Hampir semua orang di dunia telah menggunakan internet, dari anak-anak hingga dewasa. Istilah ini telah membawa perubahan yang sangat berarti di berbagai bidang, di antaranya pendidikan, kesehatan, politik, hingga sosial.

 

Artikel ini akan membahas lebih rinci mengenai internet.

Yang perlu Anda tahu:

  • Pengertian.
  • Sejarah.
  • Perkembangan.
  • Fungsi atau manfaat.

Apa yang dimaksud dengan internet?

Internet adalah singkatan dari interconnected network. Istilah ini memiliki pengertian umum sebagai suatu sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan memakai IP atau TCP yang juga dikenal sebagai paket internet protocol yang tujuannya adalah untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia.

Apa yang dimaksud dengan internet?

Secara sederhana, internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang fungsinya adalah untuk menghubungkan satu media elektronik ke media-media lainnya.

Dalam melakukan fungsinya itulah interconnected netword ini membutuhkan standar teknologi pendukung yang dikenal dengan nama TCP (transmission control protocol) atau IP (internet protocol).

Pengertian internet menurut para ahli

Agar lebih jelas mengenai definisi istilah ini, berikut merupakan arti internet menurut beberapa ahli:

  • Menurut Oetomo (2002), internet adalah kependekan dari international network, yakni suatu jaringan komputer yang besar, yang mana jaringannya merupakan kumpulan dari jaringan-jaringan kecil yang sudah terhubung satu sama lain.
  • Onno Purbo (2005) mengungkapkan bahwa internet merupakan media yang digunakan untuk mengefisiensikan proses komunikasi. Caranya adalah dengan menyambungkannya melalui email, Web, VoIP.

Selain 2 ahli di atas, masih banyak ahli lain yang mengungkapkan pengertian istilah ini. Intinya, ini merupakan sebuah jaringan yang fungsinya adalah untuk menghubungkan jaringan dalam perangkat yang ada di seluruh dunia.

Sejarah internet

Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika melalui Advanced Research Project Agency (ARPA) membuat sebuah jaringan yang disebut dengan ARPANET. Inilah cikal bakal munculnya teknologi jaringan.

Sekitar tahun 1980-an, teknologi jaringan ini digunakan secara terbatas hanya di kalangan kampus atau pendidikan tinggi di Amerika Serikat.

Pada tahun 1982, protokol standar dari TCP / IP baru mulai dipublikasikan. Adanya “domain” juga baru dikenal sekitar tahun 1984.

Selanjutnya, didirikanlah NSFNET atau National Science Foundation Network pada tahun 1986. Sejak saat itu, NSFNET dikembangkan dan secara perlahan menggantikan peranan dari ARPANET yang telah ada sebelumnya sebagai sebuah wadah riset di United States.

Kemudian, beberapa jaringan internasional yang ada di berbagai negara akhirnya mulai dikembangkan dan terhubung dengan NFSNET.

Selanjutnya, pada tahun 1990 ARPANET diturunkan. Namun, internet hasil pengembangannya tetap berkembang hingga sekarang.

Yang perlu diketahui, dulu internet hanya bisa menampilkan informasi berbasis teks. Hingga pada 1990, layanan dengan basis grafis sudah mulai bisa dinikmati oleh penggunanya. Kita mengenalnya dengan World Wide Web atau WWW. Layanan ini dikembangkan oleh CERN.

Pada kelanjutannya, di tahun 1993, didirikanlah InterNIC yang fungsinya adalah untuk melayani pendaftaran nama domain secara umum. Setelah itu, pada tahun 1994, internet baru memasuki Indonesia.

Perkembangan internet

Berbicara tentang sejarahnya tentu tidak bisa lepas dari perkembangan yang dimiliki jaringan ini dari waktu ke waktu.

Perkembangan internet

Dari saat pertama kali dikenalkan hingga sekarang, interconnected network ini telah mengalami perkembangan dari berbagai sektor, di antaranya adalah cakupan, penggunaan, kecepatan, hingga transmisinya.

Berikut ini ulasan lengkapnya:

  • Bila dulu cakupan wilayah internet sangat terbatas pada beberapa wilayah, maka kini cakupannya sudah meluas. Bahkan, banyak negara di dunia yang berlomba untuk memperluas jaringannya dengan memakai satelit. Satelit inilah yang akan membantu perluasan jaringan dengan lebih mudah.
  • Dari sektor kecepatan, jaringan ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Bila dulu hanya bisa menikmati 2G, maka selanjutnya pengguna bisa menikmati jaringan berkecepatan 3G, 4G, hingga 5G. Negara yang ingin menikmati jaringan berkecepatan 5G ini membutuhkan resources yang cukup besar. Jadi, sampai sekarang tidak semua negara bisa menikmatinya.
  • Transmisinya juga mengalami perkembangan. Bila dulu transmisinya masih terbatas, maka sekarang ada banyak pilihan yang semuanya menggunakan teknologi modern dengan konsep yang sudah disesuaikan dengan jaringan yang ada.
  • Sektor penggunaan atau pemakaian juga telah berkembang. Bila awalnya internet hanya dibuat untuk riset di kemiliteran, sekarang penggunanya sudah lebih global. Sipil bisa menggunakannya untuk kepentingan masing-masing dalam berbagai bidang. Mulai dari budaya, pendidikan, sosial, bisnis, politik, komunikasi, dan yang lainnya.

Penggunaan internet di dunia memang terus mengalami perkembangan seiring dengan teknologi jaringan yang terus upgrade dari waktu ke waktu.

Manfaat dan fungsi internet

Manfaat dan fungsi internet

Sebagaimana dijelaskan di atas, jaringan ini telah berkembang menjadi sebuah raksasa yang sangat berguna buat masyarakat di berbagai bidang. Berikut ini adalah beberapa di antara manfaat internet:

Bisnis

Perkembangan internet telah banyak mengubah metode bisnis di dunia. Bila dulu bisnis hanya bisa dilakukan secara face to face melalui toko biasa, maka kini penjualan bisa dijalankan secara online.

Buktinya, ada banyak sekali ecommerce (marketplace), situs toko online, hingga website resmi perusahaan.

Bahkan, ada pula website khusus yang membahas bisnis secara menyeluruh. Situs ini memberikan informasi sekaligus tips untuk seluruh pengguna internet demi mengembangkan jiwa entrepreneur pada masing-masing orang.

Lewat internet, penjual dan pembeli juga bisa terhubung secara langsung tanpa bertatap muka untuk bertransaksi dan berkomunikasi melalui platform media sosial.

Pendidikan

Kemajuan internet telah mengantarkan penggunanya pada kemajuan pendidikan secara tidak terbatas. Sekarang, setiap orang bisa mengakses informasi pendidikan dengan mudah melalui situs, media sosial, hingga Youtube.

Dengan adanya internet, pembelajaran daring, pembagian modul, pengiriman tugas, dan yang lainnya bisa dilakukan dalam satu dua kali klik.

Sosial

Ada banyak sekali dampak positif internet dalam bidang sosial. Di antaranya adalah mudahnya menerima informasi dan kabar terbaru di lingkungan keluarga, sekolah, hingga lingkungan secara umum.

Bila dulu untuk menjadi manusia sosial Anda harus bertatap muka secara langsung, kini dengan adanya internet masing-masing orang bisa bersosialisasi hanya dari perangkat laptop dan smartphone.

Informasi

Berita terkini yang terjadi di seluruh dunia bisa dengan mudah didapatkan melalui internet. Anda bisa tahu berita gempa di Jepang, di belahan dunia lain ada virus yang sedang berkembang, hingga hasil pertandingan bola di benua Eropa.

Semuanya bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan memakai koneksi internet.

Kesehatan

Perkembangan kesehatan di dunia juga dipengaruhi oleh perkembangan jaringan internet. Para dokter dan calon dokter bisa mendapatkan informasi terkini seputar ilmu kesehatan yang terus mengalami perkembangan dari jaringan ini.

Penemuan-penemuan terbaru juga bisa diakses dengan mudah melalui gadget masing-masing.

Hiburan

Musik, film, drama, dan hiburan lainnya bisa diakses dengan mudah melalui koneksi interconnected network. Cakupannya bukan lokal melainkan sudah mendunia.

Bahkan, dengan koneksi yang sama, Anda juga bisa mendapatkan aplikasi tertentu yang bisa dipakai untuk mengedit video, membuat blog, edit foto dengan template tertentu secara gratis.

Ekonomi

Jaringan ini juga telah membuat perubahan ekonomi seseorang secara positif. Lewat ilmu pengetahuan yang didapatkan dari berbagai belahan dunia dan terbukanya kesempatan untuk memperoleh uang dari berbagai tempat, membuat penggunanya bisa meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik.

Di samping dampak positifnya, internet juga memiliki dampak negatif karena banyak orang yang mengunggah hal-hal negatif di situs atau media sosial tertentu. Sebagai pengguna, tugas kita adalah menyaring dan menggunakannya dengan bijak.

Tagged in:
,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles