Poin penting

  • Zoom sedang mengembangkan layanan email dan layanan kalender, menggantikan Gmail
  • Laporan informasi akan segera dikirim di email penanawaran Zoom awal tahun 2021
  • Hal ini dilakukan Zoom untuk mengantisipasi pergeseran komunikasi di 2021

Zoom dan Google telah bersaing di aplikasi video konferensi. Zoom dengan Zoom, dan Google dengan layanan Meet yang semakin populer setahun belakangan ini.

 

Zoom dikabarkan mulai melanjutkan persaingan ke tingkat selanjutnya. Layanan Gmail akan segera digantikan dengan layanan email buatan Zoom, dengan tambahan kalender.

Mengutip sumber dari TheInformation (23/12/2020), pengguna Zoom mungkin akan segera melihat email penawaran di awal 2021 nanti. Teknologi email yang ditawarkan Zoom nantinya akan menawarkan pengalaman yang berbeda. Bukan hanya sekedar menggantikan layanan email yang sudah ada. Zoom akan menghadirkan “next generation” email, menurut sumber tersebut.

Jika bocoran informasi ini benar, maka Zoom akan membuat sebuah platform yang produktifitas yang lengkap. Anda bisa menerima panggilan video, mengirim email, mengirim pesan, mengakses kalender kegiatan, semuanya dalam satu platform.

Mengapa Zoom ingin membuat layanan email dan kalender sendiri?

Meskipun Zoom sudah bisa bersaing dalam aplikasi video konferensi, namun pihak Zoom tahu bila ketenarannya tersebut akan segera redup ketika pandemi telah usai, tahun 2021 nanti.

Para pelajar dan pekerja kantoran work from home yang sebelumnya mengandalkan Zoom akan semakin berkurang. Beralih menggunakan layanan Google Meet dan layanan Microsoft Team. Dua platform yang dikembangkan raksasa software.

Google dengan Gmail dan Microsoft dengan Outlook nya bukanlah lawan yang remeh. Keduanya adalah kelas berat dalam dunia email. Keduanya juga memiliki basis pengguna yang besar dan sudah terintegrasi di berbagai layanannya.

Menarik melihat sepak terjang Zoom di awal tahun 2021 nanti. Pengalaman minim dengan layanan email dan kalender, namun sudah berani menantang raksasa teknologi Google dan Microsoft.

Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles