Sebagian besar masyarakat telah memiliki akun media sosial. Mereka menerima manfaat luar biasa dari platform ini.

Artikel ini akan membahas lebih detail tentang sosial media.

Yang perlu Anda tahu:

  • Pengertian media sosial.
  • Klasifikasi.
  • Fitur umum.
  • Contoh.
  • Manfaat.
  • Masalah yang ditimbulkan sosial media (dampak negatifnya).

Apa yang dimaksud dengan media sosial?

Media sosial adalah sebuah media daring (online) yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh, berinteraksi antara user satu dengan user lainnya, dan memperoleh informasi via aplikasi khusus memakai jaringan internet.

Apa yang dimaksud dengan media sosial

Sebutan lain dari media sosial adalah sosial media yang disingkat menjadi sosmed atau medsos.

Selain pengertian di atas, ada juga yang mengartikan sosmed sebagai sebuah media yang berguna untuk bersosialisasi satu sama lain secara online sehingga memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu.

Klasifikasi media sosial dan contohnya

Sosmed digolongkan dalam beberapa kategori berdasarkan pemanfaatannya. Masing-masing kategori memiliki contoh masing-masing. Berikut ini klasifikasinya:

1. Sosial network

Fungsinya adalah untuk berinteraksi dan sosialisasi. Yang termasuk dalam sosial network adalah linked in, facebook, bebo, myspace, hi5, dan yang lainnya.

2. Diskusi

Sosmed ini memfasilitasi penggunanya untuk melakukan obrolan dan diskusi secara leluasa. Contohnya adalah Yahoo! M, Google Talk, Phorum, Skype, dan yang lainnya.

3. Berbagi media

Inilah sosmed yang dibuat untuk berbagi file, musik, video, dan yang lainnya. Contoh populernya adalah Youtube. Contoh lainnya adalah slideshare, flickr, feedback, crowdstorm, dan yang lainnya.

4. Publikasi

Sosmed yang fungsinya adalah untuk mempublikasikan sesuatu. Misalnya, blog, wikipedia, wikia, wordpress, digg, dan yang lainnya.

5. Social game

Sosial media game yang bisa dilakukan secara bersama-sama. Contohnya adalah Pogo, Doof, dan yang lainnya.

6. MMO

Yang termasuk ke dalam MMO adalah warcraft, kartrider, Conan, dll.

7. Virtual worlds

Contoh sosial media ini adalah starday, Imvu, Habbo, dll.

8. Livecast

Listream TV, justin TV, blog TV, dan yang lainnya merupakan contoh dari livecast.

9. Livestream

Socializr dan Socialthings! merupakan contoh sosial media jenis ini.

10. Microblog

Twitter merupakan salah satu klasifikasi medsos berbasis mikroblog. Contoh lainnya adalah pownce, plazes, tweetpeek, plurk, dll.

Catatan: Beberapa contoh sosmed yang paling sering digunakan di Indonesia adalah Youtube, twitter, facebook, instagram, TikTok, Linked In, wordpress, blogger, dll.

Fitur umum media sosial

Fitur umum media sosial

Meskipun jenisnya banyak, secara garis besar ada fitur umum yang disematkan pada masing-masing sosmed tersebut. Berikut ini di antara fitur yang secara umum tersemat pada sosial media:

1. Akun pengguna yang sifatnya personal

Setiap pengguna akan mendapatkan akun yang bersifat personal. Akun personal ini berisi user ID dan password yang bisa digunakan untuk log in oleh penggunanya. Masing-masing akun memiliki user ID dan password unik yang dapat diatur langsung oleh pemiliknya.

2. Halaman profil

Setiap akun media sosial juga dilengkapi dengan profil yang berisi data diri personal pemiliknya. Kalau di Youtube, pengguna juga akan membuat deskripsi mengenai channel-nya. Masing-masing medsos memiliki caranya sendiri untuk mendeskripsikan profil seseorang.

3. Follower, teman, grup, tagar, dan yang lainnya

Untuk dapat berinteraksi secara sosial di dunia maya, setiap sosmed dilengkapi dengan pertemanan. Kita mengenalnya dengan istilah yang berbeda-beda.

Di instagram dan twitter misalnya, ada istilah follower. Sementara di Youtube, ada istilah subscriber. Sementara itu, di facebook ada istilah friend.

Sebagai pelengkap, ada istilah lainnya seperti tagar, grup, dan yang lainnya. Istilah-istilah ini mengacu pada tingkatan pengikut suatu akun. Semakin banyak jumlahnya biasanya akun tersebut juga semakin dikenal.

4. Personalisasi

Masing-masing pengguna bisa mengatur akunnya secara leluasa. Mereka bisa mengatur bagaimana pertemanan, pengikut, siapa yang bisa melihat status, dan sebagainya. Personalisasi ini sifatnya privat dan tergantung pada tingkat privasi yang diinginkan oleh penggunanya.

Tidak hanya personalisasi soal profil dan pengaturan yang ditampilkan, pengguna juga bisa mengatur profil dan komen siapa saja yang tampil di berandanya. Artinya, pengguna punya pengaturan pembatasan tersendiri sesuai dengan kebutuhan.

5. Newsfeeds

Saat berteman di media sosial, seseorang ingin melihat kabar terbaru dari orang yang diikuti tersebut. Dengan bermain sosmed, Anda akan memperoleh newsfeed terbaru dari orang atau instansi yang diikuti.

6. Notifikasi

Setiap user dapat mengetahui adanya interaksi lewat notifikasi yang masuk ke akunnya. Notifikasi ini akan memberikan informasi secara jelas mengenai interaksi yang terjadi di grup atau akun pribadi.

7. Tombol like dan komentar

Adanya tombol like, love, atau komentar yang menjadi indikator engagement dari sebuah akun. Semakin banyak yang memberikan suka dan komentar, maka berarti engagement akunnya bagus. Meskipun komentar yang masuk itu negatif.

8. Sistem review, rating, dan voting

Adanya sistem review dan pemberian rating pada beberapa media sosial. Ada pengguna yang mengulas produk yang pernah dipakai dan mendapatkan interaksi dari postingan tersebut. Bahkan, ada juga yang mengajak untuk memberikan voting tertentu.

9. Informasi update, saving, dan posting

Di sini ada banyak sekali informasi terbaru. Pengguna lain bisa menyimpan postingannya. Pengguna juga bisa membagikan postingan sesuai media sosialnya. Apakah berupa teks, foto, atau video.

Rekomendasi contoh media sosial buat bisnis

Rekomendasi contoh media sosial buat bisnis

Berikut ini adalah beberapa contoh medsos yang cocok buat pengembangan bisnis:

1. Facebook

Facebook memiliki fitur yang sangat lengkap. Di sini pengusaha bisa memaksimalkan penggunaan status untuk memasarkan produk. Agar lebih maksimal, postingannya tidak hanya teks tapi bisa ditambahi foto dan video.

Anda juga bisa bergabung dengan grup jual beli atau menjual produk langsung di marketplace.

2. Youtube

Banyak orang yang menggunakan platform ini untuk membuat video iklan buat produknya. Selain itu, ada juga yang memang memasang iklan di platfom ini.

3. TikTok

Akhir-akhir ini, penggunaan TikTok untuk berjualan semakin sering dijumpai. Contohnya adalah pembuatan tutorial hijab buat mereka yang jualan jilbab.

4. Instagram

Instagram merupakan platform yang bisa terhubung langsung dengan marketplace. Banyak yang sudah memanfaatkannya untuk berjualan dan terbukti sukses. Anda bisa memaksimalkan penggunaan instagram langsung dari HP Android.

5. Twitter

Platform ini sangat cocok buat branding diri yang secara tidak langsung bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis.

6. Whatsapp

Merupakan media komunikasi penunjang yang penting, berfungsi untuk komunikasi langsung antara penjual dan pembeli secara pribadi.

Whatsapp juga bisa dipakai untuk memasang status guna menarik para pelanggan.

Manfaat media sosial secara positif

Berikut ini adalah beberapa dampak positif dan manfaat medsos:

  1. Mendekatkan yang jaraknya jauh saat berkomunikasi karena tak kenal ruang dan waktu.
  2. Bisa meningkatkan keuntungan penjualan bagi pebisnis.
  3. Tempat terjalinnya kerja sama, baik oleh orang yang sudah mengenal maupun yang belum.
  4. Branding diri dan produk.
  5. Meningkatkan kredibilitas.
  6. Mendapatkan informasi terbaru.
  7. Menambah pertemanan.
  8. Memperluas jaringan, dll.

Selain bisa berguna secara positif, medsos kini menjadi tempat berkembangnya hal negatif juga.

Dampak negatif atau masalah yang ditimbulkan oleh media sosial

Berikut ini beberapa masalah yang bisa ditimbulkan oleh sosmed:

  1. Maraknya ujaran kebencian.
  2. Meningkatnya cyber bullying.
  3. Konten spam.
  4. Manipulasi image (pembohongan publik).
  5. Kelebihan informasi karena saking banyaknya yang share.
  6. Beredarnya kabar hoaks.
  7. Pencurian data pribadi atau bocornya keamanan privasi.

Karena dampak negatifnya cukup banyak, pengguna diharap bisa menggunakan media sosial secara bijak.

About the Author

Tim Jatimtech

Media industri aplikasi mobile. Memberikan ulasan aplikasi, tips & trik aplikasi, rekomendasi aplikasi dan berita terkini.

View All Articles