintas manufaktur

Jenis platform satu manufaktur dan lintas manufaktur

Platform terdiri dari dua jenis, yakni satu manufaktur dan lintas manufaktur. Berikut ini penjelasannya:

Satu manufaktur

Artinya, platformnya hanya bisa digunakan dalam satu jenis manufaktur saja. Sebagai contoh iPhone dan Blackberry yang bahasa pemrogramannya tidak bisa digunakan pada perangkat lain.

Secara khusus, bahasa pemrograman tersebut hanya bisa digunakan pada perangkat keras yang terpilih.

Lintas manufaktur

Platformnya bisa dipakai untuk lintas manufaktur. Contohnya adalah java yang bisa dipakai pada PC maupun smartphone.

Contoh-contoh platform dan penjelasannya

Berikut ini adalah contoh dan penjelasan mengenai platform-platform yang telah digunakan oleh sebagian besar pengguna di Indonesia:

Android

Sebagaimana diungkapkan di atas, Android merupakan salah satu contoh sistem operasi dalam sistem perangkat lunak. Dalam pengoperasiannya, Android butuh wadah agar dapat bekerja secara maksimal. Nah, fondasi atau platform yang digunakan oleh Android ini adalah Kernel Linux.

Android merupakan salah satu contoh sistem operasi mobile yang dapat difungsikan secara maksimal oleh para penggunanya dari mana saja dan kapan saja.

Selain Android, contoh OS mobile lainnya adalah Blackberry OS, Tizen, Windows Mobile, hingga Ubuntu.

Youtube

Platform ini sudah banyak digunakan oleh para user di Indonesia. Tujuan penggunaannya beragam. Ada yang memang ingin menyalurkan hobi, sebagai wujud eksistensi, hingga menghasilkan uang.

Ini adalah salah satu contoh platform digital populer yang memungkinkan para penggunanya untuk berbagi video dengan mudah dan cepat.

Contoh-contoh lainnya

Selain dua contoh di atas, masih banyak contoh platform lain yang ada di Indonesia. Di antaranya adalah Nintendo, HP, Mac OS, PlayStation beragam jenis, APOXI, Java, Maemo, Windows Mobile, media sosial, dan yang lainnya.

Semua contoh tersebut boleh jadi dalam bentuk software atau hardware, juga dalam bentuk kombinasi keduanya.

Untuk mulai menggunakan program ini, ada yang langsung siap digunakan karena sudah diatur oleh pembuatnya, ada pula yang membutuhkan instalasi terlebih dulu di perangkat Anda.

Yang jelas, keberadaan platform terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan dunia digital dan makin meningkatnya jumlah pengembang-pengembang aplikasi. Ide-ide baru selalu muncul untuk memudahkan urusan setiap penggunanya.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles