Emulator merupakan suatu program yang berfungsi untuk mengemulasi atau meniru program lainnya. Program ini sudah sering digunakan tapi tidak banyak yang mengenalnya secara detail.

 

Artikel ini akan membahas secara rinci mengenai emulator.

Apa yang dimaksud dengan emulator?

Secara sederhana, emulator adalah suatu komputer atau program yang dibuat dengan tujuan untuk mengemulasi atau meniru program atau komputer lainnya.

Apa yang dimaksud dengan emulator

Secara umum, istilah ini diartikan sebagai suatu perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) yang memungkinkan satu sistem komputer (bertindak sebagai host) dapat berperilaku seperti sistem komputer lain (bertindak sebagai guest).

Dengan program ini, sistem host biasanya dapat menjalankan software yang dirancang untuk sistem guest.

Contoh mudahnya, sistem Android sebenarnya hanya bisa digunakan pada HP atau smartphone dengan sistem operasi Android. Namun, Anda bisa menggunakan software yang tersedia pada sistem Android melalui laptop dengan memakai Android emulator.

Sebagai contoh, Anda bisa tetap membuka aplikasi instagram lewat laptop, PC, desktop, atau komputer sehingga layarnya lebih besar dan bebas.

Saat ini, istilah ini sangat umum dipakai dalam konteks video game. Hal ini karena emulator video game bisa digunakan untuk memainkan game konsol lama pada komputer atau desktop modern sehingga permainannya lebih mudah dan terasa nyata.

Bagaimana cara kerja emulator?

Setiap emulator biasanya memiliki teknik emulasinya sendiri-sendiri. Namun, tujuan akhirnya selalu sama. Yakni untuk meniru pengalaman menggunakan perangkat keras atau lunak yang asli. Bahkan, beberapa jenis emulator memiliki kinerja yang melebihi aslinya karena adanya fitur tambahan.

Bagaimana cara kerja emulator

Perlu diketahui bahwa untuk mengemulasi dibutuhkan daya komputasi yang sangat tinggi. Maka dari itu, kinerjanya juga tergantung pada spesifikasi PC atau laptop yang digunakan. Apabila spesifikasinya rendah, emulasi yang dilakukan akan berjalan lebih lambat.

Program peniru ini biasanya dibuat oleh pemrogram yang tidak berbayar dengan konsep open source. Karena persaingan yang ketat dan adanya keterbatasan, maka perkembangan emulasi ini tergolong lambat.

Kinerja program ini juga dikaitkan dengan konsep virtualisasi dalam virtual machine atau VM. VM sendiri adalah suatu jenis emulator yang bisa berjalan pada hardware yang mendasari sistem host-nya.

Alasan menggunakan emulator itu penting

Meski perkembangannya tergolong lambat, namun program ini sangat penting digunakan di era digital seperti sekarang. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Suatu software atau perangkat lunak biasanya cenderung dibuat untuk perangkat tertentu secara khusus. Itulah mengapa emulator sangat penting guna merasakan pengalaman memakai software tertentu tanpa harus menggunakan perangkatnya secara langsung.

Sebagai contoh, saat Anda menggunakan Mac tapi ingin merasakan sistem operasi Windows, maka Anda bisa memanfaatkan emulator.

  • Selain itu, program ini juga bisa mengamankan preservasi digital. Maksudnya, saat suatu program disimpan dalam format lama, misalnya catridge game lama. Maka file ini bisa diunduh dalam format ROM atau read only memory. Kemudian, pengguna bisa memainkan file berformat ROM ini memakai emulator.

Dari sini, diketahui bahwa program ini memang memegang peran yang sangat penting untuk dunia digital.

Jenis-jenis emulator

Ada dua jenis utama emulator yang harus diketahui oleh para penggunanya, yakni:

Single-system atau dedicated emulator

Sesuai dengan namanya, program ini hanya bisa mengemulasi 1 jenis sistem saja.

Multi-system emulator

Merupakan program yang bisa melakukan emulasi pada beberapa jenis sistem sekaligus.

Catatan: Pada dasarnya, kualitas single system lebih baik dari pada multi-system. Hal ini karena dengan fokus pada satu sistem, programnya bisa jauh lebih kompatibel dan kesalahan yang mungkin ada dapat diminimalkan dengan baik.

Selain itu, program yang dibuat untuk single system biasanya juga membutuhkan resource yang lebih sedikit dibandingkan dengan versi multi systemnya.

Apakah semua sistem sudah ada emulatornya?

Karena perannya yang penting, banyak orang menganggap bahwa emulator sudah tersedia dalam jumlah yang banyak. Padahal, faktanya tidak demikian.

Emulasi suatu sistem dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:

Kepopuleran

Semakin populer suatu sistem, maka semakin banyak pula orang yang akan mengemulasi sistemnya. Artinya, jika suatu sistem memiliki pengguna yang banyak, maka akan ada pihak ketiga yang membuat emulatornya sehingga bisa digunakan oleh pengguna tersebut.

Ketersediaan informasi

Untuk membuat emulator dibutuhkan informasi yang lengkap dan menyeluruh. Maka dari itu, semakin banyak informasi yang tersedia, maka semakin mudah pula penulisan emulasinya dilakukan dan banyak pula yang akan mencobanya.

Hal-hal teknis

Meski populer dan informasinya banyak, tapi jika secara teknis ternyata sistemnya susah diemulasikan karena datanya terenkripsi, maka jelas untuk membuat emulatornya juga akan mengalami kesulitan.

Beberapa contoh emulator

Agar lebih jelas mengenai istilah ini, berikut ini kami sajikan beberapa contohnya:

Bluestacks

Program ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan Android pada sistem operasi Windows dan Mac.

XCode

Xcode memungkinkan penggunanya untuk memakai iOS pada sistem operasi Mac dan Windows.

Appetize.io

Appetize.io merupakan browser berbasis emulator yang dapat digunakan untuk menggunakan aplikasi iOS pada PC jenis apa saja.

Nestopia

Ini merupakan sejenis emulator yang bisa dipakai untuk memainkan Nintendo pada perangkat berbasis Linux.

WINE

Dengan WINE, Anda bisa menjalankan aplikasi Windows pada perangkat bersistem operasi Linux.

Selain contoh-contoh di atas, masih banyak contoh emulator lainnya. Anda bisa mencarinya langsung melalui situs Google dengan memanfaatkan browser dalam perangkat.

Manfaat atau fungsi emulator

Manfaat atau fungsi emulator

Sudah disinggung di atas bahwa program ini memiliki peran penting dalam dunia digital. Berikut ini penjelasan ringkas manfaat atau fungsinya:

  • Kualitas grafis yang ditawarkan oleh program ini biasanya lebih baik dari pada versi aslinya.
  • Adanya fitur tambahan yang disematkan sehingga fungsi program baru lebih beragam dan lebih banyak dibandingkan dengan perangkat atau sistem asli.
  • Emulator mampu mempertahankan tampilan, pengalaman, rasa, hingga perilaku obyek digital yang ada di versi aslinya. Semua komponen ini sama pentingnya dengan data digital asli.
  • Program ini disinyalir menjadi sebuah program yang menawarkan efisiensi perangkat dari waktu ke waktu sehingga akan memudahkan para penggunanya.
  • Dalam penggunaannya, program ini bisa menghemat lebih banyak waktu karena tidak perlu melakukan migrasi secara berkelanjutan untuk menggunakan suatu software versi lama.
  • Adanya kemungkinan kolaborasi secara luas sebab mayoritas emulator dikembangkan dan dirilis dengan konsep open source di bawah lisensi publik atau umum. Ini memungkinkan perkembangan yang luas dengan kompetensi dan kerja sama dari berbagai pihak.
  • Dengan program ini, Anda bisa menggunakan perangkat lunak yang diciptakan secara eksklusif untuk suatu sistem di perangkat lainnya tanpa kendala dengan pengalaman yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna bisa menghemat lebih banyak biaya karena tidak perlu membeli perangkat khusus tersebut hanya untuk menikmati perangkat lunaknya.

Dari ringkasan di atas, manfaat atau fungsi emulator memang cukup menjanjikan. Ke depan, program ini diharapkan dapat berkembang dengan cepat dan memberikan lebih banyak manfaat buat para penggunanya.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles