Sebagian besar pengguna internet dan komputer sudah sering menggunakan template tapi tidak tahu apa arti istilah ini secara detail.

 

Artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai arti dari istilah tersebut, juga fungsi dan jenisnya.

Yang perlu Anda tahu:

  • Pengertian atau definisi.
  • Fungsi.
  • Jenis.
  • Cara menggunakan.

Apa yang dimaksud dengan template?

Template dalam bahasa Indonesia juga disebut dengan kata templat. Namun, secara global penggunaannya memang tetap memakai “e” di akhir kata.

Apa yang dimaksud dengan template?

Secara sederhana, istilah ini merujuk kepada sebuah pola atau tatanan dengan bentuk tertentu yang bisa digunakan dengan mudah oleh para penggunanya.

Ada juga yang mengartikan template sebagai sebuah titik awal untuk sebuah dokumen baru.

Istilah ini sudah dipakai sejak lama. Khususnya di bidang software komputer. Sebagai contoh, pengguna terbiasa menggunakannya di Microsoft Powerpoint saat hendak membuat presentasi.

Pengguna ini biasanya datang dari kalangan karyawan atau pegawai, bisa juga mahasiswa.

Dengan kehadiran templat, proses pembuatan materi presentasi akan jauh lebih cepat dengan hasil yang bagus.

Contoh perkembangan template yang mengikuti perkembangan dunia digital

Templat yang ada di Microsoft Power Point hanya sebagian kecil contoh pemakaian template di dunia. Yang menarik, semakin berkembangnya dunia digital, perkembangan pembuatan templat dan pemakaiannya juga semakin meningkat.

Berikut ini beberapa contoh perkembangan templat:

  • Saat Anda membuka Microsoft Word, Anda tidak hanya punya pilihan untuk menulis di blank document. Lebih dari itu, tersedia beragam templat yang bisa dipilih, salah satu contohnya adalah kalender.
  • Ketika Anda membuka Microsoft Excel, Anda tidak hanya punya pilihan untuk menulis di blank wordbook, tetapi ada banyak sekali templat lain. Di antara contohnya adalah monthly company budget, seasonal photo calendar, dan yang lainnya.

Dari Microsoft Office saja, keberadaan templat sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Apalagi untuk program, aplikasi, atau software lainnya.

Fungsi template

Fungsi template

Dalam sekilas ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa templat memiliki fungsi yang penting dalam bidang komputer dan internet. Berikut ini, adalah beberapa fungsi atau kegunaan templat:

Mempermudah pekerjaan

Template membuat pekerjaan yang dilakukan saat menggunakan aplikasi atau sebuah program jadi terasa lebih mudah. Pengguna tinggal memilih mau membuat apa dan menggunakan template yang mana.

Setelah itu, pengguna tinggal memasukkan konten dengan pilihan huruf atau font yang sudah disesuaikan.

Mempercepat pekerjaan

Karena sudah tersedia templat, pengguna tidak perlu melakukan editing lagi. Proses editing yang biasanya membutuhkan waktu lama pun bisa diskip. Dengan kata lain, pengguna akan menghemat lebih banyak waktu dan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Bebas memilih desain unik dan menarik

Templat yang tersedia pada satu program biasanya sangat banyak. Tidak hanya satu atau dua. Sebagai pengguna, Anda tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan secara bebas.

Setelah terpilih, Anda tinggal mengisinya dengan konten pribadi sesuai dengan pekerjaan atau dokumen yang dikehendaki. Bila sudah selesai, hasil kontennya akan menjadi milik pengguna sepenuhnya.

Catatan: Templat memiliki banyak sekali kegunaan selain 3 poin yang tertulis di atas. Ini bisa meringankan pekerjaan sekaligus membuatnya lebih cepat selesai dengan hasil yang bagus.

Jenis-jenis template berdasarkan penggunaannya

Perkembangan templat memang mengikuti perkembangan dunia digital. Buktinya, semakin hari semakin banyak templat yang tersedia di aplikasi tertentu.

Jenis jenis template berdasarkan penggunaannya

Berikut ini adalah beberapa klasifikasi templat agar lebih mudah dipahami:

Komputer

Di komputer, ada banyak sekali program atau software yang menyediakan templat. Salah satu contohnya sudah disampaikan di atas, yakni Microsoft Office, mulai dari Microsoft Word, Microsoft Power Point, hingga Microsoft Excel.

Nah, semakin berkembangnya dunia digital, kini ada banyak sekali software yang bisa digunakan di komputer yang juga menyediakan banyak template di dalamnya. Salah satu contohnya adalah software edit video.

Dengan software ini, Anda bisa mengedit video baru untuk konten di Youtube. Tersedia beragam templat pilihan yang akan membuat hasil editan menjadi bagus dalam waktu singkat.

Internet

Jenis template berikutnya adalah templat yang digunakan di internet. Contoh riilnya adalah pemakaian desain template saat mau membuat situs, website, atau blog.

Pengguna tinggal memilih desain template yang bagus kemudian dipasang pada situsnya. Dengan begitu, tampilan situsnya akan menyerupai template yang terpilih. Mulai dari tata letak, pilihan font, dan yang lainnya sudah tinggal pakai saja.

Pengguna punya pilihan untuk menggunakannya semua template-nya secara menyeluruh, atau bisa melakukan editing di beberapa poin. Misalnya, mengubah warna, tata letak, atau yang lainnya.

Smartphone

Ada banyak aplikasi yang tersedia di smartphone. Sebagian aplikasi tersebut menyediakan templat yang berbeda untuk masing-masing penggunanya.

Di antara aplikasi yang menyediakan template adalah aplikasi editing foto dan video. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasinya:

Aplikasi-aplikasi di atas menyediakan beragam template yang bisa dipakai langsung oleh penggunanya secara otomatis. Bahkan, ada aplikasi yang menyediakan ribuan templat dan bisa digunakan secara leluasa oleh penggunanya.

Template gratis dan berbayar

Template yang tersedia di program-program tersebut ada yang gratis, ada pula yang berbayar.

Jika Anda memilih yang gratis, biasanya layanan yang didapatkan juga akan terbatas. Dengan kata lain, pilihan templatnya lebih sedikit dibanding saat Anda membeli template.

Template gratis dan berbayar ini tersedia pada beragam platform. Di Canva misalnya, ada beberapa template yang memakai watermark dan baru bisa terhapus jika Anda upgrade ke akun pro atau VIP.

Demikian juga dengan Filmora Go dan Kinemaster, di mana watermark aplikasinya akan bilang saat Anda sudah tidak menggunakan yang gratis dan beralih ke akun pro.

Cara menggunakan template yang mudah

Masing-masing templat memiliki cara penggunaan sendiri. Namun, secara umum ada 3 langkah mudah berikut ini:

  1. Buka aplikasi.
  2. Pilih template-nya.
  3. Gunakan.

Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa contoh cara menggunakan template pada beberapa platform:

Memakai template di Microsoft word

Untuk menggunakan template di microsoft word, silakan lakukan langkah di bawah ini:

  1. Buka microsoft word yang ada di komputer.
  2. Akan muncul pilihan template di bagian atas dokumen.
  3. Silakan pilih salah satu.
  4. Mulai lakukan editing atau pengetikan sesuai dengan templat yang ada.
  5. Simpan file untuk menyimpan atau hubungkan komputer atau laptop dengan printer jika ingin mencetaknya langsung.

Selain Microsoft Word, hal yang sama juga bisa dilakukan untuk Excel dan Power Point.

Penggunaan template di Canva

Jika Anda menggunakan Canva untuk edit foto, berikut ini adalah cara mudah menggunakannya:

  1. Buka aplikasi Canva yang sudah terinstal di HP.
  2. Masuk menggunakan akun dan pastikan HP sudah terkoneksi dengan internet.
  3. Pilih salah satu template yang ada.
  4. Lakukan editing dengan memasukkan foto atau kata sesuai kebutuhan.
  5. Simpan hasil karya Anda.

Itulah pengertian, fungsi, hingga cara menggunakan template. Semoga bermanfaat.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles