MP3 merupakan salah satu jenis file musik yang sering digunakan. Namun, tak semua orang tahu apa artinya.

 

Artikel ini akan membahas tentang MP3 secara detail. Mulai dari pengertian, cara membuka, hingga mengubah dan mengonversinya ke format file lainnya.

Apa yang dimaksud dengan MP3?

MP3 merupakan sebuah file audio yang dikembangkan oleh MPEG audio layer 3. MPEG sendiri merupakan singkatan dari Moving Picture Experts Group.

Apa yang dimaksud dengan MP3

Secara umum, istilah ini mengacu pada format berkas pengodean suara yang mempunyai kompresi yang baik sehingga berkasnya memiliki ukuran yang lebih kecil.

Pengembang format file ini adalah seorang insinyur dari Jerman bernama Karlheinz Brandenburg.

Fungsi MP3

Pada awalnya, MP3 dikenal sebagai format file untuk musik atau lagu-lagu. Namun, sekarang manfaatnya semakin banyak, di antaranya adalah untuk menyimpan file buku audio yang bisa diunduh secara gratis di toko aplikasi.

Karena fungsinya yang banyak, format ini bisa dengan mudah ditemukan di tablet, smartphone Android, iPhone, iPad, komputer, bahkan kendaraan. Perangkat-perangkat tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan fitur bawaan pemutar MP3.

Keunikan MP3

Ada hal menarik dan unik yang membuat MP3 berbeda dengan format pemutar audio lainnya. Keunikan tersebut terletak pada kompresi datanya yang membuat ukuran file-nya jauh lebih kecil dibanding yang lain.

Keunikan MP3

Untuk mengurangi ukuran tersebut, secara teknik kualitas suaranya juga diturunkan. Tapi penurunan kualitas tersebut tidak terlalu banyak sehingga tetap bisa dikompromi atau diterima.

Bahkan, saat digunakan untuk mendengarkan musik, kualitas suaranya tetap jernih. Pengguna pun dapat mendengarkan lagu favorit dengan nyaman dan dapat menikmatinya tanpa gangguan.

Itulah mengapa dia menjadi salah satu format yang digunakan secara luas dan umum dibandingkan format lainnya.

Dengan memakainya, pengguna bisa menyimpan lebih banyak data musik dalam satu hard drive. Pengguna bisa menghemat lebih banyak ruang di hard drive tersebut.

Cara membuka file berformat MP3

Cara membuka file berformat MP3

Ada banyak sekali aplikasi atau software yang bisa dipakai untuk membuka MP3, di antaranya adalah:

1. Windows player (default)

Ini adalah media player yang dikembangkan oleh Microsoft. Ketika menginstal sistem operasi Windows di komputer atau laptop, maka secara otomatis windows player akan terpasang pada perangkat tersebut.

Artinya, pengguna tidak perlu memasang pemutar musik lain agar bisa membuka file MP3. Ketika Anda memiliki lagu di penyimpanan pribadi atau drive laptop, maka datanya bisa langsung dibuka melalui windows media player default ini.

2. iTunes

berbeda dengan windows player yang dikembangkan oleh Microsoft, iTunes dikembangkan langsung oleh Apple, Inc. Selain bisa digunakan untuk mengunduh lagu, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengunduh atau membeli acara televisi, film, hingga podcast.

Di iTunes, pengguna bisa menemukan lagu-lagu terbaru dengan mudah dan cepat. Karena bisa diunduh di HP, Anda pun bisa membukanya dari mana saja dan kapan saja.

3. VLC

VLC merupakan media player yang tidak hanya bisa dipakai untuk membuka ekstensi .MP3 tetapi juga ekstensi lain seperti .mp4. Artinya, selain lagu atau musik, pengguna bisa memakainya untuk membuka file film atau movie.

VLC tersedia untuk berbagai perangkat dan sistem operasi. Di antaranya adalah windows, iOS, Mac OS, Android, Tizen, dan yang lainnya. Pengembangnya adalah VideoLAN project.

Produk ini gratis dan sifatnya portabel. Dengan kata lain, penggunanya bisa memakai secara leluasa dengan fleksibel, cepat, dan mudah.

4. Winamp

Media player ini sudah ada sejak lama. Winamp sempat populer karena mudah digunakan, desainnya simpel, dan ukurannya ringan. Pengembang aplikasi ini adalah Dmitry Boldyrev dan Justin Frankel atas nama perusahaan mereka yang disebut Nullsoft.

Aplikasi ini bisa digunakan pada beragam sistem operasi, di antaranya adalah Microsoft Windows, Android, MacOS, dan Ms Dos.

5. GOM Player

Cara membuka MP3 berikutnya adalah memanfaatkan aplikasi GOM player. Namun, perlu dicatat bahwa perangkat lunak ini khusus buat sistem operasi Windows. Pengembangnya adalah The GOM & Company dari Korea Selatan.

Secara detail, GOM player kompatibel dengan beberapa sistem operasi, yakni Windows XP, Vista, Windows 7. Penggunaannya cukup mudah sehingga banyak yang menyukainya.

Catatan: Selain 5 software di atas, masih banyak perangkat lunak lain yang dapat digunakan untuk membuka file MP3. Pengguna tinggal memilih mana yang paling mudah dioperasikan atau sesuai dengan perangkat keras yang digunakan.

Cara convert MP3

File MP3 bisa dikonversi ke format lainnya. Misalnya, dikonversi ke WAV, AAC, mp4, atau format lainnya. Untuk melakukan konversi, Anda bisa mengunduh converter dulu yang tersedia di toko aplikasi.

Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa cara mengonversi MP3 ke format lainnya:

1. Konversi online

Cara pertama adalah melakukan teknik konversi online. Cara ini tergolong mudah dan direkomendasikan karena Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Artinya, pengguna tidak perlu menyediakan ruangan tambahan di HP-nya hanya untuk mengunduh converter.

Apabila ingin mencobanya, silakan cari converter online melalui browser. Biasanya, akan ada banyak situs yang muncul di halaman pencarian. Silakan gunakan salah satu yang paling sesuai.

Secara umum, penggunaan situs online ini sangat mudah. Anda tinggal memasukkan file MP3-nya ke kolom yang disediakan kemudian mengonversinya menjadi format lain sesuai pilihan.

Setelah itu, tinggal tunggu beberapa saat sampai proses konversinya berjalan dan selesai. Setelah siap, Anda bisa menyimpan data baru ke drive yang ada di perangkat.

2. Lewat aplikasi

Apabila konversi dilakukan melalui HP, maka salah satu solusi yang cukup direkomendasikan adalah mengunduh dulu converter di toko aplikasi. Misalnya, Play Store.

Saat memasukkan kata kunci “converter MP3” akan muncul banyak sekali pilihan aplikasi di halaman Google Play Store. Anda bisa membuka satu per satu kemudian mengunduh yang paling sesuai dengan spesifikasi HP.

Pada aplikasi tersebut, biasanya pengguna tidak hanya bisa mengubah MP3 ke Mp4, WAV, AAC, atau yang lain. Sebaliknya, aplikasinya juga sudah dilengkapi dengan fitur invers. Artinya, software-nya bisa dipakai untuk mengubah file mp4 ke audio atau format lain ke .MP3.

Software semacam ini sangat diperlukan oleh sebagian besar orang di masa sekarang. Khususnya buat pengguna yang memilih untuk menghasilkan uang melalui internet. Misalnya Youtube.

Catatan: Converter ini sangat penting buat para pengguna. Sebab dari sini, Anda tidak hanya dapat memperoleh audio yang bisa dinikmati setiap hari, tetapi juga bisa buat ringtone pribadi yang unik.

Aplikasi edit MP3 di HP Android

  1. MP3 Cutter and Ringtone Maker – Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store. Dengan MP3 Cutter Anda bisa memotong lagu, menggabungkan lagu, hingga mixing lagu. Total unduhan yang mencapai 10 juta dengan nilai rating 4.8 menjadi aplikasi yang direkomendasikan untuk mengedit lagu. Selain format mp3, MP3 Cutter and Ringtone maker juga mendukung format audio wav, ogg, m4a, acc, flac dll.
  2. Super Sound – Editor Musik Gratis & Pembuat Lagu MP3 – Hampir mirip dengan MP3 Cutter, aplikasi Super Sound juga bisa Anda gunakan untuk mengedit audio (lagu ataupun hasil rekaman). Salah satu fitur yang menarik adalah bisa menghapus vokal di lagu. Ini artinya, bagi Anda yang ingin karaoke atau cover lagu, bisa mencoba aplikasi ini untuk menyisakan musik latar saja.

Cara mengedit file MP3

Selain bisa dikonversi, format ekstensi .MP3 juga dapat diedit. Misalnya dengan dikecilkan ukurannya atau dipotong. Untuk melakukannya, pengguna juga bisa mengandalkan situs online dan aplikasi MP3 cutter.

Pilihan aplikasinya sangat banyak jadi silakan pilih salah satu yang terbaik. Sebelum menggunakannya, pastikan aplikasi MP3 cutter tersebut sesuai dan kompatibel dengan perangkat yang Anda pakai.

 
Tagged in:
,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles